105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Posted on
wisata bandung
Wisata Bandung

105 tempat wisata Bandung akan kami sajikan lengkap kepada anda pada kesempatan kali ini. Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, dan kota ini memiliki banyak sekali obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selin memiliki tempat-tempat wisata yang cantik, kota Bandung juga dikenal sebagai kota terpadat penduduknya nomor tiga setelah kota Jakarta dan Surabaya. Buat kamu yang belum pernah ke kota Bandung, maka sekali-kali cobalah mengunjungi kota ini, karena ada banyak sekali obyek wisata yang akana memanjakan anda. Bagi anda yang sedang berada di Bandung dan bingung mau liburan ke mana, maka tidak udah bingung, karena akan kami share lengkap daftar wisata Bandung untuk anda, tentunya sebagai referensi untuk memilih tempat sebagai destinasi wisata bagi anda.

Kota Bandung sebenarnya memiliki banyak sebutan, dikenal juga sebagai kota Pendidikan karena memiliki banyak unniversitas Negeri maupun Swasta. Juga dikenal sebagai kota Bunga, karena kondisi lingkungan di Bandung yang nyaman dengan banyaknya pepohonan yang rindang serta bunga-bunga. Selain itu, karena Bandung merupakan kota besar, maka tentu banyak sekali tempat-tempat perbelanjaan di sana, terutama Mall dan factory outlet yang menjadi tempat belanja favorit di Bandung. Apalagi Bandung saat ini dipimpin oleh walikota yang notabene seorang Arsitek bernama Ridwan Kamil, kocak dan kreatif, sehingga semakin membuat Bandung sebagai kota yang nyaman untuk dikunjungi. Pada tahun 2007, penataan kotanya masuk nominasi sebagai kota terkreatif di Asia.

Bandung merupakan kota yang berada di kawasan dataran tinggi, suhu udaranya snagat sejuk, tentu sangat nyaman sekali tempat wisata di sana. Wisata Bandung yang populer juga cukup banyak, tak sedikit turis atau wisatawan asing yang berkunjung ke sana. Buat kamu yang sedang mencari refernsi tempat wisata di Bandung yang bagus, indah, romantis, dan lain-lain, maka langsung saja lihat daftar 105 tempat wisata di Bandung berikut ini;

1. The Lodge Maribaya Lembang

Wisata di kawasan Lembang ini menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa. Di sana kondisi alamnya sangat bagus, kamu dapat menikmati suhu udara yang sejuk, serta pemandangan alam yang sangat indah. Pada tahun 2000 silam, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Petualangan Sherina.

the lodge maribaya
The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Lembang ini dibangun di kabupaten Bandung Barat dengan laha seluas 3 hektar. Lokasinya berada di kawasan lereng Maribaya dengan ketinggian mencapai 2.080 mdpl. Wisata ini dibuka sejak tahun 2010, dan hingga kini memiliki pengunjung yang cukup banyak, apalagi pada saat liburan.

The Lodge Maribaya berkonsep wisata modern namun tetap memperhatikan keindahan alam yang natural. Dilengkapi berbagai wahana menari dan fasilitas yang lengkap. Tentu sangat pas banget untuk anda jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan. Adapun berbagai wahana menarik yang tersedia di sana, antara lain; sky tree, muntain swing, zip bike, dan lain-lain. tersedia juga tempat camping ground buat komunitas yang ingin outbond di sana.

2. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan kawasan wisata permainan yang lengkap, sangat cocok sebagai wisata keluarga. Wisata ini merupakan indoor theme park terbesar di Dunia. Meskipun berkonsep di dalam ruangan, anda tidak perlu khawatir kepanasan, karena sudah dikondisikan dengan baik.

trans studio bandung
Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung dibuka sejak tahun 2011 yang dikelola oleh Trans Crop dan memiliki 20 wahana keren-keren, dan wahana tersebut tergolong dalam 3 kawasan besar, diantaranya adalah; The Lost City, Studio Central, dan Magic Corner.

The Lost City menyajikan wahana-wahana menarik seperti; Jelajah, Kong Climb, Sky Pirates Zeppelin, dan Amphitheater. Adapun Studio Central menyuguhkan wahana keren seperti; Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, dan Marvel Super Heroes The Raid 3D. Sedangkan Magic Corner menyajikan permainan yang menegangkan seperti; Negeri Raksasa, Drago Riders, Pulau Liliput, Dunia Lain, Spesial Effects Action, dan juga Captain Black Heart’s Pirate Ship.

3. Upside Down World Bandung

Ini dia salah satu tempat wisata yang fotogenic, sangat pas buat kamu yang hobi berburu foto-foto unik dan keren. Wisata ini berkonsep rumah terbalik, yaitu setiap ruangan di dalam rumah dalam keadaan terbalik, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi sekalipun.

upside down world bandung
Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung menjadi obyek wisata yang menarik dikunjungi, pasalnya desain arsitekturnya benar-benar tidak main-main. Kamu dapat menyaksikan segala perabotan nampak seperti tebalik, sehingga membuat kamu tercengang.

4. Farm House Lembang

Wisata ini mengusung konsep taman yang indah dilengkapi dengan rumah hobbit. Ada berbagai rumah hobbit unik di sana yang menjadi spot foto kece bagi para pengunjung. Tersedia juga pakaian tradisional Eropa yang khas banget, kami bisa menyewanya dan berpose di sana.

farm house lembang
Farm House Lembang

Berada di kawasan Farm House Lembang suasananya seperti sedang berada di Eropa. Wisata ini dibuka sejak tahun 2015, meski tergolong baru kini menjadi daya tarik yang besar bagi wisatawan. Farm House Lembang sangat cocok sebagai wisata keluarga, keindahan dan kenyamanan lokasi wisata menjadi nilai plus wisata ini. Kamu tidak perlu jauh-jauh berangkat ke Eropa hanya untuk menikmati suasana, cukup datangi Farm House Lembang serasa berada di Eropa.

5. Curug Dago

Curug Dago merupakan salah satu wisata air terjun yang terkenal di Bandung dan sekitarnya. Curug ini mengalir cukup deras dengan ketinggian sekitar 12 meter, dan terletak di kawasan lereng gunung dengan ketinggian 800 mdpl. Aliran air terjunnya teryata berasal dari sungai Cikapundung dang mengalir dari Maribaya.

curug dago
Curug Dago

Curug ini tidak hanya menyuguhkan guyuran air terjun yang deras dan menyegarkan, tetapi juga keindahan alam yang sangat eksotis. Suasana di sana cukup adem, tentu sangat nyaman untuk bersantai dan berbasah-basahan air yang dingin.

Curug ini disebut curug Dago karena terletak di desa Dago, kecamatan Coblong, Bandung. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00, puncak ramainya pada saat liburan.

6. Pasar Baru

pasar baru bandung
Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung ini merupakan salah satu tempat wisata belanja yang populer di Bandung. Pasa Baru ini menyediakan aneka pakaian yang lengkap, sangat cocok sebagai destinasi liburan kamu sob, terutama buat kamu yang hobi banget shopping.

Pasar Baru bisa dibilang pasar favorit yang tidak hanya dikunjungi oleh warga lokal saja. Banyak juga kok pengunjung dari Malaysia dan Singapura yang belanja di sana. Harga yang ditawarkan di pasar ini cukup bersaing, ada yang murah dan ada juga yang sangat mahal.

Adapun barang-barang yang tersedia di sana ada berbagai macam, mulai dari busana pesta busana muslim, busana casual, jenas, seragam, batik, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya. Gdung yang digunakan pasar ini tingkat tertinggi mencapai 8 tingkat, tinggi banget bukan?

7. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bnadung tidak bketinggalan sebagai tempat wisata yang patut untuk dikunngi. Kebun binatang sebagai tempat rekreasi yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Sangat bagus bagi anak-anak kecil, tentunya sebagai wahana edukasi untuk mengenal aneka satwa di kebun binatang ini.

kebun binatang bandung
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung berada di kawasan dataran tinggi, sehingga kondisinya cukup nyaman. Udara yang sejuk serta banyaknya pepohonan yang rindang tentu mendukung kenyamanan anda saat berkeliling menyaksikan berbagai binatang di sana. Ada sekitar 213 jenis satwa yang bisa kamu lihat di sana sob. Kebun Binatang ini terletak di Jalan Kebun Binatang No 6, Taman Sari, Bandung.

8. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan wisata alam di Bandung yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Panorama alam yang masih sangat alami menjadi keunggulan tempat ini. Di sana kamu dapat menikmati suasana alam yang begitu asri, alami, dan jauh dari polusi.

sanghyang heuleut
Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh bebatuan besar, sehingga menjadi pemandangan alam yang sangat mempesona. Di sana kamu tidak hanya dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga dapat menikmati kesegaran air danau yang sangat jernih.

Sanghyang Heuleut belum banyak didatangi pengunjung, sehingga fasilitas yang tersedia tidak begitu mumpuni. Wisata ini terletak di desa Rajamanda Kulon, kecamatan Cipatat, Bandung Barat.

9. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan museum bersejarah yang menyimpan berbagai materi geologi yang bersejarah, dan museuim ini juga dilindungi oleh pemerintah Bandung. Museum ini didirikan sejak lama, yakni pada tanggal 16 mei 1928.

museum geologi bandung
Museum Geologi Bandung

Terdapat 2 tingkat ruang pameran di museum Geologi ini, lantai 1 menyajikan berbagai materi seperti; fosil purba, sistem tata surya, hipotesis terjadinya bumi, keadaan Geologi Indonesia, dan lain-lain. Sedangkan di lantai 2 terdapat berbagai materi seperti; miniatur pengeboran minyak bumi, bebatuan asal Papua, cara mengelola mineral dan energi, penjelasan cara memanfaatkan sumber daya air, dan masih banyak yang lainnya.

10. Kampung Gajah

Kampung Gajah ini merupakan wisata permainan yang seru dan menyenangkan, sangat asyik sebagai tempat rekreasi keluarga. Wisata ini menyuguhkan berbagai wahana permainan seperti; mini ATV, mini buggyy, child play ground, bumpurboat, dan masih banyak yang lainnya.

kampung gajah
Kampung Gajah

Harga yang ditawarkan memang fantastis, namun itu sesuai dengan wahana dan fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Wisata kampung Gajah ini terletak di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Parongpong, Cihideung, Bandung Barat.

11. Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Wisata gunung Tangkuban Perahu ini merupakan salah satu wisata alam yang sangat populer di Bandung. Masih berada di kawasan Lembang, bila anda ke ke Bandung jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata ini, karena menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan, terutama spot-spot keren seperti; perbukitan hijau, aneka kawah (kawah Ratu, kawah Domas, kawah Jurig, dll).

Wisata gunung Tangkuban Perahu ini selalu ramai pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jarak lokasi wisata dari kota Bandung sekitar 30 km, dan jam operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai 17.000 WIB. Tempat ini bagus sekali sebagai obyek wisata keluarga, kamu dapat berselfie dan wefie bersama dengan background alam yang sangat menakjubkan.

12. Perkebunan Teh Rancabali

Jawa Barat merupakan propinsi penghasil teh terbesar di Indonesia, salah satunya kota Bandung yang turut serta memberikan suplay yang besar. Perkebunan teh yang berlokasi di Patengan, Rancabali, Bandung menjadi kawasan kebuh teh yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

perkebunan teh rancabali
Perkebunan Teh Rancabali

Kebun teh Rancabali ini berada di kawasan dataran tinggi, sehingga suasana di sana benar-benar terasa adem dan nyaman untuk merileksasikan diri. Terutama buat kamu yang sehari-harinya disibukkan dengan aktivitas di perkotaan yang begitu penat. Maka cobalah sekali-kali saat liburan mengunjungi kebun teh ini. Background kebun teh yang hijau bisa menjadi theme selfie yang bagus untuk kamu sob.

13. Hits De’ Ranch

Hits De’ Ranch ini merupakan wisata unik yang menyuguhkan beragam bangunan ala coboy di film-film. Wisata ini memiliki banyak spot foto keren, jadi sudah pasti cocok buat kamu yang hobi banget berselfie dan berburu spot foto kece sob.

hits de ranch
Hits De Ranch

Di sana juga terdapat pacuan kuda, kamu dapat mencoba menaiki kuda sembari berakaian ala koboi, ini akan menjadi model selfie yang keren banget. Dulunya, tempat ini hanyalah sebuah peternakan, kini dikelola menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

14. Dusun Bambu

Satu lagi nih wisata dengan spot selfie yang kece, namanya Dusun Bambu. Dengan memanfaatkan keindahan alam sekitar, dibangun spot-spot unik yang terbuat dari bambu menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata yang menarik perhatian para pengunjung.

dusun bambu
Dusun Bambu

Wisata dusun Bambu ini terletak di Jalan Kertawangi, Cisua, Bandung Barat. Berbagai fasilitas menarik disesiakan di sana, mulai dari pasar Katulistiwa, penginapan, dan rumah makan. Ini bisa menjadi pilihan buat kamu ingin liburan di tempat yang berbeda dengan biaya masuk yang terjangkau.

15. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih juga menjadi tempat wisata yang terkenal di Bandung. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 50 km ke arah selatan. Kawah Putih ini merupakan wisata yang menyajikan keindahan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan dari gunung Patuha. Nah, warna tanah di sekitar kawasan wisata ini berwarna putih, maka dari itu disebut sebagai wisata Kawah Putih. Sedangkan air danaunya berwana hijau, tergantung kadar belerang dan cuaca.

kawah putih ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih ini berada di ketinggian 2400 mdpl, dengan suhu udara mulai dari 8 hingga 22 drajat celcius. Dikarenakan suhu udara yang sangat dingin, maka pengunjung diharuskan memakai pakaian yang tebal. Meskipun dingin, pemandangan alam di sana benar-benar mempesona.

16. Grand Canyon Mini (Leuwi Jurig)

leuwi jurig
Leuwi Jurig

Leuwi Jurig dalam bahasa Sunda berarti kolam setan. Dari namanya saja terkesan mistis dan menyeramkan ya sob. Ya, karena berlatar belakang nama yang mistis tersebut membuat wisata ini jarang dikunnjungi oleh wisatawan. Kondisi alamnya tentu masih sangat-sangat alami, dan begitu mempesona.

Di sana kamu dapat menyaksikan surga dunia yang jarang ditemui di daerah lain. Sungainya yang sangat jernih, dihiasi dengan bebatuan alam yang besar-besar, sehingga nampak seperti Grand Kanyon. Maka tak heran bila tempat ini disebut sebagai Grand Canyon Mini.

17. Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan wisata air terjun yang cukup diminati pengunjung karena keunikan air terjunnya yang sangat eksotis. Air terjun ini akan menyala ketika cuaca mulai gelap, karena memang dipasang lampu pada balik dinding air terjun. Sehingga sorotan cahaya lampu menyala terang berkombinasi dengan derasnya air terjun, sehingga biasan cahaya benar-benar nampak menakjubkan.

curug cimahi
Curug Cimahi

Di wisata ini tersedia tempat gardu pandang yang tinggi, memang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam air terjun dari ketinggian, maupun sebagai spot yang keren untuk berselfie. Letak curug Cimahi ini berada di daerah Parongpong, dan jarak dari wisata dusun Bambu sekitar 2 km.

18. Tebing Keraton

Tebing Keraton menjadi destinasi wisata yang pas banget untuk merileksasikan diri dan menghilangkan kepenatan. Karena tempat ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Dari ketinggian di atas tebing, kamu dapat melihat panorama alam perbukitan dan hutan. Kamu dapat menyaksikan eksotisnya Sunrise di pagi hari, dan Sunset saat sore hari. Terkadang, sekitar lokasi dipenuhi kabut putih yang pekat, sebagaimana negeri di atas awan.

tebing keraton
Tebing Keraton

Dari ketinggian kamu dapat melihat indahnya kota Bandung yang nampak seperti miniatur. Dan untuk masuk wisata seperti ini harganya sangat murah. Hanya saja dibutuhkan perjalanan untuk sampai ke atas bukit seperti halnya wisata lainnya yang berada di kawasan pegunungan.

19. Sendang Geulis Kahuripan

Kalo yang ini adalah wisata pemandian yang menyegarkan sob. Sumber air pegunungan asli membuat kepuasan tersendiri ketika mandi di sana. Selain menyegarkan, airnya juga jernih banget sob. Ditambah lagi dengan pemandangan alam sekitar yang nampak mempesona menghiasi kawasan wisata pemandian ini.

sendang geulis kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan suasananya asyik banget untuk liburan, sangat pas, khas perdesaan yang mungkin susah sekali untuk kamu temui di kawasan perkotaan. Wisata pemandian ini juga punya nama lain, yaitu Telaga Cikahuripan Padalarang. Adapun fasilitas yang tersedia di sana cukup mumpuni, mulai dari Area Parkir, Toilet, Warung Makan, dan lain-lain.

20. Pasar Cibaduyut

Kalau yang ini adalah wisata belanja yang cukup populer di Bandung, namanya Pasar Cibaduyut. Pasar Cibaduyut menyediakan aneka sepatu dan tas yang terbuat dari bahan kulit. Barang yang dibeli dari Pasar Cibaduyut dianggap berkualitas karena awet dan tidak mudah rusak.

pasar cibaduyut
Pasar Cibaduyut

Kamu bisa memesan sepatu dan tas di Pasar Cibaduyut, tetapi selesainya sekitar 1 mingguan, dan itu tergantung banyaknya antrian maupun tingkat kerumitan model desain yang diinginkan.

21. Cihampelas Walk

cihampelas walk
Cihampelas Walk

Cihampelas Walk ini merupakan tempat wisata yang berlokasi di dekat Stasiun Bandung. Ini juga wisata belanja yang lengkap, menyediakan aneka barang belanja khas Bandung, diantaranya seperti: tas, sepatu, kaos, baju, celana, dan perlengkapan fasion lainnya.

Selain itu juga tersedia tempat kuliner khas Bandung yang bisa kamu cicipi di sana. Untuk menuju ke wisata belanja satu ini cukup mudah, karena sebagai patokannya adalah Stasiun Bandung.

22. Taman Lalu Lintas Ade Irma Nasution

Wisata Taman Lalu Lintas yang satu ini cocok sekali buat anak kecil, ini merupakan wisata Edukatif yang asyik buat anak-anak. Di sana anak-anak dapat bermain dan belajar membaca rambu-rambu lalu lintas. Berbagai fasilitas menarik tersedia di sana, antara lain Jalur Bersepeda, Kolam Renang, hingga Naik Kereta Wisata.

taman lalu lintas ade irma nasution
Taman Lalu Lintas Ade Irma Nasution

Tidak perlu bingung jika anak-anak kelaparan, karena di sekitar lokasi juga sudah tersedia tempat makan. Wisata Taman Lalu Lintas ini berlokasi di Jalan Belitung No 1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

23. Villa Kancil

Bila kamu mencari lokasi wisata yang murah, maka Villa Kancil bisa menjadi pilihan yang tepat. Villa Kancil merupakan wisata yang menyuguhkan tempat outbond dan wahana permainan yang asyik. Villa Kancil ini berada di kawasan Bandung Timur, sangat asyik menjadi tempat rekreasi buat kamu sob.

villa kancil
Villa Kancil

Di sana juga tersedia tempat belanja dengan konsep pasar terapung, seperti halnya pasar di terapung Lembang. Pasar ini menyajikan aneka kuliner yang lezat, dan juga terdapat Villa dan Penginapan di sekitar lokasi buat kamu yang ingin bermalam di sana.

24. Taman Sejarah Bandung

Wisata taman satu ini cocok banget sebagai wisata keluarga. Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisa masuk dan menikmati suguhan taman yang indah. Cukup membayar area parkir yang tersedia di sana. Taman Sejarah Bandung menyajikan keindahan taman yang memanjakan mata, aneka bunga dan rumput hijau menghiasi kawasan ini, tentu sangat mamanjakan mata. Maka wajar bila tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

taman sejarah bandung
Taman Sejarah Bandung

Berbagai fasilitas tersedia di wisata ini antara lain Museum Sejarah Kota Bandung, Bandung Plannig Gallery, hingga Kolam Renang Anak yang gratis. Wisata ini buka 24 jam, cocok banget buat kamu yang butuh liburan tanpa membayar biaya tiket masuk.

25. Peta Park Bandung

Ini dia tempat liburan murah meriah selanjutnya, bernama Peta Park Bandung. Peta Park Bandung ini menyajikan pemandangan yang indah dengan suasana yang asri, teduh, dan nyaman. Di sana kamu akan mendapati taman-taman hijau yang berisi aneka bunga, air mancur buatan, tanaman Hidroponik, tanaman buah-buahan, dan masih banyak yang lainnya.

peta park
Peta Park

Fasilitas berupa kursi yang tertata secara rapi juga ada di sana, ini buat temat duduk kamu sembari menikmati indahnya panorama taman di Peta Park Bandung. Kamu juga bisa membeli tanaman Hidropinik seperti Bayam, Kangkung, Sawi dan lain-lain dengan harga minimal Rp.5.000 saja. Menarik sekali bukan?

26. Taman Kelinci Ciwidey

taman kelinci ciwidey
Taman Kelinci Ciwidey

Ini dia Rabbit Park di Ciwidey, cocok banget untuk liburan keluarga. Bersama anak-anak kamu bisa menikmati indahnya taman mini yang tertata rapi berisi kelinci-kelinci. Anak-anak bisa bermain dengan kelinci-kelinci yang imut di sana. Ini sangat pas sekali sebagai moment yang asyik, dan kamu bisa mengabadikan moment tersebut dalam bingkai foto.

Taman Kelinci ini berada di kawasan Ciwidey – Bandung, jadi sudah pasti lokasinya sangat nyaman, suhu udaranya sejuk, pas banget sebagai tempat refresing. Berbagai  fasilitas tersedia mulai dari Area Parkir, Toilet, Restoran, Toko Souvenir, Taman Hijau, Lapangan Hijau, hingga Toko Kelinci.

