105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

61. Kebun Begonia Lembang

kebun begonia lembang

Kebun Begonia Lembang

Kota Bandung terkenal dengan julukan kota sejuta bunga, karna memang terdapat berbagai jenis bunga di kawasan Bandung, maka tak heran jika berbagai jenis bunga dari salam dan luar negeri bisa anda temukan disini. salah satu objek wisata terkenal yang memiliki banyak jenis bunga didalamnya adalah Kebun begonia lembang yang berlokasi di Jln. Raya Maribaya No.120 A, langensari, lembang, Bandung, Jawa Barat. Banyak pengunjung yang datang dari kawasan bandung maupun dari luar bandung hanya untuk melihat keindahan kebun begonia yang cukup terkenal. Banyak yang memberikan julukan kebun tersebut sebagai surga bunga bumi parahyangan.

Kebun bunga ini berlokasi di sebuah dataran tinggi lembang, di taman bunga ini terdapat satu jenis bunga yang menjadi primadona yakni bunga balinea. Bunga balinea sendiri berasal dari bali yang memiliki bentuk yang cukup unik nan cantik. Jenis bunga balinea ini sangat cocok hidup di dataran tinggi seperti di kawasan lembang. Bunga balinea juga terbilang cukup mudah dalam hal perawatan, meskipun musim penghujan maupun musim panas, bunga tersebut tetap tumbuh dengan baik.

Kawasan taman bunga ini sengaja dibuat untuk melestarikan habitat bunga-bunga yang bisa saja punah seperti bunga salvia, melampodium, celosia, geranium, impatiens dan lain sebagainya. Setiap hari kawasan wisata ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman bunga begonia. Bagi para pecinta selfie, lokasi ini juga memiliki banyak spot foto yang cantik dan unik. Anda bisa puas berfoto dengan latar taman bunga yang cantik.

Kebun bunga begonia sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga pada hari libur, selain berwisata alam tentu anda juga dapat mengenalkan kepada putra putri anda mengenai jenis-jenis bunga yang terdapat di taman tersebut. hal itu tentu menjadi sebuah pembelajaran yang cukup efektif untuk anak-anak. Tak hanya jenis bunga dari dalam negeri saja yang bisa anda temukan di kebun ini, tetapi banyak pula jenis bunga yang berasal dari luar negeri. Di kebun bunga begonia juga memiliki banyak fasilitas yang bisa anda gunakan seperti cafe, kebun sayur, toilet dan mushola.

62. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung merupakan sebuah masjid yang menjadi kebanggaan warga Bandung, dulunya masjid ini lebih dikenal dengan masjid agung, namun seiring waktu berlalu masjid ini berubah nama menjadi masjid raya. Masjid raya berlokasi di sebelah alun-alun bandung, jln. Asia afrika, Bandung, Jawa Barat. Masjid ini berdiri pada tahun 1810, dan sejak berdirinya hingga hari ini sudah 8 kali mengalami perubahan. Saat ini masjid raya bandung tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah umat muslim saja, namun juga dijadikan sebagai salah satu daya tarik para wisatawan yang cukup menarik.

masjid raya bandung

Masjid Raya Bandung

Masjid raya bandung memiliki corak bangunan bergaya arab yang cukup kental, meskipun pada awal pembangunannya mengusung konsep khas sunda. Masjid raya bandung memiliki luas tanah sekitar 23.448meter persegi dan mampu menampung kurang lebih sekitar 12 ribu hingga 14 ribu jamaah, pada bangunan masjid juga terdapat 3 buah kubah dan 2 menara setinggi 81 meter. Pada hari sabtu dan minggu, menara tersebut sering kali dibuka untuk dikunjungi masyarakat umum.

Masjid raya bandung selain difungsikan untuk beribadah juga dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan. Banyak masyarakat yang menggunakan masjid raya bandung untuk menyelanggarakan pesta pernikahan yang cukup meriah, pasalnya kawasan masjid raya bandung cukup luas sehingga mampu memuat banyak pengunjung. jika dilihat dari sisi interior dan ekstreriornya, masjid raya memang memiliki keunikan tersendiri. Hampir setiap hari masjid raya bandung tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat kemegahan bangunan masjid sembari menunaikan ibadah di masjid tersebut.

Masjid raya bandung juga telah dilengkapi dengan akses wifi yang bisa anda gunakan untuk berinternetan sepuasnya sembari menikmati pesona bangunan masjid yang cukup megah, untuk bisa memasuki menara masjid raya, anda hanya akan dikenakan infak sebesar Rp.5000/orang. Jika anda berniat untuk naik keatas menara masjid, ada peraturan yang harus ditaati yakni berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Jangan buang waktu anda menunggu hingga malam tiba untuk bisa naik ke atas menara karena hanya akan dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.

63. Paralayang Bukit Toga

Suka dengan olahraga yang memacu andrenalin, anda bisa mencoba olahraga paralayang di bukit toga yang berlokasi di kecamatan sumedang selatan, sukaraja, seumedang selatan, Jawa Barat. Kabupaten sumedang memang terkenal memiliki banyak potensi wisata yang patut diperhitungkan salah satunya paralayang di bukit toga ini. lokasi paralayang yang tak jauh dari pusat kota memudahkan para pengunjung untuk datang ke bukit toga. Bukit toga yang berada di ketinggian 800 meter dari permukaan air laut sering digunakan oleh para pecinta gantole untuk berlatih guna menambah jam terbang.

paralayang bukit toga

Paralayang Bukit Toga

Bukit toga juga sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik di sumedang, pasalnya keindahan alam dari bukit ini memang sangat mempesona, tak heran jika banyak wisatawan datang dari sumedang atau dari luar sumedang hanya untuk sekedar menikmati panorama alam bukit toga tersebut. terutama pada saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang memboyong seluruh anggota keluarga untuk berwisata di bukit toga.

