105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

96. Wisata Petik Strawberry

wisata petik strawberry

Wisata Petik Strawberry

Siapa yang tak suka buah strawberry? Tentu semua orang menyukai buah merah nan imut ini. buah strawberry kini banyak dibudidayakan di berbagai tempat yang memiliki tingkat kesejukan tinggi seperti wilayah pegunungan. Di kota Bandung misalnya terdapat beberapa kebun yang dijadikan sebagai tempat wisata petik strawberry. Saat akhir pekan tiba, sempatkan untuk datang berkunjung ke kebun wisata strawberry yang bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Bandung.

Salah satu wisata petik strawberry yang terkenal adalah di daerah ciwidey. Di kawasan wisata ini disediakan lahan yang cukup luas untuk tanaman strawberry. Suasana kebun yang cukup tenang ditambah dengan segarnya udara yang menerpa kulit membuat para pengunjung untuk betah berlama-lama ditempat ini. udara yang sejuk memang sangat cocok untuk tanaman buah strawberry, maka tak heran jika disekitar daerah ciwidey akan sangat mudah menjumpai banyak pedagang yang menjajakan buah strawberry.

Pada akhir pekan tiba, kebun buah strawberry banyak dikunjungi oleh para keluarga yang mengajak serta putra putrinya untuk belajar memetik buah strawberry. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kebun ciwidey ini disarankan untuk datang ketika musim kemarau tiba, karena kualitas buah strawberry jauh lebih bagus bila dibandingkan pada saat musim penghujan tiba. Saat musim penghujan, buah strawberry akan mudah busuk sehingga tidak tahan lama seperti saat musim kemarau.

Jika kamu ingin memetik buah strawberry sendiri nantinya akan dikenakan tarif sebanyak buah yang didapatkan, untuk harga strawberry sendiri rata rata sekitar Rp.35.000 hingga Rp.40.000/ gram. Namun harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. lokasi kebun buah strawberry ciwidey sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, meskipun lokasinya terbilang lumayan jauh dari pusat kota bandung sekitar 50 Km namun akses jalan yang harus dilalui cukup mudah.

jika kamu datang dari arah jakarta bisa langsung masuk melalui tol cipularang lalu keluar menuju gerbang buah batu Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju soreang dan daerah ciwidey. Nikmati keseruan liburan dengan memetik buah strawberry sendiri di kebun strawberry ciwidey Bandung.

97. Kawah Kamojang

Berjalan-jalan di kota Garut tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi beberapa objek wisata yang cukup terkenal didaerah ini, salah satu objek wisata yang banyak di buru oleh wisatawan adalah kawah kamojang yang berlokasi di daerah kamojang kecamatan samarang. Kawah ini terletak di bawah gunung sehingga suhu udaranya disekitar kawah cukup dingin menusuk tulang. Setiap harinya objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat semburan uap di beberapa titik wilayah kamojang.

kawah kamojang

Kawah Kamojang

Menurut para penjaga kawah tersebut, uap yang menyembur sangat baik bagi kesehatan terutama untuk kulit. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang jauh-jauh datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan secara langsung semburan uap lalu menghirup uap belerang yang menyembur tadi, dijelaskan bahwa uap tersebut mampu menyegarkan pernafasan. Selain digunakan untuk membantu menyegarkan pernafasan, uap tersebut juga digunakan untuk mandi uap yang cukup menyehatkan. Banyak pula dari para pengunjung yang datang membawa serta telur mentah untuk kemudian direbus dengan menggunakan air uap tersebut kurang lebih selama 10 menit.

Setelah melalui proses perebusan maka telur tersebut menjadi matang dan bisa langsung disantap, uap yang sering digunakan untuk berendam tersebut merupakan uap yang tidak agresif, sedangkan uap agresif berada di bagian bawah, maka dari itu sering terjadi semburan uap yang lumayan cukup kencang. Uap yang agresif terbilang cukup berbahaya bagi manusia oleh sebab itu, disekitar semburan diberikan pagar pembatas agar para wisatawan yang datang tidak berada terlalu dekat dengan semburan uap tersebut.

Untuk menuju objek wisata kawah kamojang akses jalan yang bisa dilalui cukup mudah, namun pada jalan tertentu terdapat akses jalan yang cukup terjal sehingga para pengendara patut berhati hati ketika melintasi jalan tersebut. meskipun harus dihadapkan dengan medan yang cukup sulit akan tetapi ketika melintasi daerah kamojang, kalian akan diperlihatkan dengan pemandangan alam yang cukup memanjakan mata terlihat pepohonan hutan pinus yang berjajar rapi nan hijau ditambah dengan area persawahan yang membentang luas.