27. Pemandian Air Panas Cimanggu

Bila sebelumnya sudah kami informasikan wisata pemandian yang menyegarkan seperti Sedang Geulis Kahuripan, kini giliran Pemandian Cimanggu yang menghangatkan. Wisata yang berada di Jalan Raya Rancabali ini merupakan tempat berendam yang asyik banget sob. Berada di kawasan lereng Gunung Ciwidey, sehingga airnya mengandung belerang yang dianggap berkhasiat untuk membersihkan kulit dan juga mengobati penyakit kulit.

pemandian air panas cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu

Kawasan Cimanggu ini ada banyak tempat Penginapan, jadi bila kamu berniat untuk bermalam di sana, maka tidak perlu khawatir. Suhu udara yang dingin tentu sangat nyaman berendam di Pemandian Air Panas Cimanggu ini.

28. Ranca Upas

Ranca Upas juga merupakan obyek wisata terbuka yang sangat pas sebagai tempat refreshing dan camping. Wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan, serta berada di kawasan dataran tinggi membuat suhu udara sangat dingin, apalagi saat malam hari. Tentu sensasinya luar biasa bila kamu camping di sana sob.

ranca upas
Ranca Upas

Di wisata Ranca Upas kamu tidak hanya bisa menikmati suguhan alam yang luar biasa, tetapi juga tersedia kolam renang dengan Waterboom yang siap membuat liburan kamu semakin seru dan menyenangkan.

29. Situ Patenggang

Ini juga merupakan wisata alam pegunungan yang menawarkan suasana alami dan nyaman. Berada di ketinggian 1600 mdpl membuat suhu udara di sana benar-benar sejuk, serta pemandangan alam yang indah menjadi suguhan utama. Di sana lokasinya dikelilingi tebing-tebing dan perbukitan yang menawan dengan hijaunya pepohonan.

situ patenggang
Situ Patenggang

Banyak kebun teh yang bisa kami lihat di sana, hijaunya kawasan perkebunan teh sangat menyegarkan mata. Bila kamu ingin menginap, maka ada juga kok Pondokan yang disediakan bagi pengunjung untuk bermalam.

30. Gunung Puntang

Bandung memang memiliki obyek wisata alam yang sangat banyak, salah satunya yang bisa kamu jadikan untuk berpetualang adalah Gunung Puntang. Bila kamu gemar melakukan hiking maupun trekking, maka Gunung Puntang ini bisa menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, panorama alam yang menakjubkan tersaji di sana. Di sana suasananya masih sangat alami, dan ada beberapa bangunan tua bekas peninggalan pada zaman penjajahan Belanda.

gunung puntang
Gunung Puntang

Gunung Puntang ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para pecinta alam. Camping di kawasan Gunung Puntang bisa menambah keseruanmu dalam menikmati liburan di alam terbuka.

31. Bukit Moko

bukit moko
Bukit Moko Bandung

Bukit Moko sekarang ini sudah menjadi obyek wisata yang kelas banget sob. Wisata bukit dengan ketinggian sekitar 1500 mdpl menjadikannya sebagai tempat wisata yang asyik. Suhu udara yang dingin menjadi sensasi tersendiri. Lokasinya juga tak terlalu jauh dari wisata Tebing Keraton, dan Bukit Moko ini menjadi tujuan kalangan muda untuk nongkrong dan berlibur menghilangkan rasa penat.

Di kawasan Bukit Moko ini terdapat banyak sekali Pohon Pinus yang rindang dan tinggi menjulang. Ini sangat bagus sekali sebagai background untu selfie kamu sob. Adapun suguhan utama dari Bukit Moko ini adalah dari ketinggian kamu dapat melihat panorama Kota Bandung yang sangat mempesona. Apalagi ketika malam hari, nampak kerlap-kerlip lampu Kota, sehingga menjadi pemandangan malam yang sangat eksotis.

Di sana kamu bisa nongkong dan ngopi bersama teman-teman, tersedia banyak kedai kopi di sepanjang jalan di kawasan Bukit Moko ini. Kini Bukit Moko menjadi tempat liburan dan juga tempat nongkrong yang istimewa banget sob. Buat kamu yang penasaran, coba deh dikunjungi.

32. Dago Pakar

Di wisata Dago Pakar ini kamu dapat menikmati sisi lain dari kawasan hutan belantara di Bandung. Sensasi dinginnya udara beserta pemandangan alam yang indah dan alami itu sudah pasti tersaji di sana. Selain itu, kamu juga dapat trekking dan menemukan Goa Jepang dan Goa Belanda yang sudah ada sejak lama.

dago pakar
Dago Pakar

Serta adanya Air Terjun Maribaya menjadikan petualanganmu semakin seru dan menantang untuk bisa sampai ke sana. Rute perjalanan yang ditempuh cukup menantang, berkelok dan menanjak. Ini tentu sangat seru sekali bagi para petualang.

33. Kebun Teh Sukawana

Di Bandung tidak hanya ada Kebun Teh Rancabali, tetapi juga masih ada banyak yang lainnya, salah satunya yaitu Kebun Teh Sukawana. Kebun Teh ini berada di kawasan Lembang, tak jauh dari wisata Curug Bidadari, dan juga Curug Bugbrug.

kebun teh sukawana
Kebun Teh Sukawana

Perkebunan Teh memang selalu menjadi obyek wisata yang nyaman sob, karena suasana yang tenang dan dipenuhi dengan panorama Kebun Teh yang hijau, begitu menyegarkan mata. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan membuat nyaman untuk bersantai dan berlama-lama di sana.

Meski Kebun Teh Sukawana ini tak sebesar Kebun Teh Ciwalini dan Kebun Teh Rancabali, namun sensasi keindahannya tak jauh berbeda sob. Bila pagi hari, sangat pas banget kawasan Kebun Teh ini dipakai untuk jalan-jalan dan menghirup udara segar sembari memandangi pemandangan kebun teh yang rapi dan indah.

34. Glamping Lakeside Rancabali

Ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Bandung, tepatnya berlokasi di Rancabali. Sebenarnya ini adalah Restoran berbentuk perahu di samping danau, sehingga sesuai namanya “Lake Side”. Restoran perahu ini menjadi spot yang unik dan keren banget untuk berfoto-foto.

glamping lakeside rancabali
Glamping Lakeside Rancabali

Selain itu, di tengah danau juga tersedia jembatan penghubung. Pengunjung juga bisa menjadikan jembatan tersebut sebagai spot foto yang keren banget dengan background danau yang nampak bersih dan indah. Inilah yang menjadikan tempat ini tidak sekedar rumah makan, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menarik, kece, dan kekinian.

35. Curug Tilu Leuwi Opat

Bila kamu berkeinginan untuk melakukan trekking, maka ada destinasi yang tepat, yaitu Curug Tilu Leuwi Opat. Lokasinya tak jauh kok dari Lembang, tepatnya di kawasan Parongpong. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki Curug-curug pada umumnya.

curug tilu leuwi opat
Curug Tilu Leuwi Opat

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini menyuguhkan keindahan air terjun dan juga sungai. Selain itu, kamu juga bisa camping dan outbond di sana sob. Serunya kegiatan outbond di sana dengan berbagai fasilitas menarik seperti : Flaying Fox, Body Rafting, High Rope, dan lain sebagainya.

Air terjunnya cukup tinggi, yakni sekitar lebih dari tiga meter dengan arus puasaran yang kencang dan berbahaya, jadi kamu harus berhati-hati. Suhu udara yang sejuk dan juga kondisi air yang dingin. Kamu bisa berbasah-basahan sepuasnya di sana, tentu ini membuat sensasi liburan kamu semakin asyik.

36. Situ Cisanti

situ cisanti
Situ Cisanti

Ini merupakan sebuah danau kecil, tetapi memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Meski namanya tak setenar Situ Patenggang dan Situ Cileunca, namun tempatnya tak kalah indah. Situ Cisanti ini merupakan hulu dari sungai Citarum.

Yang menjadikan Situ Cisanti ini begitu istimewa adalah dikelilingi oleh gunung-gunung, seperti: Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan lain-lain, sehingga nampak begitu menakjubkan. Lokasi wisata ini juga jaraknya tak terlalu jauh kok dari kawasan Kebun Teh Pangelangan.

Saat ini Situ Cisanti dikenal menjadi kawasan wisata yang menjadi destinasi liburan bagi wisatawan, terutama bagi warga Bandung. Pemandangan alam sekitar danau sangatlah menawan, tentu ini menjadi spot yang instagenic untuk selfie kamu sob.

37. Situ Cileunca

Kini giliran Situ Cileunca yang menjadi salah satu referensi wisata buat kamu yang belum pernah ke sana.Pada dasarnya Situ Cileunca ini adalah kawasan danau seluas 1400 hektar, namun pemandangan alamnya juga dilengkapi dengan Kebun Stroberi dan juga banyak pepohonan yang rindang menghiasi kawasan ini, sehingga kini Situ Cileunca menjadi obyek wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Bandung, terutama Bandung Selatan.

situ cileunca
Situ Cileunca

Jadi, kamu di sana juga bisa melihat panorama Kebun Buah Stroberi dan Arbei. Kamu bisa memetik dan membawanya pulang, namun harus membayar biaya yang ditentukan. Setiap satu kilo buah Stroberi dikenai biaya sekitar Rp.25.000 hingga Rp.30.000.

38. Gedung Sate

Bagi kamu yang hobi berburu tempat bernuansa religi dan mistis, maka tempat ini bisa menjadi destinasi yang asyik. Gedung Sate Bandung ini merupakan bangunan tua yang dibangun sejak tahun 1920 dengan ciri khas berupa Ornamen seperti tusuk sate di bagian atas atapnya. Hingga saat ini bangunan Gedung Sate masih menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat, sehingga kepopulerannya tidak hanya di kalangan warga Bandung saja, tetapi sudah mencakup sebagian besar masyarakat di Jawa Barat.

gedung sate
Gedung Sate

Desain Arsitekturnya bergaya Italia pada zaman dahulu, menyimpan mistis tersendiri. Apalagi katanya terdapat lorong bawah tanah yang bisa menghubungkan beberapa tempat di Kota Bandung. Bangunan bersejarah ini dulunya diarsiteki oleh Ir. J. Berge dari Lends Gevouewdienst. Bangunan ini dibangun dengan rentang waktu yang cukup lama, yakni sekitar empat tahun.

Gedung Sate yang bersejarah dan menyimpan misteri ini bisa menjadi destinasi menarik buat kamu yang hobi berkunjung ke tempat-tempat bersejarah. Di sana kamu dapat mengenal lebih jauh tentang bangunan ini, dan dapat melihat secara langsung arsitektur bangunan yang uni.

39. Bandung Indah Waterpark

Buat kamu yang hobi bermain air, maka wisata pemandian atau waterpark bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburanmu sob. Bandung Indah Waterpark ini menjadi tempat renang dn bermain air yang sangat seru sob, pasalnya beragam wahana air tersedia di sana.

bandung indah waterpark
Bandung Indah Waterpark

Wahana air yang cukup lengkap menjadikan liburanmu semakin puas. Beberapa wahana air yang ada di sana mulai dari Kolam Renang, Air Seluncur, Hingga Pipa Melingkar yang Menyemburkan air deras. Ada kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, tentunya sebagai pilihan bagi anak-anak dan juga dewasa.

Bandung Indah Waterpark ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bagi keluarga. Terutama buat orang tua yang ingin menyenangkan anak-anaknya. Anak-anak bisa bermain air sepuasnya di sana, tentu akan menjadi moment yang sangat menyenangkan.

40. Arung Jeram Sungai Cisangkuy

Sungai Cisangkuy berada di kawasan Pagelangan, sungai ingin mengalir cukup deras melewati diantara dua lembah, yakni Gunung Puntang dan juga Gunung Patuha. Aliran sungai inii berasal dari Situ Cileunca, Sungai dengan luas 4 meter ini sangat pas sekali sebagai spot arung jeram, buat kamu yang hobi arung jeram bisa mencobanya.

arung jeram cisangkuy
Arung Jeram Sungai Cisangkuy

Alur lintasan Arung Jeram di Sungai Cisangkuy ini lumayan jauh loh, yakni sekitar 5 Km atau menghabiskan waktu skeitar 1 jam. Pasti seru sekali mencoba permainan yang dapat memicu adrenalin seperti ini, apalagi buat kamu yang sudah berpengalaman, pasti sangat menyenangkan.

41. Dago Dream Park

dago dream park lembang
Dago Dream Park Lembang

Ini dia salah satu wisata baru yang populer banget di Bandung setelah The Lodge Maribaya, namanya adalah Dago Dream Park. Berlokasi di Lembang dengan konsep yang tak jauh berbeda dengan The Lodge Maribaya. Dago Dream Park menjadi salah satu wisata yang direkomendasikan untuk libuan kamu dan keluaga sob. Karena wisata ini juga sangat cocok dikujungi semua kalangan, tidak hanya anak-anak dan dewasa saja, tetapi juga cocok buat orang tua.

Di wisata Dago Dream Park ini menyediakan kendaraan khusus berupa Bus yang siap mengangkut dan megajak berkeliling siapa saja secara gratis di wisata Dago Dream Park ini, terutama bagi orang tua yang merasa capek dan tidak kuat untuk berkeliling dengan berjalan kaki.

Dago Dream Park menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, hijau dan alami menjadi ciri khasnya. Berpadu dengan Factory Outlet dan Cafe & Resto yang cocok banget sebagai tempa belanja dan kuliner untuk wanita dan ibu-ibu. Selain itu, tersedia wahana permainan yang seru bisa kamu nikmati di sana.

Beragam permainan dan spot foto yang keren bisa kamu coba, mulai dari Permadani Terbang, SkyBike, Lost and Paradise, Archery, Anti Gravity, Berkuda, dan masih banyak yang lainnya. Permadani Terbang mejadi permainan sekaligus spot foto terbaru yang paling favorit di sana. Kamu bisa merasakan sensasi keseruannya berada di atas Permadani, seakan-akan sedang melayang di atas udara. Tentunya ini menjadi spot foto yang cakep banget untuk selfie kamu sob. Hijaunya pepohonan yang rindang berpadu dengan birunya langit menjadi latar belakang yang keren banget untuk berselfie.

42. Saung Wargi Lembang

Mancing ikan menjadi salah satu hobi yang sangat asyik banget, karena tidak sekedar mendapatkan ikan, tetapi sensasi tersendiri ketika berhasil mendapatkan ikan. Selain itu, memancing juga menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menghilangkan stress.

saung wargi
Saung Wargi Lembang

Tempat pemancingan satu ini cocok banget buat kamu yang hobi mancing ikan, yaitu bernama Saung Wargi. Di kawasan pemancingan ini kamu bisa memancing ikan dengan nyaman. Pasalnya, suasana alam yang nyaman begitu terasa di sana. Suhu udara cukup segar, pemandangan alamnya juga memanjakan mata.

Saung Wargi ini juga masih berada di kawasan Lembang. Di sana tersedia saung-saung kayu khas perdesaan sebagai spot untuk memancing. Selain Arena Pemancingan, di sana juga kamu bisa menikmati olahan kuliner khas daerah Jawa Barat sob.

43. Taman Hutan Jaya Giri

Taman Hutan Jaya Giri ini merupakan salah satu wisata dengan tema alam hutan yang hijau, rindang, dan alami. Berada di Lembang dengan kawasan huta seluas 10 hektar. Wisata ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1450 mdpl, tentunya suasana yang asri dan sejuk menjadi ciri khasnya.

taman hutan jaya giri
Taman Hutan Jaya Giri

Wisata hutan ini menyimpak anekha jenis pohon yang tinggi dan rindang, mulai dari Pohon Pinus, Pohon, Cemara, dan lain-lain. Tempat ini bisa menjadi tujuan petualanganmu sob, melintasi kawasan perbukitan dan hutan tentu menjadi suatu yang sangat seru dan menantang. Keindahan alam sekitar menjadi panorama yang menyegarkan mata.

Kondisi wisata Taman Hutan Jaya Giri ini masih terjaga kebersihan dan kealamiannya. Buat kamu yang ingin kegiatan Hiking, maka tempat ini bisa menjadi salah satu daftar referensi buat kamu sob.

44. Curug Layung

Berpetualang mengunjungi alam pegunugan dengan segala keindahannya menjadi kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Salah satu lokasi wisata yang menjadi destinasi adalah curug atau air terjun. Nah, di Bandung Barat ada wisata air terjun yang bernama Curug Layung. Sebelumnya, Curug Leuwi Opat juga sudah kami sertakan informasinya, dan kini giliran Curug Layung yang masuk dalam daftar referensi tempat wisata cakep di Bandung.

curug layung
Curug Layung

Curug Layung berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.400 mdpl. Sehingga suhu udara di sana sangatlah sejuk dan menyegarkan. Untuk menghilangkan rasa penat, maka berpetualang mengunjungi Curug Layung bisa menjadi pilihan yang asyik.

Dari ketinggian, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Nampak juga kawasan Perkebunan Teh Sukawana. Pengunjung juga boleh berkemah di kawasan tersebut. Bila kamu tertarik untuk berlibur menikmati indahnya Curug Layung, maka mengajak teman-teman menjadi lebih seru dan berkesan.

45. Taman Lansia

Taman Lansia ini merupakan salah satu taman wisata yang lokasinya berada di sebelah kanan Gedung Sate. Taman Lansia atau singkatan dari Taman Lanjut Usia ini bukan berarti wisata khusus untuk Lansia. Justru wisatawan yang mengunjungi wisata ini adalah dari semua kalangan, baik kalangan muda maupun keluarga besar yang berlibur di sana.

taman lansia
Taman Lansia

Wisata Taman Lansia ini menyajikan pemandangan taman yang cantik, terdapat beraneka macam rerumputan hijau yang cantik dan memanjakan mata. Selain itu, suhu udaranya segar, terutama saat pagi hari. Tentunya sangat pas sekali sebagai lokasi untuk jalan-jalan, olahraga, jogging, dan lain sebagainya.

Di sekitar lokasi juga tersedia cafe yang menyediakan aneka masakan kuliner yang lezat khas Jawa Barat. Jadi, kamu bisa bersantai sembari menikmati hidangan di sana. Selain melihat panorama taman yang cakep, di sana juga ada jasa penyewaan Kuda, jadi kamu bisa mencoba naik kuda mengelilingi area sekitar taman ini sesuai rute yang ditentukan.

46. Makam Pahlawan Cikutra

makam pahlawan cikutra
Makam Pahlawan Cikutra

Bila kamu sudah berkeliling Kota Bandung, coba deh menyempatkan diri untuk mampir di kawasan Makan Pahlawan. Ini menjadi salah satu lokasi wisata sejarah yang bisa membuat kamu tahu banyak tentang nama-nama tokoh Pahlawan yang pernah membela dan memperjuangkan negara Indonesia dari penjajahan.

Makam Pahlawan Cikutra ini cukup populer di kalangan wisatawan, terutama bagi warga Jawa Barat. Di makam ini terdapat dua tugu yang kokok yang menjadi ikon tempat ini. Untuk bisa masuk kawasan Makam Pahlawan ini kamu cukup mengisi Buku Tamu yang disesiakan oleh petugas.

Makam Pahlawan Cikutra ini dibangun sejak tahun 1958. Meskipun umurnya lumayan tua namun hingga saat ini kondisi makam ini masih sangat baik. Setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan yang ingin tahu banyak hal mengenai makam para Pahlawan di sana.

47. Curug Penganten

Wisata air terjun memang selalu menjadi tempat yang asyik untuk refreshing dan merileksasikan diri. Suasana yang nyaman berada di kawasan pegunungan, apalagi dengan banyaknya pepohonan hijau yang rindang, serta suhu udara yang dingin. Ini menjadikan suasana benar-benar asri dan nyaman berlama-lama di sana.

curug penganten
Curug Penganten

Dari berbagai macam air terjun di Bandung, salah satu wisata air terjun yang bagus dan patut untuk dikunjungi adalah Curug Penganten. Curug ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang indah, tetapi juga dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki mitos atau cerita legenda.

Curug Penganten ini terdiri dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Wisata ini berada di ketinggian mencapai 1050 mdpl, dinginnya udara menambah sensasi liburanmu semakin asyik sob. ir terjunnya mengalis sangat deras, ini menjadi suasana keseruan tersendiri, apalagi bila kamu mencoba berbasah-basahan di sana, pasti sangat menyegarkan. Lelahnya perjalanan menuju ke lokasi akan hilang dengan cepat setelah melihat pemandangan air terjun yang menawan sekaligus mandi dengan air yang berasal dari pegunungan asli.

48. Curug Maribaya

Wisata air terjun satu ini masih berada di kawasan Lembang. Bila kamu berada di Lembang, coba deh menyempatkan diri untuk mengunjungi Curug Maribaya. Pesona alam air terjun yang luar biasa, menjadikan liburanmu semakin berkesan. Kamu bisa menikmati sensasi segarnya bermain air pegunungan asli, dan kamu dapat berfoto dengan background ar terjun Maribaya yang menawan.

curug maribaya
Curug Maribaya

Sangat asyik sekali bila kamu menghabiskan liburan di wisata Curug Maribaya. Di sana juga tersedia kolam air panas yang mengandung mineral, dan ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit bila berendam di sana. Mungkin kamu penasaran, coba deh menggunjungi wisata satu ini.

49. Arung Jeram Sungai Citarum

Salah satu sungai terbesar yang ada di jawa Barat adalah sungai Citarum, sungai tersebut tidak hanya digunakan untuk mengairi rumah warga saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata. Arusnya cocok untuk digunakan berwisata air dan adventure misalnya arung jeram. Untuk dapat melakukan rafting di Arung Jeram Sungai Citarum, anda bisa mengunjungi wisata rafting di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan umurnya pun sudah cukup tua sejak tahun 1990-an, meskipun begitu, pengelolaan tempat wisatanya selalu mengalami pembaharuan dan dikelola dengan baik.

arung jeram sungai citarum
Arung Jeram Sungai Citarum

Jika anda berasal dari Jakarta, anda bisa menggunakan rute Tol Cipularang, kemudian ke Cipatat melalui Tol Padalarang, banyak sekali para penyedia paket wisata rafting sungai citarum tersebut, lebih baik sebelum anda datang ke tempat wisata nya, booking terlebih dahulu pada provider wisata nya. Untuk dapat melakukan wisata air yang memacu adrenalin ini, anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,- per orang nya sudah termasuk asuransi, peralatan, perlengkapan, tour wisata, pelampung, dan lain-lain.

