130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

96. Pantai Bangsong

pantai bangsong

Pantai Bangsong

Di sekitar Kota Malang ada cukup banyak pantai yang belum lama ini mulai dibuka untuk umum sebagai tempat untuk berwisata. Salah satunya adalah Pantai Bangsong yang berada di dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing. Dari pusat Kota Malang dibutuhkan 2,5 jam untuk menempuh jarak sekitar 75 kilometer menuju ke tempat ini. Jadi memang jaraknya cukup jauh sehingga perjalanan memakan waktu yang lama. Untungnya, di sepanjang perjalanan ada banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati, karena yang dilewati berupa hutan, gunung kapur, dan sebagainya. Pantai ini memang belum lama dibuka, jadi di sana belum tersedia fasilitas apapun untuk pengunjung. Karena itu, sebaiknya pengunjung mempersiapkan bekal dari rumah, karena di lokasi tersebut bahkan belum ada penjual makanan.

Menemukan lokasi Pantai Bangsong sangat mudah, karena dekat dengan Pantai Clungup yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Dan ketika sampai di tempat ini, biasanya pengunjung akan terkagum-kagum. Bagi orang-orang yang suka dengan tempat-tempat yang masih alami, pantai ini merupakan tujuan wisata yang sempurna. Karena pengunjungnya belum banyak, pantai ini masih sangat bersih dan alami. Di pantai ini tidak banyak sampah berserakan seperti yang sering kita temukan di pantai-pantai yang padat pengunjung. Selain itu, pantai ini juga sunyi, sehingga cocok untuk bersantai dan melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Karena ombaknya tidak besar, di tempat ini para pengunjung bisa bermain-main air di tepian. Khusus bagi yang gemar menjelajahi alam, mereka bisa berjalan ke arah Pantai Tomen yang letaknya sangat dekat dengan pantai ini.

Karena masih sepi dan memang belum ada fasilitas apapun, di pantai yang merupakan salah satu tempat konservasi penyu ini pengunjung bisa melakukan apa saja sesuai dengan minat masing-masing, asalkan tidak merusak atau mengotori alam. Yang suka menjelajahi alam bisa menjelajahi daerah sekitar. Dan bagi yang suka berfoto, di pantai ini ada beberapa spot yang sangat bagus untuk dijadikan latar belakang berfoto. Sedangkan bagi yang hanya ingin bersantai saja, hamparan pasir yang bersih dan angin pantai yang sepoi-sepoi selalu siap untuk menemani.

97. Pantai Ngudel

Di sekitar Kota Malang ada beberapa pantai baru. Tentu saja, “baru” bukan berarti bahwa pantai-pantai ini baru terbentuk. Sebenarnya pantai-pantai ini sudah ada sejak dulu, tapi baru saja dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Dari beberapa pantai yang masih baru ini, salah satu yang paling cepat menjadi terkenal adalah Pantai Ngudel. Nama pantai ini cukup menggelitik, karena mengingatkan kita kepada salah satu daerah di tubuh kita. Dan memang, pantai ini diberi nama Pantai Ngudel karena ada batu besar yang menyembul di tengah laut, sehingga mirip dengan pusar yang ada di tengah bagian perut. Pantai yang masuk dalam wilayah Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan ini jika dari pusat Kota Malang dapat dijangkau dalam waktu sekitar 2,5 jam karena memang jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 80 kilometer. Untungnya, akses ke pantai ini sangat mudah, dan jalanan yang menuju ke sana beraspal halus sehingga cocok untuk semua jenis kendaraan.

pantai ngudel

Pantai Ngudel

Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat menggoda siapapun untuk bermain-main atau sekedar berjalan-jalan dengan bertelanjang kaki. Selain itu, di pantai ini airnya biru dan jernih, yang tentunya membuat pengunjungnya ingin menceburkan diri ke dalamnya. Sayangnya, karena alasan keselamatan, di pantai yang indah ini pengunjung dilarang mandi atau berenang di laut. Jadi, para pengunjung harus puas hanya dengan bermain-main di pinggiran pantai saja. Di sekeliling pantai ini, ada bukit dan tebing yang cukup menarik untuk latar belakang berfoto. Selain itu, keindahan pantai juga dapat dinikmati dari atas bukit-bukit tersebut.

