210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

86. Pantai Watu Kodok

Fasilitas di Pantai Watu Kodok masih sangat minim, belum selengkap fasilitas di pantai-pantai yang berada di dekatnya seperti Pantai Indrayanti. Walau demikian, para traveller akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah khas pantai-pantai Jogja yang cantik dan menarik.

pantai watu kodok

Pantai Watu Kodok, foto: pondokshafalla.com

Walaupun masih minim fasilitas, kita tetap bisa menemukan beberapa warung yang menjual makanan maupun penyewaan tikar di tempat ini.

Lokasi pantai berada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Satu jalur dengan Pantai Drini, Pantai Kukup, dan Pantai Sepanjang.

87. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin adalah sebuah objek wisata baru yang cukup eksis diantara para traveller berlokasi di, Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

telaga biru semin

Telaga Biru Semin, foto: ksmtour.com

Objek wisata ini masih dalam pengembangan, walau demikian, pemerintah desa sudah membangun banyak fasilitas untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Daya tarik utama Telaga Biru adalah pemandangan alamnya yang sangat indah lengkap dengan bukit-bukit kapur dan tebing batu. Selain datang pada siang dan sore hari untuk menyaksikan keindahan alam, banyak juga yang sengaja datang lebih awal untuk menyaksikan sunrise yang indah di antara perbukitan dan sawah-sawah.

Kamu yang berminat menikmati obyek wisata Telaga Biru Semin, hanya perlu membayar biaya parkir karena belum ada pungutan retribusi (tiket masuk) yang diberlakukan.

88. Kebun Binatang Gembira Loka

Objek wisata di dalam kota yang dekat dengan Malioboro salah satunya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang, bisa jadi alternatif tujuan liburan yang bernilai edukasi bagi remaja maupun anak-anak.

kebun binatang gembira loka

Kebun Binatang Gembira Loka, foto: jalanjalanindonesia.co.id

Kebun binatang di Jogja ini tidak hanya menawarkan aneka rupa binatang yang didatangkan dari seluruh wilayah Indonesia maupun beberapa belahan dunia, melainkan para pengunjung juga akan dimanjakan dengan atraksi menarik seperti Gelar Satwa Terampil yang mempertunjukkan beberapa binatang berupa: beruang madu, burung kangkareng, orangtua, hingga burung kakak tua jambul kuning.

Kebun Binatang Gembira Loka yang beralamat di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, ini juga menawarkan beberapa kreasi menarik seperti Kolam Sentuh, Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayu, Banana Boat Orca, hingga Sekuter Air.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka terbaru pada hari-hari biasa, (Senin-Jumat) sekitar Rp25.000. Sedangkan pada akhir pekan dan pada hari-hari libur nasional, tiketnya naik menjadi Rp30.000. Tempat ini dibuka mulai pukul 08.00-17.30. Tiket belum termasuk biaya parkir.

89. Angkringan Tugu

Selain gudeg, Jogja juga dikenal dengan kuliner nasi kucing, yang biasanya di jual di sebuah gerobak, disebut “angkringan.” Hampir diseluruh penjuru Jogja bisa kita temukan angkringan, baik siang maupun malam hari. Salah satu pusat angkringan yang sangat terkenal adalah Angkringan Tugu di dekat Stasiun Tugu Jogja yang berada di ujung utara Jalan Malioboro.

angkringan tugu

Angkringan Tugu, foto: blognyagoem.blogspot.co.id

Di angkringan ini kita bisa menikmati nasi kucing yang diberi lauk berupa sambal, sambal teri, atau tahu-tempe, dengan harga murah meriah (Rp700-Rp1000). Selain itu, di sini juga tersedia aneka rupa goreng-gorengan termasuk sate dan lauk-pauk lainnya seperti ayam maupun telur.

Salah satu ikon kuliner yang sangat terkenal dari Angkringan Tugu adalah Kopi Joss, yaitu sebuah hidangan kopi yang diberi arang di dalamnya. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan datang ke Angkringan Tugu Jogja. Alamatnya berada di Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta.

90. Goa Selarong

Goa Selarong merupakan Goa yang sangat bersejarah karena menurut cerita, pada zaman dahulu dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro serta pasukannya sebagai tempat bersembunyi dan sebagai markas untuk melakukan perang gerilya melawan kolonial Belanda pada rentang waktu tahun 1825-1830.

goa selarong

Goa Selarong, foto: gudeg.net

Gua bersejarah ini saat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dan dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Bagi yang tertarik untuk masuk, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp2.750 plus biaya parkir. Biaya parkir untuk sepeda motor sekitar Rp2.000, dan mobil Rp5.000. Alamat obyek wisata Goa Selarong Yogyakarta berada di Guwosari, Pajangan, Bantul.