130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

21. Alun-Alun Kota Malang

alun alun kota malang

Alun Alun Kota Malang

Alun-Alun kota Malang sekarang sudah direnovasi loh, dan kini menjadi tempat wisata keluarga yang asyik banget. Di sana menyajikan taman-taman hijau yang sangat indah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti; kursi, tribun, playground, tempat skate board, dan juga sign board sebagai ikon yang bagus buat berselfie.

Alun-Alun batu sangat pas sebagai tempat bersantai yang nyaman, di sana tersedia banyak kursi di bawah pohon-pohon besar yang teduh. Terlihat dengan jelas kemegahan masjid Agung Malang dengan arsitektur yang bagus. Dan di tengah alun-alun terdapat air mancur, saat malam pemandangannya menjadi sangat eksotis karena dihiasi lampu-lampu.

Alun-Alun Malang ini berada di Kiduldalem, Klojen, kota Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya gratis, hanya ditarik biaya parkir Rp.2.000 saja.

22. Alun-Alun Tugu Balai Kota

Seperti halnya dengan Alun-Alun Kota Malang, kini Balai Kota semakin cantik dihiasi dengan taman-taman yang bernama Alun-Alun Tugu Balai Kota. Meskipun tak seluas Alun-Alun Kota, tetapi desain tamannya sangat indah sekali. Berada di tengah-tengah bundaran, dan di kelilingi kendaraan bermotor yang melewati jalan raya di sampingnya. Kantor Balai Kota menjadi background yang melengkapi Alun-Alun Tugu Balai Kota ini menjadi sangat menawan.

tugu balai kota malang

Tugu Balai Kota Malang

Di sana terdapat banyak beberapa kursi yang disediakan untuk para pengunjung, namun sayangnya bila siang hari kondisinya sangat panas, karena belum ada pohon besar di sana. Tetapi, pemandangan malam hari benar-benar istimewa, karena banyak kelap-kelip lampu yang menghiasi taman Alun-Alun Tugu Balai Kota ini.

Harga tiketnya gratis, cukup dikenai biaya parkir bila ada tukang parkir di ujung jalan. Alamatnya terletak di Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, kota Malang, Jawa Timur.

23. The Bagong Advanture Museum Tubuh

The Bagong Advanture Museum Tubuh adalah museum tubuh pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Museum ini dibangun di lahan seluas 1 hektar, dan di dalamnya ada berbagai zona tubuh yang menjadi wahanya, antara lain adalah; zona gigi, zona hidung, zona telinga, zona tulang, zona hati, zona paru-paru, dan lain sebagainya. Setiap zona tersebut dilengkapi dengan multimedia yang modern.

the bagong adventure museum tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh

Di sana tersedia check up gratis oleh dokter berpengalaman, mulai dari pemeriksaan mata, cek lemak tubuh, kolestrol, kadar gula, asam urat, dan lain-lain. Alamat wisata ini terletak di Jawa Timur Park 1, Jl. Kartika No. 1, Sisir, kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuknya Rp.70.000 pada hari libur, dan hari biasa diskon 30% dari harga tiket di hari libur tersebut.

24. Masjid Tiban

Ini dia masjid yang sangat unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Desain masjid yang sangat unik, berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Masjid Tiban ini memiliki 100 pintu, dan berdasarkan isunya, masjid ini dibangun hanya dalam kurun waktu 1 malam oleh tentara jin. Ternyata yang benar adalah masjid Tiban dibangun oleh para satri, jamaah, dan donatur secara bergotong-royong.

tiban mosque

Tiban Mosque

Masjid ini memiiki kesan yang sangat unik, desainnya berkombinasi, yaitu bergaya Eropa, Cina, Arab, India, serta dihiasi ornamen-ornamen kaligrafi yang berlapis emas. Sehingga masjid Tiban ini menjadi masjid yang megah nan mewah. Maka tak heran bila kini menjadi buah bibir, dan populer di kalangan wisatawan.

Masjid Tiban ini berada di kawasan pesantren di kabupaten Malang yang menampung ribuan santriwan dan santriwati. Lokasi masjid Tiban ini terletak di Jl. Anggur, desa Sananrejo, kecamatan Turen, kabupaten Malang, Jawa Timur. Sedangkan untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis.

25. Museum Malang Tempo Doloe

Bila kamu tertarik untuk mengatahui asal-usul atau sejarah kota Malang, maka Museum Malang Tempoe Doloe tempatnya. Museum ini diresmikan sejak tahun 2012 silam, meski bertema sejarah tetapi dikemas secara modern. Di Museum ini mau dapat mengetahui sejarah kota Malang lengkap dengan berbagai benda-benda bersejarah peninggalan nenek moyang, mulai dari; keris, batu kuno, prasasti, buku kuno, patung kuno, dan lain sebagainya.

museum malang tempo doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe

Lokasinya berada di belakang Balai Kota Malang, tepatnya di Jl. Gajahmada, Kiduldalem, Klojen, kota Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya berbeda-beda, untuk pelajar Rp.10.000, untuk mahasiswa Rp.15.000, dan untuk umum Rp.25.000.