100 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

100 tempat wisata di Jogja terbaru dan terlengkap akan menjadi referensi yang tepat dan lengkap buat anda. Jogja adalah destinasi wisata paling terkenal di Pulau Jawa. Bahkan Obama (mantan presiden Amerika Serikat) datang ke Indonesia untuk berwisata. Selain mengunjungi Bali, Obama juga memilih Jogja sebagai tujuan wisata. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Jogja memang punya daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata, serta menawarkan banyak objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

“Butuh Rental Mobil & Paket Wisata Sekitar Jogja, Hubungi: 0857-2948-4540 (Wahyu)”

Obyek wisata terkenal dan populer di Jogja tersebar di banyak tempat. Fasilitas pendukung dan akomodasi cukup memadai di kota ini. Tidak hanya itu, kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata murah karena biaya makan dan biaya tempat tinggal cukup bersahabat. Bahkan, hotel di sekitar Jl. Malioboro juga masih ada yang menawarkan tarif Rp100.000 atau kurang dari itu.

Saat ini Jogja seperti menjadi tujuan wisata yang sangat pas, berbagai tempat wisata keren tersedia di sana, baik wisata baru maupun wisata yang sudah populer sejak lama. Kamu tinggal pilih salah satu obyek wisata yang paling kamu minati dari sekian banyak wisata di Jogja. Selanjutnya, kamu tinggal mengagendakan liburan ke Jogja bersama orang-orang yang kamu anggak spesial, entah itu teman-teman, keluarga, maupun pasangan kamu.

Sebelum berangkat untuk berwisata ke Jogja, maka sebaiknya persiapkan segala hal yang diperlukan. Apalagi bila kamu memang berniat menghabiskan waktu di sana, maka bekal yang dibutuhkan pun lumayan banyak. Mulai dari pakaian, makanan dan minuman, ransel khusus, kamera, dan lain sebagainya.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit juga menjadi penting, agar kamu bisa liburan secara maksimal. Apalagi bila obyek wisata yang dipilih terasuk kategori berat, seperti wisata di kawasan pegunungan yang memang membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi. Yang pasti, kamu harus tahu mana tempat wisata yang pas buat kamu, tentunya yang sekiranya bisa menyenangkan hati kamu.

Bagi kamu yang tertarik untuk datang dan menikmati wisata menarik di Jogja, berikut adalah 100 daftar tempat wisata di Jogja paling populer dan yang paling banyak dikunjungi.




Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Kalau kamu tertarik menjadikan Yogjakarta sebagai tujuan liburan, kamu harus mampir ke salah satu tempat wisata Jogja paling populer saat ini yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Yang cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat wisata ini berdiri di sebuah area dengan luas kurang lebih 11 hektar dan menawarkan tidak kurang dari 19 wahana permainan air yang seru dan menantang.

jogja bay waterpark
Jogja Bay Waterpark, foto: beautynesia.com

Diantara beberapa wahana permainan menarik yang ditawarkan adalah: Waterpark dengan tema Pirate. Disini kita bisa bermain air sepuasnya dengan konsep dunia bajak laut yang terlihat unik dan seru.

Ada juga berbagai macam slider dengan beragam ketinggian dan ukuran (panjang). Diantara beberapa contoh slider terkenal yang ada di tempat ini adalah: Volcano Coaster, Timo Timo Rider (memiliki 3 putaran pada lintasannya membuat kita merasa seolah terombang-ambing), Brando Bumeranggo, Bekti Adventure, Joilie Raft Rive, dll.

Selain berbagai wahana permainan untuk orang dewasa, Jogja Bay juga menyediakan berbagai Wahana menarik untuk anak-anak. Bahkan, fasilitas penunjang yang ada di tempat ini juga cukup lengkap ramah untuk segala usia.

Tidak ketinggalan, berbagai bentuk kegiatan menarik seperti petualangan, kegiatan yang bernilai edukasi, hingga pertunjukan spektakuler juga ada di sini. Di Jogja Bay, anak-anak bisa belajar dari simulasi bencana banjir, latihan menghadapi bencana bersama Basarnas, menyaksikan pertunjukan spektakuler, dan lain-lain.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia untuk kenyamanan para pengunjung diantaranya adalah:

    • VVIP Cabana
    • Gazebo
    • Panggung
    • Pool bar
    • Restoran
    • Layanan foto
    • Penyewaan loker
    • Penyewaan handuk
  • Shopping centre
  • Odong-odong
  • Resto dan Cafe
  • Mushola
  • Kamar mandi, dan area parkir yang cukup luas.

Harga tiket Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Pada hari biasa (Senin-Jumat)

  • Tiket Counter buka mulai pukul 09.00-16.00
  • Waterpark buka mulai pukul 09.00-18.00
  • Harbor Theater buka mulai pukul jam 09.00-22.00.

Sedangkan pada weekend (akhir pekan)

  • Tiket Counter buka mulai pukul 08.00-16.00
  • Waterpark buka mulai pukul 09.00-18.00
  • Harbour Theater buka mulai pukul pukul 09.00-22.00

Harga tiket bisa dibeli secara cash maupun dengan menggunakan credit card seperti Visa, MasterCard, BCA, maupun Mandiri.

  • Harga tiket dewasa dengan tinggi di atas 110 cm: Rp.90.000-100.000
  • Anak-anak dengan tinggi maksimal badan 110 cm: Rp.60.000-75.000

Alamat Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jl. Utara Stadion, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

De Mata Trick Eye Museum

Ini adalah destinasi wisata baru di Jogja yang cukup instagrammable dilengkapi dengan setidaknya 120 gambar 3 dimensi yang memenuhi area dinding dan basement gedung Umar Kayam Jogja. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengambil foto-foto keren yang mungkin selama ini tidak bisa kamu lakukan di dunia nyata.

the mata trick eye museum
The Mata Trick Eye Museum, foto: pakettourjogja.com

Disini kamu bisa melakukan hal-hal yang mustahil kamu lakukan seperti bermain-main dengan Panda yang lucu, tidur di atas paku tanpa terluka, kamu juga bahkan bisa berfoto di tembok besar China tanpa pergi ke Cina, atau berpose di depan Menara Eiffel tanpa pergi ke Paris.

Sebagian besar gambar-gambar 3 dimensi tersebut adalah hasil karya Petrus Kusuma yang mulai dilukis sejak tahun 2013, tepatnya di bulan Desember. Saat ini, De Mata Trick Eye Museum sudah dinikmati oleh ribuan bahkan jutaan pengunjung yang datang setiap hari.

Kamu yang baru pertama kali datang ke museum ini tidak perlu canggung untuk berpose karena sebenarnya di sana sudah tersedia foto berukuran kecil yang berfungsi sebagai ‘contoh pose,’ sehingga kamu pun akan dengan leluasa mengambil berbagai foto menarik di atas gambar-gambar 3 dimensi sehingga hasil foto akan lebih nyata.

Fasilitas

Museum 3 dimensi ini menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk para pengunjung mulai dari internet gratis dengan menggunakan WiFi yang bisa kamu manfaatkan untuk langsung mengupload foto ke sosial media, ada juga kantin yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bersantai sambil menikmati minuman dingin atau hangat serta berbagi cemilan dengan harga terjangkau.

Harga tiket masuk De Mata Trick Eye Museum

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul jam 10.00-22.00

  • Senin-Jumat 10.00-15.00 (De Mata 1, De Mata 2, De Arca, D’Walik) harga tiket untuk masing-masing ruangan adalah Rp30.000. Namun jika ingin membeli tiket terusan harganya sekitar Rp100.000.
  • Senin-Jumat 15.00-22.00 (De Mata 1, De Mata 2, De Arca, D’Walik) harga tiket masing-masing adalah Rp40.000. Tiket terusan Rp120.000. Harga tiket ini termasuk harga tiket di hari-hari libur nasional dan peak season.
  • Sedangkan bagi kamu yang kebetulan datang berkunjung di hari ulang tahun, kamu bisa masuk gratis tanpa membeli tiket.
  • Harga tiket parkir kendaraan roda dua: Rp2.000
  • Parkir kendaraan roda empat: Rp5.000
  • Parkir bus: Rp15.000

Alamat De Mata Trick Eye Museum Jogja

XT Square, XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Upside Down World Yogyakarta

Objek wisata yang berupa berbagai gambar latar belakang terbalik sebenarnya sudah tidak asing lagi karena beberapa negara telah terlebih dahulu mempopulerkan hal semacam ini. Di Indonesia sendiri, salah satu tempat di mana kita bisa menjumpai dunia terbalik (Upside Down World) adalah di Yogyakarta.

up side down world
Up Side Down World, foto: brobali.com

Tempat seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto unik untuk di-upload ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Di Yogyakarta, Upside Down World menggunakan konsep kehidupan sehari-hari menampilkan bagian-bagian dari sebuah rumah seperti dapur kamar tidur ruang makan, ruang tamu, dan tidak ketinggalan juga warung burjo yang menjadi salah satu icon kuliner di Jogja.

Terdapat setidaknya 12 ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan latar belakang terbalik. Berbagai ruangan tersebut dilengkapi dengan perabotan yang cukup lengkap, bahkan, tidak sedikit dari perabotan perabotan tersebut bener-bener asli bukan hanya sekedar gambar tempel saja.

Obyek wisata ini boleh dibilang sebagai destinasi wisata baru di Jogja yang cukup populer karena baru dibuka untuk umum mulai bulan Juni tahun 2016 lalu.

Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena berbagai perabotan yang ada di tempat tersebut ditempatkan sedemikian rupa dengan hendel yang cukup kuat dan aman. Pun begitu juga dengan foto-foto yang kita ambil, dijamin pasti menarik karena di sana ada petugas (guest assistance) yang akan membimbing atau mengarahkan pengunjung jika ingin mengambil foto di ruangan-ruangan tertentu.

Harga tiket masuk Upside Down World Yogyakarta

Objek wisata baru di Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-19.00.

  • Tiket masuk untuk dewasa: Rp80.000
  • Harga tiket masuk untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 135 cm: Rp40.000.
  • Biaya parkir kendaraan roda dua: Rp1.000
  • Biaya parkir kendaraan roda empat Rp4.000

Alamat Upside Down World Jogja

Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Lokasinya persis berada di depan Indomaret Casa Grande.

Kebun Buah Mangunan

Kalau kamu bosan berwisata ke Kaliurang-Jogja, kamu bisa mencoba pergi ke “Negeri Atas Awan” julukan yang paling tepat untuk sebuah destinasi wisata alam dan wisata petik buah di Bantul Yogyakarta yang lebih dikenal dengan nama Kebun Buah Mangunan.

kebun buah mangunan
Kebun Buah Mangunan,foto: wisatabagus.net

Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik muda maupun tua karena menawarkan pemandangan yang cukup spektakuler berupa perbukitan, lembah, plus sungai dan kabut yang menggantung.

Jika ingin menikmati suasana yang dramatis dengan pemandangan alam yang berkabut, ada baiknya kamu datang di pagi hari atau ketika musim hujan tiba.

Obyek wisata alam ini bisa dijangkau dari pusat Kota Jogja dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam berkendara. Kalau kamu datang pagi-pagi, ada baiknya kamu bawa bekal makanan dan minuman untuk sarapan, karena biasanya di pagi buta belum banyak warung yang buka.

Ini adalah destinasi wisata yang cocok banget buat kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan dan penatnya suasana di kantor. Karena pemandangan alam yang indah akan membuat fisik dan jiwa segar kembali.

Selain pemandangan berupa perbukitan yang menghijau, pada musim buah, kita bisa menikmati berbagai jenis buah seperti durian, jambu air, jeruk, mangga, hingga aneka tanaman buah lainnya.

Disini tersedia kurang lebih 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, hingga 200 tanaman buah lainnya. Berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini diantaranya adalah melihat proses pembibitan sapi, bermain flying fox, outbound, reflying, tersedia juga bumi perkemahan untuk camping, kolam renang untuk anak-anak, dll.

Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta diantaranya adalah: kolam renang, gedung pertemuan, penginapan atau homestay, dan lain-lain.

Tiket masuk obyek wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Namun tentu saja, kamu juga bisa datang pagi-pagi sekali misalnya pada pukul 06.00 jika ingin mendapatkan pemandangan dengan momen yang dramatis. Selain di pagi hari sama kamu juga bisa datang ke tempat ini di sore hari untuk menikmati sunset.

Untuk menikmati pemandangan alam yang indah tersebut, kamu harus membayar retribusi sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk biaya parkir, gratis.

Alamat Kebun Buah Mangunan Jogja

Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan

Selain Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, Kita juga bisa menikmati keindahan alam di Jogja dengan mengunjungi Hutan Pinus Mangunan. Ini adalah destinasi wisata baru lainnya yang cukup populer dan banyak diminati.

hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Mangunan, foto: tempatwisataindonesia.id

Tempat ini buka setiap hari. Berlokasi di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan Yogyakarta dan menempati tanah seluas 500 hektar. Ada banyak jenis pohon yang tumbuh subur membuat suasana sangat teduh dan menyenangkan. Diantara beberapa pohon yang terdapat di tempat ini adalah: pohon mahoni, pohon pinus, akasia, kemiri, dan pohon kayu putih.

Selain suasana hutan yang menenangkan, tidak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk mendatangi Sumber Mata Air Bengkung. Sebuah sumber mata air yang dipercaya sebagai tempat bertapa Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung seperti: ayunan hammock, gardu pandang, panggung pertunjukan, mushola, kamar mandi umum, dan juga tersedia warung-warung sederhana yang menawarkan aneka jenis makanan, termasuk makanan dan minuman ringan.

Tiket masuk obyek wisata Hutan Pinus Mangunan

Obyek wisata ini buka setiap hari termasuk pada hari hari libur. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam hutan pinus ini, kamu bisa masuk dengan gratis (free). Hanya saja, kamu akan dipungut biaya parkir jika membawa kendaraan roda dua atau roda empat.

  • Kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp3.000
  • Sedangkan kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp10.000

Alamat Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus ini beralamat di Kawasan Resort Pengelolaan Hutan, Mangunan. Untuk bisa sampai disana, kamu hanya perlu mengikuti jalan yang satu arah dengan situs makam raja-raja Imogiri.

Taman Tebing Breksi

Kalau kamu tertarik untuk menemukan sebuah spot unik berupa objek wisata di Jogja, kamu bisa berkunjung ke Tebing Breksi Jogja. Objek wisata ini baru dibuka pada tanggal 30 Mei tahun 2015. Namun tidak butuh waktu lama bagi obyek wisata ini untuk meraih popularitas di antara wisatawan lokal yang ingin menyaksikan keindahan alam serta keunikannya.

taman tebing breksi
Taman Tebing Breksi, foto: pojoksatu.id

Selain unik, objek wisata ini juga dikenal sebagai objek wisata yang menantang dan berbau petualangan. Di tempat ini terdapat tebing tebing tinggi yang curam terlihat sangat indah dan menarik.

Keindahan Tebing Breksi juga banyak dimanfaatkan oleh mereka yang sengaja ingin mengabadikan momen-momen tertentu seperti prewedding dengan latar belakang yang unik.

Jika ingin menikmati suasana dari atas tebing, kamu tidak perlu khawatir karena disini sudah tersedia barisan anak tangga yang akan mengantarkanmu ke bagian atas. Walau demikian, jumlahnya yang cukup banyak mengharuskanmu untuk ekstra hati-hati dan mempersiapkan tenaga yang banyak.

Dari puncak tebing, ada banyak pemandangan menarik yang bisa kamu saksikan mulai dari, Candi Sojiwan, Candi Barong, Candi Prambanan, bahkan Gunung Merapi, dll.

Saat pertama kali melihat obyek wisata ini, sekilas kita akan merasakan sensasi yang mirip-mirip dengan Grand Canyon di Amerika atau Brown Canyon di Semarang.

