105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

46. Makam Pahlawan Cikutra

makam pahlawan cikutra

Makam Pahlawan Cikutra

Bila kamu sudah berkeliling Kota Bandung, coba deh menyempatkan diri untuk mampir di kawasan Makan Pahlawan. Ini menjadi salah satu lokasi wisata sejarah yang bisa membuat kamu tahu banyak tentang nama-nama tokoh Pahlawan yang pernah membela dan memperjuangkan negara Indonesia dari penjajahan.

Makam Pahlawan Cikutra ini cukup populer di kalangan wisatawan, terutama bagi warga Jawa Barat. Di makam ini terdapat dua tugu yang kokok yang menjadi ikon tempat ini. Untuk bisa masuk kawasan Makam Pahlawan ini kamu cukup mengisi Buku Tamu yang disesiakan oleh petugas.

Makam Pahlawan Cikutra ini dibangun sejak tahun 1958. Meskipun umurnya lumayan tua namun hingga saat ini kondisi makam ini masih sangat baik. Setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan yang ingin tahu banyak hal mengenai makam para Pahlawan di sana.

47. Curug Penganten

Wisata air terjun memang selalu menjadi tempat yang asyik untuk refreshing dan merileksasikan diri. Suasana yang nyaman berada di kawasan pegunungan, apalagi dengan banyaknya pepohonan hijau yang rindang, serta suhu udara yang dingin. Ini menjadikan suasana benar-benar asri dan nyaman berlama-lama di sana.

curug penganten

Curug Penganten

Dari berbagai macam air terjun di Bandung, salah satu wisata air terjun yang bagus dan patut untuk dikunjungi adalah Curug Penganten. Curug ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang indah, tetapi juga dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki mitos atau cerita legenda.

Curug Penganten ini terdiri dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Wisata ini berada di ketinggian mencapai 1050 mdpl, dinginnya udara menambah sensasi liburanmu semakin asyik sob. ir terjunnya mengalis sangat deras, ini menjadi suasana keseruan tersendiri, apalagi bila kamu mencoba berbasah-basahan di sana, pasti sangat menyegarkan. Lelahnya perjalanan menuju ke lokasi akan hilang dengan cepat setelah melihat pemandangan air terjun yang menawan sekaligus mandi dengan air yang berasal dari pegunungan asli.

48. Curug Maribaya

Wisata air terjun satu ini masih berada di kawasan Lembang. Bila kamu berada di Lembang, coba deh menyempatkan diri untuk mengunjungi Curug Maribaya. Pesona alam air terjun yang luar biasa, menjadikan liburanmu semakin berkesan. Kamu bisa menikmati sensasi segarnya bermain air pegunungan asli, dan kamu dapat berfoto dengan background ar terjun Maribaya yang menawan.

curug maribaya

Curug Maribaya

Sangat asyik sekali bila kamu menghabiskan liburan di wisata Curug Maribaya. Di sana juga tersedia kolam air panas yang mengandung mineral, dan ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit bila berendam di sana. Mungkin kamu penasaran, coba deh menggunjungi wisata satu ini.

49. Arung Jeram Sungai Citarum

Salah satu sungai terbesar yang ada di jawa Barat adalah sungai Citarum, sungai tersebut tidak hanya digunakan untuk mengairi rumah warga saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata. Arusnya cocok untuk digunakan berwisata air dan adventure misalnya arung jeram. Untuk dapat melakukan rafting di Arung Jeram Sungai Citarum, anda bisa mengunjungi wisata rafting di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan umurnya pun sudah cukup tua sejak tahun 1990-an, meskipun begitu, pengelolaan tempat wisatanya selalu mengalami pembaharuan dan dikelola dengan baik.

arung jeram sungai citarum

Arung Jeram Sungai Citarum

Jika anda berasal dari Jakarta, anda bisa menggunakan rute Tol Cipularang, kemudian ke Cipatat melalui Tol Padalarang, banyak sekali para penyedia paket wisata rafting sungai citarum tersebut, lebih baik sebelum anda datang ke tempat wisata nya, booking terlebih dahulu pada provider wisata nya. Untuk dapat melakukan wisata air yang memacu adrenalin ini, anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,- per orang nya sudah termasuk asuransi, peralatan, perlengkapan, tour wisata, pelampung, dan lain-lain.

