130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

31. Kampung Warna-Warni Jodipan

kampung jodipan

Kampung Jodipan

Wisata hits selanjutnya di Malang adalah kampung warna-warni Jodipan. Kampung warna-warni ini beberapa bulan terakhir booming banget di kalangan wisatawan, banyak pengunjung yang berbondong-bondong mengunjungi wisata unik satu ini. Hingga kini, pengunjung kampung Jodipan masih banyak sekali, pemandangan kampung yang warna-warni menajdi spot foto selfie yang paling favorit.

Dari jembatan di atas sungai Brantas, kampung Jodipan ini nampak sangat menawan sob. Terlihat berwarna-warni, baik itu dinding, lantai, hingga gentengnya. Ragam warna nampak sangat mencolok dari kejauhan, mulai dari warna kuning, merah, biru, hijau, dan putih. Tidak hanya itu, di sana juga terdapat dinding-dinding berlukisan 3D, sangat unik dan kreatif. Tentunya, sebagai spot foto sangat kece banget sob.

Awal mula adanya kampul warna-warni Jodipan ini dari hasil pemikiran mahasiswa UMM yang bekerjasama dengan Indiana Paint, salah satu perusahaan cat di Malang. Kampung tersebut awalnya adalah kampung yang kumuh, tetapi setelah diubah menjadi kampung warna-warni, kini nampak sangat cantik dan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Tidak hanya itu, tentu hal ini semakin meningkatkan perekonomian warga kampung Jodipan.

Lokasi kampung warna-warni ini terletak di kampung Juanda, kelurahan Jodipan, kecamatan Blimbing. kota Malang. Harga tiket masuk kampung warna-warni Jodipan Rp.2.000/orang, dan juga dikenai biaya parkir Rp.2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat.

32. Sumber Maron

Sumber Maron merupakan kolam pemandian dengan air yang berasal dari sumber alami. Sumber Maron kini menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit di Malang. Airnya yang sangat jernih tentu menjadikan wisatawan tak sabar untuk berenang di kolam sumber Maron. Tidak hanya itu, kondisi alam perdesaan yang khas banget menjadi sensasi tersendiri untuk liburan yang berkesan.

sumber maron

Sumber Maron

Kita tahu bahwa suasana di desa sangat tenang, jauh dari hingar-bingar keramaian kota. Di kawasan sumber Maron ini pemandangan alamnya sangat mempesona. Sawah, kebun, dan sungai menjadi pemandangan alami yang sangat memanjakan mata. Ditambah lagi dengan air sumber Maron yang bening banget, maka semakin membuat kamu betah berlama-lama di sana dengan berbasah-basahan. Bila kamu belum bisa berenang, maka sangat pas tempat ini untuk berlatih berenang sob.

Pada hari libur, wisata sumber Maron pengunjungnya lumayan banyak. Meski banyak yang mandi di sumber Maron, kondisi airnya tetap bening. Jarang-jarang loh ada tempat pemandian air yang bening dan menyegarkan seperti di sumber Maron ini. Di sana kamu dapat menikmati fasilitas yang tersedia, seperti perahu boat, pelampung, terapi ikan, flaying fox, dan masih banyak yang lainnya.

Wisata sumber Maron terletak di desa Karangsuko, kecamatan Pagelaran, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk sumber Maron hanya Rp.3.000/orang. Tetapi bila kamu mau menyewa fasilitas yang tersedia, maka harus menambah biaya sewanya. Pengunjung juga dikenai biaya parkir sebesar Rp.2.000 untuk sepeda motor, dan Rp.5.000 untuk mobil. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

33. Taman Merjosari

Buat kamu yang sedang berburu tempat wisata gratis, maka salah satunya adalah wisata Taman Merjosari. Meski taman ini tak sebesar Alun-Alun Malang, tetapi menyajikan pemandangan taman yang cukup menarik sob. Di sana sudah banyak tanaman-tamana hijau yang menyegarkan mata, dengan penataan taman yang rapi sedemikian rupa.

taman merjosari

Taman Merjosari

Baru-baru ini, bertambah beberapa wahana permainan, yaitu mini roller coaster dengan jalur melingkar saja. Selain itu, di sana juga tersedia tempat fitness, jadi bisa dimanfaatkan untuk melatih otot-otot tubuh. Setia pagi dan sore, selali ada pengunjung yang jogging maupun jalan-jalan mengelilingi taman ini.