Harga tiket masuk obyek wisata

Objek wisata Tebing Breksi Jogja merupakan salah satu destinasi wisata murah meriah karena untuk masuk dan menikmati obyek wisata ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya alias gratis. Hanya saja, bagi pengguna kendaraan roda dua atau roda empat, mereka harus membayar tiket parkir sebesar Rp2.000 (kendaraan roda dua), sedangkan pengguna kendaraan roda empat harus membayar tiket parkir sebesar Rp5.000.

Alamat Taman Tebing Breksi Jogja

Lokasi: Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Jogja, kamu bisa mengambil rute ke arah Candi Prambanan. Saat sampai di pertigaan Pasar Prambanan, belok kanan ke arah Piyungan. Dari sana, objek wisata Tebing Breksi hanya tinggal 3 km lagi. Kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju ke Candi Ijo atau SDN Sambirejo.

Candi Prambanan

Saat berkunjung ke objek wisata Taman Tebing Breksi, kamu juga bisa menyempatkan diri mampir ke Candi Prambanan. Sebuah objek wisata yang cukup terkenal dan dianggap sebagai salah satu ikon wisata Jogja.

candi prambanan
Candi Prambanan, foto: cumicumiindonesia.blogspot.co.id

Ini merupakan Komplek candi yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai satu dari sekian situs warisan dunia selain Candi Borobudur. Sekedar informasi, Candi Prambanan merupakan candi Hindu, bukan candi Budha seperti Candi Borobudur.

Di tempat ini terdapat kurang lebih 240 candi yang beberapa diantaranya belum dipugar kembali karena masih roboh akibat gempa beberapa tahun yang lalu. Namun jangan khawatir, karena masih ada banyak candi yang berdiri tegak menawarkan pemandangan yang spektakuler, memberikan sebuah gambaran bagaimana kondisi dan budaya di Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu.

Candi Prambanan yang menempati tanah seluas 39,8 hektar ini bisa dikunjungi mulai dari pagi hari pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Selain menikmati keindahan Candi, wisatawan juga bisa datang berkunjung pada malam bulan purnama dimana biasanya akan dipertunjukkan sebuah atraksi budaya berupa Sendratari Ramayana mulai pukul 20.00-22.00.

Tiket masuk ke Candi Prambanan

Obyek wisata Candi Prambanan Buka setiap hari. Bagi para pengunjung, mereka harus membayar tiket masuk sebesar:

  • Rp30.000 untuk dewasa
  • Rp12.500 untuk anak-anak.

Alamat Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan sebenarnya berada di dua Kabupaten dan dua provinsi yaitu, Sleman-Jogja dan Klaten-Jawa Tengah. (Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY)

Jalan Malioboro

Malioboro dikenal sebagai ikon wisata Jogja. Ini adalah destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung karena menawarkan banyak hal mulai dari wisata belanja, wisata kuliner wisata budaya, dan bahkan tidak sedikit dari penginapan-penginapan yang ada di Jogja sebenarnya berlokasi di sekitar Jalan Malioboro itu sendiri.

jalan malioboro
Jalan Malioboro, foto: babe.news

Jalan Malioboro adalah destinasi wisata belanja yang cukup lengkap. Disini akan dengan mudah kita temukan pedagang kaki lima yang menawarkan beraneka ragam benda mulai dari kaos Jogja, baju batik, aneka buah tangan, makanan khas Jogja seperti gudeg atau bakpia, dan lain-lain.

Jalan Malioboro sebenarnya sudah buka mulai pagi hari (sekitar jam 10.00 WIB), Namun akan terasa lebih ramai jika kita berkunjung setelah ashar. Puncak keramaian akan terjadi pada malam hari. Di malam hari, selain menemukan pedagang kaki lima, kita juga biasanya akan disuguhkan berbagai atraksi budaya yang dilakukan oleh para pencinta seni dan pengamen.

Selain pedagang kaki lima, di Jalan Malioboro juga terdapat toko-toko besar serta Mall yang di depannya digelar dagangan kaki lima. Di dekat Jalan Malioboro terdapat beberapa bangunan tua peninggalan Belanda yang saat ini masih berdiri kokoh dan difungsikan sebagai kantor atau bank.

Selain dikenal sebagai destinasi wisata belanja, sebenarnya Malioboro juga banyak dikunjungi karena di tempat ini terdapat banyak penginapan-penginapan mulai dari hotel murah 100ribuan hingga hotel berbintang.

Pantai Parangtritis

Jogja tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan kuliner, melainkan juga memiliki banyak wisata alam yang menarik. Salah satu objek wisata menarik di Jogja yang ramai dikunjungi setiap hari adalah Pantai Parangtritis (paris) yang dikenal sebagai pantai paling populer di Jogja.

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis, foto: astonhotelsinternational.com

Pantai yang identik dengan Nyai Roro Kidul ini menawarkan keindahan pemandangan bahari yang mempesona. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan menarik seperti bermain ATV, menyaksikan sunset di sore hari, jalan-jalan naik kuda, atau, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lain berupa Candi Gembirawati yang berada di tebing sebelah timur. Candi tersebut bisa disaksikan apabila kamu mau naik sedikit ke jalan menanjak dekat Resort Hotel Queen of The South, sejauh kurang lebih 100 meter saja.

Pantai Parangtritis di mata masyarakat Jogja merupakan pantai yang cukup indah dan sering dijadikan sebagai tempat (spot) menyaksikan sunset.

Pantai ini bisa dinikmati dari pagi ke pagi lagi. Ya, ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis, wisatawan juga bisa menginap dengan menggelar tenda di pinggir pantai atau dengan memilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Di malam hari, wisatawan juga bisa menikmati jagung bakar dengan membeli dari beberapa penjual jagung bakar di sekitar pantai.

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis Jogja

Tiket masuk Pantai Parangtritis: Rp3.500

Tarif sewa ATV per setengah jam kurang lebih Rp50.000. Jika kamu tertarik untuk berjalan-jalan dengan menggunakan bendi (andong), tarifnya kurang lebih Rp20.000 per jam. Kamu juga bisa berkeliling dengan menunggang kuda dengan tarif Rp80.000 per jam.

Biaya parkir kendaraan roda dua yang resmi adalah Rp1.000, Rp2.000 untuk mobil, dan Rp5.000 untuk kendaraan seperti bus. Sedangkan parkir tidak resmi, biasanya mengenakan tarif yang cukup tinggi mulai dari Rp3.000-Rp10.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp10.000-Rp20.000 untuk parkir kendaraan roda 4.

Alamat Pantai Parangtritis

Lokasi: Parangtritis, Kretek, Bantul, D.I. Yogyakarta

Pantai Drini

Pantai Drini dikenal memiliki dua karakter yang dipisahkan oleh batu karang. Di sebelah barat pantai ini dikenal memiliki ombak yang cukup besar khas ombak dari Samudra. Sebaliknya, di sisi sebelah timur cenderung lebih tenang dengan pantai yang luas dan lebar.

pantai drini
Pantai Drini, foto: mokayatour.com

Pantai ini dinamakan Pantai Drini karena di tengah-tengah pantai terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Drini. Pulau kecil tersebut diberikan nama “Drini” karena di sana terdapat pohon santigi yang dalam istilah setempat disebut “drini.”

Selain menikmati suasana dari pantai, sebenarnya wisatawan juga bisa naik ke atas pulau kecil tersebut. Sudah tersedia tangga yang terbuat dari beton sehingga cukup mudah untuk mencapai bagian atas.

Karakter Pantai Drini cukup garang dengan ombak yang besar serta air laut berwarna jernih (hijau kebiru-biruan). Pasir pantai di tempat ini berwarna hitam kecoklatan.

Pantai Drini sendiri adalah sebuah perkampungan nelayan yang masih memanfaatkan kapal tradisional untuk menangkap ikan. Namun yang menarik, selain perahu-perahu yang tertambat di pinggir pantai, disana juga terdapat beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat singgah atau beristirahat saat matahari bersinar dengan terik.

Di sekitar pantai ada banyak warung-warung makan yang menjajakan kuliner seafood, nasi goreng, bakmi jawa, es kelapa muda dan berbagai jenis makanan maupun minuman ringan. Tidak jauh dari pantai, juga terdapat toko cinderamata yang menawarkan aneka rupa buah tangan mulai dari kaos hingga kain pantai.

Tiket masuk Pantai Drini

  • Harga tiket masuk ke pantai ini tidak terlalu mahal. Per orang akan dikenakan biaya sekitar Rp10.000.
  • Biaya parkir motor, Rp2.000
  • Parkir roda empat, Rp5.000

Alamat Pantai Drini

Pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat Kota Jogja, kurang lebih 60 KM. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2-3 jam. Alamatnya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai Nglambor

Pantai di Jogja yang banyak dikunjungi oleh para diver atau pencinta keindahan bawah laut adalah Pantai Nglambor. Pantai ini dikenal sebagai akuarium semesta yang memiliki koleksi biota laut yang cukup banyak sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling atau diving di tempat ini.

pantai nglambor
Pantai Nglambor, foto: aastudentguide.com

Walaupun memiliki ombak khas Samudra Hindia yang ganas dan besar, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada 2 buah batu karang berukuran raksasa yang diberi nama Watu Kalong dan Watu Kumpul yang akan mem-block ombak sehingga kita bisa menikmati suasana dengan lebih tenang dan nyaman.

Untuk bisa sampai di pantai, kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat Kota Jogja. Untuk bisa sampai di dekat pantai, jalannya tidak begitu mulus dan agak curam. Jika ingin aman, ada baiknya kamu memilih jalan kaki atau menyewa objek yang memang sudah berpengalaman untuk mengantarkanmu hingga ke pantai daripada membawa kendaraan sendiri karena cukup berbahaya.

Di pantai ini, kamu akan disambut oleh beberapa kawanan anak muda yang menawarkan berbagai peralatan snorkeling, karena memang rata-rata wisatawan yang datang ke tempat ini sengaja bermaksud untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

Terumbu karang dan pantai ini terlihat cukup terawat karena masyarakat setempat peduli pada lingkungan serta menjaga pantai ini dengan menggalakkan budidaya berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan biota laut.

Yang unik, masyarakat setempat masih sering melakukan tradisi “ngelangi” yaitu sebuah upacara sedekah laut. Selain upacara tersebut, masyarakat setempat juga melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai. Siapa pun hanya boleh menangkap ikan setahun sekali di tempat ini.

Tiket masuk Pantai Nglambor Jogja

  • Tidak ada tiket masuk khusus yang dipungut ketika memasuki Pantai Nglambor. Hanya saja, kita akan dipungut biaya retribusi Pantai Siung sekitar Rp5.000.
  • Pengguna kendaraan roda dua harus membayar parkir sebesar Rp2.000
  • Sedangkan mereka yang membawa kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp5.000.

Jika kamu menggunakan jasa ojek untuk mengantarkanmu hingga ke pantai, biayanya kurang lebih Rp5.000.

Jika tertarik menyewa peralatan snorkeling, harganya berkisar antara Rp35.000-Rp50.000.

Alamat Pantai Nglambor

Lokasi: Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Ngandong

Masih di wilayah Tepus Gunung Kidul, disini juga terdapat pantai lainnya yang cukup cantik dan mempesona dengan pemandangan alam yang indah serta air laut dan pasir yang bersih. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ngandong oleh masyarakat sekitar. Karena belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, tidak heran apabila masih jarang orang yang datang ke tempat ini.

pantai ngandong
Pantai Ngandong, foto: oknusantara.com

Walaupun tidak terlalu terkenal, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Hanya saja karena lokasinya yang sedikit tersembunyi dan membutuhkan usaha untuk bisa sampai di sana, membuat pantai ini jarang didatangi.

Pantai Ngandong dikenal sebagai destinasi wisata pantai untuk menyaksikan sunset yang spektakuler.

Seperti yang telah diungkapkan di atas, untuk bisa sampai di pantai, kita akan melewati jalan berbatu dan hutan dengan pohon-pohon yang lumayan besar di kiri dan kanan. Akan tetapi, perjalanan menuju pantai tetap menyenangkan karena pemandangan di sepanjang perjalanan cukup menarik.

Pantai ini memang tidak terlalu luas, namun itulah salah satu kelebihannya. Siapapun yang berkunjung akan merasakan sensasi yang berbeda ketika berada di pantai ini. Pantai ini mengingatkan kita pada pantai-pantai kecil dan mungil seperti Pantai Padang-padang di Bali.

Tiket masuk ke Pantai Ngandong

Sebelum sampai di pantai, wisatawan akan dipungut biaya di pos retribusi per orang sebesar Rp10.000. Biaya retribusi tersebut tidak hanya untuk Pantai Ngandong melainkan juga untuk beberapa pantai lainnya yang berlokasi dekat dengan pantai ini.

Fasilitas dan alamat Pantai Ngandong

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai, hanya terlihat beberapa gubuk yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat. Hotel dan penginapan sebenarnya sudah ada di sekitar pantai, berupa rumah-rumah panggung yang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Begitu juga dengan warung-warung, tidak sulit untuk menemukan warung-warung yang menjual aneka ragam kuliner termasuk es kelapa muda dan lain-lain.

Alamat Pantai Ngandong Jogja tepat berada di, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Sesuai dengan namanya, Gumuk Pasir adalah sebuah padang pasir yang lumayan luas, lengkap dengan bukit-bukit pasirnya. Lokasi Gumuk Pasir dekat dengan muara Sungai Opak dan tidak jauh dari Parangtritis.

gumuk pasir parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo, foto: traveliday.com

Padang pasir yang lumayan luas ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, dalam bahasa Jawa, “gumuk” berarti gundukan atau tumpukan. Lalu bagaimana pasir tersebut bisa berada di tempat yang tidak biasa ini?

Menurut penelitian, pasir yang ada di tempat ini datang dari beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta Pantai Parangtritis dan dua buah kali yaitu Kali Opak dan Kali Progo.

Sebagian besar pasir-pasir tersebut merupakan material yang dilepaskan oleh gunung vulkanik dan kemudian terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Tentu saja proses tersebut tidak hanya terjadi dalam waktu singkat melainkan sudah berlangsung sejak ribuan tahun.

Luas padang pasir ini mencapai 2 km persegi, bermuara di Pantai Parangtritis dan berakhir di pantai Depok. Jika berkunjung ke tempat ini, wisatawan wajib membekali diri dengan topi karena suhu udara di sana lumayan panas. Sebaliknya, pada malam hari suhu udara terasa sangat dingin.

Kegiatan utama para pengunjung yang datang ke tempat ini adalah bermain ski di atas pasir (sandboarding). Dari bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, pengunjung bisa meluncur ke bawah sejauh 200 m.

Harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati fenomena Gumuk Pasir, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 saja. Namun apabila ingin mencoba sensasi berselancar di atas pasir, kamu perlu menyiapkan budget yang lebih banyak. Harga sewa peralatan sand boarding kurang lebih Rp200.000 per orang dengan durasi penyewaan kurang lebih 2 jam.

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo

Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup lengkap mulai dari toilet warung makan, dan tersedia juga toko souvenir sebagai pusat oleh-oleh.

Hutan Pinus Pengger

Selain Hutan Pinus Mangunan sebenarnya kita juga bisa menikmati keindahan alam berupa hutan di hutan Pinus Pengger. Lokasi hutan pinus ini sangat dekat dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan, masih berada di kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

hutan pinus pengger
Hutan Pinus Pengger, foto: joglowisata.com

Namun berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, hutan Pinus Pengger dikenal memiliki lebih banyak spot selfie sehingga pengunjung pun bisa dengan lebih leluasa mengabadikan berbagai momen menarik untuk diunggah ke sosial media atau sebagai koleksi pribadi.

