105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

91. Wisata Seni Salian Art Space Dan Resto

salian art space dan resto

Salian Art Space dan Resto

Para pecinta seni dan budaya Bandung bisa mampir di wisata seni salian art space dan resto yang berlokasi di Jln. Sersan bajuri, No.86, cihideung, Parongpong, Bandung, Jawa Barat. Di lokasi wisata ini kamu melihat berbagai jenis karya seni smabil menikmati menu kuliner. Konsep yang disuguhkan di salian art ini cukup menarik pasalnya hasil karya seni di pajang pada setap sudut cafe dan selalu berubah setiap bulannya. Jadi para pengunjung tak bosan saat melihat karya seni yang selalu berubah setiap saat.

Cafe ini sengaja di sewakan untuk para seniman guna memamerkan hasil karya lukisan yang mereka buat. Untuk tempat makan yang disediakan juga cukup unik, karena kamu akan dihadapkan langsung dnegan pemandangan alam yang cukup indah karena tempat duduk yang tersedia berada di luar cafe. Di sudut cafe terdapat beberapa tempat favorit yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk mendapatkan spot foto yang menarik.

Ada banyak event yang diselenggarakan di salian art ini seperti pameran karya seni yang cukup unik dari para seniman lokal bandung. Selain menjadi tempat pameran seni, salian juga menjadi tempat makan dan minum kopi. Berbagai menu kuliner khas Bandung tersedia disini. Sambil menikmati hangatnya secangkir kopi, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan karena lokasinya salian art space berada di perbukitan sehingga mampu menciptakan suasana yang romantis.

Jika kamu tertarik mengunjungi wisata salian art space dan resto bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalan setia budi kemudian dilanjutkan menuju terminak ledeng lalu ikuti jalan hingga menuju Jln. Sersan bajuri. Namun jika kamu menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan sarana angkot yang menuju terminal ledeng kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju jalan sersan bajuri. Lokasi salian art space berada di dekat minimarket. Wisata seni salian art space buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

92. Gua Sang Hyang Tikoro

Bandung memang memiliki banyak cerita, baik itu kisah menarik dari warga lokalnya, asal-usul atau legenda, bahkan sejarah. Bila kita membahas mengenai sejarah yang berkaitan dengan Bandung, biasanya yang ada dalam benak para pembaca adalah “ Oh iya! Bandung lautan apinya!”. Yep memang benar bahwa Bandung sempat mengalami peristiwa besar dimana seluruh wilayah Bandung dibabat api dalam tujuan membebaskan area dari penjajah. Tapi tahukah anda bahwa masih ada lagi sejarah yang memiliki dampak besar terhadap kota ini?

monumen perjuangan rakyat jawa barat

Gua Sang Hyang Tikoro

Uniknya lagi, sejarah ini sudah terjadi bahkan saat puluhan juta tahun silam. Dimana ada bukti sejarah yang menyatakan bahwa wilayah Bandung ini mulanya adalah sebuah danau super besar dengan Danau Bandung Purba. Lalu, dengan luas danau dan volume air yang sedemikian besarnya kemana air tersebut menghilang?Konon, Bandung mengalami perubahan dari danau menjadi dataran luas karena hilang di suatu tempat bernama Gua Sanghyang Tikoro. Bahkan beberapa pendapat dan keyakinan menyatakan Tikoro ini pun turut merupakan sebuah peradaban yang sangat bersejarah, yaitu tempat kehidupan suku sunda di Bandung.

Bagaimana menurut kamu? Jarang loh ada wisata di Bandung yang memiliki sejarah kontroversial seperti ini. Ditambah lagi, wisata ini masih belum tersentuh atau masih terjaga keasriannya, jarang penduduk maupun wisatawan datang ke tempat ini.

