105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

76. Curug Siliwangi

curug siliwangi

Curug Siliwangi

Curug Siliwangi merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi incaran banyak orang. Curug Siliwangi menyuguhkan berbagai pemandangan alam dan keeksoitisan yang menjadi daya tarik nya. Seperti curug pada biasanya yang terletak di kaki gunung. Curug Siliwangi ini terletak di kaki gunung Puntang yang termasuk kedalam kompleks Gunung Malabar.

Banyak mitos dan cerita rakyat yang berkembang di tempat wisata yang satu ini. Konon katanya Curug Siliwangi ini terbentuk karena Prabu Siliwangi buang air kecil dari atas Gunung Reregan, air kencing tersebut mengandung tuah yang keramat. Curug Siliwangi dapat diakses sekitar 2 hingga 3 jam dari Pusat Kota Bandung tepatnya berada di Bandung bagian selatan. Wisatawan akan dihadapkan dengan track yang cukup terjal, menyeberangi sungai, dan kegiatan menantang lainnya.

Curug Siliwangi merupakan kawasan yang dilalui oleh jalur pendakian Gunung Puntang, banyak para pendaki yang beristirahat sejenak di Curug Siliwangi ini, entah untuk mandi, untuk menikmati pemandangan, dan lain-lain. Karena track nya yang cukup terjal, sebaiknya para wisatawan yang mempunyai fisik yang lemah berpikir dua kali untuk masuk ke tempat wisata ini.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah di pagi hari ketika cuaca masih segar, jangan datang di siang hari karena cuaca panas cukup membuat banyak keringat dan kelelahan. Curug Siliwangi ini kerap dijadikan sebagai spot foto menarik oleh beberapa orang. Anda bisa bermain air, bercanda tawa, camping di sekitar curug, dan lain-lain.

Meskipun didominasi oleh bebatuan, namun tempat wisata ini tidak kalah eksotisnya dengan curug-curug yang didominasi oleh tumbuhan hijau. Untuk masuk ke tempat wisata ini anda hanya harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 10.000,- untuk hari biasa dan Rp 15.000,- untuk weekend dan hari libur. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda juga diharuskan untuk membayar parkir. Bersikap sopan lah di kawasan wisata ini, gunakan sepatu atau sandal yang tidak mudah licin, bawalah bekal karena akan sulit menemukan warung makan di kawasan Curug Siliwangi ini.

77. Curug Batu Templek

Pesona Curug di Jawa Barat khususnya di daerah Bandung memang seakan tidak ada habisnya. Salah satu curug yang terkenal di wilayah Bandung Timur adalah Curug Batu Templek. Curug Batu Templek mempunyai pemandangan yang mirip dengan grand canyon di Colorado. Tebingnya berwarna coklat muda membuat pemandangannya semakin hidup dan eksotis. Curug Batu Templek berada di lokasi Cisanggarung Lebak, Pasir Impun, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

curug batu templek

Curug Batu Templek

Tidak hanya pemandangan air terjun aja yang akan anda temui, namun air terjun curug Batu Templek ini dekat dengan area persawahan hijau yang akan memanjakan mata, apalagi jika melihat para petani yang sedang bekerja menanam padi, sungguh kenikmatan alam yang sangat menggiurkan. Merdunya suara air terjun tentu membuat hati menjadi tenang sejenak tidak memikirkan kerasnya dan bisingnya hidup di perkotaan.

Curug Batu Templek merupaka wista favorit bagi warga Bandung sendiri maupun luar Bandung. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai spot bersepedea terfavorit bagi komunitas gowes sepeda. Air terjunnya memiliki ketinggian 52 meter, mempunyai spot foto menarik sehingga di era yang serba Instagram sekarang ini anda bisa langsung mengupload fotonya, jadi hits deh di feeds mu!

Anda juga bisa berenang dan berendam di mata air dekat Curug Batu Templek ini, sebagai saran saja sebaiknya jangan datang pada musim hujan karena air nya akan meluap dan menjadi keruh. Jangan pula datang pada musim kemarau yang benar-benar kering karena airnya akan sangat dangkal sekali. Air terjun ini mempunyai tipe air terjun berumpak-umpak sehingga meskipun tingginya lumayan, airnya tidak akan terasa terlalu deras.