Alam di tempat ini terasa begitu sejuk dan menyenangkan karena pohon-pohon pinus membuat suasana menjadi lebih teduh. Salah satu spot selfie paling diburu adalah sarang burung raksasa yang berada di salah satu sudut hutan pinus ini, dimana pada malam hari kita bisa langsung menyaksikan lampu-lampu rumah-rumah di kejauhan.

Selain itu, tentu saja masih banyak spot menarik lainnya seperti rumah pohon, tangga-cinta, jembatan pohon, dan lain-lain.

Pada malam hari pengunjung bisa menggelar tenda jika ingin menginap. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunrise.

Tiket masuk hutan Pinus Pengger

Untuk bisa masuk ke wisata baru yang lagi ngehits di Yogyakarta ini, kamu hanya perlu merogoh kocek untuk biaya parkir saja. Untuk pengguna kendaraan roda dua, biaya parkirnya kurang lebih Rp3.000. Tapi kalau kamu membawa mobil, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10.000.

Alamat hutan Pinus Pengger

Lokasi: Terong, Dlingo, Bantul, DIY.

Pantai Pulau Kalong

Pantai baru yang sedang naik daun di Yogyakarta adalah Pantai Pulau Kalong. Pantai ini cukup banyak dibahas oleh netizen karena keindahan dan keunikannya. Nama asli Pantai Pulau Kalong adalah Pantai Sinden, memiliki keunikan yang mirip dengan Pantai Timang, yang memiliki jembatan gantung dan gondola. Hanya saja, Pantai Pulau Kalong memiliki jembatan yang lebih pendek dibandingkan dengan jembatan gantung di Pantai Timang. Sehingga tidak heran apabila biaya untuk naik ke jembatan gantung ini juga lebih murah.

pantai pulau kalong
Pantai Pulau Kalong, foto; asmarainjogja.id

Sebagian besar wisatawan memang tertarik untuk mencoba menyeberang dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari tali tambang dan kayu tersebut. Sekilas kita akan melihat sebuah jembatan yang cukup ekstrim dengan gelombang laut yang ganas di bagian bawah. Namun disitulah tantangannya, bagi yang bernyali, mereka bisa dengan leluasa menyeberang ke pulau kecil yang ada di tengah laut.

Alamat Pantai Pulau Kalong

Dinamakan Pantai Pulau Kalong karena menurut masyarakat sekitar, konon di pantai ini terdapat banyak kalong atau kelelawar. Selain banyak wisatawan yang ingin mencoba melewati jembatan yang ada di tempat ini, sebenarnya pantai ini juga banyak dikunjungi oleh para pencinta kegiatan memancing karena di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa spot pancing yang menawarkan aneka rupa ikan berukuran besar.

Alamat Pantai Pulau Kalong berada di, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gungkidul.

Tiket masuk Pantai Pulau Kalong

Bagi para pengunjung, mereka akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp6.000 per orang sebelum bisa menikmati keindahan pantai. Biaya retribusi tersebut sudah termasuk biaya retribusi untuk Pantai Jungwok dan Pantai Sinden.

Namun jika ingin mencoba jembatan gantung yang ada di tempat ini, kita harus merogoh kocek lebih dalam, sekitar Rp25.000.

Pantai Timang

Pantai Timang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan sebagai tujuan wisata ekstrim dibandingkan dengan Pantai Pulau Kalong. Karena di tempat ini terdapat sebuah gondola (gantole) yang bisa mengantarkan kita dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil yang terdiri atas batu karang sejauh kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 9-11 meter.

pantai timang
Pantai Timang, foto: restusepuh.co.id

Untuk menuju Pantai Timang, jalan yang kita lalui lumayan sulit, walau demikian, semuanya akan terbayar setelah sampai di bibir pantai dimana pemandangan yang akan kita saksikan sangat mempesona. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air berwarna biru jernih.

Saat menjejakkan kaki di Pantai Timang, kita bisa memilih apakah ingin menikmati suasana pantai yang berpasir atau menikmati suasana bukit-bukit batu karang yang terjal di sisi yang berlawanan.

Sebagian besar wisatawan memang lebih tertarik untuk bermain-main di salah satu sisi pantai ini yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang karena di sanalah terdapat gondola yang menghubungkan antara bibir pantai dengan sebuah batu karang berukuran cukup besar yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang. Namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang.

Gantole ini sebenarnya oleh masyarakat sekitar sengaja dimanfaatkan untuk menyeberang ke Pulau Timang karena di Pulau Timang ada banyak lobster berukuran besar yang bisa ditangkap untuk dijual.

Sedangkan bagi para wisatawan, ini adalah tantangan menarik bagi mereka selain untuk menguji nyali, ternyata Pulau Timang sendiri memberikan pengalaman berwisata yang sungguh menakjubkan karena pemandangan dari sana sangat elok dan mempesona.

Tiket masuk Pantai Timang

Untuk menikmati suasana di tempat ini, wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp50.000. Namun jika ingin mencoba gantole atau gondola, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam sekitar Rp200.000. Lumayan mahal, namun akan terasa sebanding dengan sensasi yang akan kamu rasakan.

Alamat Pantai Timang

Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Citra Grand Mutiara Waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark adalah salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh masyarakat Jogja. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang menyenangkan dan seru.

citra grand mutiara waterpark
Citra Grand Mutiara Waterpark, foto: citragrandmutiarayogyakarta.com

Tema yang diusung oleh Waterpark Citra Grand Mutiara adalah Treasure Adventure. Tempat ini mulai dibuka pada tanggal 15 Juli tahun 2015 lalu.

Konsep yang diusung adalah eduwisata sehingga para pengunjung bisa berwisata sambil belajar. Diantara beberapa fasilitas dan wahana permainan yang tersedia antara lain:

  • 2 kolam untuk anak-anak.
  • 1 kolam untuk dewasa, dan.
  • 1 kolam renang di olympic untuk dewasa
  • Terdapat lima jenis perosotan (slide) dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap pengunjung yang datang dilarang membawa makanan maupun minuman dari luar karena di dalamnya sudah tersedia food court yang menawarkan berbagai jenis kuliner dengan harga bersahabat mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

Beberapa fasilitas lain yang tersedia di tempat ini diantaranya adalah, kamar mandi atau ruang ganti, tempat ibadah, penyewaan pelampung, tempat parkir, gazebo, dan lain-lain.

Tiket masuk Citra Grand Mutiara Waterpark Jogja

Harga tiket masuk untuk anak-anak yang tingginya berada di bawah 80 cm dan lanjut usia di atas 60 tahun: gratis.

Pada hari-hari biasa, harga tiket: Rp45.000. Sedangkan pada akhir pekan, harga tiket: Rp70.000.

Alamat Citra Grand Mutiara Waterpark

Perumahan Citra Grand Mutiara, Diamond Hill, Jalan Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman.

Galaxy Waterpark Jogja

Galaxy Waterpark adalah alternatif tempat bermain air untuk keluarga di Jogja selain Citra Grand Mutiara Waterpark, Tirta Tamansari Water Byurr, dan Balong Waterpark. Galaxy Waterpark resmi dibuka untuk umum mulai bulan Desember tahun 2014, diresmikan oleh wakil bupati Bantul.

galaxy waterpark jogja
Galaxy Waterpark Jogja, foto: specindo.com

Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air di tempat ini mulai dari:

  • Kolam arus
  • Kolam renang
  • Kolam Olympic
  • Kolam untuk balita
  • Playground
  • Water slide
  • Tersedia juga sarana outbound seperti flying fox

Beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya adalah kafetaria, WiFi gratis, mushola, ruang ganti, dan lain-lain.

Terdapat 2 slide untuk remaja dan orang dewasa yang memiliki ketinggian 10 meter di tempat ini. Bagi yang menyukai tantangan, Galaxy Waterpark juga telah menyediakan wahana menantang berupa body slider, yang bisa dimanfaatkan untuk meluncur tanpa menggunakan alat seperti ban atau pelindung.

Harga tiket masuk Galaxy Waterpark

Waterpark ini buka setiap hari termasuk pada hari-hari libur nasional. Di hari-hari biasa, pengunjung bisa masuk mulai pukul 08.30-pukul 17.00. 30. Sedangkan pada akhir pekan pengunjung bisa datang lebih awal karena water park buka mulai pukul jam 08.00 dan tutup lebih telat, yaitu pada pukul 18.00.

Harga tiket masuk hari senin-Jumat: Rp20.000 sedangkan pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) harga tiket masuk untuk anak-anak Rp25.000 dan untuk orang dewasa Rp30.000. Tiket sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja.

Jika membawa rombongan berisih 15-24 orang, biasanya akan mendapatkan diskon sebesar 15% . Namun apabila rombongan yang dibawa datang dalam jumlah yang lebih besar, misalnya 50 sampai 100 orang, maka diskonnya bisa mencapai 25%.

Pengelola tidak memperkenankan pengunjung untuk membawa makanan maupun minuman sendiri dari luar, sebaliknya, pengelola menawarkan alternatif nasi kotak dengan harga yang terjangkau antara Rp7.500 hingga rp17.000.

Alamat Galaxy Waterpark Jogja

Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Banguntapan, Baturetno, Banguntapan, Bantul.

Goa Pindul

Goa Pindul atau yang dikenal dengan sebutan Cave Tubing Goa Pindul adalah destinasi wisata yang menarik dan unik di Jogja menawarkan aneka petualangan yang menantang sekaligus menyenangkan. Bagi kamu para pencinta alam, kamu wajib mencoba berwisata ke Goa Pindul jika suatu saat nanti main-main ke Jogja.

goa pindul
Goa Pindul, foto: paketwisatajogja.net

Gua Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak diminati karena menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan dengan wisata alam lainnya. Di sini, para wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah di dalam gua dengan menggunakan ban. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang cantik dan mempesona.

Eksotisme gua adalah sajian utama yang akan dinikmati oleh para wisatawan. Panjang lintasan yang dilalui kurang lebih 300 meter. Di gua ini terdapat ornamen-ornamen dan stalaktit yang akan membuat siapapun merasa takjub saat menyaksikannya.

Arus di tempat ini cukup tenang sehingga aman bagi para wisatawan. Selain arusnya yang tenang, terdapat juga pemandu yang sudah cukup berpengalaman, yang akan menjamin keselamatan para peserta.

Harga tiket masuk Goa Pindul

Setiap hari mulai pukul 07.00 pukul 16.00. Yang ingin menikmati eksotisme goa ini, mereka harus membayar tiket sebesar Rp35.000 per orang. Saat ini sudah tersedia banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Goa Pindul dengan harga terjangkau. Sebagian besar dikelola oleh masyarakat setempat (Gunung Kidul).

Diantara beberapa penyedia jasa wisata ke Goa Pindul yang bisa kamu coba diantaranya adalah:

  • Wirawisata
  • Tuna wisata
  • Panca wisata
  • Dewa Bejo
  • Goa Pindul info, dan lain-lain.

Alamat objek wisata Gua Pindul Jogja

Lokasi: Desa Gelaran 1 Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Pantai Depok

Pantai ini lokasinya kurang lebih 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai Depok ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup dekat sehingga cukup mudah dijangkau. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini selain ingin menikmati suasana pantai, rata-rata juga datang karena tertarik dengan kuliner seafood-nya yang terkenal.

pantai depok
Pantai Depok, foto: jejakpiknik.com

Ya, sejak dahulu, Pantai Depok merupakan salah satu pusat kuliner makanan laut karena pantai ini memang menghasilkan cukup banyak ikan dari hasil melaut para nelayan.

Diantara beberapa hidangan seafood yang kerap diburu oleh para wisatawan adalah kakap putih, kakap merah, ikan cakalang, kepiting, udang, hingga cumi-cumi. Rata-rata aneka hidangan seafood tersebut diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dimasak.

Selain bisa menikmati hidangan langsung di pinggir pantai, pengunjung juga bisa membeli aneka hasil tangkapan laut para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di dekat pantai.

Setelah puas menikmati keelokan Pantai Depok dan nikmatnya kuliner seafood yang ada di tempat tersebut, wisatawan pun bisa dengan mudah melanjutkan petualangan untuk mengunjungi beberapa pantai cantik yang lokasinya tidak jauh dari pantai Depok. Diantara pantai-pantai yang sering dikunjungi setelah menikmati kuliner di pantai Depok adalah:

  • Pantai Parangkusumo
  • Pantai Parangtritis
  • Objek wisata Gumuk Pasir, dll.

Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat taman wisata berupa waterpark yang menyediakan 3 kolam renang termasuk untuk anak-anak. Namun sayangnya, jalan menuju ke waterpark ini mulai terlihat rusak dan tidak terawat dengan baik.

Fasilitas dan akomodasi Pantai Depok lumayan lengkap, terdapat sebuah masjid tidak jauh dari pantai, kamar mandi, terdapat penyewaan tikar, tempat parkir motor dan mobil yang lumayan luas, warung makan, sewa ATV, termasuk juga penginapan yang bisa kita temukan dengan mudah di dekat pantai. Hanya saja penginapan yang ditawarkan hanya sebatas penginapan kelas melati berupa sebuah pondok dengan empat pilihan gubug.

Harga tiket masuk Pantai Depok Jogja

Bagi kamu yang tertarik datang ke pantai ini kamu hanya perlu merogoh kocek: Rp4.000 Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua (2 penumpang), atau Rp5.000 per orang yang jika kamu membawa mobil.

Alamat Pantai Depok Jogja

Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DIY.

Candi Ratu Boko

Jogja merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak situs situs peninggalan berupa candi baik itu candi Hindu maupun candi Budha. Selain Candi Prambanan, salah satu candi yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh Wisatawan adalah Candi Ratu Boko.

candi ratu boko
Candi Ratu Boko, foto: bolehtanya.com

Menurut penelitian, Candi Ratu Boko adalah bekas komplek istana, yang terbagi-bagi menjadi beberapa bangunan. Bagi wisatawan, Kompleks Candi Ratu Boko merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang cantik.

Lokasinya yang berada di perbukitan adalah alasan mengapa tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menyaksikan sunset. Bahkan, dari ketinggian kita bisa menyaksikan langsung kota Jogja dari kejauhan.

Karena ini adalah bekas istana, maka tidak heran apabila kompleks percandian ini menempati tanah yang cukup luas (kurang lebih 250.000 meter persegi). Diantara beberapa bangunan yang terdapat di dalam komplek Candi antara lain:

  • Gapura utama di bagian tengah
  • Pintu masuk Kompleks
  • Kolam
  • Lapangan
  • Candi Pembakaran, dan
  • Terdapat juga Paseban

Suasana di siang hari terasa sangat panas menyengat, sama seperti ketika kita mengunjungi Candi Prambanan. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke tempat ini, ada baiknya menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan bisa menyerap keringat, lindungi kulitmu termasuk tabir surya, atau jika perlu, bawa payung serta topi.

Tiket masuk Candi Ratu Boko

Bagi wisatawan yang tertarik untuk masuk ke pelataran candi, ada dua kategori tiket yang disediakan yaitu :

  1. Tiket reguler: 25.000 (Sudah termasuk biaya parkir). Tiket ini hanya berlaku hingga jam 03.00 sore.
  2. Sedangkan untuk tiket paket sunset: Rp100.000

Jika hanya ingin menikmati suasana sunset dengan tiket harga reguler, kamu bisa datang antara pukul 02.00 atau pukul 03.00 sore.