Dengan melakukan rafting di Sungai Citarum ini, anda akan diajak untuk menyusuri sungai dengan jarak sekitar 7 km dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah musim kemarau, tapi jangan kemarau yang sangat kering ya, karena jika anda mengunjungi Arung Jeram Citarum pada saat musim hujan, dikhawatirkan sungai nya meluap dan warna air nya menjadi keruh.

Berwisata di Arung Jeram Sungai Citarum juga tidak semata-mata hanya mengarungi sungai saja lho, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai medan air yang menegangkan misalnya pusaran air (eddies), jeram seperti mendidih akibat batuan yang ada di dasar sungai (boil), ombak yang cukup besar (wave), dan lubang dasar sungai yang cukup menegangkan. Jadi, siap-siap saja pakaian anda akan basah. Jika dilihat dari berbagai medan yang akan dihadapi ketika melakukan rafting, memang cukup berbahaya, oleh karena itu sebaiknya ketika menghadapi medan-medan tersebut, para wisatawan tidak usah panik karena jika panik bisa menyebabkan perahunya terbalik lho!

50. Bandung Carnival Land

Mencari tempat wisata dengan tema taman bermain dengan wahana-wahana tertentu? Mau ke DUFAN tapi kejauhan? Tenang aja! Anda bisa mengunjungi Bandung Carnival Land. Bandung Carnival Land terletak di Jl. Sirna Galih No. 2 Cipedes, Sukajadi, Bandung. Tempat wisata yang satu ini bisa dikategorikan sebagai taman bermain yang mirip DUFAN di Jakarta dan JATIM PARK di Malang, namun Bandung Carnival Land atau disingkat BCL ini memiliki luas yang tidak terlalu besar, bisa juga disebut mirip dengan Batu Night Square di Malang. Tempat wisata yang berdiri sejak tahun 2011 ini cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga dewasa. Wahana nya pun cukup lengkap, terdapat wahana yang memang dikhususkan untuk anak-anak dan untuk dewasa.

bandung carnival land
Bandung Carnival Land

Beberapa wahana yang menarik di Bandung Carnival Land adalah rumah hantu, bom bom car, rumah kaca sepeda terbang, mobil gila, ulat gila, dan lain-lain. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 35.000,- hingga 45.0000,-, murah bukan? dengan biaya tiket tersebut anda bisa menikmati berbagai wahana tanpa harus membayar lagi untuk 2x bermain. Namun, jika anda merasa belum puas menikmati wahana-wahana yang ada di BCL, anda bisa membeli tiket per wahana dengan harga Rp 5.000,-. Pelayanan wisata di Bandung Carnival Land juga bisa diacungi jempol, para kru nya yang mudah senyum dan ramah membuat wisata anda menjadi lebih menyenangkan lho!

Seperti tempat wisata lainnya, banyak spot-spot menarik untuk berfoto di Bandung Carnival Land ini. Mengenai fasilitas, tidak usah khawatir karena pengelolaan Bandung Carnival Land tersebut sudah bisa dibilang sangat baik, dengan mudah anda bisa menemukan toilet umum, mushola, tempat makan, dan lain-lain. Destinasi wisata yang buka setiap hari pada pukul 11.00 – 19.00 (weekday) dan pukul 11.00 – 20.00 (weekend dan hari libur) ini selalu ramai pengunjungnya di akhir pekan dan hari libur, oleh karena itu disarankan untuk mengunjungi pada weekday jika ingin lebih sepi dan bisa menikmati wahana dengan bebas tanpa harus mengantri. Namun, sayangnya pada hari-hari biasa, Bandung Carnival Landa hanya buka hingga pukul 7 malam saja.

51. Bandung Science Center

bandung science center
Bandung Science Center

Siapa bilang berwisata itu hanya tentang foya-foya atau menikmati alam saja? mengunjungi Bandung Science Center juga tentu bisa disebut wisata yang lebih bermanfaat tentunya. Bandung Science Center adalah tempat edukasi science yang ada di Bandung namun dikemas sedemikian rupa menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Bermain sambil belajar di Bandung Science Center tentunya menjadi pilihan yang baik jika anda sedang merencanakan liburan khususnya dengan keluarga. Tempat wisata ini cocok untuk anda para orang tua yang ingin mengenalkan berbagai edukasi sains sebelum memulai pembelajaran sekolah.

Bandung Science Center terletak di Jl. Sinargalih No. 15 Gegerkalong, Sukasari, Bandung. Destinasi wisata ini kerap ramai dikunjungi ketika ada rombongan study tour atau mahasiswa yang mengunjungi tempat ini, tak heran jika tempat ini dirancang cukup besar, bahkan kapasitas ruangannya bisa mencapai 400 orang lebih. Adapun harga tiket masuk destinasi wisata ini hanya Rp 45.000,- per orang dan buka dari selasa hingga minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Setidaknya terdapat berbagai ruangan dengan tema sains berbeda yang bisa anda kunjungi di tempat ini, misalnya ruang bumi, perakitan, audio fisual, fisiologi, roboik, nirkabel, geologi, astronomi, dan lain-lain. Bahkan, beberapa ruangan pembelajaran tersebut dilengkapi dengan wahana menarik edukatif yang akan menarik perhatian kalangan anak-anak biasanya.

Bandung Science Center ini berbeda dengan museum, jika di museum pengunjung kebanyakan hanya melihat-lihat saja, berbeda dengan tempat wisata yang satu ini, akan banyak alat peraga yang bisa anda gunakan untuk mengetes teori-teori sains yang berlaku, tentunya hal tersebut akan membuat liburan menjadi tidak membosankan, bahkan anda juga bisa memanfaatkan fasilitas audio visual yang tersedia.

Meskipun sebuah tempat wisata edukasi, tidak berbeda dengan tempat wisata alam lainnya, destinasi wisata ini juga mempunyai spot-spot menarik untuk berfoto, fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap, dari mulai tempat paprkir, WC, hingga musholla juga bisa anda gunakan di Bandung Science Center ini. Sayangnya, tempat ini belum dilengkapi dengan lift, jadi anda masih harus menaiki tangga jika ingin naik ke lantai paling atas.

52. Bandung Tree Top Adventure Park

Jika bogor punya Wisata Puncak yang menjadi tempat wisata andalannya, Bandung juga mempunyai Kawasan Cikole dengan berbagai tempat wisata menarik di kawasannya. Salah satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di akhir pekan atau hari libur adalah Bandung Tree Top Adventure Park. Tempat wisata yang baru saja dibuat pada tahun 2010 ini mempunyai konsep outbond yang menyenangkan, apalagi dengan lingkungan alam nya yang berada di dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin dan sejuk.

tree top adventure park
Bandung Tree Top Adventure Park

Tempat wisata ini banyak menawarkan wahana-wahana outbond yang memacu adrenalin baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Karena merupakan tempat wisata yang berkaitan dengan outbond alam, tentunya pihak pengelola juga sangat memperhatikan keselamatan dan keamanan para pengunjungnya. Harga tiket untuk masuk ke Bandung Tree Top Adventure Park berkisar dari Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- bergantung dengan kategori umur dan waktu (weekday, weekend, atau hari libur), dengan harga tersebut anda bisa menikmati outbond dengan jangka waktu 150 menit, asuransi keselamatan, air mineral, peralatan, perlengkapan, dan lain-lain.

Ketika berwisata di Bandung Tree Top Adventure Park, dengan waktu sekitar 2,5 jam anda akan disuguhi dengan 88 tantangan dan 24 jenis flying fox. Pokoknya seru deh! Sebagai tips saja, tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh rombongan tour misalnya study tour, dan lain-lain. Tempat nya berada di Jl. Tangkuban Perahu KM 28, Cikole. Tempat wisata ini cukup dekat dengan tempat wisata lainnya di Cikole, misalnya Tangkuban Perahu, Hutan Pinus, Maribaya, dan lain-lain, anda juga akan mudah menemukan restoran-restoran di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini.

Uniknya lagi, kawasan wisata Bandung Tree Top yang mengusung konsep outbond ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang ramah lingkungan. Mengingat wisata outbond mungkin akan banyak merusak tanaman yang ada di sekitar lokasi, namun pengelola kawasan wisata ini memakai sistem kompresi yang nantinya akan melindungi pohon dari kerusakan. Tempat wisata ini juga ternyata terinspirasi dari wisata yang adai di Perancis dan merupakan salah satu bagian dari Treetop Adventure Park yang tersebar di Inggris, Italia, Swiss, Kanada, dan lain-lain.

53. Alun-Alun Kota Bandung

Bandung sering dijuluki sebagai kota yang romantis bagi beberapa orang, Bandung juga memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik nya dengan kota-kota lain. Salah satu hal yang menjadi keunikan kota Bandung terletak pada alun-alun nya. Alun-alun Kota Bandung mempunyai beberapa keunikan tertentu, hal tersebut membuat tempat nya kerap dijadikan sebagai tempat wisata beberapa wisatawan yang mengunjungi sang Paris Van Java ini.

alun alun kota bandung
Alun Alun Kota Bandung

Berbeda dengan jenis alun-alun lainnya di berbagai kota, alun-alun Kota Bandung yang letaknya dekat dengan Masji Agung, didesain sedemikian rupa dengan menggunakan rumput sintetis seperti di lapangan-lapangan fustal sehingga pengunjung diharuskan untuk melepas sandal atau sepatu dan menitipkan nya ke tempat penitipan barang. Permukaan dari rumput sintetis ini juga sangat empuk sehingga para pengunjung pun bisa langsung berbaring atau duduk di tempat ini. Meskipun didesain dengan rumput sintetis, pengelola alun-alun Kota Bandung ini sangat memperhatikan kebersihan rumput nya lho, akan banyak juga kotak-kotak sampah yang tersedia di pojokan-pojokan tempat ini, jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk pengunjung yang membuang sampah sembarangan!

Karena keunikan dari Alun-alun Bandung, tempat wisata ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto terbaik di Bandung. Tak sedikit orang para fotografer profesional maupun pemuka yang menjadikan Alun-alun Bandung sebagai spot foto. Tidak hanya itu, alun-alun Bandung juga dilengkapi dengan berbagai wahana untuk anak kecil, sehingga tidak usah khawatir si kecil akan bosan jika diajak ke Alun-alun Bandung.

Sebagai ikon kota Bandung, tentu saja destinasi ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur di Bandung, dengan mengunjungi Alun-alun ini juga anda tidak akan rugi kok! Letaknya yang berada di pusat kota tentu sangat menguntungkan, di sekitarnya banyak spot-spot wisata ikonik khas Bandung lainnya yang bisa anda kunjungi. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda tidak akan dikenakan biaya apapun, namun akan dikenakan biaya parkir jika anda membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebagai saran saja, sebaiknya mengunjungi di hari-hari biasa karena di hari libur atau akhir pekan biasanya kendaraan cukup padat dan menimbulkan kemacetan.

54. Bumi Sangkuriang Ciumbueluit

Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, ketika berlibur di Bandung, untuk akomodasi penginapan anda bisa mengunjungi Bumi Sangkuriang yang terletak di Ciumbueluit. Tempat akomodasi wisata ini semakin dikenal ketika artis ternama Raffi dan Nagita melangsungkan resepsi pernikahan di tempat ini. Lokasi nya yang terletak di dataran tinggi membuat udaranya sangat sejuk dan pas jika digunakan untuk acara-acara besar seperti resepsi, pesta, dan lain-lain. Disini juga anda akan disuguhi berbagai macam pohon-pohon yang membuat keadaan terlihat lebih alami dan tenang.

bumi sangkuriang ciumbuleuit
Bumi Sangkuriang Ciumbuleuit

Keunikan bangunan Bumi Sangkuriang terletak pada bangunan nya. Gedung yang terdapat di kawasan wisata Bumi Sangkuriang merupakan bangunan peninggalan budaya yang dilindungi dan berdiri sejak tahun 1957. Oleh karena itu, suasana retro dan modern akan anda rasakan ketika berkunjung ke tempat ini.

Tidak hanya untuk perjalanan akomodasi saja, Bumi Sangkuriang yang sekarang ini dibuka untuk umum juga memiliki fasilitas-fasilitas menarik, anda bisa mengunjungi restoran, fitness, berenang, bahkan hingga bermain tenis di tempat ini. Kawasan Bumi Sangkuriang Ciumbueluit ini mempunyai restoran dengan menu makanan dan minuman harga terjangkau dan lezat, tak heran jika setiap hari apalagi pada malam hari, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para anak muda bersama pasangannya. Menyantap makanan di restoran Bumi Sangkuriang tidak hanya menikmati makanannya saja, namun anda juga akan diajak untuk menikmati berbagai pemandangan alam yang asri.

Selain restoran, kolam renang yang ada di Bumi Sangkuriang juga disewakan untuk umum, anda bisa membayar tiket kolam renang seharga Rp 35.000,- per orang untuk durasi sepuasnya (tentu nya sampai tutup ya) Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata Bumi Sangkuriang Ciumbueluit adalah sore hari, ketika matahari sudah mulai terbenam, cuacanya akan sangat pas dengan pemandangan alam yang sangat indah. Bahkan, jika cuaca nya sedang cerah, anda juga bisa menikmati pemandangan sunrise lho dari Bumi Sangkuriang ini. Karena letaknya yang berada di pusat kota, tempat ini juga dekat dengan berbagai wisata lainnya di Kota Bandung.

55. Curug Anom Di Natural Hill Cisarua

Curug adalah sebuah sebutan untuk tempat wisata Air Terjun di Jawa Barat, salah satu curug terkenal di Kota Bandung adalah Curug Anom. Jika biasanya destinasi wisata tertuju pada pantai atau gunung, kini wisata alam berupa Air Terjun juga tidak ada salah nya kok! Curug Anom ini terletak di Bandung Barat, tepatnya di sekitar Cisarua. Meskipun curug ini belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan wisatawan, namun hal tersebut bukan berarti curug ini tidak memiliki daya tarik, mungkin karena letak dan medan untuk mengunjungi nya cukup jauh saja yang membuat curug ini tidak seperti tempat wisata di Bandung lainnya yang cukup ramai.

curug anom
Curug Anom

Curug Anom ini terletak di kawasan Natural Hilss, Cisarua. Curug ini juga menyimpan berbagai macam mitos yang berkembang di kalangan masyarakatnya. Percaya atau tidak, bagi orang-orang yang mengunjungi tempat ini, dipercaya akan segera mendapatkan jodoh lho! Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di Curug Anom, anda bisa berenang di kolam air hasil air terjun, berfoto dengan background air terjun yang menakjubka, merendam untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan, menikmati pemandangan, dan lain-lain.

Untuk dapat mengunjungi destinasi wisata ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk, anda akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan pribadi yang anda bawa baik roda empat maupun roda dua. Untuk fasilitas, untungnya fasilitas yang berada di tempat wisata ini cukup lengkap. Selain itu, akan sangat mudah juga jika anda mencari beberapa penginapan karena lokasinya yang terletak di kawasan Natural Hills dengan berbagai tempat wisata lainnya yang menarik.

Pemandangan alam di tempat ini msih terasa sekali, suara air terjun yang menenangkan ditambah lagi dengan kicauan burung bernyanyi tentu membuat hati terasa sangat sejuk. Sebagai tips saja, sebaiknya jika anda berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini, gunakanlah sandal yang tidak licin agar tidak terpeleset mengingat bebatuan-bebatuan di Curug Anom ini sangat licin sekali. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika ingin berenang.

56. Floating Market Lembang

floating market lembang
Floating Market Lembang

Salah satu tempat wisata yang hits di Bandung adalah Floating Market Lembang. Ya! Sesuai dengan namanya saja mungkin anda bisa membayangkan bagaimana konsep wisata nya, Floating Market Lembang adalah tempat wisata yang menggunakan konsep pasar terapung, terletak di Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. Wisata pasar terapung ini terinspirasi dari tempat wisata yang ada di Thailand.

Floating Market Lembang merupakan destinasi wisata kekinian yang selalu ramai pengunjungnya baik di hari biasa, akhir pekan, bahkan ketika tanggal merah liburan. Destinasi ini selalu menjadi sasaran para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, siap-siap saja untuk mengalami kemacetan jika anda mengunjungi tempat ini apalagi di akhir pekan akibat padatnya kendaraan yang melintas di jalur Lembang.

Untuk dapat masuk ke Floating Market Lembang, anda akan dikenakan biaya per orang nya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000,- dengan biaya parkir tertentu. Floating Market Lembang buka setiap hari hingga pukul 5 untuk weekdays dan hingga pukul 8 malam untuk weekend. Tidak hanya sebagai pasar terapung saja, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai wahana yang bisa digunakan oleh kalangan anak-anak maupun dewasa seperti taman kelinci, lokomotif mini, sampan, kano, paddle boat, dan lain-lain. Sayangnya, untuk dapat menikmati wahana-wahana tersebut, anda diharuskan untuk membayar tiket per wahana nya.

Banyak sekali spot foto menarik di Floating Market Lembang, misalnya area bebatuan yang sengaja disusun sedemikian rupa khusus untuk memperindah tampilan tempat wisata ini. Anda juga bisa berfoto dengan cantik di tepi danau. Tempat wisata outdoor ini menawarkan berbagai keindahan pemandangan alam yang ada di Bandung Barat, udara nya yang sejuk tentu membuat para pengunjungunya betah di tempat ini.

Jika anda lapar, anda juga bisa mengunjungi restoran atau wisata kuliner dengan nuansa danau dan sawah dengan makanan dan minuman lezat khas sunda. Fasilitas yang ada di Pasar Terapung Lembang ini juga sudah cukup lengkap, toilet nya bersih, musholla juga sudah tersedia dengan ukuran yang cukup leluasa.

57. Gua Pawon

Siapa bilang menjelajahi gua harus di wilayah pantai saja? anda bisa mengunjungi Gua Pawon di Bandung Barat misalnya. Gua Pawon merupakan gua alami sekaligus dengan situs purbakala yang di lindungi. Jadi, ketika anda mengunjungi Gua Pawon untuk berwisata, tidak hanya wisata alam saja yang akan dinikmati, anda juga bisa sekaligus berwisata sejarah di tempat ini. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka akan tantangan karena terdapat spot-spot menarik misalnya untuk memanjat tebing, memanjat bukit, dan lain-lain.

gua pawon
Gua Pawon

Gua Pawon ini merupakan gua yang sangat penting pada peradaban sejarah suku Sunda. Bahkan, seperti di Sangiran, di Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Gua Pawon ini pernah ditemukan manusia purba yang dipercaya sebagai nenek moyang suku Sunda. Gua Pawon yang terletak di kaki bukit Stone Garden juga bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur ke Bandung. Hanya dengan menaiki bukit beberapa meter saja anda akan bisa tiba di puncak bukit yang didominasi oleh batugamping yang sagat kokoh. Pemandangan terbaik kota Bandung juga disebut-sebut bisa terlihat dari atas bukit Gua Pawon ini.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Gua Pawon, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang dengan membayar parkir sesuai kendaraan yang anda gunakan. Dari tempat parkir, anda diharuskan masuk melewati jalan yang menanjak namun jalanannya cukup luas. Seperti Gua pada biasanya, anda akan menemukan banyak kelelawar yang tertidur di saing hari, anda juga akan menemukan ruanga yang khusus dibuat untuk melihat beberapa objek situs purbakalan, anda bisa melihat fosil tengkorak, dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di wisata Gua Pawon bisa disebut cukup lengkap meskipun tidak ada restoran-restoran besar seperti di tempat wisata mewah lainnya. Namun, terdapat warung-warung kecil yang bisa anda kunjungi ketika lapar mulai melanda. Mengingat medan jalan nya cukup berat, sebaiknya ketika akan mengunjungi tempat ini, anda dalam keadaan yang sehat dan sudah makan terlebih dahulu.

58. Istana Bandung Electronic Center

Sebagai Ibukota Jawa Barat, tak heran jika Bandung menjadi salah satu pusat perbelanjaan atau mall. Berbagai mall dengan jenis-jenis tertentu bisa anda kunjungi di Bandung, jika ingin mencari pakaian atau tas yang branded, anda bisa mengunjungi Varis Van Java, jika anda mencari mall dengan berbagai wahana bermain, anda bisa mengunjungi Trans Studio Mall, lalu bagaimana jika anda ingin mencari berbagai peralatan elektronik? Tentu anda bisa berkunjung ke Istana Bandung Electronic Center.

bandung electrtronic center
Istana Bandung Electronic Center

Bandung Electronic Center atau disingkat juga dengan BEC adalah mall ternama di Bandung yang menyediakan berbagai peralatan elektronik, dari mulai smartphone, laptop, playstation, dan perangkat elektronik lainnya akan anda temukan di BEC. Bandung Electronic Center terletak di Jl. Purnawarman No. 5 – 17. Letaknya berada di pusat kota dan dekat dengan factory outlet yang ada di kota Bandung. Karena berada di pusat kota, jangan heran jika lalu lintas cukup padat ketika akan mengunjungi tempat ini. Bahkan, terkadang pada weekend akan susah mendapatkan lahan parkir.

Biasanya, orang-orang datang ke BEC untuk membeli smartphone, tersedia banyak sekali toko resmi yang menjual berbagai macam smartphone dengan harga yang bersaing, anda juga bisa melakukan service smartphone di tempat ini. Namun, jika anda memang berniat untuk membeli elektronik, jangan lupa untuk selalu hati-hati ya, karena di mall besar pun masih sering ada penipuan lho! Seperti mall-mall pada biasanya, di BEC juga terdapat foodcourt yang bisa digunakan untuk mengobrol, nongkrong, dan untuk menyantap makanan.

BEC mempunyai luas yang cukup besar, bahkan mall ini disebut-sebut sebagai salah satu mall terbesar yang ada di kota Bandung. Selain ramai dikunjungi untuk membeli beberapa peralatan elektronik, di BEC juga terdapat bioskop CGV Blitz sehingga semakin ramai dikunjungi di akhir pekan, tak sedikit para mahasiswa atau kalangan remaja-dewasa yang menyempatkan diri untuk berkunjung berjalan-jalan di BEC. Beberapa wisatawan lokal atau mancanegara juga banyak kok yang mengunjungi mall ini sekedar untuk melihat-lihat atau mungkin sengaja karena ingin membeli suatu barang.

