105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

81. Curug Omas

curug omas

Curug Omas

Bandung Barat lagi Bandung Barat lagi, itu yang akan kamu katakan ketika hari libur tiba. Mungkin saat liburan memang wajib untuk pergi Ke Bandung Barat. Karena di Bandung Barat terdapat berbagai macam wisata yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya. Itulah mengapa jika hari libur tiba Bandung Barat selalu sesak oleh ribuan wisatawan yang datang untuk menyegarkan pikikan dan mereka rela untuk bermacet-macetan di jalan. Salah satu tempat yang dikunjungi banyak orang ketika liburan adalah Curug Omas. Curug ini memiliki ukuran yang cukup tinggi dan besar yaitu sekitar 30 meter dengan kedalaman 10 meter yang berada di aliran sungai Cikawari. Dan curug Omas ini berada di kawasan wisata Maribaya.

Di atas Curug Omas terdabat sebuah jembatan yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk menyebrang dan melihat air terjun dari atas. Di jembatan ini anda juga bisa beswafoto karena pemandangannya sangat indah jadi harus segera diabadikan. Dari atas jembatan ini juga akan terlihat pertemuan antara dua aliran sungai Cikawari dan Cigulun yang nantinya akan menjadi Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung. Aliran ini lalu mengalir membelah kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda.

Sebenarnya untuk masuk ke Curug Omas itu ada empat pintu masuk untuk menuju ke arah Curug Omas, yaitu pintu I dan II yang terletak di Dago Pakar, pintu masuk III di Kolam Pakar, dan pintu masuk IV di Maribaya. Tapi banyak wisatawan yang masuk melalui pintu IV karena ini pintu ini gampang diakses. Sehingga mereka berbondong-bondong untuk pergi memasuki Maribaya agar cepat sampai ke Curug Omas.

Para wisatawan di sini tidak bisa mendekat untuk menikmati kesegaran air Curug Omas. Hal ini disebabkan untuk menjaga keselamatan para wisatawan sendiri karena jika air terjun di curug ini cukup deras dan mata airnya pun sangat dalam jadi jika para wisatawan mendekat itu akan sangat berbahaya bagi keselamatan mereka. Tapi jika anda ingin melihat curug dari bawah, maka anda bisa turun dengan menggunakan tangga batu yang terletak di sebelah kanan jembatan. Setelah sampai di anak tangga terbawah anda dapat menikmati Curug Omas dengan lebih dekat. Tapi tetap berhati-hati karena medannya cukup licin.

82. Curug Cipanji

Curug Cipanji adalah curug yang dapat menyegarkan suasana hati dan pikiran anda. Karena di crug ini udaranya masih sangat sejuk dan asri. Anda mengeksplor keindahannya saat anda berwisata menikmati keindahan alam di curug ini. Curug Cipanji kini telah menjadi destinasi wisata baru yang berhasil membuat para wisatawan terpikat. Khusus untuk anda yang hobi berpetualang, maka belum lengkap rasanya bila anda belum mengunjungi tempat wisata yang eksotis ini. Berada di kawasan wisata Ciwidey, curug ini berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

curug cipanji

Curug Cipanji

Airnya yang begitu jernih menjadi buah bibir para petualang sejati yang senang mengeksplor keindahan alam Indonesia. Air terjun ini adalah bagian dari 7 curug yang berada di Gunung Panji. Dari bawah air terjun anda bisa merasakan dinginnya percikan air yang bisa mengenai wajah atau kulit anda. Yang unik dari Curug Cipanji adalah air terjunnya yang bertingkat-tingkat dengan ketinggian paling atas 25 meter. Dan ditingkat paling dasar ada air terjun dengan tinggi 6 meter dan tingkat kemiringan 45o. Air terjun yang paling dasar ini sering dijadikan perosotan alami oleh para wisatawan yang berkunjung. Anda pun bisa merasakan betapa asyiknya ketika berseluncur dan bermain air di perosotan alami ini.