Alamat Candi Ratu Boko

Alamat: Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah sebuah istana yang cukup luas dan besar, mencerminkan budaya dan cosmos Jawa. Sebagian besar arsitektur keraton masih menggunakan arsitektur tradisional Jawa. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790 dan hingga saat ini masih berdiri tegak meninggalkan banyak bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh bertahan.

keraton yogyakarta
Keraton Yogyakarta, foto: gudeg.net

Bangunan ini sepenuhnya masih menampilkan nuansa-nuansa kuno yang elegan dan menarik. Tidak jauh dari komplek istana, terdapat alun-alun yang oleh masyarakat Jogja dikenal sebagai Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan. Yang unik, disana terdapat beringin kembar yang dipercaya apabila kita berjalan dari ujung utara dan bisa menembus diantara beringin kembar tersebut, maka itu mengindikasikan kita memiliki hati yang lurus dan baik.

Bagi para pengunjung, selain bisa menyaksikan langsung kemegahan keraton dan arsitekturnya, mereka juga bisa menyaksikan bagaimana kehidupan di dalam keraton yang terdiri atas dayang-dayang, para pengawal atau abdi dalem, museum keraton, museum batik, hingga pertunjukan budaya seperti karawitan, wayang kulit wayang orang, macapat, dan lain-lain.

Tiket masuk Keraton Jogja

  • Wisatawan bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta setiap hari kecuali jika ada upacara adat.
  • Keraton buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 12.00 siang
  • Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang
  • Pengunjung tidak boleh memakai topi atau kacamata hitam saat berkunjung

Lokasi Keraton Yogyakarta

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Green Village Gedangsari

Seperti namanya, Green village adalah tempat wisata yang menawarkan nuansa alam yang indah dan hijau, mampu memberikan kesejukkan setiap mata yang memandang. Para wisatawan bisa datang mulai pagi hari hingga senja.

Green Village Gedangsari, foto: sportourism.id

Tidak hanya ramai dikunjungi pada siang hari, tempat wisata ini juga banyak didatangi pada sore hari karena Green village dikenal sebagai salah satu spot menyaksikan sunset yang indah memukau.

Ada banyak gazebo yang tersedia di tempat ini untuk beristirahat dan untuk menikmati keindahan alam yang tersaji berupa bukit, pegunungan, serta lembah.

Suasana di tempat ini sangat nyaman dengan udara yang sejuk. Bagi kamu yang tertarik untuk datang, ada baiknya kamu menyiapkan pakaian hangat berupa jaket, terlebih jika kamu berencana tinggal hingga sore hari untuk menyaksikan sunset.

Lokasi Green village gedangsari berjarak kurang lebih 40 km dari kota Jogja. Waktu tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan.

Tiket masuk Green village gedangsari

Untuk masuk dan menikmati keindahan alam di tempat ini, sebenarnya pengunjung tidak dikenakan biaya. Hanya saja, bagi yang membawa kendaraan wajib membayar parkir.

  • Parkir kendaraan roda dua: Rp2.000
  • Kendaraan roda 4: Rp5.000

Alamat Green village gedangsari

Lokasi: Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

Objek wisata alam menarik lainnya di Jogja yang cukup terkenal dan banyak diminati adalah kebun teh yang berlokasi di Kulon Progo yang dikenal dengan nama Kebun Teh Nglinggo. Seperti kebun teh pada umumnya, Kebun Teh Nglinggo juga menempati area perbukitan sehingga mampu menghadirkan pemandangan yang menarik dan menyejukkan mata.

kebun teh nglinggo
Kebun Teh Nglinggo, foto: dutawisata.co.id

Oleh warga Jogja, daerah ini sering didatangi pada hari-hari libur seperti akhir pekan maupun pada hari libur nasional. Anak-anak muda kota Jogja maupun mahasiswa banyak yang terlihat menghabiskan waktu libur mereka dengan berjalan-jalan di sekitar perkebunan untuk melepas penat dan refreshing.

Tidak hanya bisa berjalan-jalan, pihak pengelola juga telah menyediakan spot khusus untuk menyaksikan pemandangan alam sehingga wisatawan bisa dengan nyaman mengedarkan pandangan kesekeliling kebun teh tersebut.

Tiket masuk Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu spot menarik untuk menyaksikan keindahan alam Jogja, karena dari sini kita bisa menyaksikan langsung puncak-puncak Gunung tinggi di pulau Jawa seperti:

  • Gunung berapi
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Slamet
  • Gunung Sindoro
  • Gunung Prau, dan lain-lain

Untuk bisa menikmati semua itu, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 saja untuk tiket masuknya.

Alamat Kebun Teh Nglinggo Jogja

Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Taman Pelangi Jogja

Kalau kamu tertarik untuk berwisata ke tempat-tempat yang romantis, kamu bisa mempertimbangkan Taman Pelangi yang ada di Monjali Jogja. Dikenal dengan nama Taman Pelangi karena di tempat ini hampir setiap hari kita bisa menikmati pesta lampion yang tentunya seru dan romantis.

taman pelangi jogja
Taman Pelangi Jogja, foto: tipsjalan.com

Warna-warni lampion dengan berbagai ukuran dan bentuk akan bisa kita saksikan jika berkunjung pada malam hari. Ketika pertama kali menjejakkan kaki di pintu gerbang Taman Pelangi, kita akan disambut oleh sebuah lampion berukuran raksasa berbentuk pelangi yang cukup unik dan menarik. Memasuki area wisata, kita akan disambut aneka ragam lampion berbentuk flora maupun fauna serta tokoh-tokoh kartun populer.

Tidak hanya bisa menyaksikan aneka ragam dan bentuk lampion, wisatawan juga akan dihibur dengan aneka rupa permainan mulai dari bombomkart, trampolin, sepeda tandem; wahana permainan air: perahu dayung, bebek kayuh, dan lain-lain.

Tiket masuk Taman Pelangi Jogja

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00.

Tiket masuk pada hari biasa, mulai dari hari Senin-Jumat adalah Rp10.000. Sedangkan pada akhir pekan harga tiket naik menjadi Rp15.000 per orang.

Alamat Taman Pelangi

Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Air Terjun Sri Gethuk

Yogyakarta sejak dahulu memang dikenal sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. Selain wisata budaya dan wisata kuliner, sebenarnya Yogyakarta juga menawarkan banyak objek wisata menarik berupa pantai dan alam. Salah satu tempat wisata menarik di Jogja berupa objek wisata alam yang ramai dikunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk yang ada di Gunung Kidul.

air terjun sri gethuk
Air Terjun Sri Gethuk, foto: reportaseharga.com

Sebagai bagian dari wilayah Yogyakarta Gunung Kidul memiliki banyak spot wisata menarik karena kontur alamnya yang sangat mendukung. Air Terjun Sri Gethuk merupakan satu-satunya air terjun yang tidak pernah sepi pengunjung karena air terjun ini terus mengalir dengan debit air yang melimpah, baik pada musim hujan maupun pada musim kemarau.

Sebelum menjejakkan kaki di air terjun terlebih dahulu kita akan disambut dengan keindahan alam di area parkir yang sekaligus dimanfaatkan sebagai area pemancingan. Selanjutnya, dari sana kita bisa melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak diantara sawah-sawah yang dihiasi pohon pohon kelapa, membuat suasana terasa begitu dramatis dan menyejukkan.

Air Terjun Sri Gethuk terlihat cukup unik dan menarik, hingga banyak yang membanding-bandingkannya dengan Grand Canyon di Arizona Amerika. Keindahan alam di tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Di balik keindahan air terjun ini, terdapat sebuah kisah menarik yang melibatkan makhluk halus bernama Jin Anggo Meduro.

Tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga tiket masuk ke lokasi wisata cukup ramah kantong hanya Rp7.000 per orang. Selain tiket masuk sebenarnya kita juga bisa menyewa kapal atau rakit untuk menjelajah di sekitar tempat ini. Biayanya hanya Rp10.000 per orang.

Lokasi Air Terjun srigetuk

Jl. Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Jogja merupakan salah satu pantai indah dengan panorama yang mempesona. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih yang cukup luas serta perbukitan di sekitarnya. Seperti karakter pantai-pantai di Jogja pada umumnya, pantai ini juga diapit oleh tebing-tebing karang yang tinggi menjulang.

pantai pok tunggal
Pantai Pok Tunggal, foto: utiket.com

Pantai yang dibuka untuk umum sejak bulan Mei tahun 2012 lalu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kebersihan pantai adalah salah satu ciri khas dari Pantai Pok Tunggal. Karena wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan didenda Rp10.000. Peraturan tersebut membuat pantai ini terjaga kebersihannya dan cukup terawat.

Nama pantai sendiri diambil dari nama sebuah pohon langka bernama pohon duras yang terlihat di pantai, karena ada hanya satu pohon saja, maka pantai ini pun diberikan nama “Pok Tunggal.”

Tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam bahari, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung keunikan lain berupa adanya mata air tawar yang oleh masyarakat sekitar dijadikan sebagai sumber penghidupan bagi mereka di sekitar pantai ini.

Tips

Jika ingin menyaksikan pemandangan yang lebih spektakuler, wisatawan bisa menaiki beberapa bukit yang ada di dekat pantai.

Fasilitas di pantai sudah cukup memadai disana terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh, payung pantai yang bisa di sewa dengan harga kurang lebih Rp20.000, tenda, dan terdapat juga beberapa penginapan yang lokasinya tidak jauh dari pantai serta toilet umum.

Tiket masuk Pantai Pok Tunggal

Tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Pok Tunggal cukup murah, pengguna kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif sebesar Rp3.000 Sudah termasuk biaya parkir. Sedangkan pengguna kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Mereka yang membawa minibus dikenakan tarif lebih besar sekitar Rp15.000.

Menggunakan toilet umum akan dikenakan biaya sekitar 2000-Rp5.000.

Alamat Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Pok Tunggal berada di kawasan Gunung Kidul, atau lebih tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisata Alam Kalibiru

Jika melihat nama obyek wisata ini, mungkin kamu akan membayangkan sebuah objek wisata berupa kali yang berwarna biru. Walaupun tidak sepenuhnya salah, namun sejatinya objek wisata ini merupakan wisata alam berupa hutan, yaitu Hutan Kemasyarakatan Kalibiru yang ada di perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Berada di ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut.

wisata alam kalibiru
Wisata Alam Kalibiru, foto: tipsjalan.com

Dari ketinggian di puncak bukit, atau dari jembatan yang dibuat untuk menghubungkan pohon-pohon kita bisa menyaksikan langsung Waduk Sermo dan Pantai Selatan. Selain menyaksikan pemandangan alam, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot menyaksikan sunrise.

Obyek wisata Kalibiru merupakan tempat wisata yang sangat sejuk dan nyaman serta mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, bagi yang belum berpengalaman perlu sedikit berhati-hati karena jalan yang akan dilalui berkelok dan naik turun.

Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari warung makan dengan harga standar, penginapan, tempat ibadah, fasilitas outbond, ruang pertemuan, menara pandang, jembatan pohon, dan lain-lain.

Tiket masuk objek wisata alam Kalibiru

Tiket masuk obyek Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo kurang lebih Rp5.000. Biaya parkir motor Rp2.000, sedangkan yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

Biaya sewa pondok untuk menginap Rp120.000-150.000 per malam.

Alamat wisata alam Kalibiru Jogja

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY.

Museum Benteng Vredeburg

Selain mengunjungi Keraton Kesultanan Yogyakarta, saat berada di Jogja, ada baiknya kamu berwisata ke Museum Benteng Vredeburg yang lokasinya dekat dengan Keraton Yogyakarta dan dekat dengan Gedung Agung.

museum benteng vredburg
Museum Benteng Vredburg, foto: vredburg.id

Di Yogyakarta sejak dahulu dikenal sebagai salah satu kota perjuangan dan kota sejarah di Indonesia sehingga tidak heran apabila kita bisa dengan mudah menemukan banyak situs-situs peninggalan berupa bangunan bersejarah maupun benda-benda yang digunakan pada zaman dahulu untuk melawan para penjajah.

Salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia di Yogyakarta pada zaman dahulu adalah Benteng Vredeburg yang saat ini diubah menjadi museum. Benteng itu sendiri dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintah Hindia Belanda yang konon berdalih untuk melindungi keraton dari serangan.

Di dalam museum ini, kita bisa menemukan:

  • Berbagai bentuk bangunan peninggalan Belanda sebagiannya sudah dipugar namun masih mempertahankan bentuk aslinya.
  • Diorama yang menggambarkan perjuangan serta proklamasi
  • Benda-benda bersejarah termasuk foto-foto dan lukisan
  • Dan lain-lain

Tiket masuk Museum Benteng Vredeburg

Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu, libur pada hari Senin dan pada hari libur nasional.

  • Selasa-Jumat buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00
  • Hari Sabtu-Minggu buka mulai pukul 08.00-17.00
  • Tiket masuk untuk dewasa Rp2.000
  • Tiket masuk anak-anak Rp1.000

Alamat Museum Benteng Vredeburg

Jl. Jend. A. Yani No. 6 Yogyakarta. Telp. (0274) 586934.

Pantai Indrayanti

Pada awalnya, pantai ini dibuka untuk wisatawan dengan nama Pantai Pulang Syawal, namun tampaknya kurang populer. Di kalangan para wisatawan dan netizen, pantai ini justru lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti yang merupakan nama dari salah satu restoran populer yang ada di pantai ini.

pantai indrayanti
Pantai Indrayanti, foto: lookjogja.blogspot.co.id

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai menarik di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi jika ingin menikmati suasana alam yang indah dan mempesona. Seperti pantai-pantai lainnya di Jogja, pantai ini juga memiliki gelombang yang lumayan besar.

Walaupun ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap hari, namun kebersihan pantai cukup terjaga karena terdapat peraturan bagi yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda.

Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung. Di sekitar pantai terdapat banyak penjual kuliner baik kuliner berupa sifat maupun makanan umum yang kita temui seperti bakso, nasi goreng, dan lain-lain. Selain rumah makan atau restoran, disini juga sebenarnya terdapat cafe; dan penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung jika ingin berlama-lama di sekitar pantai.

Tiket masuk Pantai Indrayanti

Tidak ada tiket masuk khusus di pantai ini melainkan, ketika kita memasuki gerbang pos retribusi kawasan Pantai Selatan, kita akan dikenakan biaya sekitar Rp10.000 per orang. Biaya tersebut Sudah termasuk biaya untuk mengunjungi pantai-pantai lain seperti Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sundak, dan lain-lain.

Alamat Pantai Indrayanti

Lokasi pantai ini berada 27 KM di selatan Jogja. Pantai di buka setiap hari termasuk pada hari hari libur nasional. Alamatnya tepat berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Siung

Pantai Siung memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogja. Keunikan tersebut bisa terlihat dari adanya batu-batu karang berukuran raksasa terlihat berbentuk seperti jamur yang seolah-olah muncul di atas pantai.

pantai siung
Pantai Siung, foto: djholiday.net

Batu-batu tersebutlah yang menjadi asal mula nama Pantai Siung. Jika dilihat dari kejauhan, batu-batu karang tersebut terlihat seperti gigi kera atau dalam istilah tempat disebut siung wanara.

Selain menawarkan keindahan pemandangan berupa laut, Pantai Siung juga menawarkan daya tarik lain berupa kegiatan menantang seperti panjat tebing. Beberapa tahun yang lalu, tempat ini bahkan pernah dijadikan sebagai lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh kurang lebih 65 negara Asia maupun Eropa.

Tarif masuk Pantai Siung

Setiap wisatawan yang akan menikmati Pantai Siung harus membayar retribusi sebesar Rp6.000 perorang. Retribusi tersebut Sudah termasuk biaya untuk menikmati Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Alamat Pantai Siung

Pantai Siung berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Seribu Batu Songgo Langit

Bagi sebagian orang, nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit mungkin masih terdengar asing. Namun tidak bagi masyarakat Yogyakarta. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan cukup diminati karena terlihat sangat instagrammable.

seribu batu songgo langit
Seribu Batu Songgo Langit, foto: tribunnews.com

Objek wisata yang berada di kawasan Mangunan, Dlingo, ini merupakan tujuan wisata kekinian bagi mereka yang ingin mencari spot unik untuk foto selfie atau untuk mengambil gambar yang akan di-upload ke sosial media.