59. Karang Setra WaterLand

Berwisata di kota Bandung tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke salah satu tempat wisata air yang cukup terkenal yakni karang setra waterland. Wisata air ini berlokasi di Jln. Sirnagalih, No.15, gegerkalong, sukasari, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. dalam setiap harinya karang setra waterland tak pernah sepi dikunjungi anak-anak yang ingin berenang sambil bermain air, terutama pada hari libur tempat wisata air ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung.

karang setra waterland
Karang Setra Waterland

jika pada hari biasa lokasi ini selalu ramai dipadati oleh anak-anak sekolah, namun lain halnya disaat hari libur tiba, objek wisata ini ramai dipenuhi oleh para wisatawan yang membawa serta keluarga. Karang setra berdiri sejak tahun 1954 yang dulu diresmikan pertama kali oleh presiden Soekarno. Luas wilayah objek wisata air ini kurang lebih 6 hektar. Dulunya karang setra sering digunakan oleh para atlet untuk latihan berenang, namun seiring berjalannya waktu kini kolam renang karang setra dijadikan sebagai wisata air yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Saat berada di kawasan wisata air karang setra, anda akan disuguhi dengan berbagai jenis wahana air yang bisa dicoba seperti waterboom, kolam naga, aqua play, air terjun dan kolam pantai. Masing-masing wahana tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Contoh seperti kolam pantai, disana anda bisa merasakan sensasi sama persis seperti layaknya di bibir pantai dengan banyaknya pepohonan serta bentuk kolam yang landai. Di kolam pantai tersebut, anak-anak bisa bebas berenang dengan aman.

Selain kolam pantai ada pula kolam naga, dimana kita bisa merasakan sensasi meluncur dari perut naga dengan ukuran yang cukup besar, panjangnya kurang lebih sekitar 15 meter. Jika anda tak puas dengan menjajal kolam naga yang dirasa kurang cukup panjang, bisa mencoba waterboom yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 12 meter dan panjang 85 meter dan 86 meter. Nikmati suasana akhir pekan bersama sanak saudara dengan berekreasi di wisata air karang setra waterland.

60. Kawah Rengganis

Kawah rengganis menjadi salah satu lagi objek wisata Bandung yang wajib anda kunjungi bersama sahabat atau kerabat di akhir pekan, kawah rengganis cukup terkenal ditelinga masyarakat terlebih soal mitos yang berkembang soal objek wisata tersebut. kawah rengganis berlokasi di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Kawah rengganis terbentuk secara alamiah yang terdiri dari kawah kecil dan bebatuan. Eksotisme kawah rengganis semakin terlihat jelas tatkala mata memandang disekitar kawah dengan banyak pepohonan yang menjadi perindang objek wisata tersebut.

kawah rengganis
Kawah Rengganis

Di kawah renggais terdapat sebuah sungai yang memiliki air yang begitu jernih dan tercampur dengan air panas sehingga tak jarang lokasi ini sering digunakan untuk mandi oleh sebagian wisatawan, namun anda patut berhati-hati pasalnya dilokasi wisata ini akan tercium bau belerang yang cukup menyengat. Bagi anda yang belum terbiasa, mungkin akan sedikit merasakan pusing dan sakit kepala. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya gunakan masker supaya bau belerang tak begitu terasa tercium.

Saat memasuki lokasi kawah rengganis, anda akan disuguhkan dengan banyaknya spot menarik yang bisa di abadikan dengan kamera pribadi seperti geyser yang menyemburkan air sehingga menimbulkan uap panas yang biasa digunakan untuk sauna. Di kawah ini, anda juga bisa menemukan lumpur hitam, banyak yang percaya bahwa lumpur hitam ini sangat bagus untuk dijadikan masker guna mempercantik dan mengencangkan kulit.

Untuk menuju ke lokasi kawah, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun saat anda telah sampai di pos tiket, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua karena medan jalan menuju ke kawah cukup sulit jika dilalui dengan kendaraan roda empat. Namun jika anda terlanjur menggunakan mobil, bisa menyewa jasa ojek yang telah disediakan disekitar kawasan objek wisata kawah rengganis. Adapun fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup lengkap seperti mushola, tempat parkir, warung makan dan minum dan toilet. Untuk memasuki kawasan objek wisata kawah rengganis anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.5000/orang.

61. Kebun Begonia Lembang

kebun begonia lembang
Kebun Begonia Lembang

Kota Bandung terkenal dengan julukan kota sejuta bunga, karna memang terdapat berbagai jenis bunga di kawasan Bandung, maka tak heran jika berbagai jenis bunga dari salam dan luar negeri bisa anda temukan disini. salah satu objek wisata terkenal yang memiliki banyak jenis bunga didalamnya adalah Kebun begonia lembang yang berlokasi di Jln. Raya Maribaya No.120 A, langensari, lembang, Bandung, Jawa Barat. Banyak pengunjung yang datang dari kawasan bandung maupun dari luar bandung hanya untuk melihat keindahan kebun begonia yang cukup terkenal. Banyak yang memberikan julukan kebun tersebut sebagai surga bunga bumi parahyangan.

Kebun bunga ini berlokasi di sebuah dataran tinggi lembang, di taman bunga ini terdapat satu jenis bunga yang menjadi primadona yakni bunga balinea. Bunga balinea sendiri berasal dari bali yang memiliki bentuk yang cukup unik nan cantik. Jenis bunga balinea ini sangat cocok hidup di dataran tinggi seperti di kawasan lembang. Bunga balinea juga terbilang cukup mudah dalam hal perawatan, meskipun musim penghujan maupun musim panas, bunga tersebut tetap tumbuh dengan baik.

Kawasan taman bunga ini sengaja dibuat untuk melestarikan habitat bunga-bunga yang bisa saja punah seperti bunga salvia, melampodium, celosia, geranium, impatiens dan lain sebagainya. Setiap hari kawasan wisata ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman bunga begonia. Bagi para pecinta selfie, lokasi ini juga memiliki banyak spot foto yang cantik dan unik. Anda bisa puas berfoto dengan latar taman bunga yang cantik.

Kebun bunga begonia sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga pada hari libur, selain berwisata alam tentu anda juga dapat mengenalkan kepada putra putri anda mengenai jenis-jenis bunga yang terdapat di taman tersebut. hal itu tentu menjadi sebuah pembelajaran yang cukup efektif untuk anak-anak. Tak hanya jenis bunga dari dalam negeri saja yang bisa anda temukan di kebun ini, tetapi banyak pula jenis bunga yang berasal dari luar negeri. Di kebun bunga begonia juga memiliki banyak fasilitas yang bisa anda gunakan seperti cafe, kebun sayur, toilet dan mushola.

62. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung merupakan sebuah masjid yang menjadi kebanggaan warga Bandung, dulunya masjid ini lebih dikenal dengan masjid agung, namun seiring waktu berlalu masjid ini berubah nama menjadi masjid raya. Masjid raya berlokasi di sebelah alun-alun bandung, jln. Asia afrika, Bandung, Jawa Barat. Masjid ini berdiri pada tahun 1810, dan sejak berdirinya hingga hari ini sudah 8 kali mengalami perubahan. Saat ini masjid raya bandung tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah umat muslim saja, namun juga dijadikan sebagai salah satu daya tarik para wisatawan yang cukup menarik.

masjid raya bandung
Masjid Raya Bandung

Masjid raya bandung memiliki corak bangunan bergaya arab yang cukup kental, meskipun pada awal pembangunannya mengusung konsep khas sunda. Masjid raya bandung memiliki luas tanah sekitar 23.448meter persegi dan mampu menampung kurang lebih sekitar 12 ribu hingga 14 ribu jamaah, pada bangunan masjid juga terdapat 3 buah kubah dan 2 menara setinggi 81 meter. Pada hari sabtu dan minggu, menara tersebut sering kali dibuka untuk dikunjungi masyarakat umum.

Masjid raya bandung selain difungsikan untuk beribadah juga dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan. Banyak masyarakat yang menggunakan masjid raya bandung untuk menyelanggarakan pesta pernikahan yang cukup meriah, pasalnya kawasan masjid raya bandung cukup luas sehingga mampu memuat banyak pengunjung. jika dilihat dari sisi interior dan ekstreriornya, masjid raya memang memiliki keunikan tersendiri. Hampir setiap hari masjid raya bandung tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat kemegahan bangunan masjid sembari menunaikan ibadah di masjid tersebut.

Masjid raya bandung juga telah dilengkapi dengan akses wifi yang bisa anda gunakan untuk berinternetan sepuasnya sembari menikmati pesona bangunan masjid yang cukup megah, untuk bisa memasuki menara masjid raya, anda hanya akan dikenakan infak sebesar Rp.5000/orang. Jika anda berniat untuk naik keatas menara masjid, ada peraturan yang harus ditaati yakni berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Jangan buang waktu anda menunggu hingga malam tiba untuk bisa naik ke atas menara karena hanya akan dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.

63. Paralayang Bukit Toga

Suka dengan olahraga yang memacu andrenalin, anda bisa mencoba olahraga paralayang di bukit toga yang berlokasi di kecamatan sumedang selatan, sukaraja, seumedang selatan, Jawa Barat. Kabupaten sumedang memang terkenal memiliki banyak potensi wisata yang patut diperhitungkan salah satunya paralayang di bukit toga ini. lokasi paralayang yang tak jauh dari pusat kota memudahkan para pengunjung untuk datang ke bukit toga. Bukit toga yang berada di ketinggian 800 meter dari permukaan air laut sering digunakan oleh para pecinta gantole untuk berlatih guna menambah jam terbang.

paralayang bukit toga
Paralayang Bukit Toga

Bukit toga juga sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik di sumedang, pasalnya keindahan alam dari bukit ini memang sangat mempesona, tak heran jika banyak wisatawan datang dari sumedang atau dari luar sumedang hanya untuk sekedar menikmati panorama alam bukit toga tersebut. terutama pada saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang memboyong seluruh anggota keluarga untuk berwisata di bukit toga.

Para pecinta paralayang tentu tak akan melewatkan moment begitu saja saat lepas landas paralayang dari bukit toga, dari puncak gunung anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah serta kawasan perkotaan yang nampak berjajar sangat rapi. Dari bukit toga anda juga bisa melihat secara langsung waduk jatigede yang cukup luas. Dengan semakin meningkatnya antuasias masyarakat untuk berwisata dan berolahraga paralayan di bukit toga ini, pemerintah mengupayakan untuk membangun sarana dan prasarana yang lebih baik di lokasi paralayang tersebut.

Dengan penggalakan pembangunan sarana dan prasarana di kawasan bukit toga, diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi bukit toga. Selain dijadikan sebagai tempat olahraga paralayang, bukit toga juga digunakan sebagai arena bersepeda yang mengasyikkan. Selain itu ada pula kegiatan outbond yang sering diselenggarakan di kawasan tersebut. bagi para pecinta olah raga ekstreme, belum lengkap rasanya jika belum mencoba olahraga paralayang dibukit toga sembari menikmati panorama alam kota sumedang yang mempesona.

64. Paralayang Gunung Putri

Para pecinta olah raga ektreme wajib mencoba olahraga paralayang di gunung putri yang berlokasi di Desa Jayagiri, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Di kawasan ini anda bisa menikmati olahraga paralayang dengan ketinggian kurang lebih 1.555mdpl. Dengan mempergunakan parasut anda bisa terbang sembari menikmati keindahan alam yang luar biasa indah. Olahraga paralayang tentu tak bisa dilakukan secara sembarangan karena anda harus memiliki keahlian khusus untuk bisa menerbangkan parasut tersebut agar lebih maksimal.

paralayang gunung putri
Paralayang Gunung Putri

Bagi para pemula yang ingin mencoba olahraga paralayang harus mendapat arahan dari oleh para pemandu profesional yang telah memiliki jam terbang tinggi. Karena olehraga paralayang tak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Untuk teknik paralayang sendiri harus mengandalkan angin untuk bisa menerbangkan paralayang secara maksimal, namun bukan sembarangan angin yang bisa digunakan hanya jenis angir tertentu yang dapat menerbangkan paralayang dengan baik seperti angin dynamic lift atau biasa disebut dengan angin yang biasa menabrak lereng serta angin thermal lift atau angin yang biasa naik.

Sebelum melakukan paralayang di kawasan gunung putri ada baiknya anda menyiapkan beberapa perlengkapan demi keselamatan saat terbang nanti seperti: sepatu boots, baju terbang, harnes, parasut yang terdiri dari parasut utama dan parasut cadangan, peta lokasi terbang, GPS, sarung tangan dan HT. Dengan kelengkapan peralatan yang disediakan tentu dapat menimalisir kemungkinan buruk terjadi. Tak ada batasan usia untuk para pelaku paralayang baik muda maupun tua namun dengan syarat para penerbang harus memiliki catatan kesehatan yang cukup baik dan tak punya riwayat penyakit jantung maupun penyakit epilepsi sebelumnya.

Sebelum memulai olahraga ini tentu persiapan mental dan fisik harus diutamakan karena olahraga paralayang merupakan sebuah olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, nantinya anda akan membawa beban alat-alat yang telah anda siapkan sebelumnya kurang lebih sekitar 5 kilo hingga 10 kilogram. Tak perlu khawatir jika anda termasuk pemula yang sama sekali belum pernah melakukan olahraga paralayang sebelumnya karena nanti disana telah disediakan beberapa ahli profesional yang akan selalu siap membantu anda dalam menerbangkan parasut paralayang.

65. Pemandian Air Panas Ciater

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja, anda bisa mencoba berkunjung ke objek wisata pemandian air panas ciater yang berlokasi di Jln. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat. Sensasi berenang dan mandi di air panas menjadi pengalaman yag tak terlupakan, dengan berendam dan berenang di air panas ciater tentu badan menjadi kembali rileks dan segar. Setiap harinya objek wisata ini tak pernah sepi dkinjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun international. Banyak yang merasa penasaran dengan sensasi berendam di air panas alami ciater.

pemandian air panas ciater
Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ciater berada di lahan seluas 30 hektar sehingga mampu menampung kurang lebih 60 ribu wisatawan dalam setiap harinya. Ada beberapa kolam yang sengaja dibiarkan dalam keadaan alami agar para pengunjung bisa menikmati sensasi berendam air panas di alam terbuka. Banyak para wisatawan yang datang untuk membuktikan khasiat air panas ciater yang konon katanya cukup memiliki khasiat untuk kulit karena air disini mengandung belerang yang bisa mengobati segala jenis penyakit kulit.

Tak hanya tempat pemandiannya saja yang istimewa namun juga pemandangan disekeliling objek wisata ini pun cukup menarik, nuansa alam pegunungan yang begitu asri dan sejuk menambah kesan eksotis objek wisata ini. para pengunjug tentu betah berlama-lama berendam air oanas sembari menikmati panorama alam yang mempesona. Untuk menuju ke objek wisata alam ini rute yang harus anda lalui terbilang cukup mudah, begitu pun dengan akses jalan yang cukup bagus untuk dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Untuk menuju ke lokasi wisata pemandian air pans ciater anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, lokasi objek wisata yang cukup mudah dijangkau memungkinkan para pengunjung dengan mudah mencapai lokasi tersebut karena jarak pemandian air panas dengan kota bandung yang terbilang cukup dekat, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota bandung untuk menuju ke ciater. untuk masuk ke kawasan objek wisata ii anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.22.000/orang untuk area pemandian dan Rp.80.000/ orang untuk kolam air panas.

66. Perkebunan Teh Kertamanah

perkebunan teh kertamanah
Perkebunan Teh Kertamanah

Berwisata tak melulu harus ke tempat hiburan dan rekreasi, kini anda bisa berwisata di perkebunan teh kertamanah yang berlokasi di Margalumya, Pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Tak seperti kebun teh lainnya, disini anda bisa menikmati kesejukan udara yang masih bersih dan segar. Selain itu pemandangan disekitar perkebunan berwarna hijau nan mempesona mampu memanjakan setiap mata yang memandang. Tak jauh dari perkebunan teh, anda akan melihat kepulan asap putih yang membumbung tinggi ke udara, asap putih tersebut berasal dari pembangkit listrik geo thermal.

Biasanya asap tersebut akan muncul dipagi hari dan bisa anda saksikan secara langsung dari kota Bandung. Kebun teh kertamanah sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melepas penat dari rutinitas harian. Pemandangan alam yang cukup elok ditambah sejuknya udara yang menyelimuti sekitar perkebunan teh tentu menambah betah para pengunjung yang datang untuk berlama-lama berada di kawasan tersebut.

Kebun teh kertamanah juga sering digunakan untuk berbagai keperluan acara seperti syuting beberapa film dan foto pre wedding, dengan latar hamparan kebun teh nan hijau membuat hasil fotografi nampak begitu sempurna. Jika anda berkunjung ke lokasi kebun teh pada pagi hari, pemandangan yang elok bisa anda abadikan dengan menggunakan kamera. Untuk menuju kebun teh, akses jalan yang harus anda lalui pun cukup mudah.

Bila datang dari arah bandung anda bisa menuju ke pasar pengalengan kemudian ikuti jalan, jika telah sampai ke pertigaan jalan setelah pasar pengalengan silahkan ambil jalur kiri untuk masuk gerbang perkebunan kertamanah. Lokasi kebun teh berjarak kurang lebih sekitar 5 km dari gerbang perkebunan. Akses jalan yang rata bisa anda lalui dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bagi anda para pecinta fotografi, untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal anda bisa datang pada pagi hari karena pada saat itu pemandangan nan asri nampak jelas terlihat.

Tak jauh dari lokasi kebuh teh kertamanah terdapat pula kebun teh lain dan beberapa objek wisata yang wajib untuk anda kunjungi saat berada di kota Bandung.

67. Perkebunan Teh Malabar

Satu lagi objek wisata Bandung yang tak boleh anda lewatkan di akhir pekan nanti bersama keluarga yakni berkunjung ke kebun teh malabar yang berlokasi di Banjarsari, pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Kebun teh ini memiliki sejarah yang cukup panjang pasalnya di kawasan ini anda akan disuguhkan tak hanya perkebunan teh yang luas saja namun juga petilasan yang menjadi saksi sejarah berkembangnya kota Bandung. Peran yang cukup besar diberikan oleh seorang yang berasal dari Belanda bernama karel albert rudolf bossha yang membantu pemajuan kota Bandung pada masa kolonial.

perkebunan teh malabar
Perkebunan Teh Malabar

Saat berada di kawasan kebuh teh malabar anda bisa mengunjungi beberapa makam yang didesain seperti bangunan belanda dengan corak berwarna putih sehingga bangunan makam tersebut terkesan megah, tak nampak seperti layaknya makam pada umumnya. Kebun teh malabar berada persis di belakang makam belanda tersebut. Tak jauh dari lokasi terdapat hamparan pohon teh yang cukup rindang, teh-teh tersebut telah lama tidak di panen sehingga tumbuh semakin liar dan lebat.

Kebun teh malabar tak hanya menyimpan bukti sejarah yang terpendam namun juga keunikan bangunan yang memiliki arsitektur khas Belanda yang cukup kental terasa. Tak jauh dari kebun teh malabar terdapat rumah teh yang sering disebut rumah bosscha, untuk dapat masuk ke rumah tersebut setiap pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.5000/ orang. Jika masih tersedia tenaga yang cukup, anda bisa naik ke gunung nini untuk bisa menikmati hamparan kebun teh malabar yang terbentang luas. Untuk bisa naik ke puncak gunung akan memakan waktu kurang lebih sekitar 30 menit saja.

Namun jika malas mendaki gunung nini, anda bisa naik ke sebuah menara pandang yang tak jauh dari rumah bosscha. Di gardu pandang tersebut anda juga bisa melihat panorama kebun teh yang menyejukkan mata. Untuk bisa menikmati segala keindahan kebun teh malabar anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp.5000/orang. Objek wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi di akhir pekan bersama keluarga, namun jika anda ingin berfoto dan mendapatkan pemandangan yang indah silahkan datang saat pagi hari, karena pada saat pagi tiba panorama sekitar kebun teh terlihat cukup maksimal.

68. Curug Cinulang

Jawa barat, khususnya Bandung sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata bertemakan air terjun atau dikenal juga dengan sebutan curug. Bandung secara geologi merupakan suatu cekungan yang dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan di Jawa Barat. Sudah tidak heran jika tempat wisata yang mendominasi tempat ini adalah berbagai macam Curug. Salah satu Curug yang terkenal di Kabupaten Bandung adalah Curug Cinulang. Letaknya cukup jauh dari pusat Kota Bandung namun karena keindahannya, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang suka didatangi oleh kawula muda di akhir pekan, apalagi di musim liburan.

curug cinulang
Curug Cinulang

Curug Cinulang atau yang kerap disebut dengan Curug Sindulang ini berlokasi di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Terletak berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, tempat wisata ini tepatnya berada di wilayah bagian timur Kota Bandung, Jawa Barat dan termasuk dalam kawasan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Pemandangan dan sensasi alam air terjun Curug Cinulang selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang, wisatawan bisa melihat keindahan tebing-tebing yang menjulang tinggi yang sangat eksotis. Air terjun di tempat wisata ini mempunyai tinggi kurang lebih tiga puluh meter, tentunya dengan ketinggian tersebut, air terjunnya mampu menghasilkan suara yang menenangkan hati. Namun, karena alirannya cukup deras, para pengunjung tidak disarankan untuk berendam terlalu dekat dengan air terjunnya karena dikhawatirkan terkena jatuhan-jatuhan kikisan bebatuan yang dibawa dari atas.

Ya namanya juga air terjun, letaknya pun cukup terpencil, anda tidak bisa memarkirkan kendaraan saja kemudian masuk ke tempat ini, namun anda juga diharuskan untuk melakukan trakking singkat terlebih dahulu, itung-itung olahraga dulu lah sebelum menikmati keindahan pemandangan alam di Curug Cinulang ini.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata yang menyenangkan ini, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang nya. Sebaiknya juga anda menggunakan sandal atau sepatu yang tidak licin mengingat lokasi air terjun ini medan nya cukup licin. Selain itu, disarankan juga untuk anda membawa baju ganti dan makanan ringan karena ketika masuk curug nya, akan cukup sulit untuk menemukan beberapa warung makan.

