210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

66. Museum Sandi

“Sandi” bukanlah nama orang, melainkan kata sandi yang memiliki sinonim “kode.” Museum ini dilengkapi dengan berbagai koleksi sandi-sandi atau persendian yang resmi dibuka pada tahun 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

museum sandi

Museum Sandi, foto: gosokcho.com

Lokasi museum sandi berada di, Jalan Faridan Muridan Noto Nomor 21 Kotabaru. Oleh pemerintah setempat, museum ini dimanfaatkan untuk memelihara sekaligus menjaga benda cagar budaya. Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu pengetahuan seputar persandian, kamu wajib mengunjungi tempat ini. Diantara beberapa koleksi museum adalah:

  • Buku-buku kode
  • Meja kursi yang digunakan pada Tahun 1948
  • Terdapat juga mesin sandi, dan
  • Tas kode.

Selain itu, terdapat juga audiovisual serta foto-foto napak tilas sandi yang digunakan dalam berbagai kesempatan oleh masyarakat Indonesia pada masa lampau terutama pada zaman penjajahan Belanda

Museum ini dibuka setiap hari. Hari Senin-Jumat dibuka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada akhir pekan, museum hanya buka mulai pukul jam 09.00 pukul 12.00. Pada hari-hari besar nasional atau pada hari-hari libur keagamaan ke museum ini ditutup untuk umum.

67. Pantai Watulumbung

Ini adalah pantai terkenal lainnya di Gunung Kidul yang tergolong baru, berada di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Lokasi Pantai tidak jauh dari Gunung Api Purba Batur, Bukit Pengilon, dan tidak jauh dari Pantai Wediombo.

pantai watulumbung

Pantai Watulumbung, foto: eksotisjogja.com

Agar lebih mudah dalam mencari Pantai Watulumbung, kamu bisa mengambil arah ke Pantai Wediombo yang lebih terkenal. Dari sana, lokasi Pantai Batu lempung sudah sangat dekat.

Pantai ini terdiri atas batu-batu karang yang terlihat unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai di wilayah selatan Jogja. Untuk bisa sampai di pantai, kita membutuhkan sedikit tenaga ekstra karena medan yang dilalui lumayan berat. Terlebih pada saat kembali pulang.

Alamat Pantai Watu lumbung berada di Desa Balong, Girisubo, Gunung Kidul. Tiket masuk ke pantai ini Rp5.000 sudah termasuk ongkos parkir.

68. Pantai Sadranan

Ini merupakan pantai yang sangat menakjubkan, memiliki air laut yang sangat jernih serta gelombang yang tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini bermaksud untuk menyaksikan keindahan bawah laut dengan kegiatan snorkeling.

pantai sadranan

Pantai Sadranan, foto: limakaki.com

Pasir putih serta fasilitas yang lengkap membuat Pantai Sadranan cukup diminati oleh wisatawan lokal. Lokasi pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini buka setiap hari. Bagi kamu yang tertarik untuk snorkeling, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dengan biaya sebesar Rp50.000. Biasanya kegiatan snorkeling berlangsung di pagi hari antara pukul 6.00-08.00 dan di sore hari mulai pukul 04.00-18.00.

Di pinggir pantai juga tersedia gazebo atau tempat berteduh yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana pantai tanpa harus kepanasan. Selain itu akan tersedia juga payung pantai yang disewakan dengan kisaran harga Rp10.000-Rp25.000.

69. Pantai Sedahan

Pantai ini berada di sisi sebelah timur Pantai Wediombo, atau tepatnya berada bersebelahan dengan Pantai Greweng.

pantai sedahan

Pantai Sedahan, foto: bakpiamutiarajogja.com

Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai, biasanya harus memarkir kendaraannya di Pantai Wediombo sebelum kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pantai Sedahan. Pantai ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi karena memang masih belum memiliki jalur akses yang memadai.

Namun seperti pantai umumnya yang ada di Yogyakarta, Pantai Sedahan dianggap sebagai salah satu pantai yang cukup indah walaupun ukurannya tidak terlalu besar.

70. Bukit Bintang Jogja

Jika ingin menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian, salah satu spot paling menarik yang bisa kita tuju untuk menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota Jogja di malam hari adalah Bukit Bintang yang berlokasi di perbatasan Bantul-Gunung Kidul.

bukit bintang jogja

Bukit Bintang Jogja, foto: sisiusaha.com

Menjelang senja, biasanya banyak masyarakat sekitar termasuk mahasiswa yang berbondong-bondong naik ke Bukit Bintang untuk sekedar ngopi dan bersenda gurau dengan teman-teman sambil menyaksikan keindahan kota Jogja di kejauhan.

Bukit Bintang beralamat di Patuk, Gunung Kidul. Tidak ada tarif tertentu yang dikenakan untuk setiap pengunjung yang datang. Hanya saja, ketika berada di sini, biasanya pengunjung akan membeli aneka minuman dan makanan ringan seperti kopi atau minuman penghangat tubuh lainnya karena suhu udara lumayan dingin.