105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

66. Perkebunan Teh Kertamanah

perkebunan teh kertamanah

Perkebunan Teh Kertamanah

Berwisata tak melulu harus ke tempat hiburan dan rekreasi, kini anda bisa berwisata di perkebunan teh kertamanah yang berlokasi di Margalumya, Pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Tak seperti kebun teh lainnya, disini anda bisa menikmati kesejukan udara yang masih bersih dan segar. Selain itu pemandangan disekitar perkebunan berwarna hijau nan mempesona mampu memanjakan setiap mata yang memandang. Tak jauh dari perkebunan teh, anda akan melihat kepulan asap putih yang membumbung tinggi ke udara, asap putih tersebut berasal dari pembangkit listrik geo thermal.

Biasanya asap tersebut akan muncul dipagi hari dan bisa anda saksikan secara langsung dari kota Bandung. Kebun teh kertamanah sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas harian. Pemandangan alam yang cukup elok ditambah sejuknya udara yang menyelimuti sekitar perkebunan teh tentu menambah betah para pengunjung yang datang untuk berlama-lama berada di kawasan tersebut.

Kebun teh kertamanah juga sering digunakan untuk berbagai keperluan acara seperti syuting beberapa film dan foto pre wedding, dengan latar hamparan kebun teh nan hijau membuat hasil fotografi nampak begitu sempurna. Jika anda berkunjung ke lokasi kebun teh pada pagi hari, pemandangan yang elok bisa anda abadikan dengan menggunakan kamera. Untuk menuju kebun teh, akses jalan yang harus anda lalui pun cukup mudah.

Bila datang dari arah bandung anda bisa menuju ke pasar pengalengan kemudian ikuti jalan, jika telah sampai ke pertigaan jalan setelah pasar pengalengan silahkan ambil jalur kiri untuk masuk gerbang perkebunan kertamanah. Lokasi kebun teh berjarak kurang lebih sekitar 5 km dari gerbang perkebunan. Akses jalan yang rata bisa anda lalui dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bagi anda para pecinta fotografi, untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal anda bisa datang pada pagi hari karena pada saat itu pemandangan nan asri nampak jelas terlihat.

Tak jauh dari lokasi kebuh teh kertamanah terdapat pula kebun teh lain dan beberapa objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi saat berada di kota Bandung.

67. Perkebunan Teh Malabar

Satu lagi objek wisata Bandung yang tak boleh anda lewatkan di akhir pekan nanti bersama keluarga yakni berkunjung ke kebun teh malabar yang berlokasi di Banjarsari, pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Kebun teh ini memiliki sejarah yang cukup panjang pasalnya di kawasan ini anda akan disuguhkan tak hanya perkebunan teh yang luas saja namun juga petilasan yang menjadi saksi sejarah berkembangnya kota Bandung. Peran yang cukup besar diberikan oleh seorang yang berasal dari Belanda bernama karel albert rudolf bossha yang membantu pemajuan kota Bandung pada masa kolonial.

perkebunan teh malabar

Perkebunan Teh Malabar

Saat berada di kawasan kebuh teh malabar anda bisa mengunjungi beberapa makam yang didesain seperti bangunan belanda dengan corak berwarna putih sehingga bangunan makam tersebut terkesan megah, tak nampak seperti layaknya makam pada umumnya. Kebun teh malabar berada persis di belakang makam belanda tersebut. Tak jauh dari lokasi terdapat hamparan pohon teh yang cukup rindang, teh-teh tersebut telah lama tidak di panen sehingga tumbuh semakin liar dan lebat.

Kebun teh malabar tak hanya menyimpan bukti sejarah yang terpendam namun juga keunikan bangunan yang memiliki arsitektur khas Belanda yang cukup kental terasa. Tak jauh dari kebun teh malabar terdapat rumah teh yang sering disebut rumah bosscha, untuk dapat masuk ke rumah tersebut setiap pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.5000/ orang. Jika masih tersedia tenaga yang cukup, anda bisa naik ke gunung nini untuk bisa menikmati hamparan kebun teh malabar yang terbentang luas. Untuk bisa naik ke puncak gunung akan memakan waktu kurang lebih sekitar 30 menit saja.

Namun jika malas mendaki gunung nini, anda bisa naik ke sebuah menara pandang yang tak jauh dari rumah bosscha. Di gardu pandang tersebut anda juga bisa melihat panorama kebun teh yang menyejukkan mata. Untuk bisa menikmati segala keindahan kebun teh malabar anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.5000/orang. Objek wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi di akhir pekan bersama keluarga, namun jika anda ingin berfoto dan mendapatkan pemandangan yang indah silahkan datang saat pagi hari, karena pada saat pagi tiba panorama sekitar kebun teh terlihat cukup maksimal.

68. Curug Cinulang

Jawa barat, khususnya Bandung sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata bertemakan air terjun atau dikenal juga dengan sebutan curug. Bandung secara geologi merupakan suatu cekungan yang dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan di Jawa Barat. Sudah tidak heran jika tempat wisata yang mendominasi tempat ini adalah berbagai macam Curug. Salah satu Curug yang terkenal di Kabupaten Bandung adalah Curug Cinulang. Letaknya cukup jauh dari pusat Kota Bandung namun karena keindahannya, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang suka didatangi oleh kawula muda di akhir pekan, apalagi di musim liburan.

curug cinulang

Curug Cinulang

Curug Cinulang atau yang kerap disebut dengan Curug Sindulang ini berlokasi di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Terletak berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, tempat wisata ini tepatnya berada di wilayah bagian timur Kota Bandung, Jawa Barat dan termasuk dalam kawasan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Pemandangan dan sensasi alam air terjun Curug Cinulang selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang, wisatawan bisa melihat keindahan tebing-tebing yang menjulang tinggi yang sangat eksotis. Air terjun di tempat wisata ini mempunyai tinggi kurang lebih tiga puluh meter, tentunya dengan ketinggian tersebut, air terjunnya mampu menghasilkan suara yang menenangkan hati. Namun, karena alirannya cukup deras, para pengunjung tidak disarankan untuk berendam terlalu dekat dengan air terjunnya karena dikhawatirkan terkena jatuhan-jatuhan kikisan bebatuan yang dibawa dari atas.

