105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

51. Bandung Science Center

bandung science center

Bandung Science Center

Siapa bilang berwisata itu hanya tentang foya-foya atau menikmati alam saja? mengunjungi Bandung Science Center juga tentu bisa disebut wisata yang lebih bermanfaat tentunya. Bandung Science Center adalah tempat edukasi science yang ada di Bandung namun dikemas sedemikian rupa menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Bermain sambil belajar di Bandung Science Center tentunya menjadi pilihan yang baik jika anda sedang merencanakan liburan khususnya dengan keluarga. Tempat wisata ini cocok untuk anda para orang tua yang ingin mengenalkan berbagai edukasi sains sebelum memulai pembelajaran sekolah.

Bandung Science Center terletak di Jl. Sinargalih No. 15 Gegerkalong, Sukasari, Bandung. Destinasi wisata ini kerap ramai dikunjungi ketika ada rombongan study tour atau mahasiswa yang mengunjungi tempat ini, tak heran jika tempat ini dirancang cukup besar, bahkan kapasitas ruangannya bisa mencapai 400 orang lebih. Adapun harga tiket masuk destinasi wisata ini hanya Rp 45.000,- per orang dan buka dari selasa hingga minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Setidaknya terdapat berbagai ruangan dengan tema sains berbeda yang bisa anda kunjungi di tempat ini, misalnya ruang bumi, perakitan, audio fisual, fisiologi, roboik, nirkabel, geologi, astronomi, dan lain-lain. Bahkan, beberapa ruangan pembelajaran tersebut dilengkapi dengan wahana menarik edukatif yang akan menarik perhatian kalangan anak-anak biasanya.

Bandung Science Center ini berbeda dengan museum, jika di museum pengunjung kebanyakan hanya melihat-lihat saja, berbeda dengan tempat wisata yang satu ini, akan banyak alat peraga yang bisa anda gunakan untuk mengetes teori-teori sains yang berlaku, tentunya hal tersebut akan membuat liburan menjadi tidak membosankan, bahkan anda juga bisa memanfaatkan fasilitas audio visual yang tersedia.

Meskipun sebuah tempat wisata edukasi, tidak berbeda dengan tempat wisata alam lainnya, destinasi wisata ini juga mempunyai spot-spot menarik untuk berfoto, fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap, dari mulai tempat paprkir, WC, hingga musholla juga bisa anda gunakan di Bandung Science Center ini. Sayangnya, tempat ini belum dilengkapi dengan lift, jadi anda masih harus menaiki tangga jika ingin naik ke lantai paling atas.

52. Bandung Tree Top Adventure Park

Jika bogor punya Wisata Puncak yang menjadi tempat wisata andalannya, Bandung juga mempunyai Kawasan Cikole dengan berbagai tempat wisata menarik di kawasannya. Salah satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di akhir pekan atau hari libur adalah Bandung Tree Top Adventure Park. Tempat wisata yang baru saja dibuat pada tahun 2010 ini mempunyai konsep outbond yang menyenangkan, apalagi dengan lingkungan alam nya yang berada di dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin dan sejuk.

tree top adventure park

Bandung Tree Top Adventure Park

Tempat wisata ini banyak menawarkan wahana-wahana outbond yang memacu adrenalin baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Karena merupakan tempat wisata yang berkaitan dengan outbond alam, tentunya pihak pengelola juga sangat memperhatikan keselamatan dan keamanan para pengunjungnya. Harga tiket untuk masuk ke Bandung Tree Top Adventure Park berkisar dari Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- bergantung dengan kategori umur dan waktu (weekday, weekend, atau hari libur), dengan harga tersebut anda bisa menikmati outbond dengan jangka waktu 150 menit, asuransi keselamatan, air mineral, peralatan, perlengkapan, dan lain-lain.

