130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

26. Wisata Paralayang

paralayang batu

Paralayang Batu

Wisata ini dekat dan sejalur dengan Omah Kayu. Wisata Paralayang ini berada di gunung Banyak, dari ketinggian kamu dapat menyaksikan panorama alam pegunungan yang sangat mempesona. Terlihat juga rumah-rumah penduduk di kota Batu. Bila malam hari, lampu-lampu di pemukiman penduduk tersebut nampak sangat eksotis.

Belum seru bila sekedar berada di lokasi wisata tanpa mencoba bermain Paralayang. Paralayang menjadi sebuah olahraga yang sangat menantang dan memicu adrenalin sob. Hanya orang yang bernyali saja yang berani mencoba permainan ini. Bila kamu berminat untuk bermain Paralayang, harus membayar Rp. 350.000. Saat melayang di udara, kamu dapat meyadari indahnya panorama alam sekitar, sangat luar biasa tentunya.

Harga tiket masuk wisata Paralayang murah sekali sob, hanya Rp.5.000 saja per orang. Lokasinya terletak di Jl. Songgokerto, desa Songgokerto, Kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur.

27. Kebun Teh Wonosari

Ini merupakan Agrowisata kebun teh Wonosari yang tidak hanya menyajikan pemandangan kebun teh yang indah, tetapi juga menyediakan berbagai wahana seru yang bisa dinikmati wisatawan. Berada di kaki gunung Arjuno dengan ketinggian antara 950 – 1.250 mdpl. Suhu udara di sana sangat sejuk, sangat pas banget sebagai tempat refresing buat keluarga.

kebun teh wonosari

Kebun Teh Wonosari

Wisata kebun teh seluas 1.144 hektar ini menjadi kebun teh pertama di Jawa Timur. Jadi, kesempatan buat kamu yang belum pernah berkunjung ke wisata kebun teh. Wisata ini semakin menarik karena terdapat berbagai permainan yang sangat seru di sana, diantaranya seperti; flaying fox, wall climb, berkuda, paint ball, dan masih banyak permainan lainnya.

Lokasi wisata kebun teh Wonosari ini terletak di desa Toyomarto, kecamatan Singosari, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk Rp.8.000/orang pada hari biasa, sedangkan pada hari libur harga tiket naik menjadi Rp.12.000/orang.

28. Waduk Selorejo

Sebenarnya waduk Selorejo ini merupakan kawasan pembangkit listrik tenaga air, tetapi karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Tidak hanya pemandangan waduk saja yang tampak indah, tetapi juga berpadu dengan pemandangan gunung Kelud, sehingga menjadi panorama alam yang sangat mempesona.

waduk selorejo

Waduk Selorejo

Suhu udara di kawasan wisata waduk Selorejo ini cukup sejuk, selain itu juga banyak pepohonan rindang, tentu suasananya asri dan pas banget buat ngadem. Apalagi bila kamu sedang melakukan perjalanan panjang dari arah Kediri menuju Malang, maka akan melewati kawasan wisata ini. Sehingga mampir untuk istirahat dan bersantai di wisata waduk Selorejo menjadi pilihan yang tepat.

Berbagai wahana asyik seperti; flaying fox, mancing ikan, kolam renang, perahu, dan play ground tersedia di wisata waduk Selorejo ini. Di sana juga ada tempat penginapan, dengan harga sewa Rp.300.000 sampai Rp.900.000 per malam.

Harga tiket masuk wisata waduk Selorejo sebesar Rp.15.000/orang. Alamatnya terletak di dusun Selorejo, desa Pandansari, kecamatan Ngantang, kabupaten Malang, Jawa Timur.

29. Coban Talun

Coban Talun merupakan wisata alam air terjun yang sangat indah, lokasinya agak tersembunyi. Berbeda dengan coban Rondo yang dekat dengan jalur utama jurusan Malang – Kediri. Coban Talun tidak hanya sebagai wisata alam air terjun saja, tetapi juga sebagai bumi perkemahan yang sangat nyaman.

coban talun batu

Coban Talun Batu

Wisata coban Talun ini berada di kawasan lereng gunung Arjuna, suasana di sana sangat adem dan asri. Bisa dibilang wisata ini adalah salah satu wisata hits di Batu, dan di sana juga tersedia penginapan-penginapan unik, yaitu penginapan ala suku Indian yang bernama Apache Camp, dan juga seperti pagupon burung yang bernama Pagupon Camp. Kawasan penginapan tersebut kini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk bermalam di sana dan menikmati indahnya panorama alam di coban Talun. Selain itu, banyak juga spot foto selfie seperti; panggung bunga matahari, kebun bunga, dan lain-lain.

Harga tiket masuk coban Talun Rp.7.500/orang, dan untuk lokasinya yaitu terletak di dusun Wonorejo, desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur.

30. Coban Rais dan Bukit Bulu Batu Flower Garden

Coban Rais merupakan wisata air terjun  yang sungguh menawan, guyuran air terjun yang deras menjadi panorama utama yang disajikannya kepada wisatawan. Coban Rais terkenal sudah sejak lama, namun kini wisata ini semakin hits setelah dibangunnya wahana baru berupa bukit bulu dan batu flower garden.

Nah, inilah yang menjadikan coban Rais semakin diminati wisatawan, di kawasan bukit bulu tersebut terdapat berbagai spot foto yang sangat kece dan kekinian, mulai dari taman di bukit bulu yang sangat indah, serta flower garden yang sangat cantik. Menjadi perpaduan pemandangan bukit yang sangat menakjubkan.

coban rais

Coban Rais

Tak jauh dari bukit bulu, terdapat spot foto yang hits juga, yaitu berupa gardu pandang, panggung i love you, ayunan, sepeda gantung, hammock, dan lain sebagainya. Semuanya menjadi spot foto yang cakep banget sob, apalagi dengan background bukit bulu tersebut, tentu landscapenya sangat epik.

Sudah banyak pengguna aktif media sosial yang mengupload hasil foto di sana, dan memang terlihat sangat keren dan kece banget. Lokasi coban Rais ini terletak di desa Oro-Oro Ombo, kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur. Tiket masuknya cukup terjangkau, yakni hanya Rp.7.500/orang. Serta dikenai biaya parkir Rp.2.000 untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil Rp.5.000. Dari area parkir, jarak menuju coban Rais cukup jauh, jadi masih diperlukan perjuangan menuju ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar 40 menit.

Bila kamu ingin masuk ke bukit bulu dan batu flower garden harus membayar biaya retribusi sebesar Rp.10.000/orang. Bila ingin berselfie spot foto yang disediakan, maka harus membayar lagi Rp.10.000 per spot-nya. Lumayan mahal ya? ya, mahalnya biaya masuk dan spot foto di bukit bulu ini sesuai dengan pemandangan dan hasil fotonya yang sangat bagus.