210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

91. Pantai Jungwok

Banyak orang bilang kalau Pantai Jungwok adalah pantai yang angker. Tapi sejatinya, Pantai Jungwok ini terkesan unik dan cantik. Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Wediombo. Kalau kamu pakai kendaraan roda dua untuk ke pantai dan malas jalan, kamu bisa membawa kendaraan langsung sampai di bibir pantai.

pantai jungwok

Pantai Jungwok, foto: jarangpanas.com

Ciri khas pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai di bagian selatan Jogja. Di kaki bukit kita akan menemukan pasir dan air laut yang dipisahkan oleh bebatuan. Alamat Pantai Jungwok berada di, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul.

92. Embung Batara Sriten

Di Puncak tertinggi Gunung Kidul, terdapat sebuah destinasi wisata baru yang menarik. Objek wisata ini dikenal dengan sebutan “Embung Batara Sriten.” Lokasinya tepat berada di Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul. Bisa diakses dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja.

embung batara sriten

Embung Batara Sriten, foto: menarajogjatransport.net

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di puncak bukit yang memiliki kolam berukuran cukup besar ini, diantaranya adalah: menyaksikan pemandangan alam yang indah dan mempesona, melihat sunset, camping, tracking, dan lain-lain.

Harga tiket yang dipatok untuk wisatawan yang datang ke Embung Batara Sriten Jogja cukup murah, hanya Rp3.000 per orang. Belum termasuk biaya parkir. Kamu yang membawa kendaraan roda dua cukup membayar Rp2.000 untuk biaya parkir, sedangkan kendaraan roda empat Rp5.000.

93. Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogya yang banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke kota pelajar ini. Gudeg Pawon berada di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo. Lokasinya tidak jauh dari kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

gudeg pawon

Gudeg Pawon, foto: beritapolisi.info

Gudeg Pawon merupakan alternatif destinasi wisata kuliner yang bisa kamu cobain jika ingin merasakan sensasi gudeg yang sesungguhnya.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 22.30-1.00. Karena cukup laris, dan jika tidak ingin kehabisan, kamu harus datang lebih awal supaya dapat antrian yang tidak terlalu panjang.

94. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan beralamat di Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Daerah ini terkenal dengan suasananya yang kering kerontang pada musim kemarau, dan dikenal juga sebagai salah satu pusat penghasil kapur di Jogja, karena disana akan dengan mudah kita temukan gunung-gunung kapur yang menjulang.

pantai ngrenehan

Pantai Ngrenehan, foto: pasirpantai.com

Di samping kekurangannya tersebut, daerah Saptosari punya pantai indah bernama Pantai Ngrenehan yang banyak dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai tempat untuk menambatkan perahu.

Selain menikmati keindahan pantai dan laut, Kita juga bisa menikmati aneka kuliner seafood hasil tangkapan para nelayan. Kalau kamu tertarik dan ingin membeli ikan, disini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI).

Di antara beberapa fasilitas yang disediakan di Pantai Ngrenehan adalah:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Tempat ibadah berupa musholla, dan terdapat juga warung makan di sekitar pantai

Rute menuju pantai berada satu jalur dengan Pantai Torohudan, Pantai Ngobaran, Pantai Widodaren, Pantai Ngrawah, dan Pantai Ngeden.

95. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka yang ada di Yogyakarta dikenal dengan nama Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Lokasinya berada di Jl. Kapten Laut Samadikun, Gunungketur, Mergangsan, Kota Yogyakarta (Jl. Bintaran Wetan 3, Yogyakarta). Lokasi museum ini berdekatan dengan Museum Biologi dan Museum Dewantara Kirti Griya, bisa dijangkau dengan mudah dari Taman Pintar atau dari Taman Budaya Jogja.

museum sasmitaloka

Museum Sasmitaloka, foto: triptrus.com

Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda berupa kulit, kain, kayu, logam, dll, yang terdiri atas: katana (pedang jepang), telepon, replika keris, senjata (pistol), dan lain-lain. Terdapat 14 ruangan di museum ini yang diisi dengan kurang lebih 599 koleksi benda.