Pantai ini memang sudah dikelola sebagai kawasan wisata. Jadi, sudah ada loket yang menjual tiket, dan bagi para pengunjung sudah tersedia beberapa fasilitas seperti gazebo untuk bersantai di tepi pantai dan yang lainnya. Harga tiket masuk ke kawasan pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Sedangkan untuk parkir mobil biayanya sebesar Rp. 10.000. Sebagai tempat wisata memang Pantai Ngudel ini belum terkelola dengan maksimal. Padahal, dilihat dari keindahan alam yang ditawarkannya, seperti pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih, potensi pantai ini sangat bagus.

98. Pantai Savana

Jika anda ingin berwisata ke pantai, tapi anda ingin melihat suasana pantai yang unik, anda harus berkunjung ke Pantai Savana. Pantai ini berada dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, dan lokasinya dekat dengan beberapa pantai lainnya. Dari pusat Kota Malang, jarak ke pantai ini yang kurang lebih 73 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 2,5 sampai dengan 3 jam. Saat tiba di Pantai Savana, anda harus membeli tiket masuk yang harganya Rp. 6000 per orang. Selain itu, anda juga harus membayar biaya parkir. Tapi itu belum semuanya. Di pantai ini anda harus ditemani oleh seorang guide, yang biayanya sekitar Rp. 75.000 sampai dengan Rp. 150.000 untuk satu rombongan yang terdiri dari maksimal 10 orang.

pantai savana

Pantai Savana

Sesuai dengan namanya, yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya adalah padang savananya. Jadi, di sekitar pantai ini banyak terdapat padang savana yang membentang luas dan hijau. Sebagian besar tumbuhan yang ada di sana merupakan rumput liar dan ilalang. Di Pantai Savana ini pasirnya berwarna putih dan halus. Karena memang pengunjungnya belum terlalu banyak, kondisi pantai ini masih sangat alami dan bersih dari sampah. Air di pantai ini tampak biru dan jernih. Sangat sulit untuk tidak tergoda untuk menceburkan diri dan bermain air di sana. Padahal, di pantai ini pengunjung dilarang untuk berenang. Selain dari tepi pantai, keindahan tempat ini juga dapat anda nikmati dari atas sebuah bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai.

Dari atas bukit, selain bisa mengambil foto pemandangan pantai yang indah, anda juga bisa berfoto bersama rombongan anda dengan latar belakang savana yang hijau. Memang di Pantai Savana bukan hanya pantainya saja yang memukau. Bukit yang ada di Pantai Savana merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat pemandangan indah saat matahari terbit maupun terbenam. Karena memang pantai ini bukan pantai yang benar-benar terbuka untuk wisatawan, dan juga sekaligus merupakan salah satu pantai konservasi terumbu karang, tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sana. Bahkan penjual makanan pun tidak ada, sehingga anda harus membawa bekal dari rumah.

99. Pantai Tamban

Di daerah Malang bagian selatan ada cukup banyak pantai indah yang dapat anda kunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Pantai Tamban, yang lokasinya dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Nama Pantai Tamban berasal dari bahasa Jawa “tombo” yang berarti obat. Menurut legenda, dahulu kala ada tiga orang kyai yang sembuh dari sakitnya setelah minum air dari pantai ini. Pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Jika anda berangkat dari Kota Malang, anda tinggal mengikuti arah ke Pantai Sendang Biru, dan mencari penunjuk jalan ke Pantai Tamban. Perjalanan dari Kota Malang biasanya memakan waktu sekitar 3 jam, karena memang sebenarnya letak pantai ini cukup jauh, dengan jarak sekitar 70 kilometer.

pantai tamban

Pantai Tamban

Di Pantai Tamban anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir pantai yang putih bersih. Pantai sepanjang 1,5 kilometer ini merupakan pantai yang sangat cocok bagi para penggemar olahraga air. Di tempat ini mereka bisa bermain jet ski, berselancar, snorkeling, menyelam, dan parasailing. Sedangkan bagi para pengunjung yang kurang menyukai olahraga air, ada banyak pilihan aktivitas yang juga tidak kalah menyenangkan, seperti bersantai di pinggir pantai sambil menikmati suasananya, atau berkemah di tepi pantai. Bagi yang ingin menginap tapi tidak suka camping, tersedia beberapa penginapan yang cukup elegan. Sedangkan bagi yang datang dalam rombongan yang beranggotakan antara 6 sampai dengan 10 orang, tersedia penginapan dalam bentuk asrama.