98. Teropong Bintang Bosscha

Bagi anda yang sedang mencari wisata untuk rencana liburan bersama keluarga, maka Lembang bisa menjadi lokasi paling tepat untuk anda. Tentu saja karena Lembang sudah terkenal memiliki banyak sekali pariwisata menarik ditambah suasana tempatnya yang sejuk dengan pemandangan asri nan hijau. Namun jangan salah bahwa Lembang juga punya salah satu wisata dengan konsep menarik, dimana bukan hanya bisa bersenang-senang saja tapi wawasan baru pun bisa didapat. Apaan tuh?

teropong bintang bosscha

Teropong Bintang Bosscha

Dapatkan kesan liburan yang berbeda dan mendapat banyak ilmu baru mengenai astronomi Cuma di Teropong Bintang Bosscha. Wisata dengan nama lain Observatorium Bosscha Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang memadukan pariwisata dengan penelitian alam semesta khususnya ruang angkasa. Duh, pasti buat buah hati anda makin riang karena anak-anak pasti tertarik untuk bisa tahu seperti apa sih luar angkasa dan tata surya itu.
Tentu sesuai dengan namanya, Teropong Bintang Bosscha ini memiliki banyak fasilitas yang bisa menunjang pengunjung untuk bisa menerawang benda-benda luar angkasa. Wisata ini memiliki berbagai peralatan penelitian seperti teleskop sebanyak 5 jenis yang berbeda. Tentu saja 5 teleskop ini memiliki spesifikasi atau fungsi yang berbeda saat menerawang ruang angkasa. Nah, supaya gak penasaran berikut 5 jenis teleskop besar yang ada di pusat Observatorium Bosscha :

Teleskop Refraktor Bamberg
Buat kamu atau kerabat dekatmu yang penasaran banget dengan bulan atau bintang dan ingin bisa mengamati permukaan bulan secara langsung, maka anda bisa menggunakan teleskop ini. Refraktor Bamberg ini digunakan untuk pengamatan kawah bulan, pengukuran terang bintang, fotometri gerhana bintang.

Teleskop Refraktor Ganda Zeiss
Wah, kalo teropong ini bisa mengamati planet yang sangat jauh seperti Saturnus, Jupiter, hingga rekan terdekat bumi, Mars. Penelitian secara mendetail seputar bintang pun mengandalkan teropong ini.

Teleskop Schmidt Bima Sakti
Karena dilengkapi optik Schmidt maka teleskop ini bisa mengambil gambar langsung pada objek luar angkasa. Teleskop ini digunakan untuk mempelajari struktur Bima Sakti.

Teleskop Refraktor Unitron
Teropong Bintang Bosscha ini bukan hanya dikunjungi wisata sekeluarga dan anak-anak saja. Bahkan, mahasiswa ITB pun sering berkunjung untuk pratikum di bidang astronomi. Tentu saja karena wisata ini memiliki teleskop yang bisa mengamati matahari dan bulan.

Teleskop Cassegrain GOTO
Teropong ini berfungsi untuk mengukur kuat cahaya bintang dan mengamati spektrum bintang.

99. Kawah Domas

Siapa bilang kalau Gunung Tangkuban Perahu cuma ada pemandangan gunung doang? Buat yang belum pernah sama sekali ke wisata fenomenal ini maka bisa tuh didaftarkan ke list liburan pilihan kamu! Karena banyak banget lokasi wisata menarik pada satu tempat ‘mantan’ gunung berapi berkawah ini. Berhubung karena beberapa abad silam gunung tersebut sempat mengalami erupsi yang maha dasyat yang membuat gunung ini menyisakan kawah yang besar dan beranak.

kawah domas

Kawah Domas

Tentu saja maksud kawah yang sedang dibahas ini bukan sentral kawah dari Gunung Tangkuban Perahu saja, tapi masih banyak pula menyisakan kawah-kawah di sekitarnya. Ada 9 kawah gunung dari hasil erupsi ini, nama-nama kawah tersebut seperti :

– Kawah Domas
– Kawah Ekoma
– Kawah Ecoma
– Kawah Baru
– Kawah Lanang
– Kawah Siluman
– Kawah Ratu
– Kawah Jarian
– Kawah Pangguyangan

Gunung Tangkuban Perahu memang selalu menjadi destinasi terpilih dan favorit bagi pengunjung baik itu lokal hingga mancanegara. Hanya saja, kebanyakan yang identik dan diketahui secara umum bagi kita itu hanyalah Gunung Tangkuban atau Kawah Ratu. Padahal masih banyak lagi kunjungan menarik dari wisata dengan ketinggian 2.084 m di atas permukaan laut ini. Salah satunya yang belum terlalu banyak diketahui adalah Kawah Domas.