Para pecinta paralayang tentu tak akan melewatkan moment begitu saja saat lepas landas paralayang dari bukit toga, dari puncak gunung anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah serta kawasan perkotaan yang nampak berjajar sangat rapi. Dari bukit toga anda juga bisa melihat secara langsung waduk jatigede yang cukup luas. Dengan semakin meningkatnya antuasias masyarakat untuk berwisata dan berolahraga paralayan di bukit toga ini, pemerintah mengupayakan untuk membangun sarana dan prasarana yang lebih baik di lokasi paralayang tersebut.

Dengan penggalakan pembangunan sarana dan prasarana di kawasan bukit toga, diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi bukit toga. Selain dijadikan sebagai tempat olahraga paralayang, bukit toga juga digunakan sebagai arena bersepeda yang mengasyikkan. Selain itu ada pula kegiatan outbond yang sering diselenggarakan di kawasan tersebut. bagi para pecinta olah raga ekstreme, belum lengkap rasanya jika belum mencoba olahraga paralayang dibukit toga sembari menikmati panorama alam kota sumedang yang mempesona.

64. Paralayang Gunung Putri

Para pecinta olah raga ektreme wajib mencoba olahraga paralayang di gunung putri yang berlokasi di Desa Jayagiri, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Di kawasan ini anda bisa menikmati olahraga paralayang dengan ketinggian kurang lebih 1.555mdpl. Dengan mempergunakan parasut anda bisa terbang sembari menikmati keindahan alam yang luar biasa indah. Olahraga paralayang tentu tak bisa dilakukan secara sembarangan karena anda harus memiliki keahlian khusus untuk bisa menerbangkan parasut tersebut agar lebih maksimal.

paralayang gunung putri

Paralayang Gunung Putri

Bagi para pemula yang ingin mencoba olahraga paralayang harus mendapat arahan dari oleh para pemandu profesional yang telah memiliki jam terbang tinggi. Karena olehraga paralayang tak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Untuk teknik paralayang sendiri harus mengandalkan angin untuk bisa menerbangkan paralayang secara maksimal, namun bukan sembarangan angin yang bisa digunakan hanya jenis angir tertentu yang dapat menerbangkan paralayang dengan baik seperti angin dynamic lift atau biasa disebut dengan angin yang biasa menabrak lereng serta angin thermal lift atau angin yang biasa naik.

Sebelum melakukan paralayang di kawasan gunung putri ada baiknya anda menyiapkan beberapa perlengkapan demi keselamatan saat terbang nanti seperti: sepatu boots, baju terbang, harnes, parasut yang terdiri dari parasut utama dan parasut cadangan, peta lokasi terbang, GPS, sarung tangan dan HT. Dengan kelengkapan peralatan yang disediakan tentu dapat menimalisir kemungkinan buruk terjadi. Tak ada batasan usia untuk para pelaku paralayang baik muda maupun tua namun dengan syarat para penerbang harus memiliki catatan kesehatan yang cukup baik dan tak punya riwayat penyakit jantung maupun penyakit epilepsi sebelumnya.

Sebelum memulai olahraga ini tentu persiapan mental dan fisik harus diutamakan karena olahraga paralayang merupakan sebuah olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, nantinya anda akan membawa beban alat-alat yang telah anda siapkan sebelumnya kurang lebih sekitar 5 kilo hingga 10 kilogram. Tak perlu khawatir jika anda termasuk pemula yang sama sekali belum pernah melakukan olahraga paralayang sebelumnya karena nanti disana telah disediakan beberapa ahli profesional yang akan selalu siap membantu anda dalam menerbangkan parasut paralayang.

65. Pemandian Air Panas Ciater

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja, anda bisa mencoba berkunjung ke objek wisata pemandian air panas ciater yang berlokasi di Jln. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat. Sensasi berenang dan mandi di air panas menjadi pengalaman yag tak terlupakan, dengan berendam dan berenang di air panas ciater tentu badan menjadi kembali rileks dan segar. Setiap harinya objek wisata ini tak pernah sepi dkinjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun international. Banyak yang merasa penasaran dengan sensasi berendam di air panas alami ciater.

pemandian air panas ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ciater berada di lahan seluas 30 hektar sehingga mampu menampung kurang lebih 60 ribu wisatawan dalam setiap harinya. Ada beberapa kolam yang sengaja dibiarkan dalam keadaan alami agar para pengunjung bisa menikmati sensasi berendam air panas di alam terbuka. Banyak para wisatawan yang datang untuk membuktikan khasiat air panas ciater yang konon katanya cukup memiliki khasiat untuk kulit karena air disini mengandung belerang yang bisa mengobati segala jenis penyakit kulit.

Tak hanya tempat pemandiannya saja yang istimewa namun juga pemandangan disekeliling objek wisata ini pun cukup menarik, nuansa alam pegunungan yang begitu asri dan sejuk menambah kesan eksotis objek wisata ini. para pengunjug tentu betah berlama-lama berendam air oanas sembari menikmati panorama alam yang mempesona. Untuk menuju ke objek wisata alam ini rute yang harus anda lalui terbilang cukup mudah, begitu pun dengan akses jalan yang cukup bagus untuk dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Untuk menuju ke lokasi wisata pemandian air pans ciater anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, lokasi objek wisata yang cukup mudah dijangkau memungkinkan para pengunjung dengan mudah mencapai lokasi tersebut karena jarak pemandian air panas dengan kota bandung yang terbilang cukup dekat, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota bandung untuk menuju ke ciater. untuk masuk ke kawasan objek wisata ii anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.22.000/orang untuk area pemandian dan Rp.80.000/ orang untuk kolam air panas.