Untuk pergi ke Curug Cipanji ini melalui rute Ciwidey yang jaraknya sekitar 35 km dari Bandung. Rute yang akan ditempuh oleh anda jika ingin pergi ke Curug Cipanji adalah dari Bandung anda pergi ke arah Ciwidey, jika sudah sampai Ciwidey anda langsung menuju ke Desa Tenjolaya. jalan ini dapat dilalui dengan segala jenis kendaraan dan kondisi jalannya baik untuk dilalui kendaraan bermotor. Jika anda sampai di Desa Cigenteng, anda selanjutnya harus berjalan kaki sekitar 1,5 km. Saat berjalan anda akan ditemani oleh hamparan kebun teh yang tak begitu luas tapi cukup indah dipandang mata. Dengan perjalanan sekitar satu jam perjalanan menuju lokasi air terjun ini semua kelelahan yang anda rasakan akan terbayar oleh keindahan alam yang ada di Curug Cipanji dan anda akan tidak sabar untuk berenang.

83. Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat didirikan pada tahun 1991 di kawasan Dago Tea House. Taman Budaya Jawa Barat ini memiliki berbagai fasilitas seperti gedung teater tertutup, teater terbuka, ruang pameran, sekretariat, sanggar seni, wisma seni, serta cafetaria. Semua fasilitas itu diperuntukan untuk kelangsungan acara yang diadakan oleh masyarakat Jawa Barat khususnya seniman yang berada di Kota Bandung di Taman Budaya Jawa Barat. Di dalam Taman Budaya Jawa Barat ini sangat sering sekali diadakan berbagai macam kegiatan kesenian seperti pagelaran teater, seminar, workshop, pameran seni, pagelaran tari, wayang golek dan masih banyak lagi kegiatan seni lainnya.

taman budaya jawa barat

Taman Budaya Jawa Barat

Luas dari Taman Budaya Jawa Barat ini sekitar 4 hektar yang semua lahannya digunakan untuk tempat kesenian. Selain itu area ini memiliki lahan parkir yang cukup luas jadi anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke sini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk mengapresiasi acara-acara kesenian di Taman Budaya Jawa Barat dan bisa anda nikmati ketika berkunjung ke sana:

Arena Panggung Terbuka
Gedung utama dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung sampai 1200 penonton. Yang menarik dari arena ini penonton bisa menikmati pertunjukan ambil m. Beberapa pertunjukan yang rutin tampil disin adalah tarian asal Jawa Barat yaitu Jaipongan, angklung, sandiwara, wayang golek, dan pertunjukan seni lainnya.

Teater Taman
Terdapat galeri di area teater ini yang diperuntukan untuk pameran seni rupa, lomba-lomba yang bernuansa kesenian, ataupun diskusi tentang seni.

Sanggar Seni Tari
Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka disini juga disediakan sanggar tari untuk anda yang ingin belajar tari kesenian sunda. Tempat ini juga dijadikan sebagai pusat pelatihan tari Jaipong. Anda juga bisa melihat ketika para penari dari Jawa Barat sedang latihan.

Jika anda pecinta kesenian Jawa Barat atau ingin tahu lebih dalam lagi tentang kesenian Jawa Barat, anda bisa berkunjung ke Taman Budaya Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Bukit Dago Utara no. 53, Dago, Kota Bandung. Dijamin setelah menonton pagelaran seni atau mengunjungi pameran seni anda akan balik lagi ke sini untuk melihat pesona dari seni yang berasal dari Jawa Barat. Anda juga bisa menanyakan daftar pagelaran atau acara kesenian yang akan digelar di Taman Budaya Jawa Barat.

84. Taman Film Bandung

Berbicara tentang tempat wisata di Kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya. Taman yang ada di Kota bandung merupakan tempat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Apalagi kelebihan dari taman ini adalah kita bisa refreshing dengan budget yang minim. Kalau sedang berkunjung ke Bandung kamu pasti menemukan banyak taman unik yang dibuat secara tematik untuk menarik pengunjung yang sedang berwisata ke kota kembang ini. Taman Film Bandung adalah salah satu dari taman tematik di Kota Bandung.

taman film bandung

Taman Film Bandung

Taman yang digagas oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil ini berletak di bawah jembatan Pasupati Bandung dan sejajar dengan Taman Jomblo juga Taman Skatepark. Taman yang sudah diresmikan sejak 3 tahun silam ini memiliki luas sekitar 300 meter dan mampu menampung 500 penonton. Jika kamu ingin berkunjung ke Taman Film Bandung, kamu bebas untuk memilih tempat duduk lesehan di atas rumput sintetis ataupun di atas beton berbentuk terasering yang ada di taman ini.