69. Caringin Tilu

Tempat wisata di kawasan Bandung yang hits salah satunya adalah Caringin Tilu. Apa yang dimaksud dengan Caringin Tilu? Caringin Tilu adalah nama tempat wisata yang berkonsep alam pegunungan yang sangat indah. Destinasi wisata yang satu ini cocok sekali untuk anda yang ingin berlibur ke tempat-tempat yang sunyi, masih hijau, sejuk, dan alami belum dijamah oleh manusia. Lokasi destinasi wisata ini terletak di Jl. Padasuka Atas No. 41 Kampung Caringin Tilu, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Jadi anda sudah bisa menebak kan mengapa tempat ini disebut sebagai Caringin Tilu? Ya karena terletak di Kampung Caringin Tilu.

caringin tilu
Caringan Tilu

Caringin Tilu atau yang kerap disebut juga sebagai cartil tidak hanya terkenal dengan alamnya yang indah saja, namun di tempat ini juga dikenal dengan nama kampung pemasok sayuran di Kota Bandung. Karena tempatnya berada di kawasan pegunungan Manglayang, jangan heran jika tidak jauh dari tempat ini anda akan banyak menemukan berbagai tempat wisata hits lainnya seperti Saung Angklung Udjo, dan lain-lain.

Sebenarnya, jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Caringin diartikan sebagai pohon beringin dan tilu artinya angka tiga. Di tempat ini, anda akan menemukan pohon beringin yang berjumlah tiga pohon. Nama Caringin Tilu sendiri dinamai oleh Presiden RI Soekarno pada zaman awal kemerdekaan. Jika anda berwisata ke tempat ini, tidak perlu mengkhawatirkan mengenai fasilitas umum yang ada. Akan sangat mudah untuk menemukan warung-warung makan di destinasi wisata ini, ada musholla, toilet umum, tempat parkir, dan lain-lain.

Uniknya lagi, tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Palingan anda akan terkena biaya parkir saja jika membawa kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu terbaik untuk mengunjungi Caringin Tilu adalah ketika malam hari, karena letaknya yang berada di dataran tinggi, anda akan disuguhi dengan pemandangan alam city light Kota Bandung yang sangat indah dan romantis. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat-tempat para pasangan di malam minggu.

70. Stone Garden Geo Park

Stone Garden, mendengar namanya saja jika diartikan ke bahasa Indonesia, artinya adalah taman batu. Pastinya yang ada dibayangan kita adalah kumpulan-kumpulan batu yang ada dalam suatu lingkungan tertentu, makanya disebut dengan taman batu. Namun, tempat wisata yang satu ini berbeda lho dengan apa yang anda bayangkan mengenai batu. Batu disini bukan seperti batu kerikil yang tak beraturan tidak jelas. Stone Garden ini memiliki bentuk batuan yang sangat unik dan khas. Bahkan, tidak hanya batuan saja, anda juga bisa melihat berbagai fossil yang terbatukan sempurna pada batugamping tersebut.

stone garden geo park
Stone Garden Geo Park

Stone Garden bahkan sudah termasuk kedalam Geo Park atau taman geologi dan dilindungi oleh pemerintah. Stone Garden Geo Park merupakan tempat geowisata yang terletak di Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini berlokasi dekat dengan Padalarang. Untuk dapat masuk ke kawasan Stone Garden ini, anda akan dikenakan biaya Rp 20.000,- untuk satu motor kemudian per orang nya anda harus membayar Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,- bergantung situasi. Murah bukan?

Karena merupakan Geo Park dan letaknya berada di tebing, siap-siap saja kecapean ketika menyusuri tempat ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada sore hari atau pagi hari di hari-hari biasa ketika belum banyak wisatawan yang datang karena suasana alam nya akan lebih terasa. Tempat wisata ini bisa menjadi salah satu spot foto terbaik untuk para wisatawan. Bahkan banyak juga anak-anak muda yang menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan di tempat ini.

Tidak hanya uniknya bebatuan saja yang akan anda lihat dan nikmati pemandangannya, namun anda juga akan diperlihatkan beberapa pemandangan pegunungan yang sangat asri dan hijau dilihat dari puncak tebing stone garden ini. Wisata ini kerap disebut-sebut mirip wisata stone garden di luar negeri. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa melihat keindahan alami bebatuan di atas tebing ini, cukup ke Bandung saja! Bahkan, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi pra wedding oleh beberapa pasangan.

71. Curug Citambur

curug citambur
Curug Citambur

Tempat wisata yang berbatasan antara Cianjur dan Ciwidey ini kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata itu adalah Curug Citambur. Curug Citambur terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur. Tempat wisata ini juga tidak jauh dari Ciwidey Bandung, dekat juga dengan tempat wisata Situs Gunung Padang sehingga tempat ini merupakan spot menarik untuk berlibur karena dengan mengunjungi tempat ini otomatis anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya sekaligus. Sayangnya, untuk dapat tiba di lokasi wisata ini, medan jalan nya cukup buruk dan kecil sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Harga tiket masuk tempat wisata Curug Citambur ini juga murah, per orangnya anda hanya harus membayar Rp 3.000,- kemudian akan dikenakan biaya parkir jika anda membawa kendaraan pribadi roda dua ataupun roda empat. Fasilitas di tempat ini sudah bisa dibilang memadai, berbeda dengan beberapa curug lainnya. Disini anda dengan mudah akan menemukan mushola, toilet umum, berbagai warung makan, area parkir, dan lain-lain.

Tidak seperti beberapa curug lainnya yang banyak didominasi oleh tebing-tebing tanpa pepohonan, di Curug Citambur ini anda akan disuguhi dengan berbagai tumbuhan rimbun di sekitar tebing-tebing air terjunnya. Tentu saja hal itu merupakan pemandangan yang langka dan fantastis. Suara air terjun yang deras juga bisa menjernihkan pikiran dan menenangkan hati. Daya tarik seperti itulah yang mengundang berbagai wisatawan rela melakukan perjalanan berjam-jam untuk dapat mengunjungi Curug Citambur, misalnya saja wisatawan asal Jakarta yang rela memakan waktu 8 jam untuk tiba di tempat wisata yang hits ini.

Curug Citambur ini memiliki air terjun yang tingginya hingga 100 meter sehingga area kolam air terjunnya tidak diperbolehkan untuk mandi ataupun berenang karena akan sangat membahayakan. Waktu terbaik untuk datang ke air terjun Citambur ini adalah pagi hari dan pulang di siang hari, karena pada sore menjelang malam, penerangan di setiap jalan nya belum memadai. Jangan lupa untuk menggunakan sandal atau sepatu yang tidak licin dan membawa baju ganti ya!

72. Curug Malela

Di Kawasan Jawa Barat, sebenarnya ada banyak sekali Curug atau Air Terjun, jumlahnya bisa hingga puluhan dan lokasinya sangat terpencil. Salah satu curug yang sekarang ini sedang dikelola dengan baik oleh pemerintah karena kerap dijadikan tempat wisata oleh wisatawan adalah Curug Malela. Curug Malela atau disebut juga Niagara Malela merupakan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter dan lebar hingga 70 meter. Curug Malela ini berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menempuh tempat ini anda akan menempuh waktu kurang lebih 1-2 jam dari pusat kota jika tidak macet.

curug malela
Curug Malela

Curug ini mempunyai keunikan tersendiri. Tidak seperti curug-curug lainnya, air terjun setinggi 60 meter ini terdiri dari tingkatan-tingkatan tertentu sehingga bagus dan pas untuk dijadikan spot foto oleh kawula muda yang hoby selfie tentunya. Tak heran jika banyak sekali rombongan anak muda yang sengaja untuk touring ke tempat ini.

Sayangnya, tempat wisata ini terletak langsung dekat dengan sungai, sehingga jika anda berniat untuk berendam atau mandi di tempat ini, pastikan jika debit nya tidak sedang tinggi karena banyak sekali kasus-kasus hanyut yang terjadi di Curug Malela ini. Jangan datang di musim hujan juga karena airnya bisa meluap dan warnanya juga keruh berwarna coklat.

Selama perjalanan menuju Curug Malela, jangan heran jika jalannya hanya bermodalkan jalan bebatuan dan tanah saja, namun selama perjalanan menuju destinasi ini anda akan disuguhi dengan berbagai pemandangan alam yang sangat indah seperti pesawahan, pegunungan, dan lain-lain. Curug Malela juga kerap digunakan sebagai objek fotografi oleh fotografer profesional atau awam sekalipun.

Seperti tempat-tempat terpencil lainnya. Curug ini juga dipercaya menyimpan berbagai cerita misteri, para pengunjung baru akan sangat kesulitan untuk menemukan lokasi ini, mereka harus bertanya terlebih dahulu ke penduduk sekitar untuk dapat tiba di tempat ini, jika tidak, mereka bisa kesasar. Entah benar atau tidak, tapi memang benar para wisatawan yang baru ke curug ini meskipun sudah mengikuti rute di maps, akan sangat kesulitan apabila tidak bertanya.

73. Curug Jompong

Berlibur ke gunung, ke pantai, atau ke mall tentu lah merupakan hal yang bosan. Bagaimana dengan mencoba berlibur ke Curug yang terletak di Bandung? Not Bad! Anda bisa mengunjungi Curug Jompong misalnya. Curug Jompong terletak di Jl. Terusan Nanjung, Lagadar, Margaasih, Bandung, Jawa Barat. Curug Jompong merupakan tempat wisata yang cukup menawarkan berbagai pemandangan yang eksotis.

curug jompong
Curug Jompong

Namun, sekarang ini akibat banyak sungai dan danau yagng bermuara di tempat ini dengan berbagai sampah yang dibawanya, kepopuleran Curug Jompong mulai menurun. Bahkan, banyak isu yang mengatakan bahwa curug ini sudah banyak terkontaminasi dengan berbagai racun limbah industri. Tapi jangan khawatir karena pemerintah Kota Bandung sendiri sudah berencana untuk mengelola kembali tempat wisata ini.

Berbeda dengan curug yang menyuguhkan air terjun dengan tebing yang tinggi, Curug Jompong lebih terlihat seperti muara sungai dibandingkan dengan air terjun, justru itulah yang menjadi suatu hal unik dari Curug Jompong, mungkin mengapa tempat ini disebut curug karena air terjunnya hanya umpakan-umpakan kecil saja. Sayangnya, untuk mencapai Curug yang bisa dikatakan tempatnya cukup terisolir dan tersembunyi ini, wisatawan harus melewati jalan berbatu yang sangat buruk, jadi sabar saja ya!

Tempat wisata ini tidak banyak diketahui orang namun seperti menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa kalangan pecinta alam, mungkin karena track nya yang menantang. Tempat wisata yang letaknya berada di kawasan Maniis ini juga merupakan tempat wisata favorit bagi warga lokal Kota Bandung yang menyukai wisata alam menantang. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah di pagi hari dan jangan di musim hujan!

Sayangnya, karena curug nya yang kotor, tempat ini tidak bisa digunakan untuk bermain air atau berenang karena banyak sampah yang mengambang dan banyak juga burung air yang membuang kotoran disini. Padahal, tempat wisata ini jika dikembangkan dengan baik tentu akan sangat menguntungkan pemerintah setempat. Curug Jompong padahal dulunya pada tahun 90-an masuk kedalam salah satu daftar wisata Bandung yang selalu dicari-cari wisatawan lho!

74. Curug Cilengkrang

Seakan tidak ada habisnya wisata Curug di Bandung, baik di Bandung Timur, Utara, Selatan, dan Barat, pasti saja selalu ada tempat wisata berbau air terjun yang sangat eksotis. Salah satu tempat wisata curug di Kabupaten Bandung Timur yang hits hingga sekarang adalah Curug Cilengkrang. Curug Cilengkrang ini terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Ujung Berung, Kabupaten Bandung, jika dilihat dari topografi nya, curug ini terletak di kaki Gunung Manglayang.

curug cilengkrang
Curug Cilengkrang

Untuk dapat tiba di tempat ini, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dari pusat Kota Bandung dengan jarak sekitar 10 – 15 km apabila tidak macet. Tempat wisata ini sempat dikaitkan dengan cerita rakyat Sangkuriang, ya namanya juga wisata alam di tempat terpencil, pastinya selalu dikaitkan dengan mitos dan cerita yang dipercayai oleh warga setempat.

Air terjun yang berada di Curug Cilengkrang ini setidaknya memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl dengan pemandangan yang hijau dan asri. Kawasan wisata di Kaki Gunung Manglayang ini juga kerap dijadikan tempat untuk berkemabh baik oleh anak-anak pramuka, mahasiswa, dan lainnya. Curug Cilengkrang ini kerap dijadikan salah satu destinasi wisata outbond yang favorit.

Karena letaknya cukup terpencil, untuk dapat mencapai Curug Cilengkrang, anda akan dibawa ke kawasan hutan yang banyak mamalia unik nya, anda akan menemukan monyet dan lutung, jadi hati-hati dengan barang bawaan ya karena bisa saja si monyet tersebut iseng membawa barang yang anda bawa. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orangnya dengan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Tempat wisata ini juga tidak hanya cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam, para keluarga juga bisa mengunjungi tempat ini mengingat akan banyak sekali mamalia unik yang bisa diperkenalkan pada anak-anak sejak usia dini, pemandangan yang indah dari tempat ini juga membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata ini kerap dikunjungi di akhir pekan atau musim liburan.

75. Curug Sawer

Salah satu Geo Park yang ada di Jawa Barat yang berperan sebagai warisan penting geologi Indonesia terletak di Sukabumi, yaitu kawasan Geo Park Ciletuh. Tidak hanya Ciletuh saja, Sukabumi yang terletak dekat dengan kawasan Gunung Gede Pangrango juga mempunyai berbagai tempat wisata yang sangat hitz, salah satunya adalah Curug Sawer. Curug Sawer terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Kududampit, Kabupaten Sukabumi.

curug sawer
Curug Sawer

Destinasi wisata ini cukup terpencil sehingga tidak banyak diketahui oleh beberapa wisatawan luar Sukabumi, lain lagi dengan warga lokal Sukabumi yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata lokl favoritnya. Tidak ada hal lain yang menenangkan selain mendengar derasnya suara air terjun dari ketinggian yang lumayan. Curug Sawer sendiri memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 900 hingga 1300 mdpl.

Pada awal mulanya curug ini ditemukan, masyarakat setempat banyak yang mengkaitkan dengan mitos dan bahkan Curug Sawer ini kerap ditandai sebagai lokasi angker di Sukabumi, namun sekarang ini dengan pengelolaan pariwisata yang bagus oleh pemerintah setempat seakan menyulap tempat ini menjadi tempat wisata yang fasilitasnya cukup memadai. Dengan mudah anda akan menemukan area parkir yang luas, toilet untuk mandi dan untuk berganti baju, mushola, dan banyak sekali warung-warung makan yang menjual beberapa makanan ringan seperti gorengan yang hangat. Bahkan, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat pre wedding aau shooting film karena pemandangannya yang sangat eksotis.

Banyak sekali hal-hal yang bisa anda lakukan di tempat ini, diantaranya adah berfoto, berendam, dan lain-lain. Wisata yang bisa dibilang masih perawan karena belum banyak didatangi oleh wisatawan ini hanya berogoh harga Rp 3.000,- untuk tiket masuk per orangnya dari dompetmu, murah bukan? Di tempat ini juga anda bisa berkemah atau kamping bersama rombongan wisata lainnya, namun dengan peralatan yang dibawa sendiri ya!

Beberapa mitos yang berkembang di Curug Sawer sendiri adalah adanya raksasa yang menempati tempat ini, oleh karena itu warga setempat pun sering melakukan beberap ritual mistis untuk menghormati penghuni-penghuni yang ada di tempat ini.

76. Curug Siliwangi

curug siliwangi
Curug Siliwangi

Curug Siliwangi merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi incaran banyak orang. Curug Siliwangi menyuguhkan berbagai pemandangan alam dan keeksoitisan yang menjadi daya tarik nya. Seperti curug pada biasanya yang terletak di kaki gunung. Curug Siliwangi ini terletak di kaki gunung Puntang yang termasuk kedalam kompleks Gunung Malabar.

Banyak mitos dan cerita rakyat yang berkembang di tempat wisata yang satu ini. Konon katanya Curug Siliwangi ini terbentuk karena Prabu Siliwangi buang air kecil dari atas Gunung Reregan, air kencing tersebut mengandung tuah yang keramat. Curug Siliwangi dapat diakses sekitar 2 hingga 3 jam dari Pusat Kota Bandung tepatnya berada di Bandung bagian selatan. Wisatawan akan dihadapkan dengan track yang cukup terjal, menyeberangi sungai, dan kegiatan menantang lainnya.

Curug Siliwangi merupakan kawasan yang dilalui oleh jalur pendakian Gunung Puntang, banyak para pendaki yang beristirahat sejenak di Curug Siliwangi ini, entah untuk mandi, untuk menikmati pemandangan, dan lain-lain. Karena track nya yang cukup terjal, sebaiknya para wisatawan yang mempunyai fisik yang lemah berpikir dua kali untuk masuk ke tempat wisata ini.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah di pagi hari ketika cuaca masih segar, jangan datang di siang hari karena cuaca panas cukup membuat banyak keringat dan kelelahan. Curug Siliwangi ini kerap dijadikan sebagai spot foto menarik oleh beberapa orang. Anda bisa bermain air, bercanda tawa, camping di sekitar curug, dan lain-lain.

Meskipun didominasi oleh bebatuan, namun tempat wisata ini tidak kalah eksotisnya dengan curug-curug yang didominasi oleh tumbuhan hijau. Untuk masuk ke tempat wisata ini anda hanya harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 10.000,- untuk hari biasa dan Rp 15.000,- untuk weekend dan hari libur. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda juga diharuskan untuk membayar parkir. Bersikap sopan lah di kawasan wisata ini, gunakan sepatu atau sandal yang tidak mudah licin, bawalah bekal karena akan sulit menemukan warung makan di kawasan Curug Siliwangi ini.

77. Curug Batu Templek

Pesona Curug di Jawa Barat khususnya di daerah Bandung memang seakan tidak ada habisnya. Salah satu curug yang terkenal di wilayah Bandung Timur adalah Curug Batu Templek. Curug Batu Templek mempunyai pemandangan yang mirip dengan grand canyon di Colorado. Tebingnya berwarna coklat muda membuat pemandangannya semakin hidup dan eksotis. Curug Batu Templek berada di lokasi Cisanggarung Lebak, Pasir Impun, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

curug batu templek
Curug Batu Templek

Tidak hanya pemandangan air terjun aja yang akan anda temui, namun air terjun curug Batu Templek ini dekat dengan area persawahan hijau yang akan memanjakan mata, apalagi jika melihat para petani yang sedang bekerja menanam padi, sungguh kenikmatan alam yang sangat menggiurkan. Merdunya suara air terjun tentu membuat hati menjadi tenang sejenak tidak memikirkan kerasnya dan bisingnya hidup di perkotaan.

Curug Batu Templek merupaka wista favorit bagi warga Bandung sendiri maupun luar Bandung. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai spot bersepedea terfavorit bagi komunitas gowes sepeda. Air terjunnya memiliki ketinggian 52 meter, mempunyai spot foto menarik sehingga di era yang serba Instagram sekarang ini anda bisa langsung mengupload fotonya, jadi hits deh di feeds mu!

Anda juga bisa berenang dan berendam di mata air dekat Curug Batu Templek ini, sebagai saran saja sebaiknya jangan datang pada musim hujan karena air nya akan meluap dan menjadi keruh. Jangan pula datang pada musim kemarau yang benar-benar kering karena airnya akan sangat dangkal sekali. Air terjun ini mempunyai tipe air terjun berumpak-umpak sehingga meskipun tingginya lumayan, airnya tidak akan terasa terlalu deras.

Spot tebing-tebing disekitar air terjun juga bisa menjadi tempat menarik, namun tentunya diharuskan untuk melakukan pendakian yang melelahkan terlebih dahulu untuk tiba di puncak tebing nya! Tapi setelah anda berada di puncak, jangan salah! Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah yang sangat menakjubkan, tidak sia-sia deh berani untuk naik ke puncak tebing. Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi di akhir pekan oleh kawula muda.

78. Curug Bugbrug

Bandung merupakan kota dengan penuh cerita. Semua hal yang terdapat di kota ini selalu berkesan bagi semua orang. Jika membicarakan tentang Kota yang akrab disapa dengan Kota Kembang ini memang tidak akan ada habis-habisnya. Di kota ini berbagai keindahan karya Tuhan dan karya manusia kreatif sudah menjadi ciri khas dari Bandung yang tidak akan pernah kita jumpai di kota-kota lain. Ada banyak sekali wisata-wisata alam yang dapat kita jumpai di Kota Bandung. Salah satu lokasi yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa adalah Kabupaten Bandung Barat. Banyak sekali wisata-wisata alam yang terkenal disini seperti Curug Cimahi atau Curug Malela.

curug bugbrug
Curug Bugbrug

Di Kabupaten Bandung Barat ada surga tersembunyi yang merupakan primadona baru yaitu Curug Bugbrug. Kata Bugbrug ini merupakan diambil dari kata bahasa sunda yang artinya bertumpuk. Dinamai seperti itu oleh masyarakat sekitar karena air terjun pada Curug Bugbrug ini seperti bertumpuk-tumpuk. Di bawah aliran Curug Bugbrug ada mata air jernih dengan kedalaman 3 meter. Curug Bugbrug memiliki ketinggian 50 meter dengan lebar 2 meter. Tapi jika kamu pergi ke Curug Bugbrug kamu tidak akan merasa rugi karena Curug Bugbrug masih sangat alami, udaranya sejuk, airnya jernih, dan ditutupi oleh rimbunnya pepohonan. Sudah banyak orang yang terpesona dengan keindahan alam dari Curug Bugbrug ini.

Karena Curug Bugbrug ini masih baru sehingga belum petunjuk jalan untuk menandai lokasi dari curug ini. Saat anda pergi ke Curug Bugbrug, anda akan menemukan gerbang biasa yang tidak terlihat seperti pintu dari tempat wisata lainnya. Meskipun curug ini menyuguhkan keindahan yang tak biasa, namun untuk sampai ke tempat ini tidak begitu mudah karena medannya yang cukup berat. Untuk kamu yang sudah terbiasa menjelajahi alam tentu lokasi tempat yang tersembunyi ini akan sangat menarik. Tapi jika kamu belum terbiasa maka tipsnya adalah pergi beramai-ramai bersama teman agar kamu bisa bergembira bersama menikmati keindahan alamnya.