Objek wisata yang lagi ngehits di Jogja ini menawarkan keindahan alam dengan spotspot yang menarik dengan latar belakang yang unik plus indah. Nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit sendiri sebenarnya terinspirasi dari adanya batu-batu berukuran raksasa yang banyak dijumpai di tempat ini.

Di sana, wisatawan bisa menemukan rumah-rumah berukuran kecil (rumah hobbit), jembatan kayu, rumah kayu, ada juga fasilitas outbond seperti flying fox, panjat tebing, dan lain-lain.

Tiket masuk objek wisata Seribu Batu Songgo Langit

Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Hanya saja, mereka wajib membayar parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya kurang lebih Rp3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat harus membayar Rp10.000.

Alamat objek wisata Seribu Batu Songgo Langit Jogja

Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun Kembangsoka memang tidak sepopuler Air Terjun Sri Gethuk namun keindahan alamnya terkenal sebagai salah satu yang mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Air terjun ini bersumber dari aliran air Sungai Mudal yang terkenal jernih dan memiliki debit air lumayan besar.

air terjun kembang soka
Air Terjun Kembang Soka, foto: bakpia25.com

Air Terjun Kembang Soka cukup mudah diakses walaupun kita harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir. Walau demikian, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.

Tidak hanya itu, jalan menuju ke air terjun ini juga tidak hanya melulu jalan setapak melainkan, sesekali kita akan melewati jembatan bambu berukuran kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu atau dua orang saja.

Ini adalah salah satu air terjun bertingkat yang cukup indah. Di bagian bawah, terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Beberapa wisatawan kerap terlihat menggunakan pelampung berupa ban dalam mobil yang bisa di sewa.

Fasilitas di tempat ini juga lumayan lengkap, terdapat ruang ganti, dan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh pada saat panas maupun hujan.

Biaya masuk Air Terjun Kembangsoka

Untuk menikmati keindahan alam di tempat ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp4.000 saja untuk menebus tiket masuk. Kalau kamu membawa kendaraan roda dua, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp2.000.

Alamat Air Terjun Kembang Soka

Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DIY.

Air Terjun Randusari

Nama Air Terjun Randusari yang berasal dari nama pohon randu atau pohon kapuk yang banyak berada di sekitar air terjun. Ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami, memiliki debit air yang lumayan besar serta jernih.

air terjun randusari
Air Terjun Randusari, foto: yukpiknik.com

Air Terjun Randusari hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, biasa dimanfaatkan sebagai tempat mandi atau berenang oleh para pengunjung.

Air terjun ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan gazebo. Alamat air terjun ini ada di perbukitan Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Sindu Kusuma Edupark

Di Jogja, tempat wisata yang cocok untuk anak-anak maupun remaja salah satunya adalah Sindu Kusuma Edupark yang berlokasi di JL. Magelang KM 2 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman.

sindu kusuma edupark
Sindu Kusuma Edupark, foto: petatempatwisata.com

Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan seperti Ferris Wheel dengan ketinggian 48 meter, segway, bumper car, trampolin raksasa, flying chair, kereta mini, flying bicycle, komedi putar, cangkir putar, cinema 8D, dan berbagai wahana yang cocok untuk anak-anak seperti dino park.

Di tempat ini juga tersedia kafetaria, rumah hantu, dan para pengunjung bisa belajar mengenal lebih dekat budaya Indonesia melalui berbagai macam batik yang ada di House of Batik.

Untuk menikmati aneka ragam permainan yang ditawarkan di tempat ini, pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Sedangkan jika ingin menikmati berbagai wahana permainan yang ada di dalam, pengunjung perlu membeli tiket terusan seharga Rp70.000.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sore-pukul jam 22.00 malam (Senin sampai Jumat). Sedangkan pada akhir pekan, Kusuma Edupark Yogyakarta buka mulai pukul jam 10.00.

Air Terjun Sampang

Air Terjun Sampang Jogja atau yang dikenal dengan nama Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu air terjun eksotis yang ada di wilayah Gunung Kidul. Air terjun ini mengalir diantara bebatuan berwarna putih yang terlihat memiliki pahatan alami seperti Grand Canyon, menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

air terjun sampang
Air Terjun Sampang, foto: destinasipada.blogspot.co.id

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Nama air terjun tersebut diambil dari nama desa tempat dimana air terjun tersebut berada. Lebih menyenangkan lagi, ternyata tempat wisata ini gratis.

Puncak Becici

Objek wisata Puncak Becici berlokasi di tempat yang tersembunyi, namun cukup diminati karena menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan exotis. Dari puncak Becici, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang sangat indah di tempat ini. Dari ketinggian kita bahkan bisa menyaksikan langsung Gunung Sindoro dan Gunung Merapi di kejauhan.

puncak becici
Puncak Becici, foto: bobocantik.com

Bagi masyarakat Jogja, ini adalah salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunset di sore hari. Tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah spot unik berbentuk perahu terbuat dari bambu yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk menyaksikan keindahan alam di bawahnya.

Tempat tersebut dikenal dengan nama Jurang Tembelan. Lokasi objek wisata ini berada di Gunung Cilik, RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Muntuk, Dlingo, Bantul, atau Desa Wisata Kanigoro, Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Bagi kamu yang tertarik untuk datang dan menikmati sensasi wisata menakjubkan yang ditawarkan oleh Puncak Becici, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 saja untuk parkir motor.

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu merupakan kawasan wisata yang terdiri atas hutan dengan pohon-pohon kayu putih yang menawan dan eksotis. Tempat ini berada di ketinggian sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan berupa perbukitan dan lembah.

bukit lintang sewu
Bukit Lintang Sewu, foto: IG @ratihsukmaresi

Objek wisata ini berada di kawasan Dlingo, yang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata di Bantul -Yogyakarta. Alasan mengapa banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena keindahan alamnya yang menjadi spot foto menarik alias instagramable.

Kamu juga bisa bermalam di sini jika tertarik untuk camping. Pada malam hari, pemandangan lampu-lampu dari kota membuat suasana terasa dramatis dan sangat romantis.

Tiket masuk obyek wisata Bukit Lintang Sewu hanya Rp3.000 saja. Bagi kamu yang membawa kendaraan roda dua wajib membayar biaya parkir sebesar Rp2.000. Sedangkan bagi pengguna mobil, harus membayar parkir Rp5.000.

Tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti area parkir, toilet, warung makan, gazebo, camping ground, dan ada beberapa spot foto menarik.

Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di Dusun karangasem, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten bantul.

Bukit Mojo

Bukit Mojo adalah objek wisata yang lagi ngehits di Jogja. Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup indah dari ketinggian. Karena alasan itulah banyak wisatawan dan netizen yang tertarik untuk mampir dan berwisata ke tempat ini walaupun sejatinya, objek wisata Bukit Mojo baru dibuka pada bulan Juni tahun 2016 lalu.

bukit mojo
Bukit Mojo, foto: tokoilmukita.blogspot.co.id

Di bukit Mojo terdapat gardu pandang berukuran kecil yang bisa dimanfaatkan untuk mengedarkan pandangan ke sekeliling. Yang menarik, gardu pandang di sisi sebelah barat menawarkan pemandangan berupa Sungai Oyo dan perbukitan, sedangkan di sebelah timur, kita akan disuguhkan pemandangan yang sama-sekali berbeda.

Objek wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gubuk atau gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sekaligus untuk menikmati panorama alam sekitarnya.

Tempat wisata murah meriah ini bisa kamu masuki tanpa membayar biaya sepeserpun untuk tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp2.000. Oh ya, selain biaya parkir sebenarnya wisatawan juga perlu membayar sebesar Rp3 Rp jika ingin mengambil foto selfie di spot selfie.

Bukit Pengilon

Gunung Kidul adalah bagian dari wilayah Yogyakarta yang memiliki banyak objek wisata menarik. Salah satu yang cukup populer saat ini adalah Bukit Pengilon yang menawarkan pemandangan tidak biasa dari sebuah perbukitan. Dari puncak bukit kita bisa menyaksikan keindahan pantai dan laut di bawahnya.

bukit pengilon
Bukit Pengilon, foto: gunungkidulku.com

Objek wisata ini berada di Desa Balong Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya tepat di bagian selatan Gunung Batur yang dikenal sebagai salah satu Gunung Purba. Jika mengambil rute dari pusat kota Jogja, objek wisata ini berjarak kurang lebih 80 Km dan bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Pasar Beringharjo

Kalau kebetulan kamu berwisata ke Malioboro, tidak jauh dari lokasi 0 Km atau perempatan Malioboro, kamu akan menemukan sebuah pasar tradisional bernama Pasar Beringharjo yang menjual aneka ragam kain batik dan baju-baju batik mulai dari yang biasa-biasa saja hingga yang berkelas dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

pasar beringharjo
Pasar Beringharjo, foto: smilejogja.com

Selain itu tentu saja masih ada banyak aneka rupa perlengkapan rumah seperti gorden dan lain-lain yang bisa kamu temui di dalam.

Pasar Beringharjo dikenal sebagai salah satu tujuan wisata belanja di Jogja karena menawarkan aneka kain batik maupun baju batik yang ditawarkan dengan harga murah meriah. Jika berbelanja di tempat ini, wisatawan dianjurkan untuk tawar-menawar. Umumnya, jika membeli dalam jumlah banyak, kita akan mendapatkan diskon harga yang jauh lebih besar.

Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Objek wisata hutan mangrove ini beralamat di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan tidak sulit untuk ditemukan. Para traveller sangat menyukai lokasi hutan mangrove yang menawarkan pemandangan indah dengan spotspot menarik yang sengaja diciptakan oleh pengelola untuk menarik minat wisatawan.

hutan mangrove pantai pasir kadilangu
Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, foto: ragamwisata.com

Selain menikmati keindahan alam berupa pepohonan (mangrove), sebenarnya wisatawan juga bisa mengeksplorasi tempat ini dengan menumpang kapal atau perahu para nelayan.

Mangrove Kulon Progo ini juga dikenal sebagai salah satu spot menyaksikan sunrise.

Objek wisata Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Hanya saja, kita perlu membayar parkir dan sewa perahu jika tertarik untuk menjelajah.

Bukit Klangon Merapi

Objek wisata Bukit Klangon Merapi adalah objek wisata baru di Jogja yang cukup nge-hits dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan alamnya. Keindahan alam yang ada di tempat ini tidak lepas dari keberadaan Gunung Merapi itu sendiri karena sejatinya Bukit Klangon Merapi berada di lereng Gunung Merapi.

bukit klangon merapi
Bukit Klangon Merapi, foto: kastayatour.com

Objek wisata ini berada di Kecamatan Cangkringan, atau tepatnya berada di, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, DIY.

Bagi kamu yang suka berpetualang dan suka dengan sepeda gunung, kamu wajib berkunjung ke tempat ini karena ada banyak track menarik yang bisa kamu explore sambil menikmati pemandangan di sekitarnya yang cantik.

Beberapa fasilitas umum yang tersedia di objek wisata ini diantaranya adalah gardu pandang, spot selfie, kamar mandi, tempat ibadah, dan terdapat juga beberapa warung yang menjajakan aneka makanan maupun minuman. Tidak ketinggalan, terdapat juga penjual bunga hias (bunga edelweis).

The World Landmark Merapi Park

Kalau kamu suka dengan suasana taman yang cantik, penuh dengan bunga-bunga dan menawarkan pemandangan yang indah plus suasana yang sejuk, kamu bisa datang ke obyek wisata The World Landmark Merapi Park yang berlokasi di, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

the world landmarks merapi park
The World Landmarks Merapi Park, foto: travel36169.rssing.com

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan refreshing atau liburan akhir pekan dengan keluarga atau teman-teman. Lokasi objek wisata ini dekat sekali dengan museum Gunung Merapi yang ada di Kaliurang.

Di dalam Taman kamu bisa menemukan banyak tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat selfie, seperti, Landmark Eiffel, Menara Pizza, kincir angin khas Belanda, Patung Liberty, dan lain-lain.

Harga tiket masuk ke The World Landmark Merapi Park Rp15.000 per orang. Cukup murah jika dibandingkan dengan apa yang bisa kita dapatkan dan saksikan di dalam taman tersebut.

Watu Goyang Mangunan

Dari waktu ke waktu, wilayah Mangunan terus berusaha melebarkan sayapnya di dunia pariwisata dengan menghadirkan sejumlah objek wisata menarik dan unik. Salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah objek wisata Watu Goyang yang dikenal sebagai salah satu sunset spot terbaik di Jogja.

watu goyang mangunan
Watu Goyang Mangunan, foto: gunungkidulku.com

Tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang bisa disaksikan dari ketinggian berupa hutan pinus, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, dan lain-lain.

Objek wisata baru di Jogja ini resmi dibuka untuk umum pada bulan Desember tahun 2016. Walaupun tergolong baru, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan dibuka hingga pukul 22.00.

Alamat objek wisata Watu goyang berada di Desa Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Air Terjun Gedad

Objek wisata Air Terjun Gedad yang ada di Gunung Kidul merupakan objek wisata baru di Yogyakarta yang resmi dibuka di penghujung tahun 2016. Namun karena kecantikan pemandangan alam dan keindahan air terjun serta aksesnya yang mudah membuat banyak wisatawan rela meluangkan waktu untuk datang ke tempat ini terutama pada hari hari libur.

air terjun gedad
Air Terjun Gedad, foto: yogyalagi.com

Selain wisatawan lokal, kadang-kadang juga terlihat wisatawan mancanegara seperti wisatawan dari Korea yang juga ingin menyaksikan keindahan air terjun tersebut.

Air terjun ini bisa dijangkau dengan cukup mudah karena rute yang dilalui adalah jalan yang cukup mulus dan beraspal. Dari jalan utama menuju air terjun sudah diberi pengeras sehingga bisa dilalui kendaraan. Dari tempat parkir, jarak air terjun kurang lebih 50 meter saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Gedad, kamu hanya perlu membeli tiket sebesar Rp5.000 (Sudah termasuk biaya parkir kendaraan).

Wisata Kampung Wijilan

Selain dikenal sebagai tujuan wisata belanja dan wisata budaya Jogja juga dikenal sebagai tujuan wisata kuliner. Karena disini akan dengan mudah kita temukan berbagai jenis makanan khas yang nikmat dan lezat. Selain bakpia yang menjadi ciri khas Jogja, gudeg merupakan salah satu makanan yang paling terkenal dan paling diminati ketika wisatawan berkunjung ke kota pelajar ini.

wisata kampung wijilan
Wisata Kampung Wijilan, foto: republikindonesia.net

Kalau kamu kebetulan datang ke Jogja dan belum pernah mencicipi gudeg, ada baiknya kamu mampir ke Wijilan, yaitu sebuah kampung dimana kamu bisa menemukan warung warung penjual gudeg dengan harga murah meriah, mulai dari Rp5.000 hingga puluhan ribu rupiah tergantung dari lauk yang kamu pilih.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata kuliner ini berada di Jalan Wijilan, Sleman.

