105 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

101. Taman Bunga Parongpong

taman bunga parongpong

Taman Bunga Parongpong

Masih bingung mau ajak sekeluarga kemana menjelang libur akhir tahun? Atau sedang gelisah karena seluruh list wisata yang udah fix jadi semu karena kemarau duit? Sebetulnya persoalan seperti ini tidak harus dibawa drama, ada banyak kok pariwisata menarik dan bisa menjadi sarana refreshing bersama kerabat dan keluarga tanpa harus keluar budget lebih. Salah satu sumbernya ada di Bandung, Lembang. Dengan suasanan kawasan yang sejuk dan hijau, maka tak heran bila tempat ini didirikan banyak destinasi wisata unik dan asyik!

Dimulai dari D’Ranch, Kampung Gajah, Grafika Cikole, Farm House, dan masih banyak lagi. Tentu saja setiap wisata di Bandung mengambil berbagai konsep yang berbeda pada setiap tempatnya dan pastinya menarik wisatawan untuk bisa berkunjung kesana. Nah, salah satu wisata yang selalu ramai oleh pengunjung baik pada hari biasa maupun libur adalah Taman Bunga Parongpong. Wisata ini merupakan salah satu taman bunga yang berada di Desa Parongpong, Bandung, Jawa Barat.

Sambil menikmati hari santai saat libur panjang maka alangkah baiknya kalau cari-cari tempat yang sejuk dan menenangkan hati iya, kan? Oh yang pastinya menawarkan pemandangan yang indah pula. Siapa sih yang tidak suka taman bunga? Tentu hamparan bunga berwarna dengan kupu-kupu terbang dengan gembira merupakan pemandangan yang ingin kamu lihat, saat hari-hari kosong usai lelah beraktivitas. Suasana Taman Bunga Parongpong pun semakin dibuat betah karena para penduduknya lokalnya yang sangat ramah tamah kepada pengunjung dari manapun.

Taman bunga ini merupakan lokasi agrowisata sebagai tempat pembibitan beragam tanaman hias, hal inilah yang membuat taman ini memiliki beranekaragam bunga. Mawar, bonsai, bougenvil, anggrek, melati, dll akan menjernihkan kembali pikiran yang sudah penat akan bising dan kerasnya kota. Tentu saja di taman bunga ini pun tersedia berbagai kios bunga dan tanaman hias, jadi anda takka pulang dari rekreasi dengan tangan kosong. Bunga-bunga cantik dari Parongcitarumpong dijamin akan memperindah rumah kesayangan anda. Mengenai jalur lokasi wisata ini, dari terminal Ledeng tinggal lurus terus seperti jalur Lembang pada umumnya.

102. Wisata Seni Budaya Saung Angklung Mang Udjo

Indonesia memang memiliki beragam kebudayaan khas dan indah di setiap daerahnya termasuk Bandung, Jawa Barat. Bila membahas mengenai kebudayaan Bandung maka hal pertama yang tersirat dalam benak kita adalah angklungnya, jaipongan, dan wayang golek. Kebudayaan ini sangat dikagumi bahkan diakui oleh seluruh penjuru dunia. Hanya sayangnya budaya lokal semakin tersingkirkan dengan budaya luar yang bisa masuk dengan mudah sebagai dampak globalisasi.

saung angklung mang udjo

Saung Angklung Mang Udjo

Kondisi seperti inilah yang membuat salah satu tokoh paling menginspirasi, Udjo Ngalagena beserta istrinya, Uum Sumiati untuk bisa melestarikan budaya lokal Bandung dengan mendirikan wisata seni budaya Saung Angklung Mang Udjo. Wisata ini berdiri pada tahun 1966 dimana tujuan keberadaan saung ini supaya kebudayaan tradisional sunda tetap lestari dan dicintai seluruh generasi di Bandung dan Indonesia. Sepeninggal beliau, Saung ini terus bertahan bahkan berkembang dengan sangat pesat dan tersohor hingga penjuru dunia.

Terkadang hati sering terenyuh ketika menyaksikan generasi muda bangsa yang lebih mengakui kebudayaan luar daripada miliknya sendiri, di sisi lain berbagai wisatawan asing dengan antusias belajar angklung dan gamelan yang bahkan lebih mahir dari kita sendiri. Oleh karena itu, ayo habiskan waktu liburan anda bersama keluarga dengan kunjungan yang lebih bermanfaat dan berwawasan seperti wisata seni budaya Saung Angklung Mang Udjo.

