105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

71. Curug Citambur

curug citambur

Curug Citambur

Tempat wisata yang berbatasan antara Cianjur dan Ciwidey ini kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata itu adalah Curug Citambur. Curug Citambur terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur. Tempat wisata ini juga tidak jauh dari Ciwidey Bandung, dekat juga dengan tempat wisata Situs Gunung Padang sehingga tempat ini merupakan spot menarik untuk berlibur karena dengan mengunjungi tempat ini otomatis anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya sekaligus. Sayangnya, untuk dapat tiba di lokasi wisata ini, medan jalan nya cukup buruk dan kecil sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Harga tiket masuk tempat wisata Curug Citambur ini juga murah, per orangnya anda hanya harus membayar Rp 3.000,- kemudian akan dikenakan biaya parkir jika anda membawa kendaraan pribadi roda dua ataupun roda empat. Fasilitas di tempat ini sudah bisa dibilang memadai, berbeda dengan beberapa curug lainnya. Disini anda dengan mudah akan menemukan mushola, toilet umum, berbagai warung makan, area parkir, dan lain-lain.

Tidak seperti beberapa curug lainnya yang banyak didominasi oleh tebing-tebing tanpa pepohonan, di Curug Citambur ini anda akan disuguhi dengan berbagai tumbuhan rimbun di sekitar tebing-tebing air terjunnya. Tentu saja hal itu merupakan pemandangan yang langka dan fantastis. Suara air terjun yang deras juga bisa menjernihkan pikiran dan menenangkan hati. Daya tarik seperti itulah yang mengundang berbagai wisatawan rela melakukan perjalanan berjam-jam untuk dapat mengunjungi Curug Citambur, misalnya saja wisatawan asal Jakarta yang rela memakan waktu 8 jam untuk tiba di tempat wisata yang hits ini.

Curug Citambur ini memiliki air terjun yang tingginya hingga 100 meter sehingga area kolam air terjunnya tidak diperbolehkan untuk mandi ataupun berenang karena akan sangat membahayakan. Waktu terbaik untuk datang ke air terjun Citambur ini adalah pagi hari dan pulang di siang hari, karena pada sore menjelang malam, penerangan di setiap jalan nya belum memadai. Jangan lupa untuk menggunakan sandal atau sepatu yang tidak licin dan membawa baju ganti ya!

72. Curug Malela

Di Kawasan Jawa Barat, sebenarnya ada banyak sekali Curug atau Air Terjun, jumlahnya bisa hingga puluhan dan lokasinya sangat terpencil. Salah satu curug yang sekarang ini sedang dikelola dengan baik oleh pemerintah karena kerap dijadikan tempat wisata oleh wisatawan adalah Curug Malela. Curug Malela atau disebut juga Niagara Malela merupakan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter dan lebar hingga 70 meter. Curug Malela ini berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menempuh tempat ini anda akan menempuh waktu kurang lebih 1-2 jam dari pusat kota jika tidak macet.

curug malela

Curug Malela

Curug ini mempunyai keunikan tersendiri. Tidak seperti curug-curug lainnya, air terjun setinggi 60 meter ini terdiri dari tingkatan-tingkatan tertentu sehingga bagus dan pas untuk dijadikan spot foto oleh kawula muda yang hoby selfie tentunya. Tak heran jika banyak sekali rombongan anak muda yang sengaja untuk touring ke tempat ini.

Sayangnya, tempat wisata ini terletak langsung dekat dengan sungai, sehingga jika anda berniat untuk berendam atau mandi di tempat ini, pastikan jika debit nya tidak sedang tinggi karena banyak sekali kasus-kasus hanyut yang terjadi di Curug Malela ini. Jangan datang di musim hujan juga karena airnya bisa meluap dan warnanya juga keruh berwarna coklat.

