105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

56. Floating Market Lembang

floating market lembang

Floating Market Lembang

Salah satu tempat wisata yang hits di Bandung adalah Floating Market Lembang. Ya! Sesuai dengan namanya saja mungkin anda bisa membayangkan bagaimana konsep wisata nya, Floating Market Lembang adalah tempat wisata yang menggunakan konsep pasar terapung, terletak di Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. Wisata pasar terapung ini terinspirasi dari tempat wisata yang ada di Thailand.

Floating Market Lembang merupakan destinasi wisata kekinian yang selalu ramai pengunjungnya baik di hari biasa, akhir pekan, bahkan ketika tanggal merah liburan. Destinasi ini selalu menjadi sasaran para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, siap-siap saja untuk mengalami kemacetan jika anda mengunjungi tempat ini apalagi di akhir pekan akibat padatnya kendaraan yang melintas di jalur Lembang.

Untuk dapat masuk ke Floating Market Lembang, anda akan dikenakan biaya per orang nya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000,- dengan biaya parkir tertentu. Floating Market Lembang buka setiap hari hingga pukul 5 untuk weekdays dan hingga pukul 8 malam untuk weekend. Tidak hanya sebagai pasar terapung saja, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai wahana yang bisa digunakan oleh kalangan anak-anak maupun dewasa seperti taman kelinci, lokomotif mini, sampan, kano, paddle boat, dan lain-lain. Sayangnya, untuk dapat menikmati wahana-wahana tersebut, anda diharuskan untuk membayar tiket per wahana nya.

Banyak sekali spot foto menarik di Floating Market Lembang, misalnya area bebatuan yang sengaja disusun sedemikian rupa khusus untuk memperindah tampilan tempat wisata ini. Anda juga bisa berfoto dengan cantik di tepi danau. Tempat wisata outdoor ini menawarkan berbagai keindahan pemandangan alam yang ada di Bandung Barat, udara nya yang sejuk tentu membuat para pengunjungunya betah di tempat ini.

Jika anda lapar, anda juga bisa mengunjungi restoran atau wisata kuliner dengan nuansa danau dan sawah dengan makanan dan minuman lezat khas sunda. Fasilitas yang ada di Pasar Terapung Lembang ini juga sudah cukup lengkap, toilet nya bersih, musholla juga sudah tersedia dengan ukuran yang cukup leluasa.

57. Gua Pawon

Siapa bilang menjelajahi gua harus di wilayah pantai saja? anda bisa mengunjungi Gua Pawon di Bandung Barat misalnya. Gua Pawon merupakan gua alami sekaligus dengan situs purbakala yang di lindungi. Jadi, ketika anda mengunjungi Gua Pawon untuk berwisata, tidak hanya wisata alam saja yang akan dinikmati, anda juga bisa sekaligus berwisata sejarah di tempat ini. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka akan tantangan karena terdapat spot-spot menarik misalnya untuk memanjat tebing, memanjat bukit, dan lain-lain.

gua pawon

Gua Pawon

Gua Pawon ini merupakan gua yang sangat penting pada peradaban sejarah suku Sunda. Bahkan, seperti di Sangiran, di Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Gua Pawon ini pernah ditemukan manusia purba yang dipercaya sebagai nenek moyang suku Sunda. Gua Pawon yang terletak di kaki bukit Stone Garden juga bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur ke Bandung. Hanya dengan menaiki bukit beberapa meter saja anda akan bisa tiba di puncak bukit yang didominasi oleh batugamping yang sagat kokoh. Pemandangan terbaik kota Bandung juga disebut-sebut bisa terlihat dari atas bukit Gua Pawon ini.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Gua Pawon, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang dengan membayar parkir sesuai kendaraan yang anda gunakan. Dari tempat parkir, anda diharuskan masuk melewati jalan yang menanjak namun jalanannya cukup luas. Seperti Gua pada biasanya, anda akan menemukan banyak kelelawar yang tertidur di saing hari, anda juga akan menemukan ruanga yang khusus dibuat untuk melihat beberapa objek situs purbakalan, anda bisa melihat fosil tengkorak, dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di wisata Gua Pawon bisa disebut cukup lengkap meskipun tidak ada restoran-restoran besar seperti di tempat wisata mewah lainnya. Namun, terdapat warung-warung kecil yang bisa anda kunjungi ketika lapar mulai melanda. Mengingat medan jalan nya cukup berat, sebaiknya ketika akan mengunjungi tempat ini, anda dalam keadaan yang sehat dan sudah makan terlebih dahulu.

58. Istana Bandung Electronic Center

Sebagai Ibukota Jawa Barat, tak heran jika Bandung menjadi salah satu pusat perbelanjaan atau mall. Berbagai mall dengan jenis-jenis tertentu bisa anda kunjungi di Bandung, jika ingin mencari pakaian atau tas yang branded, anda bisa mengunjungi Varis Van Java, jika anda mencari mall dengan berbagai wahana bermain, anda bisa mengunjungi Trans Studio Mall, lalu bagaimana jika anda ingin mencari berbagai peralatan elektronik? Tentu anda bisa berkunjung ke Istana Bandung Electronic Center.

bandung electrtronic center

Istana Bandung Electronic Center

Bandung Electronic Center atau disingkat juga dengan BEC adalah mall ternama di Bandung yang menyediakan berbagai peralatan elektronik, dari mulai smartphone, laptop, playstation, dan perangkat elektronik lainnya akan anda temukan di BEC. Bandung Electronic Center terletak di Jl. Purnawarman No. 5 – 17. Letaknya berada di pusat kota dan dekat dengan factory outlet yang ada di kota Bandung. Karena berada di pusat kota, jangan heran jika lalu lintas cukup padat ketika akan mengunjungi tempat ini. Bahkan, terkadang pada weekend akan susah mendapatkan lahan parkir.