Disana kamu bisa menyaksikan pertunjukan spetakuler seni khas Bandung dari jam 15.30 – 17.30. Dimulai dari lantunan angklung yang indah dan merdu, berbagai tarian tradisional, dan wayang golek pun turut memeriahkan panggung. Tapi, tentu saja tujuan saung bukan hanya mempertontonkan lalu pengunjung pulang dan selesai, pengunjung turut akan diajari langsung bagaimana cara memainkan alat musik tradisional terutama angklung, jadi dijamin begitu pulang kamu akan membawa pelajaran yang begitu berharga.

Jauh lebih berharga daripada sekedar oleh-oleh khas daerah, kamu peroleh langsung wawasan budaya yang tak ternilai harganya. Pertunjunkan yang dapat anda saksikan di Saung Angklung Mang Udjo, adalah sebagai berikut :

– Helaran
– Angklung Orkestra
– Menari Bersama
– Bermain angklung bebarengan
– Tari Topeng
– Demonstrasi Wayang Golek

103. Oray Tapa

Bandung merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia di kepulauan Jawa, sudah dikenal akan hawanya yang sejuk, penuh kembang, banyak jajanan enak, dan pastinya pilihan wisata yang menarik. Banyak sekali hal-hal yang menarik dari Bandung ini maka tak heran bila lokasi ini selalu jadi sasaran wisatawan Jakarta, Bogor, Tasik, dan sekitarnya untuk bisa berkunjung ke Bandung Kota Kembang ini. Salah satu wisata yang sering dikunjungi adalah Oray Tapa.

oray tapa

Oray Tapa

Bagi kamu yang dari Jakarta dan sekitarnya atau punya aktivitas sehari-hari yang penat, maka alangkah baiknya bila akhir pekan atau libur panjang dihabiskan untuk refreshing di tempat asyik dan sejuk, iya gak sih? Karena itu situs ini ngasih rekomen ke kamu buat yang lagi butuh wisata berlibur yang menawarkan pemandangan indah nan hijau, yaitu Oray Tapa. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Buat kita yang tinggal di kota-kota besar dan udah enek liat gedung tinggi, Oray Tapa bisa jadi wisata rekreasi paling cocok buat refreshing. Lokasi ini memiliki keindahan alami dari hutan campuran beserta pohon pinus dan cemara. Melihat pemandangan seperti ini pasti selama perjalanan jadi teringat lagu anak-anak “Naik-Naik ke Puncak Gunung” , banyak pohon cemaranya gitu. Selain memiliki hutan yang luas, udara sejuk dan adanya sumber air jernih siap memanjakan liburan kamu.

Dengan suhu sekitar lokasi rata-rata 19-26 derajat celsius sehingga ketika sampai ke tempat akan terasa hawa dinginnya brrr, jadi siap-siap bawa jaket ya! Lalu yang biasa menjadi pertanyaan para pengunjung ketika datang kesini, kenapa ya namanya Oray Tapa? Sebetulnya nama ini diambil dari bahasa sunda, oray artinya ular dan tapa yang berarti bertapa. Jadi, artinya ular bertapa. Masih belum diketahui secara pasti asal-usul dari nama ini.

Beberapa orang berpendapat karena bentuk jalan setapaknya yang meliuk-liuk seperti ular, tapi disisi lain ada yang mengaitkan nama ini dengan sejarah zaman kerajaan dahulu. Jadi masih banyak lagi hal-hal menarik dari objek wisata alam ini.

104. Perbukitan Karst Citatah

Lagi nyari tempat libur yang anti mainstream? Butuh rekreasi ke wisata yang identik dengan pemandangan indah dan gunung-gunung? Atau pusing sama hiruk pikuk kota dengan gedung-gedung tinggi yang bikin panas? Tenang aja anda bisa mencoba datang ke Kota Bandung yang memiliki banyak sekali objek wisata alam yang siap memanjakan mata kamu dengan pesona alam yang masih hijau dan asri. Contohnya saja seperti di Padalarang, dimana ada salah satu wisata bernama Perbukitan karst Citatah.

perbukitan karst citatah

Perbukitan Karst Citatah

Apa ada yang masih asing mendengar perbukitan ini? Perbukitan Karst Citatah berlokasi di Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Berada pada jarak 5 km dari Padalarang. Akses dan jaraknya pun terjangkau, terutama untuk yang sedang melewati Cianjur, Jakarta, Bogor lebih tepatnya yang melalui Jonggol pasti akan melewati kawasan ini. Selain tempatnya terjangkau, perbukitan Citatah juga memiliki relief pegunungan yang unik dan beda dari tempat lain.

