210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

wisata jogja

Wisata Jogja

210 tempat wisata Jogja terbaru dan terlengkap akan menjadi referensi yang tepat dan lengkap buat anda. Jogja adalah destinasi wisata paling terkenal di Pulau Jawa. Bahkan Obama (mantan presiden Amerika Serikat) datang ke Indonesia untuk berwisata. Selain mengunjungi Bali, Obama juga memilih Jogja sebagai tujuan wisata. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Jogja memang punya daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata, serta menawarkan banyak objek wisata Jogja yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Obyek wisata terkenal dan populer di Jogja tersebar di banyak tempat. Fasilitas pendukung dan akomodasi cukup memadai di kota ini. Tidak hanya itu, kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata murah karena biaya makan dan biaya tempat tinggal cukup bersahabat. Bahkan, hotel di sekitar Jl. Malioboro juga masih ada yang menawarkan tarif Rp100.000 atau kurang dari itu.

Saat ini Jogja seperti menjadi tujuan wisata yang sangat pas, berbagai tempat wisata keren tersedia di sana, baik wisata baru maupun wisata yang sudah populer sejak lama. Kamu tinggal pilih salah satu obyek wisata yang paling kamu minati dari sekian banyak wisata di Jogja. Selanjutnya, kamu tinggal mengagendakan liburan ke Jogja bersama orang-orang yang kamu anggak spesial, entah itu teman-teman, keluarga, maupun pasangan kamu.

Sebelum berangkat untuk berwisata ke Jogja, maka sebaiknya persiapkan segala hal yang diperlukan. Apalagi bila kamu memang berniat menghabiskan waktu di sana, maka bekal yang dibutuhkan pun lumayan banyak. Mulai dari pakaian, makanan dan minuman, ransel khusus, kamera, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit juga menjadi penting, agar kamu bisa liburan secara maksimal. Apalagi bila obyek wisata yang dipilih terasuk kategori berat, seperti wisata di kawasan pegunungan yang memang membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi. Yang pasti, kamu harus tahu mana tempat wisata yang pas buat kamu, tentunya yang sekiranya bisa menyenangkan hati kamu. Kami akan membagikan kepada kalian rekomendasi sebanyak 210 tempat wisata Jogja yang paling baru dan yang paling populer kepada anda.

Bagi kamu yang tertarik untuk datang dan menikmati wisata menarik di Jogja, berikut adalah 210 daftar tempat wisata Jogja paling populer dan yang paling banyak dikunjungi.

1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Kalau kamu tertarik menjadikan Yogjakarta sebagai tujuan liburan, kamu harus mampir ke salah satu tempat wisata Jogja paling populer saat ini yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Yang cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat wisata ini berdiri di sebuah area dengan luas kurang lebih 11 hektar dan menawarkan tidak kurang dari 19 wahana permainan air yang seru dan menantang.

jogja bay waterpark

Jogja Bay Waterpark

Diantara beberapa wahana permainan menarik yang ditawarkan adalah: Waterpark dengan tema Pirate. Disini kita bisa bermain air sepuasnya dengan konsep dunia bajak laut yang terlihat unik dan seru.

Ada juga berbagai macam slider dengan beragam ketinggian dan ukuran (panjang). Diantara beberapa contoh slider terkenal yang ada di tempat ini adalah: Volcano Coaster, Timo Timo Rider (memiliki 3 putaran pada lintasannya membuat kita merasa seolah terombang-ambing), Brando Bumeranggo, Bekti Adventure, Joilie Raft Rive, dll.

Selain berbagai wahana permainan untuk orang dewasa, Jogja Bay juga menyediakan berbagai Wahana menarik untuk anak-anak. Bahkan, fasilitas penunjang yang ada di tempat ini juga cukup lengkap ramah untuk segala usia.

Tidak ketinggalan, berbagai bentuk kegiatan menarik seperti petualangan, kegiatan yang bernilai edukasi, hingga pertunjukan spektakuler juga ada di sini. Di Jogja Bay, anak-anak bisa belajar dari simulasi bencana banjir, latihan menghadapi bencana bersama Basarnas, menyaksikan pertunjukan spektakuler, dan lain-lain.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia untuk kenyamanan para pengunjung diantaranya adalah:

    • VVIP Cabana
    • Gazebo
    • Panggung
    • Pool bar
    • Restoran
    • Layanan foto
    • Penyewaan loker
    • Penyewaan handuk
  • Shopping centre
  • Odong-odong
  • Resto dan Cafe
  • Mushola
  • Kamar mandi, dan area parkir yang cukup luas.

Harga tiket Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Pada hari biasa (Senin-Jumat)

  • Tiket Counter buka mulai pukul 09.00-16.00
  • Waterpark buka mulai pukul 09.00-18.00
  • Harbor Theater buka mulai pukul jam 09.00-22.00.

