210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

76. Candi Barong

Candi Barong dibangun pada abad ke-9 hingga 10 Masehi. Yang kemudian ditemukan kembali pada abad ke-20 oleh seseorang berkebangsaan Belanda yang saat itu bermaksud untuk memperluas perkebunan tebu di Yogyakarta.

candi barong

Candi Barong, foto: telusurindonesia.com

Candi Barong berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, lokasinya tepat berada di Perbukitan Baturagung.

Ini merupakan candi bercorak Hindu yang menurut sejarah digunakan untuk memuja Dewa Wisnu, karena di sekitar candi terdapat Arca Dewi Sri yang merupakan istri dari Dewa Wisnu. Selain itu, di sini juga terdapat Arca Dewi Laksmi yang dikenal sebagai pengiring Dewa Wisnu.

77. Jurang Tembelan

Jika kamu berwisata ke Taman Buah Mangunan, disana kamu akan menemukan sebuah lokasi yang diberi nama Jurang Tembelan, yang posisinya tidak jauh dari gardu pandang Mangunan.

jurang tembelan

Jurang Tembelan, foto: casciscus.com

Boleh dibilang, ini adalah salah satu spot selfie terpopuler di Yogyakarta dan objek wisata yang lagi ngehits beberapa tahun belakangan ini. Selain menyaksikan keindahan alam, biasanya wisatawan sengaja datang lebih awal ke tempat ini untuk menyaksikan matahari terbit.

Alamat objek wisata Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 22 KM.

Pengunjung bebas masuk tanpa dikenai biaya atau tiket masuk. Hanya saja, mereka tetap akan dikenakan biaya parkir apabila membawa kendaraan roda dua atau roda empat. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan 2 gardu pandang, gubuk atau gazebo, tempat parkir yang lumayan luas, serta, terdapat juga beberapa warung yang menjajakan aneka kuliner.

78. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Jogja yang menampilkan aneka koleksi budaya Jawa, khususnya peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini beralamat di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman. Cuaca di tempat ini lumayan sejuk karena berada di ketinggian.

museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu, foto: sobatjogja.com

Diantara beberapa koleksi yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu adalah :

  • Seperangkat alat musik berupa gamelan
  • Lukisan-lukisan tokoh Dinasti Mataram
  • Koleksi syair, bait, hingga album hidup GRKay
  • Dan lain-lain.

Tiket masuk Museum Ullen Sentalu untuk anak-anak usia 15-16 tahun sebesar Rp15.000. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp30.000. Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai hari Minggu. Hari Selasa-Jumat buka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.30 pukul 17.00.

79. Wisata Edukasi Omah Salak Sleman

Daerah Turi, Sleman, sudah lama dikenal sebagai pusat perkebunan salak, khusnya salak pondoh dan salak gading yang terkenal manis dan enak. Namun bencana alam erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 menyebabkan banyak petani salak di daerah tersebut, perlahan namun pasti mulai meninggalkan kegiatan bertani.

wisata edukasi omah salak

Wisata Edukasi Omah Salak, foto: omahsalak.blogspot.co.id

Karena latar belakang tersebut, masyarakat setempat kemudian berinisiatif untuk membangun “Omah Salak” untuk membangkitkan kembali semangat para petani dan minat pembeli.

Omah Salak adalah destinasi wisata buah yang mulai banyak diminati oleh masyarakat sekitar Jogja. Selain bisa menemukan buah salak dan bisa memetik langsung sendiri di kebun, wisatawan juga bisa menemukan berbagai makanan berbahan dasar salak seperti bakpia salak, dan lain-lain.

Paket wisata yang ditawarkan seharga Rp90.000. Paket wisata tersebut digunakan untuk biaya petik buah, makan sepuasnya, dan mendapatkan hidangan spesial berupa nasi ayam goreng sambal, minuman segar, dan lain-lain.

Alamatnya Wisata Omah Salak berada di Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman.

80. Cave Tubing Kalisuci

Kalisuci yang berada di Gunung Kidul dikenal sebagai daerah dengan pemandangan alam sangat indah. Satu hal yang unik, disana juga ternyata terdapat sebuah gua (cave) yang berada di bawah tanah.

cave tubing kalisuci

Cave Tubing Kalisuci, foto: liburmulu.com

Di sini, wisatawan akan diajak merasakan sensasi berpetualang menyusuri arus sungai dan jeram hingga ke goa bawah tanah (cave tubing).

Biaya wisata cave tubing di Kalisuci: Untuk retribusi sebesar Rp5.000. Paket wisata biasanya ditawarkan dengan harga Rp70.000 per orang. Lokasi Cave Tubing Kalisuci ada di, Jetisa Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul.