130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

11. Batu Wonderland

batu wonderland

Batu Wonderland

Tak jauh dari Alun-Alun Batu, ada wisata keren yang bernama Batu Wonderland. Ini merupakan kompleks hotel, tempat belanja, tempat bermain (playground), dan juga mini waterpark. Wisatawan yang datang dari luar kota bisa memilih wisata ini sebagai tempat liburan yang asik. Di sana, kamu bisa menikmati playground bersama keluarga, dan menyegarkan diri dengan berbasah-basahan di mini waterpark.

Shopping center menjadi tempat untuk berburu oleh-oleh khas Malang, jadi tidak perlu repot-repot mencari oleh-oleh, karena di sana sudah tersedia banyak. Jam bukanya mulai pukul 09.00 WIB, dan buka setiap hari. Harga tiket masuk Batu Wonderland ini Rp.10.000/orang pada hari senin sampai sabtu, dan Rp.20.000 khusus hari minggu.

Alamatnya terletak di Jl. Imam Bonjol Bawah No.9, desa Temas, kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur. Lokasinya cukup strategis karena berada di tengah-tengah kota Batu.

12. Pantai Ngliyep

Selain pantai Balekambang, Malang juga terkenal memiliki pantai yang sangat menawan. Ombaknya cukup besar, dan saat liburan cukup banyak wisatawan yang berbondong-bondong mendatangi pantai ini. Pantai Ngliyep memiliki keindahan yang mempesona. Terdapat tebing di bibir pantai, selain itu banyak juga pasir putih yang menjadikan pantai ini nampak begitu indah.

pantai ngliyep

Pantai Ngliyep

Karena pesona keindahannya tersebut, pantai Ngliyep disebut-sebut sebagai pantai Lombok-nya Malang. Akses jalan menuju ke lokasi lumayan bagus, dan sudah banyak papan petunjuk untuk menuju ke lokasi. Lokasi pantai ini terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga tiket masuk pantai Ngliyep Rp. 15.000/orang, dan juga dikenai biaya parkir sebesar Rp.5.000. Fasilitas di pantai Ngliyep cukup lengkap, mulai dari penginapan, kamar mandi, warung makan, dan lain-lain.

13. Pantai Tiga Warna

Pantai ini dinamai “Tiga Warna” dikarenaka warna air lautnya yang nampak seperti ada tiga. Perbedaan warna ini berdasarkan tingkat kedalaman laut, yaitu bila di tengah karena sangat dalam maka nampak berwarna biru, agak ke tepi warna airnya menjadi hijau dengan kedalaman sedang, dan air pantai di tepian berwarna bening menembus dasar yang dipenuhi pasir dan bebatuan.

pantai 3 warna

Pantai 3 Warna

Di sana dikelilingi tebing-tebing yang berwarna hijau karena dipenuhi dengan semak belukar. Pemandangan pantai ini sangat mempesona, sangat bagus sebagai landscape untuk berfoto-foto. Pantai Tiga Warna ini tak seramai pantai Balekambang maupun pantai Ngliyep. Meski begitu, pemandangan alamnya tak kalah indah. Justru karena pengunjungnya masih minim menjadikan pantai ini masih sangat alami, karena sedikit sekali keberadaan sampah di sana.

Lokasi pantai Tiga Warna ini terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Tiga Warna ini dipatok Rp.5.000/orangnya, dan harus menyewa guide Rp.100.000/kelompok. Tiap kelompoknya ada minimal maksimal 10 orang, dan sistemnya bergantian dengan kelompok yang sudah masuk terlebih dahulu.

14. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Malang selatan yang asyik banget sob, cocok banget buat para petualang. Wisata ini menawarkan pemandangan pantai Sendang Biru yang menawan, pantai tersebut terkenal sebagai pantai yang banyak ikannya. Di sana, kamu akan menemui banyak perahu-perahu para nelayan. Ombak di pantai Sendang Biru tak begitu besar, jadi aman buat kamu yang ingin bermain air.

pulau sempu

Pulau Sempu

Lebih seru lagi bila berpetualang menuju ke pulau seberang yang bernama pulau Sempu. Di sana sudah tersedia perahu khusus untuk penyeberangan menuju ke pulau Sempu, dengan tarif maksimal Rp.100.000. Nah, sesampainya di pulau Sempu kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pulau Sempu inilah yang menjadi puncak keindahan di sana.

Pulau Sempu menyajikan pemandangan hamparan pasir putih yang menawan, banyak sekali pepohonan hijau yang rindang, menjadikan kawasan ini benar-benar sangat alami. Bisa dibilang wisata pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu ini lagi hits banget saat ini, dulunya memang masih sangat jarang yang mengunjunginya. Tetapi, kini sudah banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjunginya.

Pantai Sendang Biru ini terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Sendang Biru terbilang murah, hanya Rp.5.000/orang.

15. Omah Kayu

Wisata Omah Kayu ini merupakan salah satu wisata yang asyik di Batu. Omah Kayu merupakan penginapan unik di atas pohon pinus. Nah, dari atas Omah Kayu inilah kamu dapat menikmati pemandangan kota Batu yang sangat eksotis. Nampak dengan jelas hamparan perbukitan yang dipenuhi dengan pohon-pohon pinus yang rindang. Berada di ketinggian 1.340 mdpl tentu suhu udara di sana sangatlah sejuk. Ini menjadi salah satu kenyamanan buat kamu yang berlibur di sana. Apalagi saat malam hari, pemandangan kerlap-kerlip lampu kota begitu mempesona memanjakan mata. Sangat keren juga sebagai spot untuk berselfie.

omah kayu

Omah Kayu

Lokasi Omah Kayu ini terletak di desa Gunungsari, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur. Bila kamu sekedar masuk untuk mengetahui pemandangannya sekaligus berburu foto, maka cukup membayar tiket masuk Rp.5.000/orang. Tetapi, bila kamu ingin menginap di sana, maka biaya untuk menginapnya Rp.350.000 untuk hari biasa, dan Rp.450.000 pada saat weekend.