Ya namanya juga air terjun, letaknya pun cukup terpencil, anda tidak bisa memarkirkan kendaraan saja kemudian masuk ke tempat ini, namun anda juga diharuskan untuk melakukan trakking singkat terlebih dahulu, itung-itung olahraga dulu lah sebelum menikmati keindahan pemandangan alam di Curug Cinulang ini.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata yang menyenangkan ini, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang nya. Sebaiknya juga anda menggunakan sandal atau sepatu yang tidak licin mengingat lokasi air terjun ini medan nya cukup licin. Selain itu, disarankan juga untuk anda membawa baju ganti dan makanan ringan karena ketika masuk curug nya, akan cukup sulit untuk menemukan beberapa warung makan.

69. Caringin Tilu

Tempat wisata di kawasan Bandung yang hits salah satunya adalah Caringin Tilu. Apa yang dimaksud dengan Caringin Tilu? Caringin Tilu adalah nama tempat wisata yang berkonsep alam pegunungan yang sangat indah. Destinasi wisata yang satu ini cocok sekali untuk anda yang ingin berlibur ke tempat-tempat yang sunyi, masih hijau, sejuk, dan alami belum dijamah oleh manusia. Lokasi destinasi wisata ini terletak di Jl. Padasuka Atas No. 41 Kampung Caringin Tilu, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Jadi anda sudah bisa menebak kan mengapa tempat ini disebut sebagai Caringin Tilu? Ya karena terletak di Kampung Caringin Tilu.

caringin tilu

Caringan Tilu

Caringin Tilu atau yang kerap disebut juga sebagai cartil tidak hanya terkenal dengan alamnya yang indah saja, namun di tempat ini juga dikenal dengan nama kampung pemasok sayuran di Kota Bandung. Karena tempatnya berada di kawasan pegunungan Manglayang, jangan heran jika tidak jauh dari tempat ini anda akan banyak menemukan berbagai tempat wisata hits lainnya seperti Saung Angklung Udjo, dan lain-lain.

Sebenarnya, jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Caringin diartikan sebagai pohon beringin dan tilu artinya angka tiga. Di tempat ini, anda akan menemukan pohon beringin yang berjumlah tiga pohon. Nama Caringin Tilu sendiri dinamai oleh Presiden RI Soekarno pada zaman awal kemerdekaan. Jika anda berwisata ke tempat ini, tidak perlu mengkhawatirkan mengenai fasilitas umum yang ada. Akan sangat mudah untuk menemukan warung-warung makan di destinasi wisata ini, ada musholla, toilet umum, tempat parkir, dan lain-lain.

Uniknya lagi, tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Palingan anda akan terkena biaya parkir saja jika membawa kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu terbaik untuk mengunjungi Caringin Tilu adalah ketika malam hari, karena letaknya yang berada di dataran tinggi, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam city light Kota Bandung yang sangat indah dan romantis. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat-tempat para pasangan di malam minggu.

70. Stone Garden Geo Park

Stone Garden, mendengar namanya saja jika diartikan ke bahasa Indonesia, artinya adalah taman batu. Pastinya yang ada dibayangan kita adalah kumpulan-kumpulan batu yang ada dalam suatu lingkungan tertentu, makanya disebut dengan taman batu. Namun, tempat wisata yang satu ini berbeda lho dengan apa yang anda bayangkan mengenai batu. Batu disini bukan seperti batu kerikil yang tak beraturan tidak jelas. Stone Garden ini memiliki bentuk batuan yang sangat unik dan khas. Bahkan, tidak hanya batuan saja, anda juga bisa melihat berbagai fossil yang terbatukan sempurna pada batugamping tersebut.

stone garden geo park

Stone Garden Geo Park

Stone Garden bahkan sudah termasuk kedalam Geo Park atau taman geologi dan dilindungi oleh pemerintah. Stone Garden Geo Park merupakan tempat geowisata yang terletak di Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini berlokasi dekat dengan Padalarang. Untuk dapat masuk ke kawasan Stone Garden ini, anda akan dikenakan biaya Rp 20.000,- untuk satu motor kemudian per orang nya anda harus membayar Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- bergantung situasi. Murah bukan?

Karena merupakan Geo Park dan letaknya berada di tebing, siap-siap saja kecapean ketika menyusuri tempat ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari atau pagi hari di hari-hari biasa ketika belum banyak wisatawan yang datang karena suasana alam nya akan lebih terasa. Tempat wisata ini bisa menjadi salah satu spot foto terbaik untuk para wisatawan. Bahkan banyak juga anak-anak muda yang menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan di tempat ini.

Tidak hanya uniknya bebatuan saja yang akan anda lihat dan nikmati pemandangannya, namun anda juga akan diperlihatkan beberapa pemandangan pegunungan yang sangat asri dan hijau dilihat dari puncak tebing stone garden ini. Wisata ini kerap disebut-sebut mirip wisata stone garden di luar negeri. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa melihat keindahan alami bebatuan di atas tebing ini, cukup ke Bandung saja! Bahkan, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi pra wedding oleh beberapa pasangan.