Ketika berwisata di Bandung Tree Top Adventure Park, dengan waktu sekitar 2,5 jam anda akan disuguhi dengan 88 tantangan dan 24 jenis flying fox. Pokoknya seru deh! Sebagai tips saja, tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh rombongan tour misalnya study tour, dan lain-lain. Tempat nya berada di Jl. Tangkuban Perahu KM 28, Cikole. Tempat wisata ini cukup dekat dengan tempat wisata lainnya di Cikole, misalnya Tangkuban Perahu, Hutan Pinus, Maribaya, dan lain-lain, anda juga akan mudah menemukan restoran-restoran di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini.

Uniknya lagi, kawasan wisata Bandung Tree Top yang mengusung konsep outbond ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang ramah lingkungan. Mengingat wisata outbond mungkin akan banyak merusak tanaman yang ada di sekitar lokasi, namun pengelola kawasan wisata ini memakai sistem kompresi yang nantinya akan melindungi pohon dari kerusakan. Tempat wisata ini juga ternyata terinspirasi dari wisata yang adai di Perancis dan merupakan salah satu bagian dari Treetop Adventure Park yang tersebar di Inggris, Italia, Swiss, Kanada, dan lain-lain.

53. Alun-Alun Kota Bandung

Bandung sering dijuluki sebagai kota yang romantis bagi beberapa orang, Bandung juga memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik nya dengan kota-kota lain. Salah satu hal yang menjadi keunikan kota Bandung terletak pada alun-alun nya. Alun-alun Kota Bandung mempunyai beberapa keunikan tertentu, hal tersebut membuat tempat nya kerap dijadikan sebagai tempat wisata beberapa wisatawan yang mengunjungi sang Paris Van Java ini.

alun alun kota bandung

Alun Alun Kota Bandung

Berbeda dengan jenis alun-alun lainnya di berbagai kota, alun-alun Kota Bandung yang letaknya dekat dengan Masji Agung, didesain sedemikian rupa dengan menggunakan rumput sintetis seperti di lapangan-lapangan fustal sehingga pengunjung diharuskan untuk melepas sandal atau sepatu dan menitipkan nya ke tempat penitipan barang. Permukaan dari rumput sintetis ini juga sangat empuk sehingga para pengunjung pun bisa langsung berbaring atau duduk di tempat ini. Meskipun didesain dengan rumput sintetis, pengelola alun-alun Kota Bandung ini sangat memperhatikan kebersihan rumput nya lho, akan banyak juga kotak-kotak sampah yang tersedia di pojokan-pojokan tempat ini, jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk pengunjung yang membuang sampah sembarangan!

Karena keunikan dari Alun-alun Bandung, tempat wisata ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto terbaik di Bandung. Tak sedikit orang para fotografer profesional maupun pemuka yang menjadikan Alun-alun Bandung sebagai spot foto. Tidak hanya itu, alun-alun Bandung juga dilengkapi dengan berbagai wahana untuk anak kecil, sehingga tidak usah khawatir si kecil akan bosan jika diajak ke Alun-alun Bandung.

Sebagai ikon kota Bandung, tentu saja destinasi ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur di Bandung, dengan mengunjungi Alun-alun ini juga anda tidak akan rugi kok! Letaknya yang berada di pusat kota tentu sangat menguntungkan, di sekitarnya banyak spot-spot wisata ikonik khas Bandung lainnya yang bisa anda kunjungi. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda tidak akan dikenakan biaya apapun, namun akan dikenakan biaya parkir jika anda membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebagai saran saja, sebaiknya mengunjungi di hari-hari biasa karena di hari libur atau akhir pekan biasanya kendaraan cukup padat dan menimbulkan kemacetan.

54. Bumi Sangkuriang Ciumbueluit

Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, ketika berlibur di Bandung, untuk akomodasi penginapan anda bisa mengunjungi Bumi Sangkuriang yang terletak di Ciumbueluit. Tempat akomodasi wisata ini semakin dikenal ketika artis ternama Raffi dan Nagita melangsungkan resepsi pernikahan di tempat ini. Lokasi nya yang terletak di dataran tinggi membuat udaranya sangat sejuk dan pas jika digunakan untuk acara-acara besar seperti resepsi, pesta, dan lain-lain. Disini juga anda akan disuguhi berbagai macam pohon-pohon yang membuat keadaan terlihat lebih alami dan tenang.

bumi sangkuriang ciumbuleuit

Bumi Sangkuriang Ciumbuleuit

Keunikan bangunan Bumi Sangkuriang terletak pada bangunan nya. Gedung yang terdapat di kawasan wisata Bumi Sangkuriang merupakan bangunan peninggalan budaya yang dilindungi dan berdiri sejak tahun 1957. Oleh karena itu, suasana retro dan modern akan anda rasakan ketika berkunjung ke tempat ini.

