105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

86. Taman Tegalega

taman tegalega

Taman Tegalega

Warga Bandung pasti sudah kenal baik dengan Taman Tegalega atau Monumen Bandung Lautan Api. Taman ini merupakan saksi bisu dari perjalanan Kota Bandung. Sama halnya dengan ruang publik luas lainnya yang ada di Kota Bandung seperti Alun-alun Bandung, Lapangan Gasibu, termasuk Taman Tegalega memang sudah menjadi ikon Kota Bandung sejak masa penjajahan Belanda dulu.

Taman dengan luas 16 hektare ini dulunya pernah menjadi tempat upacara pembukaan sportpark pada tahun 1933 pada masa penjajahan. Selain itu juga taman ini dulunya merupakan tempat pacuan kuda yang sangat terkenal pada masa penjajahan Belanda. Dan sekarang tempat ini dijadikan ruang publik terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh Warga Bandung untuk berolahraga di akhir pekan atau digunakan sebagai tempat dari event-event pentas musik karena areanya yang sangat luas.

Pada tahun 1980-an, kawasan Taman Tegalega belum tertata rapih. Di tempat ini pernah berdiri tenda-tenda yang didirikan oleh para PSK. Ruang publik yang seharusnya digunakan untuk hal-hal positif ini amalh dijadikan sebagai tempat prostitusi di malam hari. Parahnya lagi, tenda-tenda yang berdiri di dalam Taman Tegalega itu terlihat jelas dari jalan raya. Sehingga sudah menjadi rahasia umum jika tempat itu dijadikan sebagai tempat prostitusi. Pada siang hari Taman Tegalega dipadati oleh para pedagang kaki lima. Berbagai macam bejajakan oleh ratusan pedagang yang membuat area tersebut begitu sesak. Sangat kontras sekali dengan kegiatan malam hari di Taman Tegalega.

Saat Ridwan Kamil menjadi Walikota Bandung, taman yang menjadi salah satu resapan air yang paling berpengaruh di Kota Bandung ini di revitalisasi untuk membuat taman ini menjadi taman yang lebih nyaman. Februari 2017 pembenahan Taman Tegalega sudah mulai dilakukan dengan konsep “Future Park.” Kawasan yang berada disana akan dibenahi tapi akan tetap mempertahankan fungsi konservasinya tanpa merubah fungsi resapan air.

Plaza yang ada di kawasan Taman Tegalega sudah diperbaiki dan kabarnya nanti akan berdiri satu menara setinggi 100 meter di taman tersebut. Sudah terbayang jika Taman yang terletak di Jalan BKR ini setelah rampung akan terlihat lebih indah dan lebih tertata. Penataan Taman Tegalega ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 4 tahun. Dan diharapkan dengan adanya revitalisasi Taman Tegalega ini akan mengubah citra Taman Tegalega menjadi ruang terbuka publik yang memiliki fungsi positif bagi warga Bandung.

87. Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa

Tak jauh dari Taman Lansia dan bersebelahan dengan SMAN 20 Bandung terdapat ruang terbuka hijau nan sejuk yaitu Taman Bunga Kandanga Puspa. Taman yang dulunya dikenal sebagai taman cilaki ini sempat tidak terawat keberadaannya namun setelah direnovasi menjadi Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa kini taman ini semakin tertata rapih dan ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga dari Indonesia.

taman pustaka bunga kandang puspa

Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa

Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini adalah surganya bagi berbagai jenis bunga. Taman ini ada di Jalan Cilaki Kota Bandung. Warga Bandung biasa menyebutnya perpustakaan bunga karena di taman ini terdapat 100.000 jenis bunga dan ada keterangannya. Taman pustaka bunga didirikan pada desember tahun 2013. Di dalam taman ini berbagai tanaman hias di tanam dan dibudidayakan. Termasuk 200 anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk perawatan berbagai bunga di tempat ini, tanaman diberi pupuk seminggu sekali dan tentunya disiram dengan menggunakan air bersih setiap hari. Walau dibuka untuk umum, pengunjung harus mengikuti aturan yang berlaku di taman ini. Pengunjung tidk boleh membawa makanan, minuman, dan juga binatang. Aturan ini tidak mengurangi minat warga bandung untuk mengunjungi Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini.

