Kampung Warna Warni Jodipan, Wisata Baru Di Kota Malang

Posted on

Kota Malang memang dikenal dengan potensi alamnya yang menakjubkan serta udaranya yang sangat sejuk. Sehingga banyak sekali wisatawan yang berlomba-lomba mendapatkan tiket pesawat murah tujuan malang sebagai tempat untuk berlibur. Sebab tak hanya dipenuhi dengan objek wisata alam yang menarik, di malang anda juga bisa mencoba wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lainnya. Baru-baru ini terdapat objek wisata baru yang cukup menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya, yaitu wisata Kampung Warna Warni Jodipan.

kampung warna warni jodipan
Kampung Warna Warni Jodipan, foto: negaraislam.org

Pada awalnya kampung jodipan ini dikenal sebagai salah satu kampung yang cukup kumuh, bahkan tak cukup menarik untuk dikunjungi. Namun kini kampung Jodipan berubah menjadi salah satu kampung dengan tampilan dan pemandangan yang cukup menakjubkan. Bahkan banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke kampung ini, tak hanya dari wilayah Malang saja namun wisatawan luar kota hingga mancanegara tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.

Asal mula kampung warna-warni ini berasal dari salah satu ide kreatif Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang masuk di dalam Komunitas Guyspro. Koordinator Guyspro, Nabila Firda menyatakan bahwa alasan dari proyek ini dikarenakan bahwa kampung Jodipan sebenarnya memiliki view menarik dan jelas dari Jembatan Brantas, hanya saja penampilannya yang kotor dan kumuh membuat tampilan kota menjadi tak enak dipandang.

Atas dasar tersebut, dibuatlah sebuah proyek yang di sponsori oleh “Indana Paint” serta Corporate Social Responbility dan dikerjakan langsung dengan seniman dan 30 tukang cat yang bertugas mengecat serta melukis dinding dan atap rumah yang ada di Kampung Jodipan ini. Bahkan pelaksanaan proyek ini juga dibantu oleh warga sekitar dan TNI AU. Sehingga terciptalah kini kampung yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata.

Spot Foto Menarik

Di kampung warna warna ini, anda bisa menemukan banyak spot foto menarik yang dapat digunakan sebagai selfie atau pun foto beramai ramai. Spot-spot foto tersebut seperti,

  • Jembatan Embong Brantas, di sini anda bisa melihat dengan jelas pemandangan kampung warna-warni yang sangat unik dan cantik.
  • Dinding Warna-Warni.
  • Lorong Payung
  • Lukisan 3 Dimensi, mulai dari T-rex, Gorilla, Ikan Hiu, dan lainnya
  • Tangga warna warni
  • Dan masih banyak lainnya.

Akses Menuju Kampung Warna Warni

Lokasi kampung warna warni sendiri berada di Desa Jodipan, Kota Malang. Tepatnya kampung ini berada di area bawah dari jembatan rel kereta api serta pasar loak. Untuk akses menuju tempat ini, anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Lokasinya yang cukup dekat dari stasiun Kereta Api, sekitar 500 meter membuat anda bisa memilih untuk berjalan kaki ataupun naik becak. Beberapa angkutan umum juga banyak melewati kampung warna warni ini, mulai dari ABG, AJG, AMG, MT,dan lainnya.

Fasilitas Kampung Warna-Warni

Fasilitas yang tersedia di kampung ini juga cukup lengkap, mulai dari parkir, toilet, pedagang makanan dan minuman, dan lainnya. Untuk tiket masuknya sendiri hanya dikenakan Rp 2.000/orang saja. Uniknya tiket masuk ke kampung ini berbentuk sticker yang mana dapat anda jadikan sebagai kenang kenang yang menarik. Untuk tarif parkir sendiri mulai dari 2000 rupiah untuk motor, 5000 rupiah untuk mobil, serta 15.000-25.000 rupiah untuk bis pariwisata.

Cukup menarik bukan? Wisata murah meriah ini bisa menjadi rekomendasi untuk berlibur bersama keluarga. Tunggu apa lagi, cek harga tiket pesawat tujuan malang sekarang juga sebagai destinasi liburanmu berikutnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.