Dengan melakukan rafting di Sungai Citarum ini, anda akan diajak untuk menyusuri sungai dengan jarak sekitar 7 km dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah musim kemarau, tapi jangan kemarau yang sangat kering ya, karena jika anda mengunjungi Arung Jeram Citarum pada saat musim hujan, dikhawatirkan sungai nya meluap dan warna air nya menjadi keruh.

Berwisata di Arung Jeram Sungai Citarum juga tidak semata-mata hanya mengarungi sungai saja lho, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai medan air yang menegangkan misalnya pusaran air (eddies), jeram seperti mendidih akibat batuan yang ada di dasar sungai (boil), ombak yang cukup besar (wave), dan lubang dasar sungai yang cukup menegangkan. Jadi, siap-siap saja pakaian anda akan basah. Jika dilihat dari berbagai medan yang akan dihadapi ketika melakukan rafting, memang cukup berbahaya, oleh karena itu sebaiknya ketika menghadapi medan-medan tersebut, para wisatawan tidak usah panik karena jika panik bisa menyebabkan perahunya terbalik lho!

50. Bandung Carnival Land

Mencari tempat wisata dengan tema taman bermain dengan wahana-wahana tertentu? Mau ke DUFAN tapi kejauhan? Tenang aja! Anda bisa mengunjungi Bandung Carnival Land. Bandung Carnival Land terletak di Jl. Sirna Galih No. 2 Cipedes, Sukajadi, Bandung. Tempat wisata yang satu ini bisa dikategorikan sebagai taman bermain yang mirip DUFAN di Jakarta dan JATIM PARK di Malang, namun Bandung Carnival Land atau disingkat BCL ini memiliki luas yang tidak terlalu besar, bisa juga disebut mirip dengan Batu Night Square di Malang. Tempat wisata yang berdiri sejak tahun 2011 ini cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga dewasa. Wahana nya pun cukup lengkap, terdapat wahana yang memang dikhususkan untuk anak-anak dan untuk dewasa.

bandung carnival land

Bandung Carnival Land

Beberapa wahana yang menarik di Bandung Carnival Land adalah rumah hantu, bom bom car, rumah kaca sepeda terbang, mobil gila, ulat gila, dan lain-lain. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 35.000,- hingga 45.0000,-, murah bukan? dengan biaya tiket tersebut anda bisa menikmati berbagai wahana tanpa harus membayar lagi untuk 2x bermain. Namun, jika anda merasa belum puas menikmati wahana-wahana yang ada di BCL, anda bisa membeli tiket per wahana dengan harga Rp 5.000,-. Pelayanan wisata di Bandung Carnival Land juga bisa diacungi jempol, para kru nya yang mudah senyum dan ramah membuat wisata anda menjadi lebih menyenangkan lho!

Seperti tempat wisata lainnya, banyak spot-spot menarik untuk berfoto di Bandung Carnival Land ini. Mengenai fasilitas, tidak usah khawatir karena pengelolaan Bandung Carnival Land tersebut sudah bisa dibilang sangat baik, dengan mudah anda bisa menemukan toilet umum, mushola, tempat makan, dan lain-lain. Destinasi wisata yang buka setiap hari pada pukul 11.00 – 19.00 (weekday) dan pukul 11.00 – 20.00 (weekend dan hari libur) ini selalu ramai pengunjungnya di akhir pekan dan hari libur, oleh karena itu disarankan untuk mengunjungi pada weekday jika ingin lebih sepi dan bisa menikmati wahana dengan bebas tanpa harus mengantri. Namun, sayangnya pada hari-hari biasa, Bandung Carnival Landa hanya buka hingga pukul 7 malam saja.