Yang membuat unik Curug Bugbrug ini adalah pemandangan alamnya. Pemandangan hijau yang sejuk akan selalu menemani perjalanan anda menuju ke Curug Bugbrug. Dengan pemandangan indah ini maka selama perjalanan menuju curug semangat anda akan bertambah. Curug ini belum banyak dikunjungi oleh banyak orang maka kamu akan merasakan sensasi ruang terbuka hijau yang berbeda ketika menyusuri jalan setapak menuju Curug Bugbrug.

79. Curug Lalay

Untuk kamu yang memiliki hobi hiking cobalah untuk memikirkan hiking ke salah satu curug tersembunyi yang mempunyai nama yang unik. Curug Lalay merupakan curug yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Curug ini adalah rangkaian akhir dari beberapa curug lain yang mengalir dari sungai cimahi. Jika diurutkan, curug yang mengalir di sungai Cimahi itu meliputi Curug Putri, Curug Layung, Curug Tilu, Curug Bubrug, Curug Cimahi, Curug panganten dan terakhir Curug Lalay. Dan mata air keenam dari Curug Lalay ini ada di Gunung Tangkuban Perahu. Dan Curug Lalay juga sangat cocok untuk destinasi saat hiking karena berada di lembah.

curug lalay
Curug Lalay

Curug Lalay ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lokasinya pun sedikit tersembunyi di sekitar lembah. Di sebelah lembah ini ada lubang menyerupai goa yang dipenuhi oleh ratusan kelelawar. Dalam bahasa sunda lalay berarti kelelawar. Karena di curug ini terdapat banyak kelelawar atau lalay itulah mengapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Curug Lalay. Nama yang unik karena diambil dari karakteristik yang ada di curug tersebut menggunakan bahasa daerah.

Jika kamu seseorang yang sangat menyukai tantangan dan hobi hiking maka dengan pergi ke Curug Lalay kamu akan menemukan sensasi petualangan yang sesungguhnya. Karena akses jalan menuju Curug Lalay cukup menantang dan tidak mudah untuk dilalui. Karena kurangnya tanda jalan yang menjadi patokan untuk menunjukan jalan menuju curug ini. Yang bisa dijadikan patokan utama adalah plang Madrasah Ibtidaiyah Cisasawi, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Pepatah itu benar adanya ketika kamu akan melakukan perjalanan menuju Curug Lalay ini. Karena curug ini belum dikelola oleh masyarakat sekitar sehingga kurangnya penanda jalan yang akan mengarahkan langkah kamu menuju curug ini. Solusi yang tepat jika kamu ingin pergi ke Curug Lalay adalah dengan bertanya pada warga setempat bagaimana akses jalan menuju Curug Lalay dan mereka akan memberi tahu kamu bagaimana cara menuju kesana.

Jalan menuju Curug Lalay hanya bisa diakses dengan jalan kaki melalui kebun penduduk setempat, lalu berjalan menyusuri aliran sungai lalu kamu akan berjalan menaiki dan menuruni lembah karena curug ini tersembunyi di dalam lembah. Penuh dengan tantangan bukan? Perjalanan menuju Curug Lalay ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi hiking karena selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan bermacam jenis medan yang pasti sangat kamu sukai.

80. Wisata Waduk Cirata

Lagi ada di Purwakarta? Kira-kira ada gak ya wisata disana yang menarik untuk dikunjungi? Tentu saja ada! Apalagi buat kamu yang baru lelah hati dan body karena aktivitas seharian. Intinya Jawa Barat memang selalu memberikan kebahagian bagi pengunjung dengan hamparan berbagai lokasi menarik sesuai yang kamu mau, misalnya mau cari tempat kuliner enak nih! Ada dong, atau rekreasi anti mainstream dan hits? Disini surganya? Atau gimana kalau objek wisata alamnya?

waduk cirata
Waduk Cirata

Apalagi wisata alam, berhubung Bandung dan sekitarnya punya banyak banget hamparan hijau pegunungan yang masih asri dan dijaga keindahannya. Bahkan sudah banyak daerah di Bandung yang indah-indah ini turut dijadikan wisata menarik, ya bisa untuk wisata alam bahkan waduk. Ohiya, bila mendengar kata Purwakarta, apa selintas yang ada di benakmu? Waduk Jatiluhur, bener banget sih. Tapi waduk di Purwakarta gak Cuma itu doang loh. Maka cobalah untuk berkunjung ke wisata Waduk Cirata.

Wisata Waduk Cirata ini merupakan salah satu tempat liburan yang paling populer di Purwakarta, khususnya bagi para penduduk lokalnya. Hal ini karena lokasinya yang cukup terjangkau dan dekat juga jaraknya dengan Waduk Jatiluhur. Wisata ini sangat diminati pengunjung baik itu lokal maupun dari berbagai daerah Indonesia. Tentu karena waduk ini menyajikan lukisan Tuhan yang luar biasa indah.

Meskipun cuma waduk, tapi jangan sesekali meremehkan keindahan wisata Waduk Cirata ini. Karena lokasinya yang jauh dari kota, dijamin saat kamu berkunjung kesana akan menikmati sensasi ketenangan yang hakiki. Kodratmu sebagai manusia akan serasa dimuliakan ketika berkunjung kesana, karena tempatnya tidak ramai. Dunia yang kaya akan hamparan air ini serasa milik sendiri. Nah, buat kamu si pecinta ketenangan, sangat disarankan bila datang ke waduk ini saat hari libur di bulan biasa.

Sebab kalau datang pada libur panjang, kek misalnya libur lebaran, akhir tahun, dll, suka rada rame biasanya. Disana kamu bakal nikmati pemandangan yang masih alami banget, sekitar kamu sejauh mata memandang hanya ada hamparan air jernih, perbukitan, dan lingkungan hijau nan asri, dan suka juga ada perahu kecil lewat di sekitar waduk melengkapi keindahannya. Selain menikmati panorama, kamu pun bisa memandang sunset, kuliner adventure, ngelilingin danau pake perahu, dan yang paling favorit itu mancing, ikannya super gede gila!

81. Curug Omas

curug omas
Curug Omas

Bandung Barat lagi Bandung Barat lagi, itu yang akan kamu katakan ketika hari libur tiba. Mungkin saat liburan memang wajib untuk pergi Ke Bandung Barat. Karena di Bandung Barat terdapat berbagai macam wisata yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya. Itulah mengapa jika hari libur tiba Bandung Barat selalu sesak oleh ribuan wisatawan yang datang untuk menyegarkan pikikan dan mereka rela untuk bermacet-macetan di jalan. Salah satu tempat yang dikunjungi banyak orang ketika liburan adalah Curug Omas. Curug ini memiliki ukuran yang cukup tinggi dan besar yaitu sekitar 30 meter dengan kedalaman 10 meter yang berada di aliran sungai Cikawari. Dan curug Omas ini berada di kawasan wisata Maribaya.

Di atas Curug Omas terdabat sebuah jembatan yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk menyebrang dan melihat air terjun dari atas. Di jembatan ini anda juga bisa beswafoto karena pemandangannya sangat indah jadi harus segera diabadikan. Dari atas jembatan ini juga akan terlihat pertemuan antara dua aliran sungai Cikawari dan Cigulun yang nantinya akan menjadi Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung. Aliran ini lalu mengalir membelah kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda.

Sebenarnya untuk masuk ke Curug Omas itu ada empat pintu masuk untuk menuju ke arah Curug Omas, yaitu pintu I dan II yang terletak di Dago Pakar, pintu masuk III di Kolam Pakar, dan pintu masuk IV di Maribaya. Tapi banyak wisatawan yang masuk melalui pintu IV karena ini pintu ini gampang diakses. Sehingga mereka berbondong-bondong untuk pergi memasuki Maribaya agar cepat sampai ke Curug Omas.

Para wisatawan di sini tidak bisa mendekat untuk menikmati kesegaran air Curug Omas. Hal ini disebabkan untuk menjaga keselamatan para wisatawan sendiri karena jika air terjun di curug ini cukup deras dan mata airnya pun sangat dalam jadi jika para wisatawan mendekat itu akan sangat berbahaya bagi keselamatan mereka. Tapi jika anda ingin melihat curug dari bawah, maka anda bisa turun dengan menggunakan tangga batu yang terletak di sebelah kanan jembatan. Setelah sampai di anak tangga terbawah anda dapat menikmati Curug Omas dengan lebih dekat. Tapi tetap berhati-hati karena medannya cukup licin.

82. Curug Cipanji

Curug Cipanji adalah curug yang dapat menyegarkan suasana hati dan pikiran anda. Karena di crug ini udaranya masih sangat sejuk dan asri. Anda mengeksplor keindahannya saat anda berwisata menikmati keindahan alam di curug ini. Curug Cipanji kini telah menjadi destinasi wisata baru yang berhasil membuat para wisatawan terpikat. Khusus untuk anda yang hobi berpetualang, maka belum lengkap rasanya bila anda belum mengunjungi tempat wisata yang eksotis ini. Berada di kawasan wisata Ciwidey, curug ini berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

curug cipanji
Curug Cipanji

Airnya yang begitu jernih menjadi buah bibir para petualang sejati yang senang mengeksplor keindahan alam Indonesia. Air terjun ini adalah bagian dari 7 curug yang berada di Gunung Panji. Dari bawah air terjun anda bisa merasakan dinginnya percikan air yang bisa mengenai wajah atau kulit anda. Yang unik dari Curug Cipanji adalah air terjunnya yang bertingkat-tingkat dengan ketinggian paling atas 25 meter. Dan ditingkat paling dasar ada air terjun dengan tinggi 6 meter dan tingkat kemiringan 45o. Air terjun yang paling dasar ini sering dijadikan perosotan alami oleh para wisatawan yang berkunjung. Anda pun bisa merasakan betapa asyiknya ketika berseluncur dan bermain air di perosotan alami ini.

Untuk pergi ke Curug Cipanji ini melalui rute Ciwidey yang jaraknya sekitar 35 km dari Bandung. Rute yang akan ditempuh oleh anda jika ingin pergi ke Curug Cipanji adalah dari Bandung anda pergi ke arah Ciwidey, jika sudah sampai Ciwidey anda langsung menuju ke Desa Tenjolaya. jalan ini dapat dilalui dengan segala jenis kendaraan dan kondisi jalannya baik untuk dilalui kendaraan bermotor. Jika anda sampai di Desa Cigenteng, anda selanjutnya harus berjalan kaki sekitar 1,5 km. Saat berjalan anda akan ditemani oleh hamparan kebun teh yang tak begitu luas tapi cukup indah dipandang mata. Dengan perjalanan sekitar satu jam perjalanan menuju lokasi air terjun ini semua kelelahan yang anda rasakan akan terbayar oleh keindahan alam yang ada di Curug Cipanji dan anda akan tidak sabar untuk berenang.

83. Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat didirikan pada tahun 1991 di kawasan Dago Tea House. Taman Budaya Jawa Barat ini memiliki berbagai fasilitas seperti gedung teater tertutup, teater terbuka, ruang pameran, sekretariat, sanggar seni, wisma seni, serta cafetaria. Semua fasilitas itu diperuntukan untuk kelangsungan acara yang diadakan oleh masyarakat Jawa Barat khususnya seniman yang berada di Kota Bandung di Taman Budaya Jawa Barat. Di dalam Taman Budaya Jawa Barat ini sangat sering sekali diadakan berbagai macam kegiatan kesenian seperti pagelaran teater, seminar, workshop, pameran seni, pagelaran tari, wayang golek dan masih banyak lagi kegiatan seni lainnya.

taman budaya jawa barat
Taman Budaya Jawa Barat

Luas dari Taman Budaya Jawa Barat ini sekitar 4 hektar yang semua lahannya digunakan untuk tempat kesenian. Selain itu area ini memiliki lahan parkir yang cukup luas jadi anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke sini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk mengapresiasi acara-acara kesenian di Taman Budaya Jawa Barat dan bisa anda nikmati ketika berkunjung ke sana:

Arena Panggung Terbuka
Gedung utama dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung sampai 1200 penonton. Yang menarik dari arena ini penonton bisa menikmati pertunjukan ambil m. Beberapa pertunjukan yang rutin tampil disin adalah tarian asal Jawa Barat yaitu Jaipongan, angklung, sandiwara, wayang golek, dan pertunjukan seni lainnya.

Teater Taman
Terdapat galeri di area teater ini yang diperuntukan untuk pameran seni rupa, lomba-lomba yang bernuansa kesenian, ataupun diskusi tentang seni.

Sanggar Seni Tari
Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka disini juga disediakan sanggar tari untuk anda yang ingin belajar tari kesenian sunda. Tempat ini juga dijadikan sebagai pusat pelatihan tari Jaipong. Anda juga bisa melihat ketika para penari dari Jawa Barat sedang latihan.

Jika anda pecinta kesenian Jawa Barat atau ingin tahu lebih dalam lagi tentang kesenian Jawa Barat, anda bisa berkunjung ke Taman Budaya Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Bukit Dago Utara no. 53, Dago, Kota Bandung. Dijamin setelah menonton pagelaran seni atau mengunjungi pameran seni anda akan balik lagi ke sini untuk melihat pesona dari seni yang berasal dari Jawa Barat. Anda juga bisa menanyakan daftar pagelaran atau acara kesenian yang akan digelar di Taman Budaya Jawa Barat.

84. Taman Film Bandung

Berbicara tentang tempat wisata di Kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya. Taman yang ada di Kota bandung merupakan tempat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Apalagi kelebihan dari taman ini adalah kita bisa refreshing dengan budget yang minim. Kalau sedang berkunjung ke Bandung kamu pasti menemukan banyak taman unik yang dibuat secara tematik untuk menarik pengunjung yang sedang berwisata ke kota kembang ini. Taman Film Bandung adalah salah satu dari taman tematik di Kota Bandung.

taman film bandung
Taman Film Bandung

Taman yang digagas oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil ini berletak di bawah jembatan Pasupati Bandung dan sejajar dengan Taman Jomblo juga Taman Skatepark. Taman yang sudah diresmikan sejak 3 tahun silam ini memiliki luas sekitar 300 meter dan mampu menampung 500 penonton. Jika kamu ingin berkunjung ke Taman Film Bandung, kamu bebas untuk memilih tempat duduk lesehan di atas rumput sintetis ataupun di atas beton berbentuk terasering yang ada di taman ini.

Taman Film Bandung merupakan sarana untuk menonton film gratis bagi warga. Taman ini dilengkapi oleh videotron besar berukuran 4X8 meter dan sound system yang baik sehingga suara dari film yang diputar tetap terdengar dengan jelas meskipun banyak mobil berlalu lalang di sekitar taman. Biasanya selalu ada film yang diputar di Taman Film Bandung ini. Jika sedang ada pertandingan Persib Bandung maka taman ini akan berubah menjadi tempat nonton bareng yang dipadati oleh warga Bandung.

Untuk kamu yang sedang berada di Bandung tidak ada salahnya jika menikmati sensasi menonton film dibawah jembatan layang. Kamu juga gak usah risau karena tempat ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Hanya ada beberapa syarat yang harus kamu patuhi saat berada di Taman Film Bandung, yaitu dilarang merokok dan buang sampah sembarangan. Karena Taman Film Bandung merupakan ruang publik yang bebas dimasuki banyak orang sehingga wajib hukumnya jika para pengunjung saling menghargai satu sama lain untuk tidak merokok dan menjaga kebersihan agar para pengunjung betah berlama-lama di taman ini.

85. Taman Miniatur Kereta Api

Jika ingin melihat perjalanan kereta api Padalarang-Cikampek tanpa menaikinya kamu bisa datang ke Taman Miniatur Kereta Api yang ada di kawasan Floating Market, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Taman Miniatur Kereta Api ini merupakan taman miniatur pertama dan terbesar yang ada di Indonesia. Luasnya mencapai 2000 m2, dengan 13 rangkaian rel terpasang sepanjang 1000 meter. Para pengunjung bisa melihat perjalanan kereta api mini di Taman Miniatur Kereta Api ini. Suasana stasiun kereta api juga terasa nyata di Taman ini.

taman miniatur kereta api
Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api selain bisa dinikmati oleh masyarakat umum juga bisa dijadikan sebagai media edukasi bagi para pengunjung terutama anak-anak. Jika kamu berkunjung ke taman ini kamu akan diperkenalkan dengan satu-satunya moda transportasi teraman yang pernah ada di dunia, yaitu kereta api. Berkunjung ke taman ini para pengunjung akan mendapatkan paket lengkap yaitu berekreasi dan juga belajar.

Fasilitas yang ada di Taman Miniatur Kereta Api ini mirip dengan kondisi asli baik dalam tata letak, suasana pemandangan sekitar, bangunan, kondisi rel kereta api, tak lupa kereta api yang mengelilingi Taman ini. Suara kereta api yang menjadi suara latar juga membuat pengunjung serasa berada di stasiun kereta api sungguhan. Pengungjung bisa melihat kereta api berukuran mini dengan skala 1:24 dari ukuran sebenarnya. Tidak hanya anak-anak saja yang bisa menikmati wahana miniatur kereta api di Taman Miniatur Kereta Api ini, orang dewasa pun bisa menikmatinya karena taman ini dibuat seperti nyata. Dengan tema pegunungan taman ini juga menarik karena terbuat dari pohon sungguhan sehingga semakin membuat taman ini seperti nyata.

Untuk rangkaian kereta yang melaju itu dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control secara manual oleh dua orang penjaga dari ruang pusat kendali. Walaupun rel kereta mengandung aliran listrik kreta tetap aman bagi pengunjung. Karena listrik yang mengalir hanya 24 volt saja sehingga aman dan tidak akan berbagaya. Wahana ini sengaja dibuat untuk memberikan edukasi tentang dunia kereta api bagi masyarakat umum. Jadi kamu tidak akan rugi juga berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api ini.

86. Taman Tegalega

taman tegalega
Taman Tegalega

Warga Bandung pasti sudah kenal baik dengan Taman Tegalega atau Monumen Bandung Lautan Api. Taman ini merupakan saksi bisu dari perjalanan Kota Bandung. Sama halnya dengan ruang publik luas lainnya yang ada di Kota Bandung seperti Alun-alun Bandung, Lapangan Gasibu, termasuk Taman Tegalega memang sudah menjadi ikon Kota Bandung sejak masa penjajahan Belanda dulu.

Taman dengan luas 16 hektare ini dulunya pernah menjadi tempat upacara pembukaan sportpark pada tahun 1933 pada masa penjajahan. Selain itu juga taman ini dulunya merupakan tempat pacuan kuda yang sangat terkenal pada masa penjajahan Belanda. Dan sekarang tempat ini dijadikan ruang publik terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh Warga Bandung untuk berolahraga di akhir pekan atau digunakan sebagai tempat dari event-event pentas musik karena areanya yang sangat luas.

Pada tahun 1980-an, kawasan Taman Tegalega belum tertata rapih. Di tempat ini pernah berdiri tenda-tenda yang didirikan oleh para PSK. Ruang publik yang seharusnya digunakan untuk hal-hal positif ini amalh dijadikan sebagai tempat prostitusi di malam hari. Parahnya lagi, tenda-tenda yang berdiri di dalam Taman Tegalega itu terlihat jelas dari jalan raya. Sehingga sudah menjadi rahasia umum jika tempat itu dijadikan sebagai tempat prostitusi. Pada siang hari Taman Tegalega dipadati oleh para pedagang kaki lima. Berbagai macam bejajakan oleh ratusan pedagang yang membuat area tersebut begitu sesak. Sangat kontras sekali dengan kegiatan malam hari di Taman Tegalega.

Saat Ridwan Kamil menjadi Walikota Bandung, taman yang menjadi salah satu resapan air yang paling berpengaruh di Kota Bandung ini di revitalisasi untuk membuat taman ini menjadi taman yang lebih nyaman. Februari 2017 pembenahan Taman Tegalega sudah mulai dilakukan dengan konsep “Future Park.” Kawasan yang berada disana akan dibenahi tapi akan tetap mempertahankan fungsi konservasinya tanpa merubah fungsi resapan air.

Plaza yang ada di kawasan Taman Tegalega sudah diperbaiki dan kabarnya nanti akan berdiri satu menara setinggi 100 meter di taman tersebut. Sudah terbayang jika Taman yang terletak di Jalan BKR ini setelah rampung akan terlihat lebih indah dan lebih tertata. Penataan Taman Tegalega ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 4 tahun. Dan diharapkan dengan adanya revitalisasi Taman Tegalega ini akan mengubah citra Taman Tegalega menjadi ruang terbuka publik yang memiliki fungsi positif bagi warga Bandung.

87. Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa

Tak jauh dari Taman Lansia dan bersebelahan dengan SMAN 20 Bandung terdapat ruang terbuka hijau nan sejuk yaitu Taman Bunga Kandanga Puspa. Taman yang dulunya dikenal sebagai taman cilaki ini sempat tidak terawat keberadaannya namun setelah direnovasi menjadi Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa kini taman ini semakin tertata rapih dan ditumbuhi oleh berbagai jenis bunga dari Indonesia.

taman pustaka bunga kandang puspa
Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa

Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini adalah surganya bagi berbagai jenis bunga. Taman ini ada di Jalan Cilaki Kota Bandung. Warga Bandung biasa menyebutnya perpustakaan bunga karena di taman ini terdapat 100.000 jenis bunga dan ada keterangannya. Taman pustaka bunga didirikan pada desember tahun 2013. Di dalam taman ini berbagai tanaman hias di tanam dan dibudidayakan. Termasuk 200 anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk perawatan berbagai bunga di tempat ini, tanaman diberi pupuk seminggu sekali dan tentunya disiram dengan menggunakan air bersih setiap hari. Walau dibuka untuk umum, pengunjung harus mengikuti aturan yang berlaku di taman ini. Pengunjung tidk boleh membawa makanan, minuman, dan juga binatang. Aturan ini tidak mengurangi minat warga bandung untuk mengunjungi Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini.

