130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

16. Museum Brawijaya

museum brawijaya

Museum Brawijaya

Museum Brawjiaya ini merupakan wisata sejarah buat kamu yang ingin mengetahui sejarah-sejarah di Indonesia. Banyak benda-benda kuno bersejarah yang ada di sana, mulai dari senjata perang seperti; tank, meriam, senapan, dan lain-lain hingga gerbong maut. Museum Brawijaya ini sangat cocok sekali buat study tour, yaitu untuk mengenalkan anak didik akan pentingnya sejarah di Indonesia.

Alamat Museum Brawijaya ini terletak di Jl. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, kecamatan Klojen, kota Malang, Jawa Timur. Tiket masuk Museum Brawijaya hanya sebesar Rp.3.000 saja/orang, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Jam operasionalnya setiap hari buka mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB pada hari senin sampai sabtu, sedangkan pada hari libur buka mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

17. Taman Sengkaling

Wisata taman Sengkaling merupakan wisata yang menyajikan taman-taman indah lengkap dengan wahana air. Taman yang indah menjadi suguhan utama buat wisatawan, sangat cocok sekali wisata ini untuk liburan keluarga. Suasana di sana cukup sejuk dan nyaman, karena banyak pepohonan yang rindang. Saat terik matahari mulai panas, maka berenang di wahana air menjadi pilihan yang tepat.

taman sengkaling

Taman Sengkaling

Wisata taman Sengkaling letaknya sangat strategis, yakni berada di sisi kanan jalan utama Malang – Batu. Wisata taman Sengkaling ini luasnya sekitar 9 hektar, banyak spot foto yang bisa kamu jadikan sebagai background selfie. Wisata ini buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB, dan harga tiket masuknya Rp.15.000/orang. Lokasinya terletak di Jl. Raya Sengkaling, desa Mulyoagung, kecamatan Dau, kabupaten Malang, Jawa Timur.

18. Pantai Goa Cina

Pantai goa Cina ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dan mulai banyak diminati wisatawan. Asal-usul mengapa di beri nama “Goa Cina”, dikarenakan adanya sebuah goa bersejarah sejak zama dahulu, letaknya berada di sebelah kanan pintu masuk. Berdasarkan kisahnya, goa tersebut digunakan sebagai tempat bertapa oleh seorang Cina selama bertahun-tahun sampai meninggal.

pantai goa cina

Pantai Goa Cina

Pantai goa Cina ini pesonanya sangat luar biasa, memiliki hamparan bibir pantai yang luas. Banyak juga tebing yang berwarna hijau karena dipenuhi semak belukar. Menjadi panorama alam yang sangat menawan. Desiran ombak terus terdengar, serta semilir angin yang berhembus semakin membuat nyaman pengunjungnya. Ada tiga batu karang yang berada di tengah pantai menjadikan pemandangan lebih menarik.

Lokasi pantai Goa Cina ini terletak di dusun Tumpak Awu, desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh pantai goa Cina ini dari pantai Bajul Mati hanya sekitar 15 menit saja. Harga tiket masuk pantai Goa Cina terbilang murah, yaitu Rp.5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor Rp.5.000, dan Rp.7.000 untuk mobil.

19. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati sebenarnya bukanlah pantai baru di Malang, tetapi sudah ada sejak tahun 90-an. Hanya saja terekspose baru beberapa tahun terakhir ini, dan kini mulai banyak pengunjungnya. Sesuai dengan namanya, awal mulai di pantai ini terdapat seekor buaya mati yang menghebohkan warga sekitar, hingga akhirnya pantai ini diberi nama pantai Bajul Mati.

pantai bajul mati

Pantai Bajul Mati

Di sana juga terdapat batu karang besar dan memanjang, mirip sekali seperti badan buaya. Apabila ada ombak besar yang datang, maka batu karang tersebut seolah-olah nampak seperti buaya yang hidup. Kondisi pantai Bajul Mati masih sangat bersih, dan belum banyak sampah-sampah dari pengunjung. Ini menjadikan pantai Bajul Mati masih sangat alami dengan panorama yang sangat cantik.

Pantai Bajul Mati ini terletak di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan melewati kawasan pegunungan, sehingga jalan banyak yang berkelok karena banyak tikungan. Perjalanan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Harga tiket masuk pantai Bajul Mati murah banget sob, hanya Rp.4.000/orang.

20. Predator Fun Park

Kota Batu terus mengembangkan potensi wisatanya, salah satu wisata terbaru di Batu adalah Predator Fun Park. Sekilas mendengar nama Predator, tentu yang terfikirkan adalah binatang buas. Ya, memang benar, wisata Predator Fun Park ini menyuguhkan wahana yang berisi berbagai hewan buas, seperti; buaya dan berbagai macam ikan buas.

predator fun park

Predator Fun Park

Wisata Predator Fun Park ini memberikan edukasi tentang berbagai binatang buas. Di sana kamu dapat mengetahui tentang penangkaran buaya, penangkapan, dan pemanfaatannya. Di sana tersedia lengkap, baik itu berupa galeri buaya maupun buaya hidup.

Selain menyajikan wahana predator, banyak juga kok wahana permainan seru dan menyenangkan, diantaranya seperti; croco train, labyrinth maze, waterpark, dan play ground. Wisata ini juga menyediakan tempat outbond buat komunitas yang ingin mengadakan outbond di sana.

Wisata Predator Fun Park terletak di Jl. Raya Tlekung No. 315, dusun Gangsiran, desa Tlekung, kecamatan Junrejo, kota Batu, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.30 sampai 16-30 WIB, dengan harga tiket masuk Rp.30.000 pada hari biasa, dan Rp.50.000 pada hari libur.