Spot tebing-tebing disekitar air terjun juga bisa menjadi tempat menarik, namun tentunya diharuskan untuk melakukan pendakian yang melelahkan terlebih dahulu untuk tiba di puncak tebing nya! Tapi setelah anda berada di puncak, jangan salah! Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah yang sangat menakjubkan, tidak sia-sia deh berani untuk naik ke puncak tebing. Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi di akhir pekan oleh kawula muda.

78. Curug Bugbrug

Bandung merupakan kota dengan penuh cerita. Semua hal yang terdapat di kota ini selalu berkesan bagi semua orang. Jika membicarakan tentang Kota yang akrab disapa dengan Kota Kembang ini memang tidak akan ada habis-habisnya. Di kota ini berbagai keindahan karya Tuhan dan karya manusia kreatif sudah menjadi ciri khas dari Bandung yang tidak akan pernah kita jumpai di kota-kota lain. Ada banyak sekali wisata-wisata alam yang dapat kita jumpai di Kota Bandung. Salah satu lokasi yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa adalah Kabupaten Bandung Barat. Banyak sekali wisata-wisata alam yang terkenal disini seperti Curug Cimahi atau Curug Malela.

curug bugbrug

Curug Bugbrug

Di Kabupaten Bandung Barat ada surga tersembunyi yang merupakan primadona baru yaitu Curug Bugbrug. Kata Bugbrug ini merupakan diambil dari kata bahasa sunda yang artinya bertumpuk. Dinamai seperti itu oleh masyarakat sekitar karena air terjun pada Curug Bugbrug ini seperti bertumpuk-tumpuk. Di bawah aliran Curug Bugbrug ada mata air jernih dengan kedalaman 3 meter. Curug Bugbrug memiliki ketinggian 50 meter dengan lebar 2 meter. Tapi jika kamu pergi ke Curug Bugbrug kamu tidak akan merasa rugi karena Curug Bugbrug masih sangat alami, udaranya sejuk, airnya jernih, dan ditutupi oleh rimbunnya pepohonan. Sudah banyak orang yang terpesona dengan keindahan alam dari Curug Bugbrug ini.

Karena Curug Bugbrug ini masih baru sehingga belum petunjuk jalan untuk menandai lokasi dari curug ini. Saat anda pergi ke Curug Bugbrug, anda akan menemukan gerbang biasa yang tidak terlihat seperti pintu dari tempat wisata lainnya. Meskipun curug ini menyuguhkan keindahan yang tak biasa, namun untuk sampai ke tempat ini tidak begitu mudah karena medannya yang cukup berat. Untuk kamu yang sudah terbiasa menjelajahi alam tentu lokasi tempat yang tersembunyi ini akan sangat menarik. Tapi jika kamu belum terbiasa maka tipsnya adalah pergi beramai-ramai bersama teman agar kamu bisa bergembira bersama menikmati keindahan alamnya.

Yang membuat unik Curug Bugbrug ini adalah pemandangan alamnya. Pemandangan hijau yang sejuk akan selalu menemani perjalanan anda menuju ke Curug Bugbrug. Dengan pemandangan indah ini maka selama perjalanan menuju curug semangat anda akan bertambah. Curug ini belum banyak dikunjungi oleh banyak orang maka kamu akan merasakan sensasi ruang terbuka hijau yang berbeda ketika menyusuri jalan setapak menuju Curug Bugbrug.

79. Curug Lalay

Untuk kamu yang memiliki hobi hiking cobalah untuk memikirkan hiking ke salah satu curug tersembunyi yang mempunyai nama yang unik. Curug Lalay merupakan curug yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Curug ini adalah rangkaian akhir dari beberapa curug lain yang mengalir dari sungai cimahi. Jika diurutkan, curug yang mengalir di sungai Cimahi itu meliputi Curug Putri, Curug Layung, Curug Tilu, Curug Bubrug, Curug Cimahi, Curug panganten dan terakhir Curug Lalay. Dan mata air keenam dari Curug Lalay ini ada di Gunung Tangkuban Perahu. Dan Curug Lalay juga sangat cocok untuk destinasi saat hiking karena berada di lembah.

curug lalay

Curug Lalay

Curug Lalay ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lokasinya pun sedikit tersembunyi di sekitar lembah. Di sebelah lembah ini ada lubang menyerupai goa yang dipenuhi oleh ratusan kelelawar. Dalam bahasa sunda lalay berarti kelelawar. Karena di curug ini terdapat banyak kelelawar atau lalay itulah mengapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Curug Lalay. Nama yang unik karena diambil dari karakteristik yang ada di curug tersebut menggunakan bahasa daerah.