Saat memasuki gerbang suasana taman sudah terasa sejuk dan asri karena dikelilingi oleh pepohonan rindang dan berbagai jenis bunga. Kebanyakan pengunjung datang ke Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini untuk mencari udara segar karena sekarang Bandung sudah dipenuhi oleh kendaraan yang membuat polusi udara dimana-mana. Udaranya yang sejuk dan tempatnya yang teduh berhasil membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di taman ini.

Untuk menghindari kerusakan dan pencurian tanaman, Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa ini dijaga dan dirawat park ranger. Taman ini juga dijaga oleh mahasiswa-mahasiswa pertanian Universitas Padjadjaran Bandung. Waktu operasionalnya adalah setiap hari, Senin sampai Minggu, sehingga pengunjung dapat berkunjung kapan saja. Taman ini merupakan taman edukasi yang dapat menambah wawasan para pengunjung mengenai dunia fauna yang dimiliki Indonesia.

88. Tektona Waterpark

Berwisata di kota Bandung bersama keluarga tentu sangat mengasyikkan terlebih dilakukan pada saat liburan tiba atau akhir pekan. Salah satu objek wisata yang tak boleh terlewatkan ketika berada di kota kembang ini l ,nlmmllkm adalah Tektona waterpark yang berlokasi di Malakasari, Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. dilokasi tektona waterpark ini, kamu bisa menjajal berbagai wahana air yang tersedia seperti kolam arus, kolam ombak, mega slider.

tektona waterpark
Tektona Waterpark

Sedangkan untuk anak-anak terdapat beberapa kolam yang sengaja dirancang khusus sesuai kebutuhan anak seperti semi olympic, kolam anak dan balita. Sedangkan wahana untuk dewasa seperti mega slider yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter mampu memacu andrenalin. Objek wisata air ini sengaja dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wisata keluarga untuk itu seluruh anggota keluarga dapat bermain di wahana air tektona waterpark dengan aman dan nyaman.

Setiap harinya objek wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung baik dari anak-anak sekolah hingga orang dewasa. Disini para pengunjung bebas untuk berenang, naik perahu, melakukan fun games bahkan outbond. Setelah puas bermain di wahana air kamu juga bisa langsung mencicipi beberapa hidangan yang tersedia di corner kuliner. Aneka masakan lezat bisa kamu cicipi untuk mengisi perut yang lapar.

Keseruan saat bermain wahana air tentu tak hanya dapat dirasakan oleh anak-anak saja ketika berada di tektona waterpark, untuk orang dewasa tersedia berbagai wahana air yang cukup seru. Bentuk kolam yang sengaja didesain dengan mengusung konsep modern akan mampu menambah keceriaan dalam bermain air. Berbagai fasilitas banyak tersedia di objek wisata air ini seperti gazebo, kuliner corner, sopo foto yang asik dan unik, toilet, masjid, ruang ganti dan bilas.

Untuk bisa menikmati keseruan bermain air di tektona waterpark kamu akan dikenai tarif sebesar Rp.50.000/orang. Meskipun harga yang diberikan relatif mahal namun fasilitas yang bisa kamu nikmati tentu tak mengecewakan, nikmati hari libur kamu bersama seluruh anggota keluarga dengan berwisata di tektona waterpark Bandung.

89. Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas

Apakah kamu memiliki rencana berwisata alam di Bandung bersama keluarga di akhir pekan nanti? Bandung memang cukup terkenal memiliki potensi wisata alam yang sangat mengagumkan. Adalah tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi adalah kampung cai ranca upas yang berlokasi di Jln. Ciwidey Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, lokasi ini menjadi tempat yang kerap dijadikan lokasi perkemahan yang berada sekitar 50km dari pusat kota Bandung.

kampung cai ranca upas
Wisata Alam Kampung Cai Ranca Upas

Kampung cai ranca upas memiliki lahan kurang lebih sekitar 215 hektar dengan dikelilingi pepohonan seperti pohon jamuju, huru, kihujan, kitambang dan lain sebagainya. Jenis pepohonan tersebut tumbuh subur di hutang lindung sekitar kampung cai ranca upas. Selain beberapa jenis flora ada pula fauna yang hidup disekitar kampung tersebut.

Kampung cai ranca upas sangat direkomendasikan sebagai salah stau objek wisata keluarga yang memiliki banyak fasilitas lengkap. Di kawasan wisata tersebut kamu bebas bermain water games, fun games, war game, ATV, adventure dan lain sebaginya. Tak hanya itu saja, di lokasi wisata ini kamu juga bisa berkemah dan berenag di kolam renang water boom yang telah disediakan di kawasan tersebut. bagi kamu yang ingin berantai sambil menikmati keindahan alam ciwedey bisa mencoba berendam di air hangat.

Di lokasi kampung cai ranca juga telah disediakan tempat penangkaran rusa, tentu anak-anak akan sangat senang bermain sambil memberi makan rusa-rusa di tempat ini. selain menyediakan beberapa paket layanan wisata, disini juga disediakan paket wisata seperti corporate family gathering, kid adventure recreation, camp tour, youth outing, saba leweung, family camp fans game dan camp teen.

Untuk dapat menikmati keseruan di lokasi wisata kampung cai ranca upas, kamu hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000/ orang dan untuk tiket kolam renang sebesar Rp.15.000/ orang sedangkan untuk tiket wahana out bond sebesar Rp.15.000 untuk masing-masing wahana. Dan untuk biaya parkir kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sebesar Rp.5000 sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan bus dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan Rp. 20.000.

90. Wisata Kuliner Di Dago Tea House

Bingung mencari tempat kuliner yang enak di kota Bandung? Kamu bisa mencoba datang ke Dago tea house yang berlokasi di Jln. Bukit dago selatan, No.53a, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Di sini kamu tak hanya bisa menyantap hidangan yang lezat saja namun juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar restoran. Pada zaman kolonial belanda, restoran ini diberi nama dago thee huis yang bermakna rumah teh dago.

wisata kuliner dago tea house
Wisata Kuliner di Dago Tea House

Dulunya di restoran ini sering digunakan untuk tempat minum teh dan mencicipi berbagai jenis hidangan sambil disuguhi dengan keindahan alam kota Bandung. Dengan semakin berkembangnya kota Bandung, maka Dago tea house menjadi salah satu tempat makan yang cukup banyak direkomendasikan untuk para pelancong yang datang ke kota Bandung, lokasi ini menjadi favorit dikalangan wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati hangatnya teh dago.

Di restoran dago tea house menyediakan berbagai macam menu kuliner khas Jawa Barat yang cukup menggugah selera. selain itu di restoran ini juga menyediakan berbagai menu kuliner khas nusantara serta western food. Di dago tea house juga memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan diantaranya: arena panggung terbuka yang mampu menampung kurang lebih sekitar 1000 orang , disini kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan pentas seni tradisional khas jawa barat seperti karawitan, jaipongan tembang sunda, wayang golek dan angklung.

Selain panggung terbuka ada pula teater taman, teater tertutup, galeri pameran dan sanggar seni tari yang sering digunakan untuk latihan tari jaipongan. Disudut lain dago tea house terdapat pula perpustakaan dan guest house yang dapat digunakan oleh para tamu yang membutuhkan tempat peristirahatan. Jika ingin membeli beberapa cinderamata khas kota bandung, kamu bisa datang di store cindera mata yang menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan seperti lukisan, wayang golek serta penganan khas kota Bandung. Untuk masuk ke kawasan dago tea house kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.1000 saja.

91. Wisata Seni Salian Art Space Dan Resto

salian art space dan resto
Salian Art Space dan Resto

Para pecinta seni dan budaya Bandung bisa mampir di wisata seni salian art space dan resto yang berlokasi di Jln. Sersan bajuri, No.86, cihideung, Parongpong, Bandung, Jawa Barat. Di lokasi wisata ini kamu melihat berbagai jenis karya seni smabil menikmati menu kuliner. Konsep yang disuguhkan di salian art ini cukup menarik pasalnya hasil karya seni di pajang pada setap sudut cafe dan selalu berubah setiap bulannya. Jadi para pengunjung tak bosan saat melihat karya seni yang selalu berubah setiap saat.

Cafe ini sengaja di sewakan untuk para seniman guna memamerkan hasil karya lukisan yang mereka buat. Untuk tempat makan yang disediakan juga cukup unik, karena kamu akan dihadapkan langsung dnegan pemandangan alam yang cukup indah karena tempat duduk yang tersedia berada di luar cafe. Di sudut cafe terdapat beberapa tempat favorit yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk mendapatkan spot foto yang menarik.

Ada banyak event yang diselenggarakan di salian art ini seperti pameran karya seni yang cukup unik dari para seniman lokal bandung. Selain menjadi tempat pameran seni, salian juga menjadi tempat makan dan minum kopi. Berbagai menu kuliner khas Bandung tersedia disini. Sambil menikmati hangatnya secangkir kopi, kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan karena lokasinya salian art space berada di perbukitan sehingga mampu menciptakan suasana yang romantis.

Jika kamu tertarik mengunjungi wisata salian art space dan resto bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalan setia budi kemudian dilanjutkan menuju terminak ledeng lalu ikuti jalan hingga menuju Jln. Sersan bajuri. Namun jika kamu menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan sarana angkot yang menuju terminal ledeng kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju jalan sersan bajuri. Lokasi salian art space berada di dekat minimarket. Wisata seni salian art space buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

92. Gua Sang Hyang Tikoro

Bandung memang memiliki banyak cerita, baik itu kisah menarik dari warga lokalnya, asal-usul atau legenda, bahkan sejarah. Bila kita membahas mengenai sejarah yang berkaitan dengan Bandung, biasanya yang ada dalam benak para pembaca adalah “ Oh iya! Bandung lautan apinya!”. Yep memang benar bahwa Bandung sempat mengalami peristiwa besar dimana seluruh wilayah Bandung dibabat api dalam tujuan membebaskan area dari penjajah. Tapi tahukah anda bahwa masih ada lagi sejarah yang memiliki dampak besar terhadap kota ini?

monumen perjuangan rakyat jawa barat
Gua Sang Hyang Tikoro

Uniknya lagi, sejarah ini sudah terjadi bahkan saat puluhan juta tahun silam. Dimana ada bukti sejarah yang menyatakan bahwa wilayah Bandung ini mulanya adalah sebuah danau super besar dengan Danau Bandung Purba. Lalu, dengan luas danau dan volume air yang sedemikian besarnya kemana air tersebut menghilang?Konon, Bandung mengalami perubahan dari danau menjadi dataran luas karena hilang di suatu tempat bernama Gua Sanghyang Tikoro. Bahkan beberapa pendapat dan keyakinan menyatakan Tikoro ini pun turut merupakan sebuah peradaban yang sangat bersejarah, yaitu tempat kehidupan suku sunda di Bandung.

Bagaimana menurut kamu? Jarang loh ada wisata di Bandung yang memiliki sejarah kontroversial seperti ini. Ditambah lagi, wisata ini masih belum tersentuh atau masih terjaga keasriannya, jarang penduduk maupun wisatawan datang ke tempat ini.

Nama dari Gua Sanghyang Tikoro ini berasal dari Bahasa Sunda. Sanghyang berarti suatu hal yang suci atau dewa, sedangkan tikoro berarti kerongkongan. Jadi bila diartikan secara harfiah berarti kerongkongan dewa. Tentu saja karena seluruh limpahan air dari Danau Bandung Purba ini konon masuk ke gua tersebut. Wisata ini cenderung jarang dikunjungi karena banyak kepercayaan masyarakat setempat akan kemistisannya ditambah memang kawasannya yang sulit dijangkau.

Buat kamu yang sudah jenuh dengan wisata yang itu-itu aja, pecinta tantangan, ingin dapat memperoleh informasi yang jarang diketahui khalayak umum, maka Gua Sanghyang Tikoro bisa jadi lokasi paling klop buat kamu! Pastinya wisata ini juga anti mainstream karena betapa misteriusnya tempat ini untuk dijadikan lokasi wisata.

93. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Berwisata sambil belajar sejarah kota Bandung mungkin menjadi alternatif yang bisa di pilih untuk menghabiskan libur akhir pekan nanti. salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Bandung adalah monumen perjuangan rakyat Jawa Barat yang berlokasi di depan gedung sate Bandung. Monumen perjuangan ini menjadi simbol inspirasi bagi masyarakat kota Bandung. Jika dilihat sekilas, monumen ini nampak biasa saja, namun jika ditelisik lebih dalam terdapat keistimewaan yang melatari bangunan monumen tersebut.

monumen perjuangan rakyat jawa barat
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Semua dinding terdapat ukiran yang menjadi saksi bisu kisah heroik perjuangan rakyat jawa barat kala itu, pada sebagian dinding terdapat prasasti yang bertahtakan tulisan sunda yang mengisahkan tentang jawa barat. Di bawah monumen terdapat ruangan bawah tanah yang bisa diakses oleh masyarakat yang ingin lebih mengenal bukti sejarah jawa barat secara detail. Kamu bisa masuk ke ruangan bawah tanah tersebut secara gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun.

Dinding relief yang mempu menggambarkan perjuangan rakyat jawa barat dalam mengusir penjajah terpampang nyata sehingga membuat para pengunjung yang datang seolah olah mampu merasakan apa yang dulu dilakukan oleh para pejuang jawa barat. Di bagian lain terdapat dua pintu besi yang menjadi akses menuju ke ruangan bawah tanah monumen. Di dalam ruang bawah tersebut terdapat diorama perjuangan rakyat jawa barat, auditorium dan perpustakaan.

Dalam setiap harinya monumen perjuangan ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, sedangkan dihari-hari tertentu kawasan monumen sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai event hiburan, seperti konser musik, pasar malam, pentas tari dan bentuk kesenian lainnya namun tak jarang pula lokasi monumen juga digunakan sebagai tempat untuk berkumpulnya masyarakat jawa barat yang ingin berorasi meminta suatu tuntutan. Pada hari minggu atau hari libur, suasana di sekitar monumen cukup ramai, banyak masyarakat yang menjadikan lokasi monumen sebagai pasar kaget.

Di pasar tersebut banyak dijual aneka macam barang seperti makanan, cindera mata khas Bandung yang harganya cukup terjangkau.

94. Pusat Perbelanjaan Jeans Cihampelas

Jalan-jalan ke kota Bandung tak lengkap rasanya jika tak mampir ke kawasan Cihampelas untuk mencari berbagai keperluan sandang berbahan jeans. Bahan jeans merupakan salah satu bahan pakaian yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan baik laki-laki maupun perempuan. Kawasan cihampelas menjadi surganya fashion di kota Bandung, maka tak heran jika di kawasan ini banyak tersedia berbagai toko yang menjajakan aneka jenis fashion dengan harga yang cukup terjangkau.

pusat perbelanjaan jeans cihampelas
Pusat Perbelanjaan Jeans Cihampelas

Di pusat perbelanjaan yang ada dipanjang jalan cihampelas memang secara khusus menyediakan berbagai jenis jeans. Adapun fashion yang tersedia di pertokoan kawasan ini seperti kaos,tas, baju, celana, topi dan lain sebagainya. Berkunjung ke cihampelas Bandung memang tak pernah rugi, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis fashion dengan kualitas bagus namun tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Disepanjang jalan cihampelas terdapat banyak toko yang menawarkan berbagai fashion berbahan jeans, semua jeans yang ada tersedia dalam berbagai ukuran baik untuk anak-anak hingga dewasa. Namun tak hanya pakaian saja yang dijual di toko-toko tersebut, namun juga perhiasan dan aksesoris pun tak luput dijajakan. Toko yang berdiri disepanjang jalan cihampelas memiliki keunikan bila dibandingkan dengan toko lainnya, karena disini kamu bisa menemukan nama toko berdasarkan nama tokoh superhero seperti batman, superman, aladin, hulk dan lain sebagainya.

Namun tak hanya nama tokonya saja yang unik, akan tetapi disetiap depan pintu masuk masing-masing toko terdapat sebuah patung selamat datang sesuai dengan tokoh superhero yang dijadikan nama toko tersebut. Konsep superhero yang diusung setiap toko di cihampelas bertujuan untuk lebih menarik minat wisatawan berkunjung dan berbelanja di toko mereka. Berjalan-jalan di sepanjang jalan cihampelas tentu akan kurang menyenangkan jika tak mampir sejenak di salah satu toko untuk membeli jeans.

Tokoh superhero yang diusung disetiap toko jeans tentu bukan menjadi satu-satunya hal unik karena disini kamu juga akan menemukan tukang permak jeans di sepanjang jalan cihampelas. Tukang permak tersebut bisa membantu memperbaiki pakaian yang dirasa belum memiliki ukuran yang pas sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran badanmu.

95. Museum Sri Baduga

Taukah kamu jika di Bandung terdapat sebuah museum yang cukup unik dan menarik utnuk dikunjungi? Museum tersebut bernama Museum Sri Baduga yang berlokasi di Jln. BKR,185, Pelindung hewan, Astanaanyar, Bandung , Jawa Barat. Museum ini berada pada sebuah lahan dengan luas kurang lebih sekitar 8.500 meter persegi. Museum ini cukup unik karena di dalam bangunan museum terdapat banyak peninggalan benda pusaka serta harta benda pada zaman dulu. Museum sri baduga ini dulunya dibangun pada tahun 1974 dengan bentuk rumah panggung yang menggambarkan bangunan rumah masyarakat Jawa Barat.

museum sri baduga
Museum Sri Baduga

Museum ini telah beberapa kali dilakukan renovasi, adapun renovasi pertama dilakukan pada tahun 1980 tepatnya pada tanggal 5 juni. Renovasi yang dilakukan adalah dengan mengganti design dengan arsiteksur yang lebih modern akan tetapi pada bagian lain tetap dibiarkan seperti aslinya. Berwisata ke museim sri baduga menjadi pengalaman tersendiri bagi kamu yang ingin mengetahui tentang perjalanan sejarah Jawa Barat. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang baik untuk anak-anak agar lebih mencintai dan mengenal budaya masyarakat kita terutama Jawa Barat.

Di dalam museum sri baduga terdpat berbagai macam koleksi seperti benda-benda pusaka baik berbentuk realia maupun miniatur dan foto. semua bisa di lihat secara langsung oleh para pengunjung, benda-benda tersebut selain difungsikan sebagai pameran juga dijadikan sebagai dokumentasi yang disimpan di gudang tempat penyimpanan koleksi. Kini museum sri baduga memiliki 3 lantai yang dapat diakses oleh para pengunjung.

Disetiap lantai terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengujung diantaranya pada lantai 1 terdapat sejarah perkembangan budaya jawa barat yang di dukung dengan berbagai jenis benda peninggalan pada zaman hindu-budha, pada lantai 2 terdapat pameran budaya tradisional masyarakat jawa barat dan di lantai 3 terdapat pameran etnografi. Untuk berwisata di museum sri baduga, kamu bisa datang mulai pukul 08.00 dan museum akan tutup pada pukul 16.00 sedangkan untuk tiket masuk museum akan dikenakan tarif sebesar Rp.2500/ orang.

96. Wisata Petik Strawberry

wisata petik strawberry
Wisata Petik Strawberry

Siapa yang tak suka buah strawberry? Tentu semua orang menyukai buah merah nan imut ini. buah strawberry kini banyak dibudidayakan di berbagai tempat yang memiliki tingkat kesejukan tinggi seperti wilayah pegunungan. Di kota Bandung misalnya terdapat beberapa kebun yang dijadikan sebagai tempat wisata petik strawberry. Saat akhir pekan tiba, sempatkan untuk datang berkunjung ke kebun wisata strawberry yang bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Bandung.

Salah satu wisata petik strawberry yang terkenal adalah di daerah ciwidey. Di kawasan wisata ini disediakan lahan yang cukup luas untuk tanaman strawberry. Suasana kebun yang cukup tenang ditambah dengan segarnya udara yang menerpa kulit membuat para pengunjung untuk betah berlama-lama ditempat ini. udara yang sejuk memang sangat cocok untuk tanaman buah strawberry, maka tak heran jika disekitar daerah ciwidey akan sangat mudah menjumpai banyak pedagang yang menjajakan buah strawberry.

Pada akhir pekan tiba, kebun buah strawberry banyak dikunjungi oleh para keluarga yang mengajak serta putra putrinya untuk belajar memetik buah strawberry. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kebun ciwidey ini disarankan untuk datang ketika musim kemarau tiba, karena kualitas buah strawberry jauh lebih bagus bila dibandingkan pada saat musim penghujan tiba. Saat musim penghujan, buah strawberry akan mudah busuk sehingga tidak tahan lama seperti saat musim kemarau.

Jika kamu ingin memetik buah strawberry sendiri nantinya akan dikenakan tarif sebanyak buah yang didapatkan, untuk harga strawberry sendiri rata rata sekitar Rp.35.000 hingga Rp.40.000/ gram. Namun harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. lokasi kebun buah strawberry ciwidey sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, meskipun lokasinya terbilang lumayan jauh dari pusat kota bandung sekitar 50 Km namun akses jalan yang harus dilalui cukup mudah.

jika kamu datang dari arah jakarta bisa langsung masuk melalui tol cipularang lalu keluar menuju gerbang buah batu Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju soreang dan daerah ciwidey. Nikmati keseruan liburan dengan memetik buah strawberry sendiri di kebun strawberry ciwidey Bandung.

97. Kawah Kamojang

Berjalan-jalan di kota Garut tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi beberapa objek wisata yang cukup terkenal didaerah ini, salah satu objek wisata yang banyak di buru oleh wisatawan adalah kawah kamojang yang berlokasi di daerah kamojang kecamatan samarang. Kawah ini terletak di bawah gunung sehingga suhu udaranya disekitar kawah cukup dingin menusuk tulang. Setiap harinya objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat semburan uap di beberapa titik wilayah kamojang.

kawah kamojang
Kawah Kamojang

Menurut para penjaga kawah tersebut, uap yang menyembur sangat baik bagi kesehatan terutama untuk kulit. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang jauh-jauh datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan secara langsung semburan uap lalu menghirup uap belerang yang menyembur tadi, dijelaskan bahwa uap tersebut mampu menyegarkan pernafasan. Selain digunakan untuk membantu menyegarkan pernafasan, uap tersebut juga digunakan untuk mandi uap yang cukup menyehatkan. Banyak pula dari para pengunjung yang datang membawa serta telur mentah untuk kemudian direbus dengan menggunakan air uap tersebut kurang lebih selama 10 menit.