Tugu Jogja

Di bagian Utara dari Jalan Malioboro terdapat wilayah bernama “Tugu,” karena disana terdapat sebuah monumen atau Tugu Jogja. Lokasi persisnya berada di Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Jetis.

tugu jogja
Tugu Jogja, foto: panduanwisata.id

Tunggu ini adalah ikon kota Jogja dan sering dijadikan sebagai spot selfie oleh para mahasiswa maupun wisatawan, terutama pada malam hari. Saat berkunjung ke tempat ini, siapapun bisa menikmatinya dan tidak dipungut biaya apapun, termasuk biaya parkir.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar adalah destinasi wisata yang cocok untuk anak-anak. Di Taman Pintar, anak-anak bisa belajar dan mengenal berbagai hal karena disana telah tersedia: Gedung Oval yang berisi berbagai wahana menarik seperti akuarium air tawar, diorama kehidupan prasejarah, tata surya cuaca, simulasi iklim dan lain-lain.

taman pintar yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta, foto: bakpiamutiarajogja.com

Selain itu ada juga Gedung Kotak yang berisi wahana seru berupa: permainan air, lorong ilusi, teknologi otomotif roda dua, perpustakaan, galeri pusaka, aneka keajaiban yang ada di Indonesia, zona olahraga, zona melek gizi, sains, nuklir dan lain-lain.

Tidak hanya itu, sebenarnya Taman Pintar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar dan bermain serta untuk menggali kreativitas mereka seperti Gedung Planetarium, Kampung Kerajinan, hingga Gedung PAUD.

Taman Pintar Yogyakarta berada di l. Panembahan Senopati No. 1–3.

Tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta :

  • Anak-anak: Rp10.000
  • Dewasa: Rp18.000
  • Wahana Planetarium : Rp15.000
  • Gedung PAUD: Rp3.000
  • Teater 3 dimensi: Rp20.000 untuk dewasa Rp15.000 untuk pelajar Rp15.000 untuk rombongan yang minimal berisi 20 orang.
  • Wahana Bahari: Rp4.000
  • Program kreativitas juga membutuhkan biaya antara Rp10.000-Rp50.000 tergantung dari pilihan program yang diambil. Diantara beberapa program yang ditawarkan adalah: membatik, membuat gerabah, melukis kaos, melukis gerabah, hand on science, kontes robot dan pelatihan robot.

Resort Kaliurang

Resort Kaliurang merupakan salah satu pilihan tempat menginap saat berkunjung di Jogja. Resort ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan masih alami berupa sawah-sawah maupun pepohonan.

resort kaliurang
Resort Kaliurang, foto: tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Resort yang dilengkapi dengan spa dan restoran ini menjadi salah satu resort paling populer di Jogja yang banyak diminati tourist, berlokasi kurang lebih 45 menit dari Bandara Adisucipto.

Alamat resort ini berada di Jalan kaliurang km. 19,2 Desa Wisata Sambi, Pakem, Sleman.

Berbagai fasilitas dan akomodasi menarik yang ditawarkan oleh resort ini diantaranya adalah kamar dengan berbagai ukuran dan fasilitas, travel guide, rental kendaraan, antar jemput dari bandara, dan lain-lain.

Pantai Glagah

Pantai Glagah Yogyakarta merupakan pantai yang menarik karena di bibir pantai ini terdapat pancang pancang beton yang terlihat unik dan tidak biasa. Pantai ini juga memiliki laguna yang indah dan sering dimanfaatkan sebagai tempat berwisata oleh para traveler karena disana terdapat penyewaan perahu kayu dan perahu kayuh.

pantai glsagah
Pantai Glagah, foto: jalanjogja.com

Selain itu, kegiatan seru lainnya yang bisa dinikmati oleh traveler antara lain berpetualang dengan motor cross atau ATV.

Di sekitar pantai ini sudah yang terdapat akomodasi berupa penginapan standar, rumah makan yang rata-rata menyajikan menu seafood, camping ground, dan berbagai fasilitas lainnya.

Tiket masuk Pantai Glagah cukup murah hanya Rp4.000 saja. Alamat Pantai ini berada di Glagah, Temon, Kulon Progo.

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan pantai yang unik, karena selain menawarkan pemandangan alam berupa perbukitan dan samudra, di sini juga terdapat air terjun yang langsung mengalir ke bibir pantai.

pantai jogan
Pantai Jogan, foto: pondokshafalla.com

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Siung. Alamatnya berada di Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Para pengunjung yang ingin menikmati Pantai Jogan harus menuju pos retribusi Pantai Siung terlebih dahulu. Dari pos retribusi tersebut, pantai hanya berjarak kurang lebih 400 meter.

Pantai Krakal

Ombak di Pantai Selatan Jogja terkenal cukup ganas dan besar. Bagi mereka yang jeli dan punya nyali, ombak di Pantai Selatan tentu saja sangat menarik terutama bagi para pencinta surfing.

pantai krakal
Pantai Krakal, foto: ragamtempatwisata.com

Tidak heran apabila salah satu pantai yang ada di tempat ini yaitu, Pantai Krakal, sering dijadikan sebagai tempat olahraga surfing selain tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dan menarik.

Alamat Pantai Krakal: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat Kota Jogja. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke tempat ini, kamu perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp10.000 per orang sebelum bisa menikmati keindahan pantai tersebut.

Pantai Ngungap

Nama pantai ini terdengar aneh dan asing bukan? Walau demikian, ternyata pantai ini menawarkan sensasi berwisata yang luar biasa terlebih, di pantai ini terdapat sebuah tebing yang sangat curam menawarkan pemandangan unik.

pantai ngungap
Pantai Ngungap, foto: wisataku.net

Pantai yang berlokasi di Pucung, Girisubo, Gunung Kidul, ini bisa dinikmati dengan menaiki tebing yang ada di sekitar tempat tersebut. Hanya saja, traveller harus berhati-hati karena tebing tersebut ternyata pernah mengalami longsor beberapa waktu yang lalu, walaupun tidak menelan korban jiwa, namun hal tersebut tentu saja harus menjadi perhatian setiap traveller yang ingin berwisata ke tempat ini.

Pantai Wediombo

Objek wisata pantai terkenal di Jogja selain Pantai Parangtritis, salah satunya adalah Pantai Wediombo yang dikenal sebagai spot favorit para pemancing dengan pemandangan yang indah dan unik dilengkapi dengan batu-batu karang khas Pantai Selatan Jogja.

pantai wediombo
Pantai Wediombo, foto: danisetiawanku.com

Diantara beberapa jenis ikan yang mudah ditemukan ditempat ini antara lain ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan kakap batu, ikan cucut, dan lain-lain. Rata-rata ikan-ikan tersebut berukuran cukup besar dengan berat yang lumayan.

Selain kegiatan memancing, wisatawan juga sering melakukan kegiatan seru lainnya saat berwisata seperti berselancar atau surfing, berenang, snorkeling, dan diving.

Lokasi pantai ini berada di, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Kurang lebih 80 km dari pusat Kota Jogja. Objek wisata Pantai Wediombo mematok tarif Rp5.000 per orang untuk wisatawan yang ingin masuk dan berwisata.

Pantai Sadeng

Sebelum tiba di bibir Pantai Sadeng, terlebih dahulu kita akan disambut oleh pelabuhan yang ada di sana yaitu Pelabuhan Sadeng sekaligus tempat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan. Tapi jangan kecewa dulu, karena Pantai Sadeng berada di ujung sisi sebelah kiri pelabuhan.

pantai sadeng
Pantai Sadeng, foto: blog.reservasi.com

Bagi pengunjung baru, mereka bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau langsung mengambil jalan yang ada di sisi sebelah kiri pelelangan ikan. Setelah melewati lapak-lapak para pedagang, perahu-perahu yang disandarkan, dan bukit-bukit tebing serta karang, barulah wisatawan akan menemukan pantai. Pantai Sadeng berukuran sangat kecil berada di antara batu-batu karang.

Walau demikian, pantai ini boleh dibilang cukup indah mengingat ada banyak hal yang bisa kita saksikan, terutama kegiatan para nelayan dan desa nelayan yang ada di sekitarnya.

Pantai ini berlokasi di Songbanyu, Girisubo, Gunung Kidul. Harga tiket memasuki pantai ini Rp3.000 ditambah biaya parkir untuk kendaraan roda dua sekitar Rp2.000.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunung Kidul berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari. Pantai ini masih berada satu garis dengan Pantai Kukup, Pantai Baron, dan Pantai Sundak. Pasirnya berwarna kuning keemasan, namun sayangnya terdapat banyak rumput laut di sekitar pantai yang membuat kegiatan mandi-mandi dipantai jadi kurang seru.

pantai sepanjang
Pantai Sepanjang, foto: sewamotordijogja.com

Secara umum, pemandangan di Pantai Sepanjang cukup elok dengan fasilitas yang memadai mulai dari toilet umum, warung yang menjajakan aneka jenis makanan termasuk seafood, dan lain-lain. Di sekitar Pantai Sepanjang terdapat situs peninggalan bernama Banyu Sepuh, yaitu sebuah mata air yang sering dimanfaatkan untuk memandikan benda-benda pusaka.

Lokasi Pantai Sepanjang tidak jauh dari Pantai Drini dan Pantai Kukup. Tiket masuk ke Pantai Sepanjang perorang Rp10.000.

Pantai Baron

Objek wisata berupa pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Lokasi pantai bisa dijangkau dari Jogjakarta dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan jarak dari pusat Kota (40 km). Jalan yang kita lalui untuk bisa sampai di Pantai cukup bagus baik sepeda motor hingga kendaraan roda empat bisa mendekati pantai.

pantai baron
Pantai Baron, foto: pegipegi.com

Pantai ini terasa cukup indah karena memiliki pasir berwarna coklat kekuningan yang bersih dan terawat. Di pinggir pantai kita akan menemukan perahu-perahu nelayan dan tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah TPI (tempat pelelangan ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan para nelayan.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner seperti buah sirsak, pisang tanduk, dan menu seafood di Pantai Baron. Setelah puas bermain-main di pantai, pengunjung juga bisa membeli berbagai bentuk cendramata khas pantai seperti bros, lampu hias, cermin, pigura, dan lain-lain, yang rata-rata dihiasi dengan kerang laut.

Harga tiket masuk ke Pantai Baron Rp10.000 per orang. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang bisa kita manfaatkan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Jika tertarik untuk naik, kamu harus menyiapkan uang Rp5.000 per orang.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata alam di Gunung Kidul yang baru dibuka dan diramaikan oleh para traveller 3 tahun belakangan ini. Sebelumnya, ini hanyalah bukit kosong yang oleh pemerintah setempat kemudian diubah menjadi sebuah waduk untuk menampung air yang bisa dimanfaatkan untuk mengairi kebun-kebun di bawah Bukit Nglanggeran.

embung nglanggeran
Embung Nglanggeran, foto: lookjogja.blogspot.co.id

Pemandangan di tempat ini cukup mempesona terlebih karena kita bisa melihat suasana yang indah dari ketinggian. Walaupun tergolong baru, objek wisata ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, toilet umum, pendopo atau gazebo, dan terdapat juga warung-warung yang menjual aneka makanan termasuk makanan dan minuman ringan.

Alamat objek wisata Embung Nglanggeran berada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Harga tiket masuk ke obyek wisata ini cukup murah, hanya Rp7.000 saja.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta dikenal juga dengan nama “Istana Air Taman Sari Yogyakarta” merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang saat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata budaya dan wisata sejarah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

taman sari yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta, foto: anekatempatwisata.com

Taman Sari terdiri atas empat bidang yang berbeda-beda yang terdiri atas sebuah danau buatan, pavilium di sebelah barat, kompleks permandian di bagian tengah, pavilium dan kolam di sebelah selatan, serta sebuah danau kecil di bagian timur.

Menurut sejarah, Taman Sari telah dibangun sejak pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Bagi wisatawan yang berminat untuk berwisata ke tempat ini, harga tiket masuknya Rp3.000.

Karena kompleks pemandian yang cukup luas dan terdiri atas beberapa buah bangunan, untuk mengetahui lebih jauh seluk-beluk pemandian ini kita membutuhkan seorang pemandu. Biasanya biaya pemandu kurang lebih Rp25.000. Taman Sari buka setiap hari pukul 08.00 hingga pukul 14.00.

Puncak Kosakora

Kalo kamu tertarik untuk menyaksikan keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul dan jika kamu tertarik untuk mengabadikan pantai-pantai tersebut melalui mata kamera, kamu membutuhkan sebuah spot yang bisa memberikan sudut pandang paling bagus dan menarik.

puncak kosakora
Puncak Kosakora, foto: lihat.co.id

Di Gunung Kidul, Puncak Kosakora merupakan spot pandang yang cukup spektakuler karena dari ketinggian kita bisa melihat langsung bagaimana indahnya pantai selatan dari ketinggian.

Puncak Kosakora Gunung Kidul berada di sebelah timur Pantai Drini. Biasanya, wisatawan yang tertarik untuk memanjat ke Bukit Kosakora terlebih dahulu akan masuk ke Pantai Drini dan memarkirkan kendaraan di sana. Dari Pantai Drini, Puncak Kosakora hanya bisa dicapai dengan cara jalan kaki sejauh 2 Km, yang bisanya akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Puncak Suroloyo

Objek wisata Puncak Suroloyo adalah sebuah bukit paling tinggi yang ada di pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Lokasinya tepat berada di, Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh.

puncak suroloyo
Puncak Suroloyo, foto: phinemo.com

Bukit ini tingginya mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di tempat ini lumayan dingin terutama pada pagi dan sore hari. Dari atas kita bisa menyaksikan langsung beberapa gunung terkenal di Jogja-Jawa Tengah seperti, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Karena berada di puncak bukit, para traveller perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 286 anak tangga. Lumayan terjal dan melelahkan. Namun akan sebanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan.

Harga tiket masuk ke Puncak Suroloyo Rp2.000 per orang. Di sana sudah terdapat beberapa warung yang menjual aneka kuliner atau makanan sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah.

Waduk Sermo

Waduk Sermo yang berada di Kulon Progo merupakan salah satu spot selfie yang lagi ngehits di Instagram. Waduk ini memiliki pemandangan yang cukup spektakuler dari apa terutama di bagian pintu waduk.

waduk sermo
Waduk Sermo, foto: dakatour.com

Waduk ini difungsikan sebagai sumber air bersih dan dimanfaatkan juga untuk irigasi persawahan di sekitar tempat tersebut. Waduk ini juga sering dimanfaatkan oleh atlet dayung untuk berlatih.

Selain menyaksikan berbagai kegiatan menarik yang ada di waduk ini, sebenernya wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan yang menarik di sekeliling waduk, berupa bukit-bukit hijau yang indah dan menarik.

Lokasi waduk ini berada di: Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuk Waduk Sermo sebenarnya tidak ada, kecuali biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor Rp2.000, mobil Rp3.000, dan bus Rp10.000.

Jika tertarik untuk menyewa perahu yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata keliling waduk, kamu bisa menyewa dengan harga kurang lebih 6 ribu per orang atau Rp30.000 per perahu.

Museum Gunung Merapi

Ada banyak musim di Jogja yang bisa kita temukan mulai dari di pusat kota hingga di beberapa wilayah lainnya. Salah satu museum yang terkenal unik dan menarik adalah museum Gunung Merapi. Museum ini berada di Pakem, Kab. Sleman.

museum gunung merapi
Museum Gunung Merapi, foto: bonvoyagejogja.com

Museum yang didirikan pada tahun 2005 ini dimaksudkan sebagai media edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk memberi pengetahuan lebih jauh mengenai gunung berapi kepada para pengunjung.

Museum ini resmi dibuka pada bulan Oktober tahun 2009 dan saat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Gunung Merapi dilengkapi dengan replika Gunung Merapi yang sesungguhnya lengkap dengan kondisi di sekitarnya termasuk bangunan-bangunan seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Selain itu, terdapat juga berbagai alat yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung seperti teleskop alat pencatat aktivitas gunung dan lain-lain.

Harga tiket masuk ke museum ini cukup murah yaitu hanya Rp3.000 saja. Namun jika pengunjung tertarik untuk menonton teater, pengunjung perlu merogoh kocek lebih dalam dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp2.000,ndan kendaraan roda empat Rp3.000.