Biasanya, orang-orang datang ke BEC untuk membeli smartphone, tersedia banyak sekali toko resmi yang menjual berbagai macam smartphone dengan harga yang bersaing, anda juga bisa melakukan service smartphone di tempat ini. Namun, jika anda memang berniat untuk membeli elektronik, jangan lupa untuk selalu hati-hati ya, karena di mall besar pun masih sering ada penipuan lho! Seperti mall-mall pada biasanya, di BEC juga terdapat foodcourt yang bisa digunakan untuk mengobrol, nongkrong, dan untuk menyantap makanan.

BEC mempunyai luas yang cukup besar, bahkan mall ini disebut-sebut sebagai salah satu mall terbesar yang ada di kota Bandung. Selain ramai dikunjungi untuk membeli beberapa peralatan elektronik, di BEC juga terdapat bioskop CGV Blitz sehingga semakin ramai dikunjungi di akhir pekan, tak sedikit para mahasiswa atau kalangan remaja-dewasa yang menyempatkan diri untuk berkunjung berjalan-jalan di BEC. Beberapa wisatawan lokal atau mancanegara juga banyak kok yang mengunjungi mall ini sekedar untuk melihat-lihat atau mungkin sengaja karena ingin membeli suatu barang.

59. Karang Setra WaterLand

Berwisata di kota Bandung tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke salah satu tempat wisata air yang cukup terkenal yakni karang setra waterland. Wisata air ini berlokasi di Jln. Sirnagalih, No.15, gegerkalong, sukasari, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. dalam setiap harinya karang setra waterland tak pernah sepi dikunjungi anak-anak yang ingin berenang sambil bermain air, terutama pada hari libur tempat wisata air ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

karang setra waterland

Karang Setra Waterland

jika pada hari biasa lokasi ini selalu ramai dipadati oleh anak-anak sekolah, namun lain halnya disaat hari libur tiba, objek wisata ini ramai dipenuhi oleh para wisatawan yang membawa serta keluarga. Karang setra berdiri sejak tahun 1954 yang dulu diresmikan pertama kali oleh presiden Soekarno. Luas wilayah objek wisata air ini kurang lebih 6 hektar. Dulunya karang setra sering digunakan oleh para atlet untuk latihan berenang, namun seiring berjalannya waktu kini kolam renang karang setra dijadikan sebagai wisata air yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Saat berada di kawasan wisata air karang setra, anda akan disuguhi dengan berbagai jenis wahana air yang bisa dicoba seperti waterboom, kolam naga, aqua play, air terjun dan kolam pantai. Masing-masing wahana tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Contoh seperti kolam pantai, disana anda bisa merasakan sensasi sama persis seperti layaknya di bibir pantai dengan banyaknya pepohonan serta bentuk kolam yang landai. Di kolam pantai tersebut, anak-anak bisa bebas berenang dengan aman.

Selain kolam pantai ada pula kolam naga, dimana kita bisa merasakan sensasi meluncur dari perut naga dengan ukuran yang cukup besar, panjangnya kurang lebih sekitar 15 meter. Jika anda tak puas dengan menjajal kolam naga yang dirasa kurang cukup panjang, bisa mencoba waterboom yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 12 meter dan panjang 85 meter dan 86 meter. Nikmati suasana akhir pekan bersama sanak saudara dengan berekreasi di wisata air karang setra waterland.

60. Kawah Rengganis

Kawah rengganis menjadi salah satu lagi objek wisata Bandung yang wajib anda kunjungi bersama sahabat atau kerabat di akhir pekan, kawah rengganis cukup terkenal ditelinga masyarakat terlebih soal mitos yang berkembang soal objek wisata tersebut. kawah rengganis berlokasi di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Kawah rengganis terbentuk secara alamiah yang terdiri dari kawah kecil dan bebatuan. Eksotisme kawah rengganis semakin terlihat jelas tatkala mata memandang disekitar kawah dengan banyak pepohonan yang menjadi perindang objek wisata tersebut.

kawah rengganis

Kawah Rengganis

Di kawah renggais terdapat sebuah sungai yang memiliki air yang begitu jernih dan tercampur dengan air panas sehingga tak jarang lokasi ini sering digunakan untuk mandi oleh sebagian wisatawan, namun anda patut berhati-hati pasalnya dilokasi wisata ini akan tercium bau belerang yang cukup menyengat. Bagi anda yang belum terbiasa, mungkin akan sedikit merasakan pusing dan sakit kepala. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya gunakan masker supaya bau belerang tak begitu terasa tercium.

Saat memasuki lokasi kawah rengganis, anda akan disuguhkan dengan banyaknya spot menarik yang bisa di abadikan dengan kamera pribadi seperti geyser yang menyemburkan air sehingga menimbulkan uap panas yang biasa digunakan untuk sauna. Di kawah ini, anda juga bisa menemukan lumpur hitam, banyak yang percaya bahwa lumpur hitam ini sangat bagus untuk dijadikan masker guna mempercantik dan mengencangkan kulit.

Untuk menuju ke lokasi kawah, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun saat anda telah sampai di pos tiket, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua karena medan jalan menuju ke kawah cukup sulit jika dilalui dengan kendaraan roda empat. Namun jika anda terlanjur menggunakan mobil, bisa menyewa jasa ojek yang telah disediakan disekitar kawasan objek wisata kawah rengganis. Adapun fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup lengkap seperti mushola, tempat parkir, warung makan dan minum dan toilet.

Untuk memasuki kawasan objek wisata kawah rengganis anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.5000/orang.