Saat memasuki gerbang suasana taman sudah terasa sejuk dan asri karena dikelilingi oleh pepohonan rindang dan berbagai jenis bunga. Kebanyakan pengunjung datang ke Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini untuk mencari udara segar karena sekarang Bandung sudah dipenuhi oleh kendaraan yang membuat polusi udara dimana-mana. Udaranya yang sejuk dan tempatnya yang teduh berhasil membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di taman ini.

Untuk menghindari kerusakan dan pencurian tanaman, Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini dijaga dan dirawat park ranger. Taman ini juga dijaga oleh mahasiswa-mahasiswa pertanian Universitas Padjadjaran Bandung. Waktu operasionalnya adalah setiap hari, Senin sampai Minggu, sehingga pengunjung dapat berkunjung kapan saja. Taman ini merupakan taman edukasi yang dapat menambah wawasan para pengunjung mengenai dunia fauna yang dimiliki Indonesia.

88. Tektona Waterpark

Berwisata di kota Bandung bersama keluarga tentu sangat mengasyikkan terlebih dilakukan pada saat liburan tiba atau akhir pekan. Salah satu objek wisata yang tak boleh terlewatkan ketika berada di kota kembang ini l ,nlmmllkm adalah Tektona waterpark yang berlokasi di Malakasari, Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. dilokasi tektona waterpark ini, kamu bisa menjajal berbagai wahana air yang tersedia seperti kolam arus, kolam ombak, mega slider.

tektona waterpark

Tektona Waterpark

Sedangkan untuk anak-anak terdapat beberapa kolam yang sengaja dirancang khusus sesuai kebutuhan anak seperti semi olympic, kolam anak dan balita. Sedangkan wahana untuk dewasa seperti mega slider yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter mampu memacu andrenalin. Objek wisata air ini sengaja dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wisata keluarga untuk itu seluruh anggota keluarga dapat bermain di wahana air tektona waterpark dengan aman dan nyaman.

Setiap harinya objek wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung baik dari anak-anak sekolah hingga orang dewasa. Disini para pengunjung bebas untuk berenang, naik perahu, melakukan fun games bahkan outbond. Setelah puas bermain di wahana air kamu juga bisa langsung mencicipi beberapa hidangan yang tersedia di corner kuliner. Aneka masakan lezat bisa kamu cicipi untuk mengisi perut yang lapar.

Keseruan saat bermain wahana air tentu tak hanya dapat dirasakan oleh anak-anak saja ketika berada di tektona waterpark, untuk orang dewasa tersedia berbagai wahana air yang cukup seru. Bentuk kolam yang sengaja didesain dengan mengusung konsep modern akan mampu menambah keceriaan dalam bermain air. Berbagai fasilitas banyak tersedia di objek wisata air ini seperti gazebo, kuliner corner, sopo foto yang asik dan unik, toilet, masjid, ruang ganti dan bilas.

Untuk bisa menikmati keseruan bermain air di tektona waterpark kamu akan dikenai tarif sebesar Rp.50.000/orang. Meskipun harga yang diberikan relatif mahal namun fasilitas yang bisa kamu nikmati tentu tak mengecewakan, nikmati hari libur kamu bersama seluruh anggota keluarga dengan berwisata di tektona waterpark Bandung.

89. Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas

Apakah kamu memiliki rencana berwisata alam di Bandung bersama keluarga di akhir pekan nanti? Bandung memang cukup terkenal memiliki potensi wisata alam yang sangat mengagumkan. Adalah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi adalah kampung cai ranca upas yang berlokasi di Jln. Ciwidey Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, lokasi ini menjadi tempat yang kerap dijadikan lokasi perkemahan yang berada sekitar 50km dari pusat kota Bandung.

kampung cai ranca upas

Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas

Kampung cai ranca upas memiliki lahan kurang lebih sekitar 215 hektar dengan dikelilingi pepohonan seperti pohon jamuju, huru, kihujan, kitambang dan lain sebagainya. Jenis pepohonan tersebut tumbuh subur di hutang lindung sekitar kampung cai ranca upas. Selain beberapa jenis flora ada pula fauna yang hidup disekitar kampung tersebut.

Kampung cai ranca upas sangat direkomendasikan sebagai salah stau objek wisata keluarga yang memiliki banyak fasilitas lengkap. Di kawasan wisata tersebut kamu bebas bermain water games, fun games, war game, ATV, adventure dan lain sebaginya. Tak hanya itu saja, di lokasi wisata ini kamu juga bisa berkemah dan berenag di kolam renang water boom yang telah disediakan di kawasan tersebut. bagi kamu yang ingin berantai sambil menikmati keindahan alam ciwedey bisa mencoba berendam di air hangat.

Di lokasi kampung cai ranca juga telah disediakan tempat penangkaran rusa, tentu anak-anak akan sangat senang bermain sambil memberi makan rusa-rusa di tempat ini. selain menyediakan beberapa paket layanan wisata, disini juga disediakan paket wisata seperti corporate family gathering, kid adventure recreation, camp tour, youth outing, saba leweung, family camp fans game dan camp teen.

Untuk dapat menikmati keseruan di lokasi wisata kampung cai ranca upas, kamu hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000/ orang dan untuk tiket kolam renang sebesar Rp.15.000/ orang sedangkan untuk tiket wahana out bond sebesar Rp.15.000 untuk masing-masing wahana. Dan untuk biaya parkir kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sebesar Rp.5000 sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan bus dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan Rp. 20.000.

90. Wisata Kuliner Di Dago Tea House

Bingung mencari tempat kuliner yang enak di kota Bandung? Kamu bisa mencoba datang ke Dago tea house yang berlokasi di Jln. Bukit dago selatan, No.53a, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Di sini kamu tak hanya bisa menyantap hidangan yang lezat saja namun juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar restoran. Pada zaman kolonial belanda, restoran ini diberi nama dago thee huis yang bermakna rumah teh dago.

wisata kuliner dago tea house

Wisata Kuliner di Dago Tea House

Dulunya di restoran ini sering digunakan untuk tempat minum teh dan mencicipi berbagai jenis hidangan sambil disuguhi dengan keindahan alam kota Bandung. Dengan semakin berkembangnya kota Bandung, maka Dago tea house menjadi salah satu tempat makan yang cukup banyak direkomendasikan untuk para pelancong yang datang ke kota Bandung, lokasi ini menjadi favorit dikalangan wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati hangatnya teh dago.

Di restoran dago tea house menyediakan berbagai macam menu kuliner khas Jawa Barat yang cukup menggugah selera. selain itu di restoran ini juga menyediakan berbagai menu kuliner khas nusantara serta western food. Di dago tea house juga memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan diantaranya: arena panggung terbuka yang mampu menampung kurang lebih sekitar 1000 orang , disini kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan pentas seni tradisional khas jawa barat seperti karawitan, jaipongan tembang sunda, wayang golek dan angklung.

Selain panggung terbuka ada pula teater taman, teater tertutup, galeri pameran dan sanggar seni tari yang sering digunakan untuk latihan tari jaipongan. Disudut lain dago tea house terdapat pula perpustakaan dan guest house yang dapat digunakan oleh para tamu yang membutuhkan tempat peristirahatan. Jika ingin membeli beberapa cinderamata khas kota bandung, kamu bisa datang di store cindera mata yang menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan seperti lukisan, wayang golek serta penganan khas kota Bandung.

Untuk masuk ke kawasan dago tea house kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.1000 saja.