Pantai Tamban memang cocok bagi orang-orang yang berjiwa petualang. Jika merasa kurang puas menikmati pantai dari tepi, mereka bisa menyewa sebuah perahu wisata yang bisa menampung sampai dengan 12 orang penumpang. Biaya untuk naik perahu wisata ini relatif murah, yaitu mulai dari Rp. 15.000 per orang, untuk rute yang paling singkat. Sedangkan untuk rute yang lebih lama, yaitu rute yang juga mendarat di Pulau Sempu dan durasinya selama 30 menit, tarifnya sedikit lebih mahal tapi tetap terjangkau. Harga tiket masuk ke Pantai Tamban sebesar Rp. 6000 per orang. Sebagai objek wisata pantai yang sudah terkelola dengan baik, fasilitas yang tersedia di Pantai Tamban tergolong lengkap. Ada kamar mandi, penginapan, dan bagi para pengunjung yang merasa lapar, ada beberapa warung makan yang menyediakan aneka seafood.

100. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan letaknya di dalam wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Jika anda berangkat dari Kota Malang, untuk sampai ke pantai yang indah ini anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 2,5 jam, karena memang jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 65 kilometer. Selama perjalanan anda akan menjumpai banyak tikungan. Tapi, jalanan sangat bagus dan halus, sehingga perjalanan tetap nyaman. Ada dua jalur yang bisa anda lalui untuk sampai ke pantai ini. Untuk jalur yang pertama, anda harus menuju ke arah Pantai Sendang Biru, lalu mencari penunjuk arah ke Pantai Ungapan. Sedangkan untuk jalur yang kedua, anda harus menuju ke arah Pantai Balekambang, tapi sebelum sampai di pantai tersebut anda harus belok kiri ke arah Pantai Ungapan. Rute yang kedua ini jaraknya lebih jauh dibandingkan rute yang pertama.

pantai ungapan

Pantai Ungapan

Pantai Ungapan memang sudah dikelola sebagai tempat wisata. Tapi, karena pantai ini masih relatif baru, pengunjungnya belum terlalu banyak. Jadi, jika anda datang ke pantai ini, anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan pantai dalam suasana yang tenang. Namun, sebenarnya anda akan rugi jika hanya duduk-duduk di tepi pantai saja. Karena, ada banyak aktivitas yang lebih seru yang bisa anda lakukan di pantai ini. Jika anda suka tracking, anda bisa menyusuri muara hingga ke hulu. Jarak yang harus anda tempuh sekitar 7 kilometer, dan sepanjang perjalanan anda akan melihat banyak pemandangan yang indah dan alami. Anda juga bisa menjelajahi bukit-bukit yang ada di sekitar pantai ini. Hal ini tidak terlalu melelahkan, karena bukit-bukit tersebut tidak terlalu tinggi, dan medannya pun cukup mudah untuk dilalui. Setelah sampai di atas bukit, anda bisa menikmati keindahan pemandangan pantai dan sekitarnya yang terlihat sangat jelas. Selain bagus untuk difoto, pemandangan dari atas bukit juga sangat pas untuk digunakan sebagai latar belakang berfoto selfie.

Kawasan pantai ini dikelola oleh Perhutani. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Di pantai ini sudah tersedia berbagai fasilitas standar, seperti kamar mandi, area parkir, dan musholla. Selain itu, di pinggir pantai ini telah dibangun banyak gubuk. Karena itu lah, pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Seribu Gubuk, walaupun jumlah gubuknya sebenarnya tidak sampai 1000. Di gubuk-gubuk yang teduh ini biasanya para pengunjung bersantai sambil melepas lelah setelah menjelajahi daerah pantai dan sekitarnya.