130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

106. Pantai Jembatan Panjang

pantai jembatan panjang

Pantai Jembatan Panjang

Selain Pantai Watu Leter, ada lagi nih pantai yang cakep dan patut untuk kamu kunjungi sob, namanya adalah Pantai Jembatan Panjang. Dinamai Pantai Jembatan Panjang, salah satu alasannya karena memang memiliki jembatan yang cukup panjang menuju ke sebuah pulau kecil. Meski pantai ini tak sepopuler Pantai Balekambang, tetapi pesona alam yang disuguhkan benar-benar luar biasa.

Kondisi alam di Pantai Jembatan Panjang cukup bersih, dan kesan alami masih bisa kamu rasakan. Belum banyak pengunjung yang mengunjunginya. Lokasinya tak jauh kok dari Pantai Balekambang. Meski Pantai Jembatan Panjang ini eksotis banget pemandangannya, berhubung karena belum begitu ramai, maka fasilitas yang tersedia belum lengkap sob. Jembatan Panjang di pantai ini menjadi spot selfie yang favorit banget dan cukup hits di sosial media. Pantai ini terletak di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

107. Coban Jidor

Selanjutnya giliran Coban Jidor yang bisa kamu kunjungi sob. Coban Jidor ini merupakan wisata air terjun yang lokasinya agak tersembunyi. Lokasinya agak sulit diakses, kamu harus berjuang melewati berbagai rintangan yang menantang, termasuk juga jalanan yang berliku, tanjakan, curam, bebatuan, dan lain sebagainya.

coban jidor

Coban Jidor

Coban Jidor sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang hobi berpetualang. Karena setiap perjalanan menjadi sangat memanjakan mata. Sesampainya di lokasi, rasa lelah seperti digantikan dengan indahnya pemandanan alam Coban Jidor. Guyuran air terjun yang deras bisa kamu nikmati kesegarannya sob. Suhu udara yang sejuk membuatmu betah berlama-lama di sana.

Asal muasal mengapa coban ini dinamai Coban Jidor adalah guyuran air terjun yang sangat deras dan menggema, sehingga suaranya mirip dengan suara Jidor. Inilah yang menjadikannya disebut dengan nama Coban Jidor. Lokasinya terletak di Desa Bendolawang, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

108. Sumber Jenon

Seperti halnya wisata Sumber Sirah, Sumber Jenon ini merupakan wisata pemandian yang asyik banget sob. Kamu bisa mandi dan berbasah-basahan di kolam Sumber Jenon. Sumber Jenon bukanlah kolam biasa, tetapi airnya merupakan sumber mata air pegunungan asli yang sangat jernih dan menyegarkan. Kedalamannya mencapai 5 meter, jadi bisa dipakai untuk terjun ke kolam sembari melompat.

sumber jenon

Sumber Jenon

Suasana perdesaan begitu kental, jadi ini semakin menambah kenyamanan untuk bersantai di sana. Suhu udara juga cukup sejuk, didukung dengan pemandangan alam sekitar yang mempesona, seperti sungai, sawah-sawah, gunung, dan lain sebagainya. Sumber Jenon ini berlokasi di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

109. Candi Sumberawan

Kini ganti wisata sejarah yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi liburan di Malang sob. Berlokasi di Singosari, Candi Sumberawan ini patut untuk kamu kunjungi sob. Candi Sumberawan dari Singosari hanya berjarak 6 Km saja.

candi sumberawan

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan ini merupakan Stupa peninggalan kaum Budha di Singosari. Kini kondisinya masih bagus dan terawat. Candi ini begitu keren karena panorama alam sekitar yang menghiasinya. Sehingga foto-fotonya nampak begitu bagus dan mempesona. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi candi ini, maka langsung saja menuju ke Desa Toyomarto, Kecamatan Songosari, Kabupaten Malang.

110. Goa Pinus

Goa Pinus Batu ini merupakan wisata dengan konsep alam perbukitan yang indah dilengkapi dengan spot foto yang kece dan kekinian. Sehingga sangat cocok dikunjungi wisatawan dari kalangan anak muda. Goa Pinus ini cukup hits di kalangan wisatawan, dan sempat viral di sosial media.

goa pinus

Goa Pinus

Goa Pinus Batu tidak hanya menyajikan pemandangan alam khas pegunungan yang sangat mempesona, tetapi juga menyediakan spot foto keren untuk berselfie. Berada di kawasan perbukitan tentu suhu udaranya sangat sejuk dan menyegarkan. Sangat pas sekali sebagai tempat liburan.

Wisata Goa Pinus ini lokasinya tak begitu jauh dari wisata Paralayang Batu. Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Batu.