Kawah ini bisa melalui dua jalur, yaitu jalur parkiran Kawah Ratu atau parkiran Kawah Domas. Namun, bila ingin melewati akses yang lebih mudah dan terjangkau sangat disarankan melalui pariran Kawah Domas saja. Meskipun tetap harus melalui perjalanan setapak naik dan turun. Lumayan lah hari libur olahraga, itung-itung turunin kalori. Jadi, berkunjung ke wisata gini mah paling klop pas pagi atau agak siangan dikit lah.

Nah, usai sampai pada tujuan, di kawah ini kamu bisa menikmati rendam diri di kawahnya. Supaya gak malu diliatin banyak orang, yaudah kakinya aja lah ya. Tentu saja bukan hanya sekedar menikmati sensai hangat air pegunungan, kawah ini memiliki air yang mengandung belerang sehingga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan menyehatkan untuk kulit. Biasanya pengunjung sering membawa telur mentah juga buat direbus. Lumayan lah ngemil telur rebus sambil menikmati keindahan kawah.

100. Taman Bunga Cihideung

Bandung memang gak pernah kehabisan ide untuk meluapkan berbagai konsep wisata menarik bagi berbagai pengunjung. Bandung sendiri dikenal memiliki hawa yang sejuk, penduduknya yang ramah, dan disebut sebagai Kota Kembang. Selalu ada di beberapa pusat tertentu dimana anda bisa menikmati berbagai taman yang indah di kota bermatabat ini. TAPI tahukah kamu? Ada beberapa fakta menarik bahwa semua bunga yang ditemui di sekitar Bandung berpusat pada satu tempat loh.

taman bunga cihideung

Taman Bunga Cihideung

Tempat dimana berbagai bunga dan taman hias cantik dihasilkan, tepatnya di salah satu kawasan Bandung, yaitu Lembang. Di Lembang ini memiliki sentral utama taman bunga terbesar di Bandung dengan nama Taman Bunga Cihideung! Buat kamu yang ingin memanjakan mata dengan hamparan warna-warna segar bunga-bunga cantik, ngapain kamu jauh-jauh ke Eropa kalau Lembang pun memiliki hamparan bunga dan tanaman hias yang tak kalah cantiknya disana.

Berhubung sekarang sudah hampir menjelang tahun baru nih, YAY! Maka cepat-cepat rencanakan plan berliburmu dari sekarang. Sebagai hidangan liburan pembuka, Taman Bunga Cihideung bisa jadi lokasi pas untuk dikunjungi. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, gak jauh dari pusat Kota Bandung, kira-kira 15 km. Salah satu keistimewaan dari wisata ini adalah anda bisa berkunjung ke wisata ini dengan cuma-Cuma alias GRATIS! Wow!

Tentu saja meskipun tanpa dipungut biaya, kamu bakal terpesona sama pemandangan yang ada di Taman Bunga Cihideung ini. Ada bunga hias, tanaman hias, tanaman potong, semua flora cantik ada di tempat ini. Jadi, jangan lupa bawa kamera dan smartphone dengan kamera paling oke ya, buat selfie dan foto-foto cantik. Duh, tertarik nih pingin berkunjung kesana. Terus lokasinya dimana ya? seperti namanya tepat di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Lembang. Jalurnya samain aja dengan jalur ke Lembang pada umumnya.

Taman bunga dengan luas 50 hektar ini bahkan menyebarkan keindahannya sampai ke penduduk lokal disana. Jadi, jangan kaget bila selama perjalanan seluruh perjalanan disambut hangat dengan bunga-bunga bermekaran dan rumah warga yang cantikd dengan perkarangan bungannya. Anda pun bisa membeli langsung bunga-bunga cantik kepada mereka karena mayoritas warga bekerja sebagai penjual tanaman hias dan petani. Lumayan buat oleh-oleh, hihi.