Alun-alun Kidul (Alkid)

Selain Malioboro, Alkid adalah wisata malam hari di Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan jika ingin menikmati suasana yang hangat untuk menikmati kuliner dan beberapa wahana permainan seperti sepeda gandeng dan becak yang di hiasi dengan lampu warna-warni.

alun alun kidul
Alun Alun Kidul, foto: ipunkipung.blogspot.co.id

Lokasi alun-alun Kidul berada di depan komplek Keraton Yogyakarta, dan ramai dikunjungi hampir setiap hari maupun setiap malam oleh para penikmat kuliner maupun mereka yang ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana Jogja.

Museum Sandi

“Sandi” bukanlah nama orang, melainkan kata sandi yang memiliki sinonim “kode.” Museum ini dilengkapi dengan berbagai koleksi sandi-sandi atau persendian yang resmi dibuka pada tahun 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

museum sandi
Museum Sandi, foto: gosokcho.com

Lokasi museum sandi berada di, Jalan Faridan Muridan Noto Nomor 21 Kotabaru. Oleh pemerintah setempat, museum ini dimanfaatkan untuk memelihara sekaligus menjaga benda cagar budaya. Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu pengetahuan seputar persandian, kamu wajib mengunjungi tempat ini. Diantara beberapa koleksi museum adalah:

  • Buku-buku kode
  • Meja kursi yang digunakan pada Tahun 1948
  • Terdapat juga mesin sandi, dan
  • Tas kode.

Selain itu, terdapat juga audiovisual serta foto-foto napak tilas sandi yang digunakan dalam berbagai kesempatan oleh masyarakat Indonesia pada masa lampau terutama pada zaman penjajahan Belanda

Museum ini dibuka setiap hari. Hari Senin-Jumat dibuka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada akhir pekan, museum hanya buka mulai pukul jam 09.00 pukul 12.00. Pada hari-hari besar nasional atau pada hari-hari libur keagamaan ke museum ini ditutup untuk umum.

Pantai Watulumbung

Ini adalah pantai terkenal lainnya di Gunung Kidul yang tergolong baru, berada di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Lokasi Pantai tidak jauh dari Gunung Api Purba Batur, Bukit Pengilon, dan tidak jauh dari Pantai Wediombo.

pantai watulumbung
Pantai Watulumbung, foto: eksotisjogja.com

Agar lebih mudah dalam mencari Pantai Watulumbung, kamu bisa mengambil arah ke Pantai Wediombo yang lebih terkenal. Dari sana, lokasi Pantai Batu lempung sudah sangat dekat.

Pantai ini terdiri atas batu-batu karang yang terlihat unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai di wilayah selatan Jogja. Untuk bisa sampai di pantai, kita membutuhkan sedikit tenaga ekstra karena medan yang dilalui lumayan berat. Terlebih pada saat kembali pulang.

Alamat Pantai Watu lumbung berada di Desa Balong, Girisubo, Gunung Kidul. Tiket masuk ke pantai ini Rp5.000 sudah termasuk ongkos parkir.

Pantai Sadranan

Ini merupakan pantai yang sangat menakjubkan, memiliki air laut yang sangat jernih serta gelombang yang tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini bermaksud untuk menyaksikan keindahan bawah laut dengan kegiatan snorkeling.

pantai sadranan
Pantai Sadranan, foto: limakaki.com

Pasir putih serta fasilitas yang lengkap membuat Pantai Sadranan cukup diminati oleh wisatawan lokal. Lokasi pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini buka setiap hari. Bagi kamu yang tertarik untuk snorkeling, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dengan biaya sebesar Rp50.000. Biasanya kegiatan snorkeling berlangsung di pagi hari antara pukul 6.00-08.00 dan di sore hari mulai pukul 04.00-18.00.

Di pinggir pantai juga tersedia gazebo atau tempat berteduh yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana pantai tanpa harus kepanasan. Selain itu akan tersedia juga payung pantai yang disewakan dengan kisaran harga Rp10.000-Rp25.000.

Pantai Sedahan

Pantai ini berada di sisi sebelah timur Pantai Wediombo, atau tepatnya berada bersebelahan dengan Pantai Greweng.

pantai sedahan
Pantai Sedahan, foto: bakpiamutiarajogja.com

Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai, biasanya harus memarkir kendaraannya di Pantai Wediombo sebelum kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pantai Sedahan. Pantai ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi karena memang masih belum memiliki jalur akses yang memadai.

Namun seperti pantai umumnya yang ada di Yogyakarta, Pantai Sedahan dianggap sebagai salah satu pantai yang cukup indah walaupun ukurannya tidak terlalu besar.

Bukit Bintang Jogja

Jika ingin menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian, salah satu spot paling menarik yang bisa kita tuju untuk menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota Jogja di malam hari adalah Bukit Bintang yang berlokasi di perbatasan Bantul-Gunung Kidul.

bukit bintang jogja
Bukit Bintang Jogja, foto: sisiusaha.com

Menjelang senja, biasanya banyak masyarakat sekitar termasuk mahasiswa yang berbondong-bondong naik ke Bukit Bintang untuk sekedar ngopi dan bersenda gurau dengan teman-teman sambil menyaksikan keindahan kota Jogja di kejauhan.

Bukit Bintang beralamat di Patuk, Gunung Kidul. Tidak ada tarif tertentu yang dikenakan untuk setiap pengunjung yang datang. Hanya saja, ketika berada di sini, biasanya pengunjung akan membeli aneka minuman dan makanan ringan seperti kopi atau minuman penghangat tubuh lainnya karena suhu udara lumayan dingin.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali biasa disingkat “Monjali” adalah salah satu monumen paling populer di Jogja yang menyimpan berbagai koleksi replika foto dokumen serta berbagai benda bersejarah seperti senjata yang digunakan pada perang kemerdekaan.

monumen jogja kembali
Monumen Jogja Kembali, foto: beautynesia.id

Monumen yang berbentuk kerucut ini terdiri atas empat ruang museum. Di dalamnya juga terdapat tandu dan dokar atau kereta kuda yang pernah digunakan oleh Jendral Sudirman pada masa perang gerilya.

Alamat Monumen Jogja Kembali berada di Jl. Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Para pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Monumen ini buka setiap hari Selasa hingga hari Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.30.

Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan candi Budha yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi ini berlokasi kurang lebih 1 km dari Candi Prambanan.

candi plaosan
Candi Plaosan, foto: wikiwisata.com

Candi Plaosan menempati area seluas 2000 M2. Dikelilingi oleh area persawahan dan perkebunan. Menurut sejarah, candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9 oleh Sri Kahulunnan (Pramodawardhani), keturunan Dinasti Syailendra.

Kompleks Candi terbagi menjadi dua yang dipisahkan oleh jalan, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada dinding-dinding candi terdapat relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita dan tokoh laki-laki. Setiap setahun sekali, diadakan Festival Candi Kembar yang diramaikan dengan berbagai macam kebudayaan seperti tarian jawa dan budaya budaya nusantara.

Candi ini dibuka untuk wisatawan setiap hari, mulai pukul jam 09.00 pukul 17.00. Tidak ada tarif khusus yang dikenakan bagi para pengunjung, para pengunjung bisa menyisihkan uang seikhlasnya dan mengisi buku tamu saja. Hanya saja, biasanya ada biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp1.000, dan kendaraan roda empat sebesar Rp2.000.

Candi Pawon

Lokasi Candi Pawon terletak di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur, tepatnya beralamat di Desa Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi berada kurang lebih 1,7 km dari Candi Borobudur ke arah timur, dan 1,1 km dari Candi Mendut.

candi pawon
Candi Pawon, foto: magelangonline.com

Asal mula nama Candi Pawon berasal dari bahasa Jawa yang berarti “dapur.” Namun menurut de Casparis, ini adalah candi yang digunakan sebagai “perabuan” atau tempat abu.

Yang menarik, pada dinding-dinding candi terdapat berbagai bentuk hiasan yang terbuat dari relief berbentuk pohon hayati (kalpataru) yang diapit kinari yaitu sejenis makhluk setengah manusia yang memiliki tubuh burung namun berkepala manusia.

Candi Mendut

Candi Mendut merupakan sebuah candi Budha yang berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi hanya 3 km dari Candi Borobudur. Menurut sejarah, Candi Mendut didirikan pada pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 masehi.

candi mendut
Candi Mendut, foto: yukpiknik.id

Candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata yang kemudian dilapisi dengan batu alam. Pintunya menghadap ke barat daya memiliki basement yang lumayan tinggi sehingga terkesan kokoh dan anggun. Di atas basement tersebut terdapat lorong yang mengelilingi tubuh candi. Di bagian atas, atapnya terdiri atas tiga tingkat dan dihiasi dengan stupa-stupa berukuran kecil berjumlah 48 buah.

Candi Tara

Candi Tara dikenal juga dengan nama Candi Kalibening. Merupakan candi Budha yang dibangun pada abad ke-8 berlokasi di Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta.

candi tara
Candi Tara, foto: sharingdisini.com

Candi ini, menurut sejarah sengaja dibangun sebagai persembahan kepada Dewi Tara. Dinding luar Candi dilapisi dengan semen kuno. Masih menurut sejarah, candi Budha tertua di Jogja ini dahulu dibangun oleh Rakai Panangkaran, seorang raja dari Dinasti Syailendra.

Candi Tara berbentuk bujur sangkar yang sisi-sisinya berukuran 45 m, dan tinggi 34 m. Bangunan candi terdiri atas tiga bagian yaitu, kaki candi, tubuh candi, dan atap candi. Bagian atapnya berbentuk persegi delapan terdiri atas dua tingkat dihiasi dengan arca dan stupa.

Nama lain Candi Tara adalah Candi Kalasan, berlokasi di, Jl. Jogja Solo Km. 13, Kalasan, Yogyakarta. Bagi pengunjung yang ingin menikmati peninggalan bersejarah ini, mereka harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Candi dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Candi Barong

Candi Barong dibangun pada abad ke-9 hingga 10 Masehi. Yang kemudian ditemukan kembali pada abad ke-20 oleh seseorang berkebangsaan Belanda yang saat itu bermaksud untuk memperluas perkebunan tebu di Yogyakarta.

candi barong
Candi Barong, foto: telusurindonesia.com

Candi Barong berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, lokasinya tepat berada di Perbukitan Baturagung.

Ini merupakan candi bercorak Hindu yang menurut sejarah digunakan untuk memuja Dewa Wisnu, karena di sekitar candi terdapat Arca Dewi Sri yang merupakan istri dari Dewa Wisnu. Selain itu, di sini juga terdapat Arca Dewi Laksmi yang dikenal sebagai pengiring Dewa Wisnu.

Jurang Tembelan

Jika kamu berwisata ke Taman Buah Mangunan, disana kamu akan menemukan sebuah lokasi yang diberi nama Jurang Tembelan, yang posisinya tidak jauh dari gardu pandang Mangunan.

jurang tembelan
Jurang Tembelan, foto: casciscus.com

Boleh dibilang, ini adalah salah satu spot selfie terpopuler di Yogyakarta dan objek wisata yang lagi ngehits beberapa tahun belakangan ini. Selain menyaksikan keindahan alam, biasanya wisatawan sengaja datang lebih awal ke tempat ini untuk menyaksikan matahari terbit.

Alamat objek wisata Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 22 KM.

Pengunjung bebas masuk tanpa dikenai biaya atau tiket masuk. Hanya saja, mereka tetap akan dikenakan biaya parkir apabila membawa kendaraan roda dua atau roda empat. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan 2 gardu pandang, gubuk atau gazebo, tempat parkir yang lumayan luas, serta, terdapat juga beberapa warung yang menjajakan aneka kuliner.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Jogja yang menampilkan aneka koleksi budaya Jawa, khususnya peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini beralamat di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman. Cuaca di tempat ini lumayan sejuk karena berada di ketinggian.

museum ullen sentalu
Museum Ullen Sentalu, foto: sobatjogja.com

Diantara beberapa koleksi yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu adalah :

  • Seperangkat alat musik berupa gamelan
  • Lukisan-lukisan tokoh Dinasti Mataram
  • Koleksi syair, bait, hingga album hidup GRKay
  • Dan lain-lain.

Tiket masuk Museum Ullen Sentalu untuk anak-anak usia 15-16 tahun sebesar Rp15.000. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp30.000. Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai hari Minggu. Hari Selasa-Jumat buka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.30 pukul 17.00.

Wisata Edukasi Omah Salak Sleman

Daerah Turi, Sleman, sudah lama dikenal sebagai pusat perkebunan salak, khusnya salak pondoh dan salak gading yang terkenal manis dan enak. Namun bencana alam erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 menyebabkan banyak petani salak di daerah tersebut, perlahan namun pasti mulai meninggalkan kegiatan bertani.

wisata edukasi omah salak
Wisata Edukasi Omah Salak, foto: omahsalak.blogspot.co.id

Karena latar belakang tersebut, masyarakat setempat kemudian berinisiatif untuk membangun “Omah Salak” untuk membangkitkan kembali semangat para petani dan minat pembeli.

Omah Salak adalah destinasi wisata buah yang mulai banyak diminati oleh masyarakat sekitar Jogja. Selain bisa menemukan buah salak dan bisa memetik langsung sendiri di kebun, wisatawan juga bisa menemukan berbagai makanan berbahan dasar salak seperti bakpia salak, dan lain-lain.

Paket wisata yang ditawarkan seharga Rp90.000. Paket wisata tersebut digunakan untuk biaya petik buah, makan sepuasnya, dan mendapatkan hidangan spesial berupa nasi ayam goreng sambal, minuman segar, dan lain-lain.

Alamatnya Wisata Omah Salak berada di Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman.

Cave Tubing Kalisuci

Kalisuci yang berada di Gunung Kidul dikenal sebagai daerah dengan pemandangan alam sangat indah. Satu hal yang unik, disana juga ternyata terdapat sebuah gua (cave) yang berada di bawah tanah.

cave tubing kalisuci
Cave Tubing Kalisuci, foto: liburmulu.com

Di sini, wisatawan akan diajak merasakan sensasi berpetualang menyusuri arus sungai dan jeram hingga ke goa bawah tanah (cave tubing).

Biaya wisata cave tubing di Kalisuci: Untuk retribusi sebesar Rp5.000. Paket wisata biasanya ditawarkan dengan harga Rp70.000 per orang. Lokasi Cave Tubing Kalisuci ada di, Jetisa Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Ngetun

Lokasi Pantai Ngetun bisa dijangkau dengan cukup mudah karena berada satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Pantai ini tergolong indah karena memiliki pemandangan yang bagus di sekitarnya. Dihiasi bukit-bukit karang yang terjal dan tertutup semak belukar, sehingga pemandangan tampak kontras dengan suasana pantai.

pantai ngetun
Pantai Ngetun, foto: cahyohanendyo.com

Pantai Ngetun merupakan pantai kecil yang bersih dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan maupun wisata pada hari-hari libur nasional.

Untuk bisa sampai di Pantai, traveller harus melewati jalan berbatu. Walau demikian, jalan tersebut cukup layak dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan. Lokasi Pantai Ngetun berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Puncak Kleco

Obyek wisata Puncak Kleco tergolong baru dan masih dalam proses pengembangan. Selama perjalanan menuju ke puncak, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang alami dan sejuk dari kaki Gunung Menoreh.

puncak kleco
Puncak Kleco, foto: bakpiamutiarajogja.com

Jalan yang akan kita lalui untuk berwisata ke Puncak Kleco berkelok-kelok dan melewati Sungai Progo. Di obyek wisata ini, terdapat spot selfie yang sekarang lagi ngehits dan cukup disukai oleh anak-anak muda. Di sini juga sudah tersedia gazebo sebagai tempat istirahat dan ayunan kayu.