Tidak hanya untuk perjalanan akomodasi saja, Bumi Sangkuriang yang sekarang ini dibuka untuk umum juga memiliki fasilitas-fasilitas menarik, anda bisa mengunjungi restoran, fitness, berenang, bahkan hingga bermain tenis di tempat ini. Kawasan Bumi Sangkuriang Ciumbueluit ini mempunyai restoran dengan menu makanan dan minuman harga terjangkau dan lezat, tak heran jika setiap hari apalagi pada malam hari, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para anak muda bersama pasangannya. Menyantap makanan di restoran Bumi Sangkuriang tidak hanya menikmati makanannya saja, namun anda juga akan diajak untuk menikmati berbagai pemandangan alam yang asri.

Selain restoran, kolam renang yang ada di Bumi Sangkuriang juga disewakan untuk umum, anda bisa membayar tiket kolam renang seharga Rp 35.000,- per orang untuk durasi sepuasnya (tentu nya sampai tutup ya) Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata Bumi Sangkuriang Ciumbueluit adalah sore hari, ketika matahari sudah mulai terbenam, cuacanya akan sangat pas dengan pemandangan alam yang sangat indah. Bahkan, jika cuaca nya sedang cerah, anda juga bisa menikmati pemandangan sunrise lho dari Bumi Sangkuriang ini. Karena letaknya yang berada di pusat kota, tempat ini juga dekat dengan berbagai wisata lainnya di Kota Bandung.

55. Curug Anom Di Natural Hill Cisarua

Curug adalah sebuah sebutan untuk tempat wisata Air Terjun di Jawa Barat, salah satu curug terkenal di Kota Bandung adalah Curug Anom. Jika biasanya destinasi wisata tertuju pada pantai atau gunung, kini wisata alam berupa Air Terjun juga tidak ada salah nya kok! Curug Anom ini terletak di Bandung Barat, tepatnya di sekitar Cisarua. Meskipun curug ini belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan wisatawan, namun hal tersebut bukan berarti curug ini tidak memiliki daya tarik, mungkin karena letak dan medan untuk mengunjungi nya cukup jauh saja yang membuat curug ini tidak seperti tempat wisata di Bandung lainnya yang cukup ramai.

curug anom

Curug Anom

Curug Anom ini terletak di kawasan Natural Hilss, Cisarua. Curug ini juga menyimpan berbagai macam mitos yang berkembang di kalangan masyarakatnya. Percaya atau tidak, bagi orang-orang yang mengunjungi tempat ini, dipercaya akan segera mendapatkan jodoh lho! Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di Curug Anom, anda bisa berenang di kolam air hasil air terjun, berfoto dengan background air terjun yang menakjubka, merendam untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan, menikmati pemandangan, dan lain-lain.

Untuk dapat mengunjungi destinasi wisata ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk, anda akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan pribadi yang anda bawa baik roda empat maupun roda dua. Untuk fasilitas, untungnya fasilitas yang berada di tempat wisata ini cukup lengkap. Selain itu, akan sangat mudah juga jika anda mencari beberapa penginapan karena lokasinya yang terletak di kawasan Natural Hills dengan berbagai tempat wisata lainnya yang menarik.

Pemandangan alam di tempat ini msih terasa sekali, suara air terjun yang menenangkan ditambah lagi dengan kicauan burung bernyanyi tentu membuat hati terasa sangat sejuk. Sebagai tips saja, sebaiknya jika anda berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini, gunakanlah sandal yang tidak licin agar tidak terpeleset mengingat bebatuan-bebatuan di Curug Anom ini sangat licin sekali. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika ingin berenang.