Nama dari Gua Sanghyang Tikoro ini berasal dari Bahasa Sunda. Sanghyang berarti suatu hal yang suci atau dewa, sedangkan tikoro berarti kerongkongan. Jadi bila diartikan secara harfiah berarti kerongkongan dewa. Tentu saja karena seluruh limpahan air dari Danau Bandung Purba ini konon masuk ke gua tersebut. Wisata ini cenderung jarang dikunjungi karena banyak kepercayaan masyarakat setempat akan kemistisannya ditambah memang kawasannya yang sulit dijangkau.

Buat kamu yang sudah jenuh dengan wisata yang itu-itu aja, pecinta tantangan, ingin dapat memperoleh informasi yang jarang diketahui khalayak umum, maka Gua Sanghyang Tikoro bisa jadi lokasi paling klop buat kamu! Pastinya wisata ini juga anti mainstream karena betapa misteriusnya tempat ini untuk dijadikan lokasi wisata.

93. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Berwisata sambil belajar sejarah kota Bandung mungkin menjadi alternatif yang bisa di pilih untuk menghabiskan libur akhir pekan nanti. salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Bandung adalah monumen perjuangan rakyat Jawa Barat yang berlokasi di depan gedung sate Bandung. Monumen perjuangan ini menjadi simbol inspirasi bagi masyarakat kota Bandung. Jika dilihat sekilas, monumen ini nampak biasa saja, namun jika ditelisik lebih dalam terdapat keistimewaan yang melatari bangunan monumen tersebut.

monumen perjuangan rakyat jawa barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Semua dinding terdapat ukiran yang menjadi saksi bisu kisah heroik perjuangan rakyat jawa barat kala itu, pada sebagian dinding terdapat prasasti yang bertahtakan tulisan sunda yang mengisahkan tentang jawa barat. Di bawah monumen terdapat ruangan bawah tanah yang bisa diakses oleh masyarakat yang ingin lebih mengenal bukti sejarah jawa barat secara detail. Kamu bisa masuk ke ruangan bawah tanah tersebut secara gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun.

Dinding relief yang mempu menggambarkan perjuangan rakyat jawa barat dalam mengusir penjajah terpampang nyata sehingga membuat para pengunjung yang datang seolah olah mampu merasakan apa yang dulu dilakukan oleh para pejuang jawa barat. Di bagian lain terdapat dua pintu besi yang menjadi akses menuju ke ruangan bawah tanah monumen. Di dalam ruang bawah tersebut terdapat diorama perjuangan rakyat jawa barat, auditorium dan perpustakaan.

Dalam setiap harinya monumen perjuangan ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, sedangkan dihari-hari tertentu kawasan monumen sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai event hiburan, seperti konser musik, pasar malam, pentas tari dan bentuk kesenian lainnya namun tak jarang pula lokasi monumen juga digunakan sebagai tempat untuk berkumpulnya masyarakat jawa barat yang ingin berorasi meminta suatu tuntutan. Pada hari minggu atau hari libur, suasana di sekitar monumen cukup ramai, banyak masyarakat yang menjadikan lokasi monumen sebagai pasar kaget.

Di pasar tersebut banyak dijual aneka macam barang seperti makanan, cindera mata khas Bandung yang harganya cukup terjangkau.

94. Pusat Perbelanjaan Jeans Cihampelas

Jalan-jalan ke kota Bandung tak lengkap rasanya jika tak mampir ke kawasan Cihampelas untuk mencari berbagai keperluan sandang berbahan jeans. Bahan jeans merupakan salah satu bahan pakaian yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan baik laki-laki maupun perempuan. Kawasan cihampelas menjadi surganya fashion di kota Bandung, maka tak heran jika di kawasan ini banyak tersedia berbagai toko yang menjajakan aneka jenis fashion dengan harga yang cukup terjangkau.