Untuk menikmati wisata Puncak kleco yang berada di Duwet, Purwoharjo, Samigaluh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini, wisatawan tidak dipungut tiket masuk, melainkan harus membayar tiket parkir saja. Untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya Rp2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar 4000-Rp5.000.

Air Terjun Siluwok

Air Terjun Siluwok dikenal juga dengan nama Curug Siluwok dalam istilah setempat. Merupakan air terjun yang berada di Kulon Progo tepatnya di kaki Gunung Menoreh. Walaupun masih belum populer di kalangan wisatawan, air terjun ini terkenal indah dan memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, airnya juga masih jernih khas air pegunungan yang dingin dan sejuk.

air terjun siluwok
Air Terjun Siluwok, foto: tourwisatajogja.com

Lokasi Air Terjun Siluwok berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Tempatnya tidak jauh dari Air Terjun Sidoharjo.

Tinggi air terjun kurang lebih 20 m dengan debit air yang lumayan banyak sehingga terasa cukup deras saat kita berada di bawahnya.

Taman Sungai Tuk Mudal

Kulon Progo yang berada di sisi Barat Kota Jogja bersama-sama dengan Gunung Kidul merupakan destinasi wisata populer yang menawarkan aneka ragam wisata alam yang cantik dan menarik. Selain Kalibiru, Kulon Progo juga punya aliran sungai yang berlokasi sedikit tersembunyi di perbukitan Menoreh bernama, “Sungai Tuk Mudal.”

taman sungai tuk mudal
Taman Sungai Tuk Mudal, foto: tourwisatajogja.com

Jika kita datang ke Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Disana kita akan menemukan sebuah taman dan kolam air yang berwarna biru jernih berasal dari aliran Sungai Tuk Mudal.

Di sekitar tempat ini pemandangan masih sangat alami dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau refreshing. Tidak jauh dari tempat ini terdapat objek wisata Goa Kiskendo dan Air Terjun Setawing.

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola bagi para pengunjung yang datang berwisata ke tempat ini diantaranya adalah, gazebo dan kamar mandi untuk ganti baju. Selain itu, di sini juga tersedia wahana permainan seperti flying fox. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan alam di sekitar Taman Sungai Tuk Mudal, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang.

Pantai Kayu Arum

Semakin banyak saja pantai-pantai yang dibuka sebagai tujuan wisata beberapa tahun belakangan ini. Walaupun beberapa di antaranya masih belum memiliki track yang bagus untuk dilintasi oleh para wisatawan.

pantai kayu arum
Pantai Kayu Arum, foto: wisataku.net

Salah satu pantai baru yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta adalah Pantai Kayu Arum, berlokasi di Kanigoro, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai mungil ini bisa kamu datangi dengan sedikit berjalan kaki, melewati Jalan Setapak di antara ladang-ladang para penduduk. Pada musim tanam padi, pandangan kita akan dimanjakan dengan hijaunya sawah petani.

Pantai ini masih tergolong sepi karena jalur akses menuju kesana memang masih belum sebaik beberapa pantai yang lain. Untuk bisa menikmati keindahan pantai, kita akan dipungut biaya retribusi sebesar Rp10.000. Retribusi tersebut sudah mencakup beberapa pantai yang masih satu jalur dengan Pantai Kayu Arum seperti Pantai Baron, dan lain-lain.

Pantai Watu Kodok

Fasilitas di Pantai Watu Kodok masih sangat minim, belum selengkap fasilitas di pantai-pantai yang berada di dekatnya seperti Pantai Indrayanti. Walau demikian, para traveller akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah khas pantai-pantai Jogja yang cantik dan menarik.

pantai watu kodok
Pantai Watu Kodok, foto: pondokshafalla.com

Walaupun masih minim fasilitas, kita tetap bisa menemukan beberapa warung yang menjual makanan maupun penyewaan tikar di tempat ini.

Lokasi pantai berada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Satu jalur dengan Pantai Drini, Pantai Kukup, dan Pantai Sepanjang.

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin adalah sebuah objek wisata baru yang cukup eksis diantara para traveller berlokasi di, Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

telaga biru semin
Telaga Biru Semin, foto: ksmtour.com

Objek wisata ini masih dalam pengembangan, walau demikian, pemerintah desa sudah membangun banyak fasilitas untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Daya tarik utama Telaga Biru adalah pemandangan alamnya yang sangat indah lengkap dengan bukit-bukit kapur dan tebing batu. Selain datang pada siang dan sore hari untuk menyaksikan keindahan alam, banyak juga yang sengaja datang lebih awal untuk menyaksikan sunrise yang indah di antara perbukitan dan sawah-sawah.

Kamu yang berminat menikmati obyek wisata Telaga Biru Semin, hanya perlu membayar biaya parkir karena belum ada pungutan retribusi (tiket masuk) yang diberlakukan.

Kebun Binatang Gembira Loka

Objek wisata di dalam kota yang dekat dengan Malioboro salah satunya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang, bisa jadi alternatif tujuan liburan yang bernilai edukasi bagi remaja maupun anak-anak.

kebun binatang gembira loka
Kebun Binatang Gembira Loka, foto: jalanjalanindonesia.co.id

Kebun binatang di Jogja ini tidak hanya menawarkan aneka rupa binatang yang didatangkan dari seluruh wilayah Indonesia maupun beberapa belahan dunia, melainkan para pengunjung juga akan dimanjakan dengan atraksi menarik seperti Gelar Satwa Terampil yang mempertunjukkan beberapa binatang berupa: beruang madu, burung kangkareng, orangtua, hingga burung kakak tua jambul kuning.

Kebun Binatang Gembira Loka yang beralamat di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, ini juga menawarkan beberapa kreasi menarik seperti Kolam Sentuh, Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayu, Banana Boat Orca, hingga Sekuter Air.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka terbaru pada hari-hari biasa, (Senin-Jumat) sekitar Rp25.000. Sedangkan pada akhir pekan dan pada hari-hari libur nasional, tiketnya naik menjadi Rp30.000. Tempat ini dibuka mulai pukul 08.00-17.30. Tiket belum termasuk biaya parkir.

Angkringan Tugu

Selain gudeg, Jogja juga dikenal dengan kuliner nasi kucing, yang biasanya di jual di sebuah gerobak, disebut “angkringan.” Hampir diseluruh penjuru Jogja bisa kita temukan angkringan, baik siang maupun malam hari. Salah satu pusat angkringan yang sangat terkenal adalah Angkringan Tugu di dekat Stasiun Tugu Jogja yang berada di ujung utara Jalan Malioboro.

angkringan tugu
Angkringan Tugu, foto: blognyagoem.blogspot.co.id

Di angkringan ini kita bisa menikmati nasi kucing yang diberi lauk berupa sambal, sambal teri, atau tahu-tempe, dengan harga murah meriah (Rp700-Rp1000). Selain itu, di sini juga tersedia aneka rupa goreng-gorengan termasuk sate dan lauk-pauk lainnya seperti ayam maupun telur.

Salah satu ikon kuliner yang sangat terkenal dari Angkringan Tugu adalah Kopi Joss, yaitu sebuah hidangan kopi yang diberi arang di dalamnya. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan datang ke Angkringan Tugu Jogja. Alamatnya berada di Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta.

Goa Selarong

Goa Selarong merupakan Goa yang sangat bersejarah karena menurut cerita, pada zaman dahulu dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro serta pasukannya sebagai tempat bersembunyi dan sebagai markas untuk melakukan perang gerilya melawan kolonial Belanda pada rentang waktu tahun 1825-1830.

goa selarong
Goa Selarong, foto: gudeg.net

Gua bersejarah ini saat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dan dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Bagi yang tertarik untuk masuk, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp2.750 plus biaya parkir. Biaya parkir untuk sepeda motor sekitar Rp2.000, dan mobil Rp5.000. Alamat obyek wisata Goa Selarong Yogyakarta berada di Guwosari, Pajangan, Bantul.

Pantai Jungwok

Banyak orang bilang kalau Pantai Jungwok adalah pantai yang angker. Tapi sejatinya, Pantai Jungwok ini terkesan unik dan cantik. Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Wediombo. Kalau kamu pakai kendaraan roda dua untuk ke pantai dan malas jalan, kamu bisa membawa kendaraan langsung sampai di bibir pantai.

pantai jungwok
Pantai Jungwok, foto: jarangpanas.com

Ciri khas pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai di bagian selatan Jogja. Di kaki bukit kita akan menemukan pasir dan air laut yang dipisahkan oleh bebatuan. Alamat Pantai Jungwok berada di, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul.

Embung Batara Sriten

Di Puncak tertinggi Gunung Kidul, terdapat sebuah destinasi wisata baru yang menarik. Objek wisata ini dikenal dengan sebutan “Embung Batara Sriten.” Lokasinya tepat berada di Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul. Bisa diakses dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja.

embung batara sriten
Embung Batara Sriten, foto: menarajogjatransport.net

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di puncak bukit yang memiliki kolam berukuran cukup besar ini, diantaranya adalah: menyaksikan pemandangan alam yang indah dan mempesona, melihat sunset, camping, tracking, dan lain-lain.

Harga tiket yang dipatok untuk wisatawan yang datang ke Embung Batara Sriten Jogja cukup murah, hanya Rp3.000 per orang. Belum termasuk biaya parkir. Kamu yang membawa kendaraan roda dua cukup membayar Rp2.000 untuk biaya parkir, sedangkan kendaraan roda empat Rp5.000.

Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogya yang banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke kota pelajar ini. Gudeg Pawon berada di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo. Lokasinya tidak jauh dari kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

gudeg pawon
Gudeg Pawon, foto: beritapolisi.info

Gudeg Pawon merupakan alternatif destinasi wisata kuliner yang bisa kamu cobain jika ingin merasakan sensasi gudeg yang sesungguhnya.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 22.30-1.00. Karena cukup laris, dan jika tidak ingin kehabisan, kamu harus datang lebih awal supaya dapat antrian yang tidak terlalu panjang.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan beralamat di Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah ini terkenal dengan suasananya yang kering kerontang pada musim kemarau, dan dikenal juga sebagai salah satu pusat penghasil kapur di Jogja, karena disana akan dengan mudah kita temukan gunung-gunung kapur yang menjulang.

pantai ngrenehan
Pantai Ngrenehan, foto: pasirpantai.com

Di samping kekurangannya tersebut, daerah Saptosari punya pantai indah bernama Pantai Ngrenehan yang banyak dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai tempat untuk menambatkan perahu.

Selain menikmati keindahan pantai dan laut, Kita juga bisa menikmati aneka kuliner seafood hasil tangkapan para nelayan. Kalau kamu tertarik dan ingin membeli ikan, disini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI).

Di antara beberapa fasilitas yang disediakan di Pantai Ngrenehan adalah:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Tempat ibadah berupa musholla, dan terdapat juga warung makan di sekitar pantai

Rute menuju pantai berada satu jalur dengan Pantai Torohudan, Pantai Ngobaran, Pantai Widodaren, Pantai Ngrawah, dan Pantai Ngeden.

Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka yang ada di Yogyakarta dikenal dengan nama Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Lokasinya berada di Jl. Kapten Laut Samadikun, Gunungketur, Mergangsan, Kota Yogyakarta (Jl. Bintaran Wetan 3, Yogyakarta). Lokasi museum ini berdekatan dengan Museum Biologi dan Museum Dewantara Kirti Griya, bisa dijangkau dengan mudah dari Taman Pintar atau dari Taman Budaya Jogja.

museum sasmitaloka
Museum Sasmitaloka, foto: triptrus.com

Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda berupa kulit, kain, kayu, logam, dll, yang terdiri atas: katana (pedang jepang), telepon, replika keris, senjata (pistol), dan lain-lain. Terdapat 14 ruangan di museum ini yang diisi dengan kurang lebih 599 koleksi benda.

Pabrik Gula Madukismo

Pabrik gula ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat melihat secara langsung proses pembuatan gula. Biasanya penggilingan tebu untuk dijadikan gula berlangsung dari bulan Mei-September.

pabrik gula madukismo
Pabrik Gula Madukismo, foto: sewabusdijogja.com

Yang unik, sebelum memulai penggilingan, biasanya karyawan pabrik akan melaksanakan sebuah ritual yang disebut dengan Ritual Cembengan. Ritual ini dimaksudkan untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar penggilingan berjalan lancar.

Selama ritual, biasanya akan ada kirab abu temanten dan berbagai pertunjukan seni seperti wayang semalam suntuk dan pasar malam.

Lokasi pabrik tebu ini berada di Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Bagi yang tertarik untuk datang, hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp7.000 untuk tiket masuk. Pabrik dibuka setiap Senin-Kamis mulai pukul 08.00 pukul 15.00 sore. Sedangkan pada hari Jumat dan hari Sabtu hanya dibuka hingga pukul 12.00 siang, dan pada hari Minggu objek wisata Pabrik Gula Madukismo ditutup untuk umum.

Pantai Slili

Pantai Slili merupakan pantai berukuran kecil berlokasi di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang. Panjang garis Pantai Slili kurang lebih 100 meter, namun keindahan panorama di sekitarnya mampu membuat siapapun merasa nyaman dan senang berlama-lama di tempat ini.

pantai slili
Pantai Slili, foto: kantiangoasis.com

Karena ini merupakan pantai baru dan belum begitu terekspos, maka wajah apabila masih terasa sepi pengunjung. Walau demikian, Pantai slili sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gazebo sebagai tempat berteduh, terdapat juga warung-warung yang menjual aneka jenis kuliner, serta kamar mandi atau toilet.

Alamat Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pengunjung yang datang ke pantai ini, terlebih dahulu harus membayar tiket retribusi masuk sebesar Rp9.500 per orang plus asuransi Rp500 sehingga totalnya Rp10.000. Retribusi tersebut sudah termasuk untuk menikmati Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, hingga Pantai Pok Tunggal.

Baron Technopark

Baron Technopark adalah destinasi wisata edukasi yang berlokasi di Gunung Kidul. Tepatnya berada di Dusun Parangracuk, Desa Planjan, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Sesuai dengan namanya tempat ini dimanfaatkan untuk sarana uji terap, wisata teknologi, edukasi dan pemanfaatan energi terbarukan.

baron technopark
Baron Technopark, foto: extremeghosthunting.com

Di sekitarnya, kita juga akan menemukan berbagai teknologi baru mulai dari wind turbine, wave turbine, solar panel, menara Technopark yang digunakan untuk mengembangkan mobil listrik, tempat pengolahan minyak nabati, stasiun cuaca, dan masih banyak yang lainnya.

Pantai Wohkudu

Ini adalah sebuah pantai mungil berpasir putih dan diapit oleh dua bukit karang, membuatnya terlihat cantik mempesona. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama “Pantai Wohkudu.” Pantai ini berada di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

pantai wohkudu
Pantai Wohkudu, foto: dutawisata.co.id

Pantai Wohkudu tergolong pantai baru dan masih tampak perawan, alias belum banyak dijamah tangan-tangan manusia, sehingga ketika berkunjung pun kita tidak akan menemukan banyak wisatawan di sana. Serasa seperti berada di pantai pribadi, kesannya eksklusif dan sangat tenang.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai, mandi dan berenang, memancing, atau camping. Dari Yogyakarta, Pantai Wohkudu bisa diakses dalam waktu kurang lebih 2 jam berkendara dengan mengambil rute jalan menuju Imogiri-Panggang.

Sebelum masuk pantai, kamu perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan roda 2 sebesar 3.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp5.000 saja. Ya, tidak ada tiket masuk atau retribusi khusus yang dipungut bagi para pengunjung ketika berwisata ke pantai indah ini.