210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

46. Air Terjun Gedad

Objek wisata Air Terjun Gedad yang ada di Gunung Kidul merupakan objek wisata baru di Yogyakarta yang resmi dibuka di penghujung tahun 2016. Namun karena kecantikan pemandangan alam dan keindahan air terjun serta aksesnya yang mudah membuat banyak wisatawan rela meluangkan waktu untuk datang ke tempat ini terutama pada hari hari libur.

air terjun gedad

Air Terjun Gedad, foto: yogyalagi.com

Selain wisatawan lokal, kadang-kadang juga terlihat wisatawan mancanegara seperti wisatawan dari Korea yang juga ingin menyaksikan keindahan air terjun tersebut.

Air terjun ini bisa dijangkau dengan cukup mudah karena rute yang dilalui adalah jalan yang cukup mulus dan beraspal. Dari jalan utama menuju air terjun sudah diberi pengeras sehingga bisa dilalui kendaraan. Dari tempat parkir, jarak air terjun kurang lebih 50 meter saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Gedad, kamu hanya perlu membeli tiket sebesar Rp5.000 (Sudah termasuk biaya parkir kendaraan).

47. Wisata Kampung Wijilan

Selain dikenal sebagai tujuan wisata belanja dan wisata budaya Jogja juga dikenal sebagai tujuan wisata kuliner. Karena disini akan dengan mudah kita temukan berbagai jenis makanan khas yang nikmat dan lezat. Selain bakpia yang menjadi ciri khas Jogja, gudeg merupakan salah satu makanan yang paling terkenal dan paling diminati ketika wisatawan berkunjung ke kota pelajar ini.

wisata kampung wijilan

Wisata Kampung Wijilan, foto: republikindonesia.net

Kalau kamu kebetulan datang ke Jogja dan belum pernah mencicipi gudeg, ada baiknya kamu mampir ke Wijilan, yaitu sebuah kampung dimana kamu bisa menemukan warung warung penjual gudeg dengan harga murah meriah, mulai dari Rp5.000 hingga puluhan ribu rupiah tergantung dari lauk yang kamu pilih.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata kuliner ini berada di Jalan Wijilan, Sleman.

48. Tugu Jogja

Di bagian Utara dari Jalan Malioboro terdapat wilayah bernama “Tugu,” karena disana terdapat sebuah monumen atau Tugu Jogja. Lokasi persisnya berada di Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Jetis.

tugu jogja

Tugu Jogja, foto: panduanwisata.id

Tunggu ini adalah ikon kota Jogja dan sering dijadikan sebagai spot selfie oleh para mahasiswa maupun wisatawan, terutama pada malam hari. Saat berkunjung ke tempat ini, siapapun bisa menikmatinya dan tidak dipungut biaya apapun, termasuk biaya parkir.

49. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar adalah destinasi wisata yang cocok untuk anak-anak. Di Taman Pintar, anak-anak bisa belajar dan mengenal berbagai hal karena disana telah tersedia: Gedung Oval yang berisi berbagai wahana menarik seperti akuarium air tawar, diorama kehidupan prasejarah, tata surya cuaca, simulasi iklim dan lain-lain.

taman pintar yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta, foto: bakpiamutiarajogja.com

Selain itu ada juga Gedung Kotak yang berisi wahana seru berupa: permainan air, lorong ilusi, teknologi otomotif roda dua, perpustakaan, galeri pusaka, aneka keajaiban yang ada di Indonesia, zona olahraga, zona melek gizi, sains, nuklir dan lain-lain.

Tidak hanya itu, sebenarnya Taman Pintar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar dan bermain serta untuk menggali kreativitas mereka seperti Gedung Planetarium, Kampung Kerajinan, hingga Gedung PAUD.

Taman Pintar Yogyakarta berada di l. Panembahan Senopati No. 1–3.

Tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta :

  • Anak-anak: Rp10.000
  • Dewasa: Rp18.000
  • Wahana Planetarium : Rp15.000
  • Gedung PAUD: Rp3.000
  • Teater 3 dimensi: Rp20.000 untuk dewasa Rp15.000 untuk pelajar Rp15.000 untuk rombongan yang minimal berisi 20 orang.
  • Wahana Bahari: Rp4.000
  • Program kreativitas juga membutuhkan biaya antara Rp10.000-Rp50.000 tergantung dari pilihan program yang diambil. Diantara beberapa program yang ditawarkan adalah: membatik, membuat gerabah, melukis kaos, melukis gerabah, hand on science, kontes robot dan pelatihan robot.

50. Resort Kaliurang

Resort Kaliurang merupakan salah satu pilihan tempat menginap saat berkunjung di Jogja. Resort ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan masih alami berupa sawah-sawah maupun pepohonan.

resort kaliurang

Resort Kaliurang, foto: tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Resort yang dilengkapi dengan spa dan restoran ini menjadi salah satu resort paling populer di Jogja yang banyak diminati tourist, berlokasi kurang lebih 45 menit dari Bandara Adisucipto.

Alamat resort ini berada di Jalan kaliurang km. 19,2 Desa Wisata Sambi, Pakem, Sleman.

Berbagai fasilitas dan akomodasi menarik yang ditawarkan oleh resort ini diantaranya adalah kamar dengan berbagai ukuran dan fasilitas, travel guide, rental kendaraan, antar jemput dari bandara, dan lain-lain.