210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

81. Pantai Ngetun

Lokasi Pantai Ngetun bisa dijangkau dengan cukup mudah karena berada satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Pantai ini tergolong indah karena memiliki pemandangan yang bagus di sekitarnya. Dihiasi bukit-bukit karang yang terjal dan tertutup semak belukar, sehingga pemandangan tampak kontras dengan suasana pantai.

pantai ngetun

Pantai Ngetun, foto: cahyohanendyo.com

Pantai Ngetun merupakan pantai kecil yang bersih dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan maupun wisata pada hari-hari libur nasional.

Untuk bisa sampai di Pantai, traveller harus melewati jalan berbatu. Walau demikian, jalan tersebut cukup layak dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan. Lokasi Pantai Ngetun berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

82. Puncak Kleco

Obyek wisata Puncak Kleco tergolong baru dan masih dalam proses pengembangan. Selama perjalanan menuju ke puncak, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang alami dan sejuk dari kaki Gunung Menoreh.

puncak kleco

Puncak Kleco, foto: bakpiamutiarajogja.com

Jalan yang akan kita lalui untuk berwisata ke Puncak Kleco berkelok-kelok dan melewati Sungai Progo. Di obyek wisata ini, terdapat spot selfie yang sekarang lagi ngehits dan cukup disukai oleh anak-anak muda. Di sini juga sudah tersedia gazebo sebagai tempat istirahat dan ayunan kayu.

Untuk menikmati wisata Puncak kleco yang berada di Duwet, Purwoharjo, Samigaluh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini, wisatawan tidak dipungut tiket masuk, melainkan harus membayar tiket parkir saja. Untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya Rp2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar 4000-Rp5.000.

83. Air Terjun Siluwok

Air Terjun Siluwok dikenal juga dengan nama Curug Siluwok dalam istilah setempat. Merupakan air terjun yang berada di Kulon Progo tepatnya di kaki Gunung Menoreh. Walaupun masih belum populer di kalangan wisatawan, air terjun ini terkenal indah dan memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, airnya juga masih jernih khas air pegunungan yang dingin dan sejuk.

air terjun siluwok

Air Terjun Siluwok, foto: tourwisatajogja.com

Lokasi Air Terjun Siluwok berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Tempatnya tidak jauh dari Air Terjun Sidoharjo.

Tinggi air terjun kurang lebih 20 m dengan debit air yang lumayan banyak sehingga terasa cukup deras saat kita berada di bawahnya.

84. Taman Sungai Tuk Mudal

Kulon Progo yang berada di sisi Barat Kota Jogja bersama-sama dengan Gunung Kidul merupakan destinasi wisata populer yang menawarkan aneka ragam wisata alam yang cantik dan menarik. Selain Kalibiru, Kulon Progo juga punya aliran sungai yang berlokasi sedikit tersembunyi di perbukitan Menoreh bernama, “Sungai Tuk Mudal.”

taman sungai tuk mudal

Taman Sungai Tuk Mudal, foto: tourwisatajogja.com

Jika kita datang ke Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Disana kita akan menemukan sebuah taman dan kolam air yang berwarna biru jernih berasal dari aliran Sungai Tuk Mudal.

Di sekitar tempat ini pemandangan masih sangat alami dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau refreshing. Tidak jauh dari tempat ini terdapat objek wisata Goa Kiskendo dan Air Terjun Setawing.

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola bagi para pengunjung yang datang berwisata ke tempat ini diantaranya adalah, gazebo dan kamar mandi untuk ganti baju. Selain itu, di sini juga tersedia wahana permainan seperti flying fox. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan alam di sekitar Taman Sungai Tuk Mudal, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang.

85. Pantai Kayu Arum

Semakin banyak saja pantai-pantai yang dibuka sebagai tujuan wisata beberapa tahun belakangan ini. Walaupun beberapa di antaranya masih belum memiliki track yang bagus untuk dilintasi oleh para wisatawan.

pantai kayu arum

Pantai Kayu Arum, foto: wisataku.net

Salah satu pantai baru yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta adalah Pantai Kayu Arum, berlokasi di Kanigoro, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai mungil ini bisa kamu datangi dengan sedikit berjalan kaki, melewati Jalan Setapak di antara ladang-ladang para penduduk. Pada musim tanam padi, pandangan kita akan dimanjakan dengan hijaunya sawah petani.

Pantai ini masih tergolong sepi karena jalur akses menuju kesana memang masih belum sebaik beberapa pantai yang lain. Untuk bisa menikmati keindahan pantai, kita akan dipungut biaya retribusi sebesar Rp10.000. Retribusi tersebut sudah mencakup beberapa pantai yang masih satu jalur dengan Pantai Kayu Arum seperti Pantai Baron, dan lain-lain.