210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

61. Puncak Kosakora

Kalo kamu tertarik untuk menyaksikan keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul dan jika kamu tertarik untuk mengabadikan pantai-pantai tersebut melalui mata kamera, kamu membutuhkan sebuah spot yang bisa memberikan sudut pandang paling bagus dan menarik.

puncak kosakora

Puncak Kosakora, foto: lihat.co.id

Di Gunung Kidul, Puncak Kosakora merupakan spot pandang yang cukup spektakuler karena dari ketinggian kita bisa melihat langsung bagaimana indahnya pantai selatan dari ketinggian.

Puncak Kosakora Gunung Kidul berada di sebelah timur Pantai Drini. Biasanya, wisatawan yang tertarik untuk memanjat ke Bukit Kosakora terlebih dahulu akan masuk ke Pantai Drini dan memarkirkan kendaraan di sana. Dari Pantai Drini, Puncak Kosakora hanya bisa dicapai dengan cara jalan kaki sejauh 2 Km, yang bisanya akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

62. Puncak Suroloyo

Objek wisata Puncak Suroloyo adalah sebuah bukit paling tinggi yang ada di pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Lokasinya tepat berada di, Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh.

puncak suroloyo

Puncak Suroloyo, foto: phinemo.com

Bukit ini tingginya mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di tempat ini lumayan dingin terutama pada pagi dan sore hari. Dari atas kita bisa menyaksikan langsung beberapa gunung terkenal di Jogja-Jawa Tengah seperti, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Karena berada di puncak bukit, para traveller perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 286 anak tangga. Lumayan terjal dan melelahkan. Namun akan sebanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan.

Harga tiket masuk ke Puncak Suroloyo Rp2.000 per orang. Di sana sudah terdapat beberapa warung yang menjual aneka kuliner atau makanan sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah.

63. Waduk Sermo

Waduk Sermo yang berada di Kulon Progo merupakan salah satu spot selfie yang lagi ngehits di Instagram. Waduk ini memiliki pemandangan yang cukup spektakuler dari apa terutama di bagian pintu waduk.

waduk sermo

Waduk Sermo, foto: dakatour.com

Waduk ini difungsikan sebagai sumber air bersih dan dimanfaatkan juga untuk irigasi persawahan di sekitar tempat tersebut. Waduk ini juga sering dimanfaatkan oleh atlet dayung untuk berlatih.

Selain menyaksikan berbagai kegiatan menarik yang ada di waduk ini, sebenernya wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan yang menarik di sekeliling waduk, berupa bukit-bukit hijau yang indah dan menarik.

Lokasi waduk ini berada di: Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuk Waduk Sermo sebenarnya tidak ada, kecuali biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor Rp2.000, mobil Rp3.000, dan bus Rp10.000.

Jika tertarik untuk menyewa perahu yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata keliling waduk, kamu bisa menyewa dengan harga kurang lebih 6 ribu per orang atau Rp30.000 per perahu.

64. Museum Gunung Merapi

Ada banyak musim di Jogja yang bisa kita temukan mulai dari di pusat kota hingga di beberapa wilayah lainnya. Salah satu museum yang terkenal unik dan menarik adalah museum Gunung Merapi. Museum ini berada di Pakem, Kab. Sleman.

museum gunung merapi

Museum Gunung Merapi, foto: bonvoyagejogja.com

Museum yang didirikan pada tahun 2005 ini dimaksudkan sebagai media edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk memberi pengetahuan lebih jauh mengenai gunung berapi kepada para pengunjung.

Museum ini resmi dibuka pada bulan Oktober tahun 2009 dan saat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Gunung Merapi dilengkapi dengan replika Gunung Merapi yang sesungguhnya lengkap dengan kondisi di sekitarnya termasuk bangunan-bangunan seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Selain itu, terdapat juga berbagai alat yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung seperti teleskop alat pencatat aktivitas gunung dan lain-lain.

Harga tiket masuk ke museum ini cukup murah yaitu hanya Rp3.000 saja. Namun jika pengunjung tertarik untuk menonton teater, pengunjung perlu merogoh kocek lebih dalam dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp2.000,ndan kendaraan roda empat Rp3.000.

65. Alun-alun Kidul (Alkid)

Selain Malioboro, Alkid adalah wisata malam hari di Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan jika ingin menikmati suasana yang hangat untuk menikmati kuliner dan beberapa wahana permainan seperti sepeda gandeng dan becak yang di hiasi dengan lampu warna-warni.

alun alun kidul

Alun Alun Kidul, foto: ipunkipung.blogspot.co.id

Lokasi alun-alun Kidul berada di depan komplek Keraton Yogyakarta, dan ramai dikunjungi hampir setiap hari maupun setiap malam oleh para penikmat kuliner maupun mereka yang ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana Jogja.