130 Tempat Wisata di Malang Batu dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

41. Pantai Selok dan Banyu Meneng

pantai selok

Pantai Selok

Kedua pantai ini tergabung dalam satu kawasan, tetapi memiliki perbedaan. Bila pantai Selok terkenal dengan ombaknya yang agak besar, sedangkan pantai Banyu Meneng agak lebih tenang. Kedua pantai ini berdampingan, dan patut untuk dijadikan sebagai obyek wisata saat liburan.

Kondisi pantai Selok maupun Banyu Meneng masih sangat bersih, belum banyak pengunjung yang datang ke sana. Di pantai Selok terdapat hamparan pasir putih nampak sangat menawan, ditambah dengan background pantai yang indah. Di sekitar bibir pantai terdapat batu karang yang besar, nampak sangat unik, ini yang menjadi ikon pantai Selok.

Di pantai Banyu Meneng, banyak sekali batu karang, berwarna hijau karena ditumbuhi rerumputan. Kamu bisa menikmati kedua pantai tersebut, karena harga tiket masuknya menjadi satu, yaitu seharga Rp.5.000/orang. Untuk biaya parkirnya cukup mahal, yaitu Rp.5.000 untuk sepeda motor, dan Rp.8.000 untuk mobil. Sedangkan lokasinya terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur.

42. Pantai Kedung Celeng

Ini merupakan salah satu pantai yang tersembunyi di Malang. Keindahan alamnya masih benar-benar terjaga, belum banyak sampai dari pengunjung. Karena memang masih sedikit pengunjung yang mendatangi kawasan pantai ini.

pantai kedung celeng

Pantai Kedung Celeng

Setelah foto-foto keindahannya diupload di media sosial, banyak yang penasaran dengan pantai Kedung Celeng. Sehingga, pada saat liburan, pengunjung yang datang mulai bertambah. Pantai Kedung Celeng ini asyik banget buat berendam dan bermain air sepuasnya, karena ombak yang tak begitu besar.

Dasar pantai di bagian tepi terdapat pasir dan juga batu karang, jadi bila kamu ingin berenang atau berendam, jangan terlampau jauh ke tengah, cukup bermain-main di tepi saja sudah sangat seru dan menyenangkan. Berendam sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah, tentu menjadikan liburan kamu sangat istimewa.

Alamat pantai Kedung Celeng di Jl. Raya Banjarejo, dusun Sumberceleng, desa Banjarejo, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya murah sekali, hanya Rp.3.000/orang, yang mahal adalah harga parkirnya, yaitu Rp.5.000 per kendaraan.

43. Coban Gintung

Coban Gintung menawarkan pemandangan air terjun yang sangat eksotis. Awal mula diberi nama “Gintung”, yaitu berdasarkan pada pohon besar di sekitar lokasi yang bernama pohon Gintung. Guyuran air terjun ini deras sekali, sangat dingin dan menyegarkan bila kamu berbasah-basahan di sana.

coban gintung

Coban Gintung

Terdapat spot foto yang keren di sana, yaitu berupa gardu pandang. Fungsi gardu pandang ini adalah sebagai tempat bersantai sembari menikmati keindahan coban Gintung. Namun, tak sedikit pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot foto selfie yang kece dan kekinian, kemudian diupload di sosial media.

Coban Gitung ini terletak di desa Sidorenggo, kecamatan Ampelgading, kabupaten Malang, Jawa Timur. Belum ada biaya retribusi untuk wisata ini, dikarenakan masih sepi pengunjung, dan juga belum banyak fasilitas yang mumpuni di sana. Pengunjung hanya dikenai tarif parkir Rp.5.000 untuk motor, dan Rp.10.000 untuk mobil.

44. Sumber Krabyakan

Di Malang, wisata sumber air bening yang populer tidak hanya Sumber Maron dan Sumber Sirah saja. Ada lagi nih, namanya Sumber Krabyakan. Wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat alami, mulai dari sumber air yang sangat jernih, dilengkapi dengan bebatuan alam, terlihat pepohonan hijau di sekitar yang rindang, nampak juga persawahan, dan juga landscape pegunungan. Semuanya berpadu menjadi pemandangan alam yang sangat indah.

sumber krabyakan

Sumber Krabyakan

Sumber air yang bening menjadi suguhan utama buat para pengunjung, sensasi yang sangat menyegarkan bila mandi di kolam sumber Krabyakan ini. Meski tidak terlalu dalam, tetapi kejernihan air tetap terjaga. Wisata ini cocok banget buat liburan kamu sob, karena suhu udara di sana juga cukup sejuk, yang pasti asyik banget buat merileksasikan diri.

Sumber Krabyakan ini terletak di desa Sumber Ngepoh, kecamatan Lawang, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp.2.000/orang. Kamu tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sekitar lokasi wisata, tak sedikit penjual jajanan dan minuman.

45. Coban Pelangi

Ini dia salah satu air terjun yang memiliki keunikan berbagai warna seperti pelangi. Wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, air terjun yang mengalir deras dihiasi dengan berbagai keindahan alam, seperti; pepohonan yang hijau nan rindang, tebing-tebing besar yang mengelilinginya juga dipenuhi semak belukar yang sangat menyegarkan mata.

coban pelangi

Coban Pelangi

Suasana yang sangat alami masih benar-benar terasa, pasalnya coban ini belum begitu banyak pengunjungnya. Coban ini dinamai coban Pelangi karena pancaran airnya nampak berwarna-warni, terutama ketika siang hari, karena terjadi pembiasan cahaya sinar matahari. Waktu yang pas untuk menyaksikan keindahan coban Pelangi adalah mulai pukul 10.00 sampai 14.00 WIB. Bila cuaca mendung, hujan, maupun banyak kabut, maka warna pelangi tak begitu nampak.

Coban Pelangi ini terletak di desa Gubukklakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari kota Malang sekitar 32 km, dan untuk menuju ke sana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, dan menitipkannya di parkiran rumah penduduk. Dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke lokasi, meski agak jauh, tetapi perjalanan kamu akan dipenuhi dengan panorama alam yang luar biasa. Dan sesampainya di wisata coban Pelangi, kamu dapat menyaksikan suguhan alam air terjun yang menakjubkan.

Harga tiket masuk coban Nirwana cukup terjangkau, hanya Rp.6.000/orang. Selain itu juga membayar biaya parkir Rp.2.000 untuk sepeda motor, dan Rp.5.000 untuk mobil.