Jika kamu seseorang yang sangat menyukai tantangan dan hobi hiking maka dengan pergi ke Curug Lalay kamu akan menemukan sensasi petualangan yang sesungguhnya. Karena akses jalan menuju Curug Lalay cukup menantang dan tidak mudah untuk dilalui. Karena kurangnya tanda jalan yang menjadi patokan untuk menunjukan jalan menuju curug ini. Yang bisa dijadikan patokan utama adalah plang Madrasah Ibtidaiyah Cisasawi, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Pepatah itu benar adanya ketika kamu akan melakukan perjalanan menuju Curug Lalay ini. Karena curug ini belum dikelola oleh masyarakat sekitar sehingga kurangnya penanda jalan yang akan mengarahkan langkah kamu menuju curug ini. Solusi yang tepat jika kamu ingin pergi ke Curug Lalay adalah dengan bertanya pada warga setempat bagaimana akses jalan menuju Curug Lalay dan mereka akan memberi tahu kamu bagaimana cara menuju kesana.

Jalan menuju Curug Lalay hanya bisa diakses dengan jalan kaki melalui kebun penduduk setempat, lalu berjalan menyusuri aliran sungai lalu kamu akan berjalan menaiki dan menuruni lembah karena curug ini tersembunyi di dalam lembah. Penuh dengan tantangan bukan? Perjalanan menuju Curug Lalay ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi hiking karena selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan bermacam jenis medan yang pasti sangat kamu sukai.

80. Wisata Waduk Cirata

Lagi ada di Purwakarta? Kira-kira ada gak ya wisata disana yang menarik untuk dikunjungi? Tentu saja ada! Apalagi buat kamu yang baru lelah hati dan body karena aktivitas seharian. Intinya Jawa Barat memang selalu memberikan kebahagian bagi pengunjung dengan hamparan berbagai lokasi menarik sesuai yang kamu mau, misalnya mau cari tempat kuliner enak nih! Ada dong, atau rekreasi anti mainstream dan hits? Disini surganya? Atau gimana kalau objek wisata alamnya?

waduk cirata

Waduk Cirata

Apalagi wisata alam, berhubung Bandung dan sekitarnya punya banyak banget hamparan hijau pegunungan yang masih asri dan dijaga keindahannya. Bahkan sudah banyak daerah di Bandung yang indah-indah ini turut dijadikan wisata menarik, ya bisa untuk wisata alam bahkan waduk. Ohiya, bila mendengar kata Purwakarta, apa selintas yang ada di benakmu? Waduk Jatiluhur, bener banget sih. Tapi waduk di Purwakarta gak Cuma itu doang loh. Maka cobalah untuk berkunjung ke wisata Waduk Cirata.

Wisata Waduk Cirata ini merupakan salah satu tempat liburan yang paling populer di Purwakarta, khususnya bagi para penduduk lokalnya. Hal ini karena lokasinya yang cukup terjangkau dan dekat juga jaraknya dengan Waduk Jatiluhur. Wisata ini sangat diminati pengunjung baik itu lokal maupun dari berbagai daerah Indonesia. Tentu karena waduk ini menyajikan lukisan Tuhan yang luar biasa indah.

Meskipun cuma waduk, tapi jangan sesekali meremehkan keindahan wisata Waduk Cirata ini. Karena lokasinya yang jauh dari kota, dijamin saat kamu berkunjung kesana akan menikmati sensasi ketenangan yang hakiki. Kodratmu sebagai manusia akan serasa dimuliakan ketika berkunjung kesana, karena tempatnya tidak ramai. Dunia yang kaya akan hamparan air ini serasa milik sendiri. Nah, buat kamu si pecinta ketenangan, sangat disarankan bila datang ke waduk ini saat hari libur di bulan biasa.

Sebab kalau datang pada libur panjang, kek misalnya libur lebaran, akhir tahun, dll, suka rada rame biasanya. Disana kamu bakal nikmati pemandangan yang masih alami banget, sekitar kamu sejauh mata memandang hanya ada hamparan air jernih, perbukitan, dan lingkungan hijau nan asri, dan suka juga ada perahu kecil lewat di sekitar waduk melengkapi keindahannya. Selain menikmati panorama, kamu pun bisa memandang sunset, kuliner adventure, ngelilingin danau pake perahu, dan yang paling favorit itu mancing, ikannya super gede gila!