210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

96. Pabrik Gula Madukismo

Pabrik gula ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat melihat secara langsung proses pembuatan gula. Biasanya penggilingan tebu untuk dijadikan gula berlangsung dari bulan Mei-September.

pabrik gula madukismo

Pabrik Gula Madukismo, foto: sewabusdijogja.com

Yang unik, sebelum memulai penggilingan, biasanya karyawan pabrik akan melaksanakan sebuah ritual yang disebut dengan Ritual Cembengan. Ritual ini dimaksudkan untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar penggilingan berjalan lancar.

Selama ritual, biasanya akan ada kirab abu temanten dan berbagai pertunjukan seni seperti wayang semalam suntuk dan pasar malam.

Lokasi pabrik tebu ini berada di Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Bagi yang tertarik untuk datang, hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp7.000 untuk tiket masuk. Pabrik dibuka setiap Senin-Kamis mulai pukul 08.00 pukul 15.00 sore. Sedangkan pada hari Jumat dan hari Sabtu hanya dibuka hingga pukul 12.00 siang, dan pada hari Minggu objek wisata Pabrik Gula Madukismo ditutup untuk umum.

97. Pantai Slili

Pantai Slili merupakan pantai berukuran kecil berlokasi di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang. Panjang garis Pantai Slili kurang lebih 100 meter, namun keindahan panorama di sekitarnya mampu membuat siapapun merasa nyaman dan senang berlama-lama di tempat ini.

pantai slili

Pantai Slili, foto: kantiangoasis.com

Karena ini merupakan pantai baru dan belum begitu terekspos, maka wajah apabila masih terasa sepi pengunjung. Walau demikian, Pantai slili sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gazebo sebagai tempat berteduh, terdapat juga warung-warung yang menjual aneka jenis kuliner, serta kamar mandi atau toilet.

Alamat Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pengunjung yang datang ke pantai ini, terlebih dahulu harus membayar tiket retribusi masuk sebesar Rp9.500 per orang plus asuransi Rp500 sehingga totalnya Rp10.000. Retribusi tersebut sudah termasuk untuk menikmati Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, hingga Pantai Pok Tunggal.

98. Baron Technopark

Baron Technopark adalah destinasi wisata edukasi yang berlokasi di Gunung Kidul. Tepatnya berada di Dusun Parangracuk, Desa Planjan, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Sesuai dengan namanya tempat ini dimanfaatkan untuk sarana uji terap, wisata teknologi, edukasi dan pemanfaatan energi terbarukan.

baron technopark

Baron Technopark, foto: extremeghosthunting.com

Di sekitarnya, kita juga akan menemukan berbagai teknologi baru mulai dari wind turbine, wave turbine, solar panel, menara Technopark yang digunakan untuk mengembangkan mobil listrik, tempat pengolahan minyak nabati, stasiun cuaca, dan masih banyak yang lainnya.

99. Pantai Wohkudu

Ini adalah sebuah pantai mungil berpasir putih dan diapit oleh dua bukit karang, membuatnya terlihat cantik mempesona. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama “Pantai Wohkudu.” Pantai ini berada di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

pantai wohkudu

Pantai Wohkudu, foto: dutawisata.co.id

Pantai Wohkudu tergolong pantai baru dan masih tampak perawan, alias belum banyak dijamah tangan-tangan manusia, sehingga ketika berkunjung pun kita tidak akan menemukan banyak wisatawan di sana. Serasa seperti berada di pantai pribadi, kesannya eksklusif dan sangat tenang.

Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai, mandi dan berenang, memancing, atau camping. Dari Yogyakarta, Pantai Wohkudu bisa diakses dalam waktu kurang lebih 2 jam berkendara dengan mengambil rute jalan menuju Imogiri-Panggang.

Sebelum masuk pantai, kamu perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan roda 2 sebesar 3.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp5.000 saja. Ya, tidak ada tiket masuk atau retribusi khusus yang dipungut bagi para pengunjung ketika berwisata ke pantai indah ini.

100. Ayunan Langit Watu Jaran

Pengen liburan ke tempat wisata baru yang memiliki spot selfie kece dan menantang? ini dia yang bisa menjadi pilihannya. Ayunan Langit Watu Jaran adakah wisata baru yang terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

ayunan langit watu jaran

Ayunan Langit Watu Jaran, Foto : bakpiamutiarajogja.com

Sekilas terlihat seperti spot ayunan di wisata The Lodge Maribaya Bandung, tetapi Ayunan Langit Watu Jaran ini menjadi spot utama dan paling favorit di wisata ini. Beda dengan The Lodge Maribaya yang masih memiliki wahana yang lebih banyak lagi.

Spot selfie berupa Ayunan yang tinggi berada di atas jurang, tentu ini merupakan spot yang cukup mengerikan bukan? bagi anda yang hobi mencoba permainan menantang, tentu ini akan menjadi permainan yang asyik. Namun sebaliknya, bagi anda yang takut dengan ketinggian, ini bisa menjadi masalah bila anda mencoba permainan ini.

Tak sedikit kok pengunjung yang rela mengantri untuk bisa berselfie di Ayunan tersebut. Background pemandangan alam yang berupa hutan pinus dan hamparan perbukitan nampak begitu mempesona. Sehingga sangat keren sekali hasil fotonya. Oleh karena itu, tak sedikit netizen yang mengupload di Instagram hasil fotonya di spot Ayunan Langit. Untuk bisa mencoba bermain maupun berselfie di spot Ayunan Langit ini, anda cukup membayar tiket Rp.30.000 per orang.