Taman Film Bandung merupakan sarana untuk menonton film gratis bagi warga. Taman ini dilengkapi oleh videotron besar berukuran 4X8 meter dan sound system yang baik sehingga suara dari film yang diputar tetap terdengar dengan jelas meskipun banyak mobil berlalu lalang di sekitar taman. Biasanya selalu ada film yang diputar di Taman Film Bandung ini. Jika sedang ada pertandingan Persib Bandung maka taman ini akan berubah menjadi tempat nonton bareng yang dipadati oleh warga Bandung.

Untuk kamu yang sedang berada di Bandung tidak ada salahnya jika menikmati sensasi menonton film dibawah jembatan layang. Kamu juga gak usah risau karena tempat ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Hanya ada beberapa syarat yang harus kamu patuhi saat berada di Taman Film Bandung, yaitu dilarang merokok dan buang sampah sembarangan. Karena Taman Film Bandung merupakan ruang publik yang bebas dimasuki banyak orang sehingga wajib hukumnya jika para pengunjung saling menghargai satu sama lain untuk tidak merokok dan menjaga kebersihan agar para pengunjung betah berlama-lama di taman ini.

85. Taman Miniatur Kereta Api

Jika ingin melihat perjalanan kereta api Padalarang-Cikampek tanpa menaikinya kamu bisa datang ke Taman Miniatur Kereta Api yang ada di kawasan Floating Market, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Taman Miniatur Kereta Api ini merupakan taman miniatur pertama dan terbesar yang ada di Indonesia. Luasnya mencapai 2000 m2, dengan 13 rangkaian rel terpasang sepanjang 1000 meter. Para pengunjung bisa melihat perjalanan kereta api mini di Taman Miniatur Kereta Api ini. Suasana stasiun kereta api juga terasa nyata di Taman ini.

taman miniatur kereta api

Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api selain bisa dinikmati oleh masyarakat umum juga bisa dijadikan sebagai media edukasi bagi para pengunjung terutama anak-anak. Jika kamu berkunjung ke taman ini kamu akan diperkenalkan dengan satu-satunya moda transportasi teraman yang pernah ada di dunia, yaitu kereta api. Berkunjung ke taman ini para pengunjung akan mendapatkan paket lengkap yaitu berekreasi dan juga belajar.

Fasilitas yang ada di Taman Miniatur Kereta Api ini mirip dengan kondisi asli baik dalam tata letak, suasana pemandangan sekitar, bangunan, kondisi rel kereta api, tak lupa kereta api yang mengelilingi Taman ini. Suara kereta api yang menjadi suara latar juga membuat pengunjung serasa berada di stasiun kereta api sungguhan. Pengungjung bisa melihat kereta api berukuran mini dengan skala 1:24 dari ukuran sebenarnya. Tidak hanya anak-anak saja yang bisa menikmati wahana miniatur kereta api di Taman Miniatur Kereta Api ini, orang dewasa pun bisa menikmatinya karena taman ini dibuat seperti nyata. Dengan tema pegunungan taman ini juga menarik karena terbuat dari pohon sungguhan sehingga semakin membuat taman ini seperti nyata.

Untuk rangkaian kereta yang melaju itu dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control secara manual oleh dua orang penjaga dari ruang pusat kendali. Walaupun rel kereta mengandung aliran listrik kreta tetap aman bagi pengunjung. Karena listrik yang mengalir hanya 24 volt saja sehingga aman dan tidak akan berbagaya. Wahana ini sengaja dibuat untuk memberikan edukasi tentang dunia kereta api bagi masyarakat umum. Jadi kamu tidak akan rugi juga berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api ini.