Selama perjalanan menuju Curug Malela, jangan heran jika jalannya hanya bermodalkan jalan bebatuan dan tanah saja, namun selama perjalanan menuju destinasi ini anda akan disuguhi dengan berbagai pemandangan alam yang sangat indah seperti pesawahan, pegunungan, dan lain-lain. Curug Malela juga kerap digunakan sebagai objek fotografi oleh fotografer profesional atau awam sekalipun.

Seperti tempat-tempat terpencil lainnya. Curug ini juga dipercaya menyimpan berbagai cerita misteri, para pengunjung baru akan sangat kesulitan untuk menemukan lokasi ini, mereka harus bertanya terlebih dahulu ke penduduk sekitar untuk dapat tiba di tempat ini, jika tidak, mereka bisa kesasar. Entah benar atau tidak, tapi memang benar para wisatawan yang baru ke curug ini meskipun sudah mengikuti rute di maps, akan sangat kesulitan apabila tidak bertanya.

73. Curug Jompong

Berlibur ke gunung, ke pantai, atau ke mall tentu lah merupakan hal yang bosan. Bagaimana dengan mencoba berlibur ke Curug yang terletak di Bandung? Not Bad! Anda bisa mengunjungi Curug Jompong misalnya. Curug Jompong terletak di Jl. Terusan Nanjung, Lagadar, Margaasih, Bandung, Jawa Barat. Curug Jompong merupakan tempat wisata yang cukup menawarkan berbagai pemandangan yang eksotis.

curug jompong

Curug Jompong

Namun, sekarang ini akibat banyak sungai dan danau yagng bermuara di tempat ini dengan berbagai sampah yang dibawanya, kepopuleran Curug Jompong mulai menurun. Bahkan, banyak isu yang mengatakan bahwa curug ini sudah banyak terkontaminasi dengan berbagai racun limbah industri. Tapi jangan khawatir karena pemerintah Kota Bandung sendiri sudah berencana untuk mengelola kembali tempat wisata ini.

Berbeda dengan curug yang menyuguhkan air terjun dengan tebing yang tinggi, Curug Jompong lebih terlihat seperti muara sungai dibandingkan dengan air terjun, justru itulah yang menjadi suatu hal unik dari Curug Jompong, mungkin mengapa tempat ini disebut curug karena air terjunnya hanya umpakan-umpakan kecil saja. Sayangnya, untuk mencapai Curug yang bisa dikatakan tempatnya cukup terisolir dan tersembunyi ini, wisatawan harus melewati jalan berbatu yang sangat buruk, jadi sabar saja ya!

Tempat wisata ini tidak banyak diketahui orang namun seperti menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa kalangan pecinta alam, mungkin karena track nya yang menantang. Tempat wisata yang letaknya berada di kawasan Maniis ini juga merupakan tempat wisata favorit bagi warga lokal Kota Bandung yang menyukai wisata alam menantang. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah di pagi hari dan jangan di musim hujan!

Sayangnya, karena curug nya yang kotor, tempat ini tidak bisa digunakan untuk bermain air atau berenang karena banyak sampah yang mengambang dan banyak juga burung air yang membuang kotoran disini. Padahal, tempat wisata ini jika dikembangkan dengan baik tentu akan sangat menguntungkan pemerintah setempat. Curug Jompong padahal dulunya pada tahun 90-an masuk kedalam salah satu daftar wisata Bandung yang selalu dicari-cari wisatawan lho!

74. Curug Cilengkrang

Seakan tidak ada habisnya wisata Curug di Bandung, baik di Bandung Timur, Utara, Selatan, dan Barat, pasti saja selalu ada tempat wisata berbau air terjun yang sangat eksotis. Salah satu tempat wisata curug di Kabupaten Bandung Timur yang hits hingga sekarang adalah Curug Cilengkrang. Curug Cilengkrang ini terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Ujung Berung, Kabupaten Bandung, jika dilihat dari topografi nya, curug ini terletak di kaki Gunung Manglayang.

curug cilengkrang

Curug Cilengkrang

Untuk dapat tiba di tempat ini, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dari pusat Kota Bandung dengan jarak sekitar 10 – 15 km apabila tidak macet. Tempat wisata ini sempat dikaitkan dengan cerita rakyat Sangkuriang, ya namanya juga wisata alam di tempat terpencil, pastinya selalu dikaitkan dengan mitos dan cerita yang dipercayai oleh warga setempat.