Sedangkan pada weekend (akhir pekan)

  • Tiket Counter buka mulai pukul 08.00-16.00
  • Waterpark buka mulai pukul 09.00-18.00
  • Harbour Theater buka mulai pukul pukul 09.00-22.00

Harga tiket bisa dibeli secara cash maupun dengan menggunakan credit card seperti Visa, MasterCard, BCA, maupun Mandiri.

  • Harga tiket dewasa dengan tinggi di atas 110 cm: Rp.90.000-100.000
  • Anak-anak dengan tinggi maksimal badan 110 cm: Rp.60.000-75.000

Alamat Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jl. Utara Stadion, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. De Mata Trick Eye Museum

Ini adalah destinasi wisata baru di Jogja yang cukup instagrammable dilengkapi dengan setidaknya 120 gambar 3 dimensi yang memenuhi area dinding dan basement gedung Umar Kayam Jogja. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengambil foto-foto keren yang mungkin selama ini tidak bisa kamu lakukan di dunia nyata.

de mata trick eye museum

De Mata Trick Eye Museum

Disini kamu bisa melakukan hal-hal yang mustahil kamu lakukan seperti bermain-main dengan Panda yang lucu, tidur di atas paku tanpa terluka, kamu juga bahkan bisa berfoto di tembok besar China tanpa pergi ke Cina, atau berpose di depan Menara Eiffel tanpa pergi ke Paris.

Sebagian besar gambar-gambar 3 dimensi tersebut adalah hasil karya Petrus Kusuma yang mulai dilukis sejak tahun 2013, tepatnya di bulan Desember. Saat ini, De Mata Trick Eye Museum sudah dinikmati oleh ribuan bahkan jutaan pengunjung yang datang setiap hari.

Kamu yang baru pertama kali datang ke museum ini tidak perlu canggung untuk berpose karena sebenarnya di sana sudah tersedia foto berukuran kecil yang berfungsi sebagai ‘contoh pose,’ sehingga kamu pun akan dengan leluasa mengambil berbagai foto menarik di atas gambar-gambar 3 dimensi sehingga hasil foto akan lebih nyata.

Fasilitas

Museum 3 dimensi ini menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk para pengunjung mulai dari internet gratis dengan menggunakan WiFi yang bisa kamu manfaatkan untuk langsung mengupload foto ke sosial media, ada juga kantin yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bersantai sambil menikmati minuman dingin atau hangat serta berbagi cemilan dengan harga terjangkau.

Harga tiket masuk De Mata Trick Eye Museum

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul jam 10.00-22.00

  • Senin-Jumat 10.00-15.00 (De Mata 1, De Mata 2, De Arca, D’Walik) harga tiket untuk masing-masing ruangan adalah Rp30.000. Namun jika ingin membeli tiket terusan harganya sekitar Rp100.000.
  • Senin-Jumat 15.00-22.00 (De Mata 1, De Mata 2, De Arca, D’Walik) harga tiket masing-masing adalah Rp40.000. Tiket terusan Rp120.000. Harga tiket ini termasuk harga tiket di hari-hari libur nasional dan peak season.
  • Sedangkan bagi kamu yang kebetulan datang berkunjung di hari ulang tahun, kamu bisa masuk gratis tanpa membeli tiket.
  • Harga tiket parkir kendaraan roda dua: Rp2.000
  • Parkir kendaraan roda empat: Rp5.000
  • Parkir bus: Rp15.000

Alamat De Mata Trick Eye Museum Jogja

XT Square, XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

3. Upside Down World Yogyakarta

Objek wisata yang berupa berbagai gambar latar belakang terbalik sebenarnya sudah tidak asing lagi karena beberapa negara telah terlebih dahulu mempopulerkan hal semacam ini. Di Indonesia sendiri, salah satu tempat di mana kita bisa menjumpai dunia terbalik (Upside Down World) adalah di Yogyakarta.

upside down world yogyakarta

Upside Down World Yogyakarta

Tempat seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto unik untuk di-upload ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Di Yogyakarta, Upside Down World menggunakan konsep kehidupan sehari-hari menampilkan bagian-bagian dari sebuah rumah seperti dapur kamar tidur ruang makan, ruang tamu, dan tidak ketinggalan juga warung burjo yang menjadi salah satu icon kuliner di Jogja.

Terdapat setidaknya 12 ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan latar belakang terbalik. Berbagai ruangan tersebut dilengkapi dengan perabotan yang cukup lengkap, bahkan, tidak sedikit dari perabotan perabotan tersebut bener-bener asli bukan hanya sekedar gambar tempel saja.

Obyek wisata ini boleh dibilang sebagai destinasi wisata baru di Jogja yang cukup populer karena baru dibuka untuk umum mulai bulan Juni tahun 2016 lalu.

Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena berbagai perabotan yang ada di tempat tersebut ditempatkan sedemikian rupa dengan hendel yang cukup kuat dan aman. Pun begitu juga dengan foto-foto yang kita ambil, dijamin pasti menarik karena di sana ada petugas (guest assistance) yang akan membimbing atau mengarahkan pengunjung jika ingin mengambil foto di ruangan-ruangan tertentu.

Harga tiket masuk Upside Down World Yogyakarta

Objek wisata baru di Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-19.00.

  • Tiket masuk untuk dewasa: Rp80.000
  • Harga tiket masuk untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 135 cm: Rp40.000.
  • Biaya parkir kendaraan roda dua: Rp1.000
  • Biaya parkir kendaraan roda empat Rp4.000

Alamat Upside Down World Jogja

Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Lokasinya persis berada di depan Indomaret Casa Grande.

4. Kebun Buah Mangunan

Kalau kamu bosan berwisata ke Kaliurang-Jogja, kamu bisa mencoba pergi ke “Negeri Atas Awan” julukan yang paling tepat untuk sebuah destinasi wisata alam dan wisata petik buah di Bantul Yogyakarta yang lebih dikenal dengan nama Kebun Buah Mangunan.

kebun buah mangunan

Kebun Buah Mangunan

Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik muda maupun tua karena menawarkan pemandangan yang cukup spektakuler berupa perbukitan, lembah, plus sungai dan kabut yang menggantung.

Jika ingin menikmati suasana yang dramatis dengan pemandangan alam yang berkabut, ada baiknya kamu datang di pagi hari atau ketika musim hujan tiba.

Obyek wisata alam ini bisa dijangkau dari pusat Kota Jogja dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam berkendara. Kalau kamu datang pagi-pagi, ada baiknya kamu bawa bekal makanan dan minuman untuk sarapan, karena biasanya di pagi buta belum banyak warung yang buka.

Ini adalah destinasi wisata yang cocok banget buat kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan dan penatnya suasana di kantor. Karena pemandangan alam yang indah akan membuat fisik dan jiwa segar kembali.

Selain pemandangan berupa perbukitan yang menghijau, pada musim buah, kita bisa menikmati berbagai jenis buah seperti durian, jambu air, jeruk, mangga, hingga aneka tanaman buah lainnya.

Disini tersedia kurang lebih 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, hingga 200 tanaman buah lainnya. Berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini diantaranya adalah melihat proses pembibitan sapi, bermain flying fox, outbound, reflying, tersedia juga bumi perkemahan untuk camping, kolam renang untuk anak-anak, dll.

Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta diantaranya adalah: kolam renang, gedung pertemuan, penginapan atau homestay, dan lain-lain.

Tiket masuk obyek wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Namun tentu saja, kamu juga bisa datang pagi-pagi sekali misalnya pada pukul 06.00 jika ingin mendapatkan pemandangan dengan momen yang dramatis. Selain di pagi hari sama kamu juga bisa datang ke tempat ini di sore hari untuk menikmati sunset.

Untuk menikmati pemandangan alam yang indah tersebut, kamu harus membayar retribusi sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk biaya parkir, gratis.

Alamat Kebun Buah Mangunan Jogja

Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Hutan Pinus Mangunan

Selain Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, Kita juga bisa menikmati keindahan alam di Jogja dengan mengunjungi Hutan Pinus Mangunan. Ini adalah destinasi wisata baru lainnya yang cukup populer dan banyak diminati.

kebun buah mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Tempat ini buka setiap hari. Berlokasi di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan Yogyakarta dan menempati tanah seluas 500 hektar. Ada banyak jenis pohon yang tumbuh subur membuat suasana sangat teduh dan menyenangkan. Diantara beberapa pohon yang terdapat di tempat ini adalah: pohon mahoni, pohon pinus, akasia, kemiri, dan pohon kayu putih.

Selain suasana hutan yang menenangkan, tidak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk mendatangi Sumber Mata Air Bengkung. Sebuah sumber mata air yang dipercaya sebagai tempat bertapa Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung seperti: ayunan hammock, gardu pandang, panggung pertunjukan, mushola, kamar mandi umum, dan juga tersedia warung-warung sederhana yang menawarkan aneka jenis makanan, termasuk makanan dan minuman ringan.

Tiket masuk obyek wisata Hutan Pinus Mangunan

Obyek wisata ini buka setiap hari termasuk pada hari hari libur. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam hutan pinus ini, kamu bisa masuk dengan gratis (free). Hanya saja, kamu akan dipungut biaya parkir jika membawa kendaraan roda dua atau roda empat.

  • Kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp3.000
  • Sedangkan kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp10.000

Alamat Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus ini beralamat di Kawasan Resort Pengelolaan Hutan, Mangunan. Untuk bisa sampai disana, kamu hanya perlu mengikuti jalan yang satu arah dengan situs makam raja-raja Imogiri.