130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

6. Alun-Alun Batu

alun alun kota batu

Alun Alun Kota Batu

Lho, kok bisa Alun-Alun Batu ini termasuk salah satu wisata yang populer? ya, Alun-Alunnya didesain dan ditata sedemikian rupa oleh pemerintah kota Batu hingga menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Alun-Alun Batu bukan sekedar tempat singgah bagi para pengemudi, tetapi juga sebagai tempat berwisata yang asyik. Di sana tersedia mini playground, bianglala, air mancur, dan kerlap-kerlip lampu yang indah saat malam hari.

Di sebelah Alun-Alun Batu juga terkenal olahan kuliner yang cukup terkenal, yaitu Ketan Legenda. Bila kamu berkunjung ke Malang, cobalah untuk mampir ke Alun-Alun Batu, biayanya gratis, dan hanya dikenai biaya parkir saja. Lokasi Alun-Alun Batu terletak di Jl. Agus Salim, Sisir, kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur.

7. Pantai Balekambang

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer di Malang, pemandangan pantai yang sangat indah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena keindahan pantai ini, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Tanah Lot-nya Malang. Di pantai Balekambang terdapat jembatan yang menghubungkan ke sebuah pulau kecil yang bernama pulau Ismoyo. Dan di pulau Ismoyo tersebut derdapat sebuah Pura yang sangat khas sebagai ikon pantai Balekambang.

pantai balekambang

Pantai Balekambang

Rute menuju pantai Balekambang juga sangat mudah, karena bila kamu memasuki kecamatan Pagak, di sana sudah terpampang papan petunjuk menuju ke lokasi. Pantai Balekambang ini terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan menuju ke lokasi cukup bagus dan lancar, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Harga tiket masuk pantai Balekambang Rp.15.000/orang. Dengan biaya tersebut, kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai sepuasnya. Hamparan pasir putih berada di bibir pantai menjadi spot yang kece untuk bermain maupun berfoto dengan background air laut. Ombak besarnya berada di tengah pantai, jadi kamu dapat bermain air sepuasnya di pinggir pantai Balekambang.

8. Coban Rondo dan Taman Labirin

Coban Rondo merupakan wisata air terjun yang populer sejak lama, derasnya air terjun mengalir melewati sungai di kawasan wisata ini. Suasana di sana sangat adem dan nyaman, banyak tebing yang tinggi dan pepohonan yang rindang. Dinginnya suhu udara di wisata Coban Rondo menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan.

pantai balekambang

Labirin Coban Rondo

Air terjun menjadi pemandangan yang sangat bagus, bisa dijadikan sebagai background selfie kamu sob. Baru-baru ini, di sana juga ada wahana baru, yaitu taman labirin. Labirin coban Rondo ini merupakan salah satu spot yang hits di Malang.

Lokasi coban Rondo terletak di Jl. Coban Rondo, desa Pandesari, kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Jarak dari kota Batu sekitar 14 km, dan akses jalan menuju ke lokasi cukup lancar. Hanya saja banyak tikungan tajam, dan di samping jalan banyak jurang-jurang. Bila kamu ke sana, harus lebih berhati-hati sayat melakukan perjalanan.

9. Taman Selecta

Taman Selecta menjadi wisata yang cocok buat liburan keluarga. Pemandangan taman Selecta yang sangat indah tentu sangat memanjakan mata. Ditambah lagi dengan suhu udara yang sejuk, maka suasana yang asri benar-benar terasa. Wisata ini sangat asyik buat ngadem dan bersantai saat liburan. Apalagi bila kamu sehari-harinya sibuk dengan dunia kerja, maka cobalah mengunjungi wisata taman Selecta saat liburan.

taman selecta

Taman Selecta

Dari kota Batu jaraknya cukup dekat kok, hanya sekitar 4 km saja. Wisata ini cukup diminati wisatawan asing, Di sana juga terdapat waterpark, sangat pas untuk melengkapi liburan kamu di Selecta. Harga tiket masuk Selecta Rp.25.000/orang, sedangkan bila masuk secara rombongan, maka harga tiket menjadi Rp.20.000/orang. Alamat wisata Selecta ini tepatnya di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Wisata Batu, Jawa Timur. Wisata ini satu jalur dengan wisata lain yang juga banyak diminati wisatawan, yaitu pemandian air panas Cangar dan coban Talun.

10. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar merupakan salah satu obyek wisata yang ramai pengunjung, apalagi saat weekend. Wisata Cangar ini berada di kawasan lereng gunung Welirang, sumber airnya terasa panas dan sangat alami. Air panas di Cangar mengandung belerang yang cukup tinggi, sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

pemandian air panas cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Di Cangar terdapat kolam sumber air panas yang khusus untuk berendam, dan ada juga kolam hangat untuk berenang. Pengunjung dapat memilih kolam mana yang diminati untuk bermain air sepuasnya. Oiya, di sekitar pemandian air panas Cangar ini juga terdapat sebuah goa yang bernama goa Jepang.

Lokasi pemandian air panas Cangar ini terletak di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur. Bila dari Malang, kamu bisa melewati jalur wisata Selecta. Harga tiket masuk wisata Cangar ini Rp.10.500/orang, dan juga pengunjung dikenai biaya parkir Rp.3.000 untuk sepeda motor, dan Rp.5.000 untuk mobil.