Air terjun yang berada di Curug Cilengkrang ini setidaknya memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl dengan pemandangan yang hijau dan asri. Kawasan wisata di Kaki Gunung Manglayang ini juga kerap dijadikan tempat untuk berkemabh baik oleh anak-anak pramuka, mahasiswa, dan lainnya. Curug Cilengkrang ini kerap dijadikan salah satu destinasi wisata outbond yang favorit.

Karena letaknya cukup terpencil, untuk dapat mencapai Curug Cilengkrang, anda akan dibawa ke kawasan hutan yang banyak mamalia unik nya, anda akan menemukan monyet dan lutung, jadi hati-hati dengan barang bawaan ya karena bisa saja si monyet tersebut iseng membawa barang yang anda bawa. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orangnya dengan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Tempat wisata ini juga tidak hanya cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam, para keluarga juga bisa mengunjungi tempat ini mengingat akan banyak sekali mamalia unik yang bisa diperkenalkan pada anak-anak sejak usia dini, pemandangan yang indah dari tempat ini juga membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata ini kerap dikunjungi di akhir pekan atau musim liburan.

75. Curug Sawer

Salah satu Geo Park yang ada di Jawa Barat yang berperan sebagai warisan penting geologi Indonesia terletak di Sukabumi, yaitu kawasan Geo Park Ciletuh. Tidak hanya Ciletuh saja, Sukabumi yang terletak dekat dengan kawasan Gunung Gede Pangrango juga mempunyai berbagai tempat wisata yang sangat hitz, salah satunya adalah Curug Sawer. Curug Sawer terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Kududampit, Kabupaten Sukabumi.

curug sawer

Curug Sawer

Destinasi wisata ini cukup terpencil sehingga tidak banyak diketahui oleh beberapa wisatawan luar Sukabumi, lain lagi dengan warga lokal Sukabumi yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata lokl favoritnya. Tidak ada hal lain yang menenangkan selain mendengar derasnya suara air terjun dari ketinggian yang lumayan. Curug Sawer sendiri memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 900 hingga 1300 mdpl.

Pada awal mulanya curug ini ditemukan, masyarakat setempat banyak yang mengkaitkan dengan mitos dan bahkan Curug Sawer ini kerap ditandai sebagai lokasi angker di Sukabumi, namun sekarang ini dengan pengelolaan pariwisata yang bagus oleh pemerintah setempat seakan menyulap tempat ini menjadi tempat wisata yang fasilitasnya cukup memadai. Dengan mudah anda akan menemukan area parkir yang luas, toilet untuk mandi dan untuk berganti baju, mushola, dan banyak sekali warung-warung makan yang menjual beberapa makanan ringan seperti gorengan yang hangat. Bahkan, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat pre wedding aau shooting film karena pemandangannya yang sangat eksotis.

Banyak sekali hal-hal yang bisa anda lakukan di tempat ini, diantaranya adah berfoto, berendam, dan lain-lain. Wisata yang bisa dibilang masih perawan karena belum banyak didatangi oleh wisatawan ini hanya berogoh harga Rp 3.000,- untuk tiket masuk per orangnya dari dompetmu, murah bukan? Di tempat ini juga anda bisa berkemah atau kamping bersama rombongan wisata lainnya, namun dengan peralatan yang dibawa sendiri ya!

Beberapa mitos yang berkembang di Curug Sawer sendiri adalah adanya raksasa yang menempati tempat ini, oleh karena itu warga setempat pun sering melakukan beberap ritual mistis untuk menghormati penghuni-penghuni yang ada di tempat ini.