5 Kota Kaya Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi Menggunakan Kereta Api!

Posted on

Indonesia memiliki banyak daerah yang patut dikunjungi wisatawan karena memiliki alam yang indah, bangunan bersejarah yang diakui oleh UNESCO, serta tempat wisata menarik dan edukatif. Sebut saja Pulau Komodo yang terkenal sebagai habitat hewan langka komodo, Pulau Bali yang kental dengan unsur budaya dan pantai, kawasan Raja Ampat yang dikenal sebagai surga terumbu karang, serta Bangka yang terkenal dengan Danau Kaolin.

wisata dengan kereta api
Wisata dengan Kereta Api, foto: jadiberita.com

Sayangnya daerah-daerah tersebut berada di luar Pulau Jawa, sehingga penduduk Pulau Jawa yang ingin mengunjunginya harus menggunakan pesawat atau menempuh jalur laut yang terkenal memakan waktu banyak dan melelahkan. Nah, bagi kamu penduduk Pulau Jawa yang takut naik pesawat dan juga tidak ingin menempuh jalur laut untuk berlibur, jangan bersedih dulu.

Selain daerah-daerah yang sudah disebutkan tadi, Pulau Jawa sendiri memiliki banyak kota yang kaya akan destinasi wisata dan semua itu bisa dikunjungi menggunakan jasa kereta api, mulai dari Bandung hingga Malang. Kamu bisa beli tiket kereta api di website Traveloka untuk semua kota yang ingin kamu kunjungi kemudian membayar tiket kai tersebut via transfer ATM, e-banking, dan kredit. Mudah, kan?

Sudah tahu cara pesan tiket kereta api, sekarang saatnya memilih kota tujuan di Pulau Jawa untuk berlibur. Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

Bandung

Kota yang dikelilingi pegunungan ini adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Iklimnya yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa membuat kota ini menjadi tempat favorit untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Bandung adalah Tangkuban Perahu, Kawah Putih, De Ranch, Farm House, Dusun Bambu, The Lodge Maribaya, Selasar Sunaryo, Tebing Keraton, Trans Studio Bandung, dan masih banyak lagi.

Perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta ke Bandung membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Harga tiket kereta apinya berkisar antara IDR 80.000 hingga IDR 120.000.

Semarang

stasiun kereta api tawang
Stasiun Kereta Api Tawang, foto: jenishotel.info

Salah satu kota metropolitan yang terbagi menjadi kota bawah dan kota atas ini memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata religius. Beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Semarang adalah Lawang Sewu, Museum Ambarawa, Museum Jamu Nyonya Meneer, Kota Lama Semarang atau Little Netherland, Pantai Marina, Goa Kreo, Gereja Blenduk, dan Klenteng Sam Po Kong.
Perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta ke Semarang membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan harga tiket pada kisaran IDR 255.000 hingga IDR 365.000.

Jogjakarta

Kota budaya nan ramah yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara ini belakangan tidak hanya menonjolkan situs sejarah dan budaya sebagai andalannya. Seperti yang sudah kita ketahui, Jogjakarta terkenal dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan, Istana Air Tamansari, dan pasar Malioboro. Namun, kini para wisatawan bisa menikmati Jogjakarta dari sisi alamnya lewat kunjungan ke Green Village Gedangsari, Kalibiru Kulonprogo, Hutan Pinus Mangunan, Gardu Pandang Watu Tekek, Tebing Breksi, Goa Jombang, dan masih banyak lagi. Beberapa dari tempat yang disebutkan tadi adalah spot untuk menyaksikan matahari terbit.

Untuk pergi ke Jogjakarta dari Jakarta menggunakan kereta api, kamu membutuhkan waktu sekitar 8 jam dengan harga tiket kereta api pada kisaran IDR 260.000 hingga IDR 430.000.

Surabaya

Kota terbesar kedua setelah Jakarta ini tidak memiliki banyak tempat wisata alam. Sebagai gantinya, Surabaya memiliki banyak museum, tempat wisata religius, dan tempat wisata buatan seperti Tugu Pahlawan, Taman Bungkul, Ciputra Waterpark, House of Sampoerna, Jembatan Suramadu, Wisata Hutan Mangrove, Suroboyo Carnival Night Market, Museum Mpu Tantular, Masjid Cheng Hoo, Kawasan Wisata Sunan Ampel, dan Jembatan Merah.

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya menggunakan kereta api membutuhkan waktu sekitar 9 jam. Tiketnya bisa diperoleh dengan harga IDR 375.000 hingga IDR IDR 485.000.

Malang

stasiun kereta api malang
Stasiun Kereta Api Malang, foto: puguhindra.wo

Belakangan ini Malang menjadi salah satu destinasi favorit keluarga karena sudah ada banyak tempat wisata. Mulai dari yang menghibur hingga edukatif. Sebut saja kawasan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 yang sangat mendidik anak-anak mengenai lingkungan dan satwa. Selain itu, ada juga wahana bermain di Batu Night Spectacular. Jika ingin menikmati wisata alam, sediakan waktu khusus untuk mengunjungi Gunung Bromo, Omah Kayu, dan Pantai Goa Cina.

Perjalanan dari Jakarta ke Malang membutuhkan waktu sekitar 15 jam menggunakan kereta api yang tiketnya berharga IDR 435.000 hingga IDR 535.000.

Setelah melihat rangkuman di atas, sudah bisa menentukan destinasi wisata berikutnya bersama keluarga? Jangan lupa perhatikan kesehatan agar bisa menikmati liburan tersebut dengan seru ya!