Di sebelah barat taman merjosari, terdapat lapangan sepak bola, bila kamu hobi main bola, coba deh membawa bola dan bermain di sana. Meski harga tiketnya gratis, tetapi tetap dikenai biaya parkir Rp.2.000 saja per orang. Alamatnya adalah Jl. Mertojoyo Sel. No.7, Merjosari, kecamatan Lowokwaru, kota Malang, Jawa Timur.

34. Sumber Sirah

Selain sumber Maron sebagai obyek wisata yang menyuguhkan kolam sumber air alami, maka satu lagi nih sumber air yang lagi hits di Malang dan menjadi buruan bagi wisatawan, bernama sumber Sirah. Sumber Sirah ini menyajikan kolam air yang sangat bening, dan di dalam kolam tersebut berisi aneka makhluk hidup yang menghiasi, seperti; tanaman ganggang, dan ikan-ikan kecil yang cantik.

sumber sirah

Sumber Sirah

Sumber Sirah menjadi obyek wisata yang bagus, karena didukung dengan pemandangan alam sekitar yang sangat memanjakan mata. Belum lagi suasana perdesaan yang tenang, serta suhu udara yang sejuk membuat betah pengunjung yang refresing di sana.

Apalagi bagi pengunjung yang memang hobi berenang, wah berenang di kolam sumber Sirah tentu menjadi aktivitas yang paling spesial. Pengunjung juga dapat berfoto dengan berada di dalam air yang bening, karena landscape dalam air sangat bening berpadu dengan hiasan-hiasan alami di dalamnya, menjadikannya sebagai spot foto yang keren banget sob. Berfoto di sana tentu menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari.

Sumber Sira ini terletak di Desa Putukrejo, kecamatan Gondanglegi, kabupaten Malang, Jawa Timur. Wisata ini buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp.1.000/orangnya. Murah sekali bukan? Tentunya wisata ini cocok banget buat kamu yang lagi mencari wisata yang hits dan murah.

35. Coban Nirwana

Sebenarnya Malang memiliki daftar wisata coban yang sangat banyak sekali, sudah beberapa yang telah kami sebutkan di atas. Tambah satu lagi wisata coban yang patut untuk kamu kunjungi sob, namanya adalah coban Nirwana. Berdasarkan asal-usulnya sih, dulunya coban ini bernama coban Mbok Karimah, dan kini berganti nama menjadi coban Nirwana.

coban nirwana

Coban Nirwana

Coban Nirwana kini menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari luar kota. Seperti coban-coban lainnya, coban Nirwana menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat indah. Tetapi coban ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu guyuran air terjunnya terbagi menjadi dua, dikarenakan tebing sebagai dinding bentuknya bertingkat.

Pasti sangat seru dan menyenangkan bila berbasah-basahan dan bermain air di bawah guyuran air terjun ini. Suasana sekitar yang adem dan sejuk menjadikan pengunjung betah bersantai di sana. Apalagi bila pengunjung datang jauh-jauh, maka sesampainya di lokasi tentu sudah tidak sabar untuk bermain air.

Lokasi coban Nirwana ini berada di desa Gedangan, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Mengingat bahwa wisata coban ini belum banyak fasilitas, dan belum begitu banyak pengunjung, maka belum ada biaya retribusi yang dikenakan pada pengunjung, pengunjung hanya ditarik biaya parkir saja.