Karst merupakan suatu pegunungan atau daerah yang kaya akan kandungan kapur, sehingga bila terjadi hujan atau ada genangan di sekitar permukaan karst akan membentuk bagian relief yang khas seperti stalagmit, stalagtit, dolina, gua, sungai, dan danau kecil, sebagai akibat dari zat kapur yang terlarut. Bila kamu mencoba berkunjung ke kawasan karst pasti memiliki kondisi dan relief yang unik. Ditambah kawasan karst ini tidak terlalu banyak di Indonesia, salah satunya ada di Perbukitan Karst Citatah.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya karena kondisi morfologinya yang unik karena sebagian komponen gunung adalah kapur, maka akan ada banyak sekali spot-spot menarik dan hasil jepretan yang berbeda dan unik. Jadi, bila berkunjung kesini, jangan lupa bawa hape atau kamera yang bagus yo! Selain klop buat foto-foto, bukit-bukit ini sangat menantang untuk kamu yang olahraga panjat tebing loh!

Salah satunya ada yang namanya tebing Citatah 48 dan 90, kalau 48 ada salah satu ciri yang khas dari bukitnya, yaitu ada sebuah tugu berbentuk pisau belati dan terlihat indah juga simbolik karena menancap tepat di puncak tebing, kalau yang 90, tebing ini memiliki ketinggian 90 meter dengan jenis batuan kapur. Bagi yang tertarik untuk memakai tempat tersebut harus dapat izin terlebih dahulu dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus ( Pusdipassus).

105. Lembah Cimeta Citarum Purba

Padalarang memang tidak pernah habis-habisnya memiliki sumber daya alam maupun panoramanya yang indah. Berhubung terletak tak jauh dari Bandung dan sekitarnya, jadi daerah ini sangat identik dengan daerahnya yang sejuk, pemandangan hijau, tumbuhan dan pepohonan tumbuh subur, dll. Tentu saja karena memiliki berbagai kawasan hijau dan alami inilah yang turut dimanfaatkan oleh berbagai penduduk setempat untuk bisa mendirikan pariwisata disana.

lembah cimeta citarum purba

Lembah Cimeta Citarum Purba

Hal inilah yang membuat Padalarang pun tak mau kalah dengan rekannya Lembang untuk bisa menawarkan objek wisata yang menarik bagi pengunjung. Salah satu pesona alam yang dimiliki Padalarang adalah Lembah Cimeta Citarum Purba. Lokasi wisata ini sangat dekat dengan wisata Arum Jeram Citarum. Objek wisata alam ini memiliki bentangan alam yang indah dan hawanya itu loh, ademm banget! Jadi, buat kita yang keseringan hidup di dunia AC sesekali boleh dong nikmatin angin alami sepoi-sepoi untuk spesial hari libur.

Tentu saja bukan Cuma memberikan bentangan alam yang indah saja tapi banyak sekali seluk beluk mengenai wisata ini, disamping merupakan tempat bersejarah karena banyak sekali hewan-hewan yang hidup sejak puluhan ribu tahun lalu yang berada di lokasi ini saat itu. Dahulu, hewan seperti badak, gajah, tapir datang ke Lembah Cimeta Citarum Purba dimana disanalah kehidupan berbagai faunan berukuran besar berada. Terjadinya imigrasi besar-besaran dari hewan purbakala ini karena faktor perubahan iklim yang ekstrim pada kawasan lintang tinggi.

Sisa-sisa fosil yang ditinggalkan berupa gigi tapir, gigi gajah, gading gajah yang masih utuhh, dll. Ada juga fakta menarik lainnya, yaitu lembah ini dahulunya merupakan Sungai Citarum Purba. Jadi Sungai Citarum yang kamu kenal saat ini sebetulnya adalah hasil dari penyumbatan Sungai Citarum Purba yang sekarang telah menjadi Lembah Cimeta Citarum Purba saat ini. Bagi anda yang tertarik untuk bisa berkunjung ke wisata ini, pengunjung harus masuk ke wilayah Desa KaryaMukti, Kecamatan Campaka, Jawa Barat. Lembah ini pun turut dikelilingi oleh kebun teh juga gunung dan lembah, ajib kan?