Setelah melalui proses perebusan maka telur tersebut menjadi matang dan bisa langsung disantap, uap yang sering digunakan untuk berendam tersebut merupakan uap yang tidak agresif, sedangkan uap agresif berada di bagian bawah, maka dari itu sering terjadi semburan uap yang lumayan cukup kencang. Uap yang agresif terbilang cukup berbahaya bagi manusia oleh sebab itu, disekitar semburan diberikan pagar pembatas agar para wisatawan yang datang tidak berada terlalu dekat dengan semburan uap tersebut.

Untuk menuju objek wisata kawah kamojang akses jalan yang bisa dilalui cukup mudah, namun pada jalan tertentu terdapat akses jalan yang cukup terjal sehingga para pengendara patut berhati hati ketika melintasi jalan tersebut. meskipun harus dihadapkan dengan medan yang cukup sulit akan tetapi ketika melintasi daerah kamojang, kalian akan diperlihatkan dengan pemandangan alam yang cukup memanjakan mata terlihat pepohonan hutan pinus yang berjajar rapi nan hijau ditambah dengan area persawahan yang membentang luas.

98. Teropong Bintang Bosscha

Bagi anda yang sedang mencari wisata untuk rencana liburan bersama keluarga, maka Lembang bisa menjadi lokasi paling tepat untuk anda. Tentu saja karena Lembang sudah terkenal memiliki banyak sekali pariwisata menarik ditambah suasana tempatnya yang sejuk dengan pemandangan asri nan hijau. Namun jangan salah bahwa Lembang juga punya salah satu wisata dengan konsep menarik, dimana bukan hanya bisa bersenang-senang saja tapi wawasan baru pun bisa didapat. Apaan tuh?

teropong bintang bosscha
Teropong Bintang Bosscha

Dapatkan kesan liburan yang berbeda dan mendapat banyak ilmu baru mengenai astronomi Cuma di Teropong Bintang Bosscha. Wisata dengan nama lain Observatorium Bosscha Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang memadukan pariwisata dengan penelitian alam semesta khususnya ruang angkasa. Duh, pasti buat buah hati anda makin riang karena anak-anak pasti tertarik untuk bisa tahu seperti apa sih luar angkasa dan tata surya itu.
Tentu sesuai dengan namanya, Teropong Bintang Bosscha ini memiliki banyak fasilitas yang bisa menunjang pengunjung untuk bisa menerawang benda-benda luar angkasa. Wisata ini memiliki berbagai peralatan penelitian seperti teleskop sebanyak 5 jenis yang berbeda. Tentu saja 5 teleskop ini memiliki spesifikasi atau fungsi yang berbeda saat menerawang ruang angkasa. Nah, supaya gak penasaran berikut 5 jenis teleskop besar yang ada di pusat Observatorium Bosscha :

Teleskop Refraktor Bamberg
Buat kamu atau kerabat dekatmu yang penasaran banget dengan bulan atau bintang dan ingin bisa mengamati permukaan bulan secara langsung, maka anda bisa menggunakan teleskop ini. Refraktor Bamberg ini digunakan untuk pengamatan kawah bulan, pengukuran terang bintang, fotometri gerhana bintang.

Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
Wah, kalo teropong ini bisa mengamati planet yang sangat jauh seperti Saturnus, Jupiter, hingga rekan terdekat bumi, Mars. Penelitian secara mendetail seputar bintang pun mengandalkan teropong ini.

Teleskop Schmidt Bima Sakti
Karena dilengkapi optik Schmidt maka teleskop ini bisa mengambil gambar langsung pada objek luar angkasa. Teleskop ini digunakan untuk mempelajari struktur Bima Sakti.

Teleskop Refraktor Unitron
Teropong Bintang Bosscha ini bukan hanya dikunjungi wisata sekeluarga dan anak-anak saja. Bahkan, mahasiswa ITB pun sering berkunjung untuk pratikum di bidang astronomi. Tentu saja karena wisata ini memiliki teleskop yang bisa mengamati matahari dan bulan.

Teleskop Cassegrain GOTO
Teropong ini berfungsi untuk mengukur kuat cahaya bintang dan mengamati spektrum bintang.

99. Kawah Domas

Siapa bilang kalau Gunung Tangkuban Perahu cuma ada pemandangan gunung doang? Buat yang belum pernah sama sekali ke wisata fenomenal ini maka bisa tuh didaftarkan ke list liburan pilihan kamu! Karena banyak banget lokasi wisata menarik pada satu tempat ‘mantan’ gunung berapi berkawah ini. Berhubung karena beberapa abad silam gunung tersebut sempat mengalami erupsi yang maha dasyat yang membuat gunung ini menyisakan kawah yang besar dan beranak.

kawah domas
Kawah Domas

Tentu saja maksud kawah yang sedang dibahas ini bukan sentral kawah dari Gunung Tangkuban Perahu saja, tapi masih banyak pula menyisakan kawah-kawah di sekitarnya. Ada 9 kawah gunung dari hasil erupsi ini, nama-nama kawah tersebut seperti :

– Kawah Domas
– Kawah Ekoma
– Kawah Ecoma
– Kawah Baru
– Kawah Lanang
– Kawah Siluman
– Kawah Ratu
– Kawah Jarian
– Kawah Pangguyangan

Gunung Tangkuban Perahu memang selalu menjadi destinasi terpilih dan favorit bagi pengunjung baik itu lokal hingga mancanegara. Hanya saja, kebanyakan yang identik dan diketahui secara umum bagi kita itu hanyalah Gunung Tangkuban atau Kawah Ratu. Padahal masih banyak lagi kunjungan menarik dari wisata dengan ketinggian 2.084 m di atas permukaan laut ini. Salah satunya yang belum terlalu banyak diketahui adalah Kawah Domas.

Kawah ini bisa melalui dua jalur, yaitu jalur parkiran Kawah Ratu atau parkiran Kawah Domas. Namun, bila ingin melewati akses yang lebih mudah dan terjangkau sangat disarankan melalui pariran Kawah Domas saja. Meskipun tetap harus melalui perjalanan setapak naik dan turun. Lumayan lah hari libur olahraga, itung-itung turunin kalori. Jadi, berkunjung ke wisata gini mah paling klop pas pagi atau agak siangan dikit lah.

Nah, usai sampai pada tujuan, di kawah ini kamu bisa menikmati rendam diri di kawahnya. Supaya gak malu diliatin banyak orang, yaudah kakinya aja lah ya. Tentu saja bukan hanya sekedar menikmati sensai hangat air pegunungan, kawah ini memiliki air yang mengandung belerang sehingga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan menyehatkan untuk kulit. Biasanya pengunjung sering membawa telur mentah juga buat direbus. Lumayan lah ngemil telur rebus sambil menikmati keindahan kawah.

100. Taman Bunga Cihideung

Bandung memang gak pernah kehabisan ide untuk meluapkan berbagai konsep wisata menarik bagi berbagai pengunjung. Bandung sendiri dikenal memiliki hawa yang sejuk, penduduknya yang ramah, dan disebut sebagai Kota Kembang. Selalu ada di beberapa pusat tertentu dimana anda bisa menikmati berbagai taman yang indah di kota bermatabat ini. TAPI tahukah kamu? Ada beberapa fakta menarik bahwa semua bunga yang ditemui di sekitar Bandung berpusat pada satu tempat loh.

taman bunga cihideung
Taman Bunga Cihideung

Tempat dimana berbagai bunga dan taman hias cantik dihasilkan, tepatnya di salah satu kawasan Bandung, yaitu Lembang. Di Lembang ini memiliki sentral utama taman bunga terbesar di Bandung dengan nama Taman Bunga Cihideung! Buat kamu yang ingin memanjakan mata dengan hamparan warna-warna segar bunga-bunga cantik, ngapain kamu jauh-jauh ke Eropa kalau Lembang pun memiliki hamparan bunga dan tanaman hias yang tak kalah cantiknya disana.

Berhubung sekarang sudah hampir menjelang tahun baru nih, YAY! Maka cepat-cepat rencanakan plan berliburmu dari sekarang. Sebagai hidangan liburan pembuka, Taman Bunga Cihideung bisa jadi lokasi pas untuk dikunjungi. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, gak jauh dari pusat Kota Bandung, kira-kira 15 km. Salah satu keistimewaan dari wisata ini adalah anda bisa berkunjung ke wisata ini dengan cuma-Cuma alias GRATIS! Wow!

Tentu saja meskipun tanpa dipungut biaya, kamu bakal terpesona sama pemandangan yang ada di Taman Bunga Cihideung ini. Ada bunga hias, tanaman hias, tanaman potong, semua flora cantik ada di tempat ini. Jadi, jangan lupa bawa kamera dan smartphone dengan kamera paling oke ya, buat selfie dan foto-foto cantik. Duh, tertarik nih pingin berkunjung kesana. Terus lokasinya dimana ya? seperti namanya tepat di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Lembang. Jalurnya samain aja dengan jalur ke Lembang pada umumnya.

Taman bunga dengan luas 50 hektar ini bahkan menyebarkan keindahannya sampai ke penduduk lokal disana. Jadi, jangan kaget bila selama perjalanan seluruh perjalanan disambut hangat dengan bunga-bunga bermekaran dan rumah warga yang cantikd dengan perkarangan bungannya. Anda pun bisa membeli langsung bunga-bunga cantik kepada mereka karena mayoritas warga bekerja sebagai penjual tanaman hias dan petani. Lumayan buat oleh-oleh, hihi.

101. Taman Bunga Parongpong

taman bunga parongpong
Taman Bunga Parongpong

Masih bingung mau ajak sekeluarga kemana menjelang libur akhir tahun? Atau sedang gelisah karena seluruh list wisata yang udah fix jadi semu karena kemarau duit? Sebetulnya persoalan seperti ini tidak harus dibawa drama, ada banyak kok pariwisata menarik dan bisa menjadi sarana refreshing bersama kerabat dan keluarga tanpa harus keluar budget lebih. Salah satu sumbernya ada di Bandung, Lembang. Dengan suasanan kawasan yang sejuk dan hijau, maka tak heran bila tempat ini didirikan banyak destinasi wisata unik dan asyik!

Dimulai dari D’Ranch, Kampung Gajah, Grafika Cikole, Farm House, dan masih banyak lagi. Tentu saja setiap wisata di Bandung mengambil berbagai konsep yang berbeda pada setiap tempatnya dan pastinya menarik wisatawan untuk bisa berkunjung kesana. Nah, salah satu wisata yang selalu ramai oleh pengunjung baik pada hari biasa maupun libur adalah Taman Bunga Parongpong. Wisata ini merupakan salah satu taman bunga yang berada di Desa Parongpong, Bandung, Jawa Barat.

Sambil menikmati hari santai saat libur panjang maka alangkah baiknya kalau cari-cari tempat yang sejuk dan menenangkan hati iya, kan? Oh yang pastinya menawarkan pemandangan yang indah pula. Siapa sih yang tidak suka taman bunga? Tentu hamparan bunga berwarna dengan kupu-kupu terbang dengan gembira merupakan pemandangan yang ingin kamu lihat, saat hari-hari kosong usai lelah beraktivitas. Suasana Taman Bunga Parongpong pun semakin dibuat betah karena para penduduknya lokalnya yang sangat ramah tamah kepada pengunjung dari manapun.

Taman bunga ini merupakan lokasi agrowisata sebagai tempat pembibitan beragam tanaman hias, hal inilah yang membuat taman ini memiliki beranekaragam bunga. Mawar, bonsai, bougenvil, anggrek, melati, dll akan menjernihkan kembali pikiran yang sudah penat akan bising dan kerasnya kota. Tentu saja di taman bunga ini pun tersedia berbagai kios bunga dan tanaman hias, jadi anda takka pulang dari rekreasi dengan tangan kosong. Bunga-bunga cantik dari Parongcitarumpong dijamin akan memperindah rumah kesayangan anda. Mengenai jalur lokasi wisata ini, dari terminal Ledeng tinggal lurus terus seperti jalur Lembang pada umumnya.

102. Wisata Seni Budaya Saung Angklung Mang Udjo

Indonesia memang memiliki beragam kebudayaan khas dan indah di setiap daerahnya termasuk Bandung, Jawa Barat. Bila membahas mengenai kebudayaan Bandung maka hal pertama yang tersirat dalam benak kita adalah angklungnya, jaipongan, dan wayang golek. Kebudayaan ini sangat dikagumi bahkan diakui oleh seluruh penjuru dunia. Hanya sayangnya budaya lokal semakin tersingkirkan dengan budaya luar yang bisa masuk dengan mudah sebagai dampak globalisasi.

saung angklung mang udjo
Saung Angklung Mang Udjo

Kondisi seperti inilah yang membuat salah satu tokoh paling menginspirasi, Udjo Ngalagena beserta istrinya, Uum Sumiati untuk bisa melestarikan budaya lokal Bandung dengan mendirikan wisata seni budaya Saung Angklung Mang Udjo. Wisata ini berdiri pada tahun 1966 dimana tujuan keberadaan saung ini supaya kebudayaan tradisional sunda tetap lestari dan dicintai seluruh generasi di Bandung dan Indonesia. Sepeninggal beliau, Saung ini terus bertahan bahkan berkembang dengan sangat pesat dan tersohor hingga penjuru dunia.

Terkadang hati sering terenyuh ketika menyaksikan generasi muda bangsa yang lebih mengakui kebudayaan luar daripada miliknya sendiri, di sisi lain berbagai wisatawan asing dengan antusias belajar angklung dan gamelan yang bahkan lebih mahir dari kita sendiri. Oleh karena itu, ayo habiskan waktu liburan anda bersama keluarga dengan kunjungan yang lebih bermanfaat dan berwawasan seperti wisata seni budaya Saung Angklung Mang Udjo.

Disana kamu bisa menyaksikan pertunjukan spetakuler seni khas Bandung dari jam 15.30 – 17.30. Dimulai dari lantunan angklung yang indah dan merdu, berbagai tarian tradisional, dan wayang golek pun turut memeriahkan panggung. Tapi, tentu saja tujuan saung bukan hanya mempertontonkan lalu pengunjung pulang dan selesai, pengunjung turut akan diajari langsung bagaimana cara memainkan alat musik tradisional terutama angklung, jadi dijamin begitu pulang kamu akan membawa pelajaran yang begitu berharga.

Jauh lebih berharga daripada sekedar oleh-oleh khas daerah, kamu peroleh langsung wawasan budaya yang tak ternilai harganya. Pertunjunkan yang dapat anda saksikan di Saung Angklung Mang Udjo, adalah sebagai berikut :

– Helaran
– Angklung Orkestra
– Menari Bersama
– Bermain angklung bebarengan
– Tari Topeng
– Demonstrasi Wayang Golek

103. Oray Tapa

Bandung merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia di kepulauan Jawa, sudah dikenal akan hawanya yang sejuk, penuh kembang, banyak jajanan enak, dan pastinya pilihan wisata yang menarik. Banyak sekali hal-hal yang menarik dari Bandung ini maka tak heran bila lokasi ini selalu jadi sasaran wisatawan Jakarta, Bogor, Tasik, dan sekitarnya untuk bisa berkunjung ke Bandung Kota Kembang ini. Salah satu wisata yang sering dikunjungi adalah Oray Tapa.

oray tapa
Oray Tapa

Bagi kamu yang dari Jakarta dan sekitarnya atau punya aktivitas sehari-hari yang penat, maka alangkah baiknya bila akhir pekan atau libur panjang dihabiskan untuk refreshing di tempat asyik dan sejuk, iya gak sih? Karena itu situs ini ngasih rekomen ke kamu buat yang lagi butuh wisata berlibur yang menawarkan pemandangan indah nan hijau, yaitu Oray Tapa. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Buat kita yang tinggal di kota-kota besar dan udah enek liat gedung tinggi, Oray Tapa bisa jadi wisata rekreasi paling cocok buat refreshing. Lokasi ini memiliki keindahan alami dari hutan campuran beserta pohon pinus dan cemara. Melihat pemandangan seperti ini pasti selama perjalanan jadi teringat lagu anak-anak “Naik-Naik ke Puncak Gunung” , banyak pohon cemaranya gitu. Selain memiliki hutan yang luas, udara sejuk dan adanya sumber air jernih siap memanjakan liburan kamu.

Dengan suhu sekitar lokasi rata-rata 19-26 derajat celsius sehingga ketika sampai ke tempat akan terasa hawa dinginnya brrr, jadi siap-siap bawa jaket ya! Lalu yang biasa menjadi pertanyaan para pengunjung ketika datang kesini, kenapa ya namanya Oray Tapa? Sebetulnya nama ini diambil dari bahasa sunda, oray artinya ular dan tapa yang berarti bertapa. Jadi, artinya ular bertapa. Masih belum diketahui secara pasti asal-usul dari nama ini.

Beberapa orang berpendapat karena bentuk jalan setapaknya yang meliuk-liuk seperti ular, tapi disisi lain ada yang mengaitkan nama ini dengan sejarah zaman kerajaan dahulu. Jadi masih banyak lagi hal-hal menarik dari objek wisata alam ini.

104. Perbukitan Karst Citatah

Lagi nyari tempat libur yang anti mainstream? Butuh rekreasi ke wisata yang identik dengan pemandangan indah dan gunung-gunung? Atau pusing sama hiruk pikuk kota dengan gedung-gedung tinggi yang bikin panas? Tenang aja anda bisa mencoba datang ke Kota Bandung yang memiliki banyak sekali objek wisata alam yang siap memanjakan mata kamu dengan pesona alam yang masih hijau dan asri. Contohnya saja seperti di Padalarang, dimana ada salah satu wisata bernama Perbukitan karst Citatah.

perbukitan karst citatah
Perbukitan Karst Citatah

Apa ada yang masih asing mendengar perbukitan ini? Perbukitan Karst Citatah berlokasi di Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Berada pada jarak 5 km dari Padalarang. Akses dan jaraknya pun terjangkau, terutama untuk yang sedang melewati Cianjur, Jakarta, Bogor lebih tepatnya yang melalui Jonggol pasti akan melewati kawasan ini. Selain tempatnya terjangkau, perbukitan Citatah juga memiliki relief pegunungan yang unik dan beda dari tempat lain.

Karst merupakan suatu pegunungan atau daerah yang kaya akan kandungan kapur, sehingga bila terjadi hujan atau ada genangan di sekitar permukaan karst akan membentuk bagian relief yang khas seperti stalagmit, stalagtit, dolina, gua, sungai, dan danau kecil, sebagai akibat dari zat kapur yang terlarut. Bila kamu mencoba berkunjung ke kawasan karst pasti memiliki kondisi dan relief yang unik. Ditambah kawasan karst ini tidak terlalu banyak di Indonesia, salah satunya ada di Perbukitan Karst Citatah.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya karena kondisi morfologinya yang unik karena sebagian komponen gunung adalah kapur, maka akan ada banyak sekali spot-spot menarik dan hasil jepretan yang berbeda dan unik. Jadi, bila berkunjung kesini, jangan lupa bawa hape atau kamera yang bagus yo! Selain klop buat foto-foto, bukit-bukit ini sangat menantang untuk kamu yang olahraga panjat tebing loh!

Salah satunya ada yang namanya tebing Citatah 48 dan 90, kalau 48 ada salah satu ciri yang khas dari bukitnya, yaitu ada sebuah tugu berbentuk pisau belati dan terlihat indah juga simbolik karena menancap tepat di puncak tebing, kalau yang 90, tebing ini memiliki ketinggian 90 meter dengan jenis batuan kapur. Bagi yang tertarik untuk memakai tempat tersebut harus dapat izin terlebih dahulu dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus ( Pusdipassus).

105. Lembah Cimeta Citarum Purba

Padalarang memang tidak pernah habis-habisnya memiliki sumber daya alam maupun panoramanya yang indah. Berhubung terletak tak jauh dari Bandung dan sekitarnya, jadi daerah ini sangat identik dengan daerahnya yang sejuk, pemandangan hijau, tumbuhan dan pepohonan tumbuh subur, dll. Tentu saja karena memiliki berbagai kawasan hijau dan alami inilah yang turut dimanfaatkan oleh berbagai penduduk setempat untuk bisa mendirikan pariwisata disana.

lembah cimeta citarum purba
Lembah Cimeta Citarum Purba

Hal inilah yang membuat Padalarang pun tak mau kalah dengan rekannya Lembang untuk bisa menawarkan objek wisata yang menarik bagi pengunjung. Salah satu pesona alam yang dimiliki Padalarang adalah Lembah Cimeta Citarum Purba. Lokasi wisata ini sangat dekat dengan wisata Arum Jeram Citarum. Objek wisata alam ini memiliki bentangan alam yang indah dan hawanya itu loh, ademm banget! Jadi, buat kita yang keseringan hidup di dunia AC sesekali boleh dong nikmatin angin alami sepoi-sepoi untuk spesial hari libur.

Tentu saja bukan Cuma memberikan bentangan alam yang indah saja tapi banyak sekali seluk beluk mengenai wisata ini, disamping merupakan tempat bersejarah karena banyak sekali hewan-hewan yang hidup sejak puluhan ribu tahun lalu yang berada di lokasi ini saat itu. Dahulu, hewan seperti badak, gajah, tapir datang ke Lembah Cimeta Citarum Purba dimana disanalah kehidupan berbagai faunan berukuran besar berada. Terjadinya imigrasi besar-besaran dari hewan purbakala ini karena faktor perubahan iklim yang ekstrim pada kawasan lintang tinggi.

Sisa-sisa fosil yang ditinggalkan berupa gigi tapir, gigi gajah, gading gajah yang masih utuhh, dll. Ada juga fakta menarik lainnya, yaitu lembah ini dahulunya merupakan Sungai Citarum Purba. Jadi Sungai Citarum yang kamu kenal saat ini sebetulnya adalah hasil dari penyumbatan Sungai Citarum Purba yang sekarang telah menjadi Lembah Cimeta Citarum Purba saat ini. Bagi anda yang tertarik untuk bisa berkunjung ke wisata ini, pengunjung harus masuk ke wilayah Desa KaryaMukti, Kecamatan Campaka, Jawa Barat. Lembah ini pun turut dikelilingi oleh kebun teh juga gunung dan lembah, ajib kan?