pusat perbelanjaan jeans cihampelas

Pusat Perbelanjaan Jeans Cihampelas

Di pusat perbelanjaan yang ada dipanjang jalan cihampelas memang secara khusus menyediakan berbagai jenis jeans. Adapun fashion yang tersedia di pertokoan kawasan ini seperti kaos,tas, baju, celana, topi dan lain sebagainya. Berkunjung ke cihampelas Bandung memang tak pernah rugi, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis fashion dengan kualitas bagus namun tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Disepanjang jalan cihampelas terdapat banyak toko yang menawarkan berbagai fashion berbahan jeans, semua jeans yang ada tersedia dalam berbagai ukuran baik untuk anak-anak hingga dewasa. Namun tak hanya pakaian saja yang dijual di toko-toko tersebut, namun juga perhiasan dan aksesoris pun tak luput dijajakan. Toko yang berdiri disepanjang jalan cihampelas memiliki keunikan bila dibandingkan dengan toko lainnya, karena disini kamu bisa menemukan nama toko berdasarkan nama tokoh superhero seperti batman, superman, aladin, hulk dan lain sebagainya.

Namun tak hanya nama tokonya saja yang unik, akan tetapi disetiap depan pintu masuk masing-masing toko terdapat sebuah patung selamat datang sesuai dengan tokoh superhero yang dijadikan nama toko tersebut. Konsep superhero yang diusung setiap toko di cihampelas bertujuan untuk lebih menarik minat wisatawan berkunjung dan berbelanja di toko mereka. Berjalan-jalan di sepanjang jalan cihampelas tentu akan kurang menyenangkan jika tak mampir sejenak di salah satu toko untuk membeli jeans.

Tokoh superhero yang diusung disetiap toko jeans tentu bukan menjadi satu-satunya hal unik karena disini kamu juga akan menemukan tukang permak jeans di sepanjang jalan cihampelas. Tukang permak tersebut bisa membantu memperbaiki pakaian yang dirasa belum memiliki ukuran yang pas sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran badanmu.

95. Museum Sri Baduga

Taukah kamu jika di Bandung terdapat sebuah museum yang cukup unik dan menarik utnuk dikunjungi? Museum tersebut bernama Museum Sri Baduga yang berlokasi di Jln. BKR,185, Pelindung hewan, Astanaanyar, Bandung , Jawa Barat. Museum ini berada pada sebuah lahan dengan luas kurang lebih sekitar 8.500 meter persegi. Museum ini cukup unik karena di dalam bangunan museum terdapat banyak peninggalan benda pusaka serta harta benda pada zaman dulu. Museum sri baduga ini dulunya dibangun pada tahun 1974 dengan bentuk rumah panggung yang menggambarkan bangunan rumah masyarakat Jawa Barat.

museum sri baduga

Museum Sri Baduga

Museum ini telah beberapa kali dilakukan renovasi, adapun renovasi pertama dilakukan pada tahun 1980 tepatnya pada tanggal 5 juni. Renovasi yang dilakukan adalah dengan mengganti design dengan arsiteksur yang lebih modern akan tetapi pada bagian lain tetap dibiarkan seperti aslinya. Berwisata ke museim sri baduga menjadi pengalaman tersendiri bagi kamu yang ingin mengetahui tentang perjalanan sejarah Jawa Barat. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang baik untuk anak-anak agar lebih mencintai dan mengenal budaya masyarakat kita terutama Jawa Barat.

Di dalam museum sri baduga terdpat berbagai macam koleksi seperti benda-benda pusaka baik berbentuk realia maupun miniatur dan foto. semua bisa di lihat secara langsung oleh para pengunjung, benda-benda tersebut selain difungsikan sebagai pameran juga dijadikan sebagai dokumentasi yang disimpan di gudang tempat penyimpanan koleksi. Kini museum sri baduga memiliki 3 lantai yang dapat diakses oleh para pengunjung.

Disetiap lantai terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengujung diantaranya pada lantai 1 terdapat sejarah perkembangan budaya jawa barat yang di dukung dengan berbagai jenis benda peninggalan pada zaman hindu-budha, pada lantai 2 terdapat pameran budaya tradisional masyarakat jawa barat dan di lantai 3 terdapat pameran etnografi. Untuk berwisata di museum sri baduga, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 dan museum akan tutup pada pukul 16.00 sedangkan untuk tiket masuk museum akan dikenakan tarif sebesar Rp.2500/ orang.