210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

56. Pantai Sadeng

Sebelum tiba di bibir Pantai Sadeng, terlebih dahulu kita akan disambut oleh pelabuhan yang ada di sana yaitu Pelabuhan Sadeng sekaligus tempat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan. Tapi jangan kecewa dulu, karena Pantai Sadeng berada di ujung sisi sebelah kiri pelabuhan.

pantai sadeng

Pantai Sadeng, foto: blog.reservasi.com

Bagi pengunjung baru, mereka bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau langsung mengambil jalan yang ada di sisi sebelah kiri pelelangan ikan. Setelah melewati lapak-lapak para pedagang, perahu-perahu yang disandarkan, dan bukit-bukit tebing serta karang, barulah wisatawan akan menemukan pantai. Pantai Sadeng berukuran sangat kecil berada di antara batu-batu karang.

Walau demikian, pantai ini boleh dibilang cukup indah mengingat ada banyak hal yang bisa kita saksikan, terutama kegiatan para nelayan dan desa nelayan yang ada di sekitarnya.

Pantai ini berlokasi di Songbanyu, Girisubo, Gunung Kidul. Harga tiket memasuki pantai ini Rp3.000 ditambah biaya parkir untuk kendaraan roda dua sekitar Rp2.000.

57. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunung Kidul berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari. Pantai ini masih berada satu garis dengan Pantai Kukup, Pantai Baron, dan Pantai Sundak. Pasirnya berwarna kuning keemasan, namun sayangnya terdapat banyak rumput laut di sekitar pantai yang membuat kegiatan mandi-mandi dipantai jadi kurang seru.

pantai sepanjang

Pantai Sepanjang, foto: sewamotordijogja.com

Secara umum, pemandangan di Pantai Sepanjang cukup elok dengan fasilitas yang memadai mulai dari toilet umum, warung yang menjajakan aneka jenis makanan termasuk seafood, dan lain-lain. Di sekitar Pantai Sepanjang terdapat situs peninggalan bernama Banyu Sepuh, yaitu sebuah mata air yang sering dimanfaatkan untuk memandikan benda-benda pusaka.

Lokasi Pantai Sepanjang tidak jauh dari Pantai Drini dan Pantai Kukup. Tiket masuk ke Pantai Sepanjang perorang Rp10.000.

58. Pantai Baron

Objek wisata berupa pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Lokasi pantai bisa dijangkau dari Jogjakarta dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan jarak dari pusat Kota (40 km). Jalan yang kita lalui untuk bisa sampai di Pantai cukup bagus baik sepeda motor hingga kendaraan roda empat bisa mendekati pantai.

pantai baron

Pantai Baron, foto: pegipegi.com

Pantai ini terasa cukup indah karena memiliki pasir berwarna coklat kekuningan yang bersih dan terawat. Di pinggir pantai kita akan menemukan perahu-perahu nelayan dan tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah TPI (tempat pelelangan ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan para nelayan.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner seperti buah sirsak, pisang tanduk, dan menu seafood di Pantai Baron. Setelah puas bermain-main di pantai, pengunjung juga bisa membeli berbagai bentuk cendramata khas pantai seperti bros, lampu hias, cermin, pigura, dan lain-lain, yang rata-rata dihiasi dengan kerang laut.

Harga tiket masuk ke Pantai Baron Rp10.000 per orang. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang bisa kita manfaatkan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Jika tertarik untuk naik, kamu harus menyiapkan uang Rp5.000 per orang.

59. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata alam di Gunung Kidul yang baru dibuka dan diramaikan oleh para traveller 3 tahun belakangan ini. Sebelumnya, ini hanyalah bukit kosong yang oleh pemerintah setempat kemudian diubah menjadi sebuah waduk untuk menampung air yang bisa dimanfaatkan untuk mengairi kebun-kebun di bawah Bukit Nglanggeran.

embung nglanggeran

Embung Nglanggeran, foto: lookjogja.blogspot.co.id

Pemandangan di tempat ini cukup mempesona terlebih karena kita bisa melihat suasana yang indah dari ketinggian. Walaupun tergolong baru, objek wisata ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, toilet umum, pendopo atau gazebo, dan terdapat juga warung-warung yang menjual aneka makanan termasuk makanan dan minuman ringan.

Alamat objek wisata Embung Nglanggeran berada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Harga tiket masuk ke obyek wisata ini cukup murah, hanya Rp7.000 saja.

60. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta dikenal juga dengan nama “Istana Air Taman Sari Yogyakarta” merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang saat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata budaya dan wisata sejarah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

taman sari yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta, foto: anekatempatwisata.com

Taman Sari terdiri atas empat bidang yang berbeda-beda yang terdiri atas sebuah danau buatan, pavilium di sebelah barat, kompleks permandian di bagian tengah, pavilium dan kolam di sebelah selatan, serta sebuah danau kecil di bagian timur.

Menurut sejarah, Taman Sari telah dibangun sejak pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Bagi wisatawan yang berminat untuk berwisata ke tempat ini, harga tiket masuknya Rp3.000.

Karena kompleks pemandian yang cukup luas dan terdiri atas beberapa buah bangunan, untuk mengetahui lebih jauh seluk-beluk pemandian ini kita membutuhkan seorang pemandu. Biasanya biaya pemandu kurang lebih Rp25.000. Taman Sari buka setiap hari pukul 08.00 hingga pukul 14.00.