210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

101. The Lost World Castle Cangkringan

Di Sleman, tepatnya di Cangkringan ada wisata baru yang sebenarnya cukup hits di sosial media, namanya adalah The Lost World Castle. Wisata ini nampak sangat keren sob, berupa bangunan tembok besar yang agak mirip dengan tembok besar Cina. Dan orang-orang menyebutnya tembok besar Sleman.

the lost world castle

The Lost World Castle, Foto : hipwee.com

Berada di kawasan bahaya merapi menjadikannya kini tidak diperbolehkan untuk dibuka lagi. Meski sebelumnya sempat dibuka dan menjadi destinasi yang asyik bagi wisatawan. BIsa dibilang pengunjung yang antusias untuk mengunjungi wisata ini jumlahnya cukup banyak. Dan kini seperti tinggal nama saja. Pengunjung yang datang punhanya bisa berselfie dari luar, karena pengunjung sudah tidak diperbolehkan untuk memasuki wisata ini.

102. Rumah Hobbit Kepuharjo

Selain gardu pandang yang menjadi spot foto hits di berbagai daerah di Indonesia, Rumah Hobbit juga tak kalah hitsnya sob. Bila anda berada di Jogja yang hobi berburu spot kece dan kekinian, maka Rumah Hobbit Kepuharjo bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebelumnya, di wisata Seribu Batu Songgo Langit juga ada spot Rumah Hobbit yang cakep banget untuk background selfie.

rumah hobbit kepuharjo

Rumah Hobbit Kepuharjo, Foto : IG @spotjogjahits

Rumah Hobbit ini lokasinya terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Bila anda berminat untuk mengunjungi tempat ini, maka tidak perlu bayar tiket masuk, cukup membayar biaya parkir motor saja seharga Rp.2.000 untuk sepeda motor, dan Rp.3.000 untuk parkir mobil.

103. Bukit Panguk Kediwung

Inilah wisata pegunungan yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Berada di Puncak Bukit Panguk, anda dapat melihat pemandangan alam perbukitan yang khas, sangat indah dan menakjubkan tentunya. Belum lagi ketika pagi, anda dapat menyaksikan moment Sunrise, dan saat sore anda bisa menunggu moment Sunset.

bukit panguk kediwung

Bukit Panguk Kediwung, Foto : bintang.com

Terkadang kawasan Bukit Panguk ini diselimuti kabut pekat, ini menjadikan moment liburan anda semakin spesial. Anda bisa merasakan sensasi berada di negeri di atas awan khas Jogja. Yang menjadikan liburan anda semakin asyik di wisata ini adalah tersedianya beragam gardu pandang yang kece banget sob. Anda bisa melampiaskan hobi selfie di atas gardu pandang di sana. Selain itu, dari ketinggian, nampak Gunung-Gunung sekitar yang menjadi pemandangan alam yang menawan. Bukit Panguk Kediwung ini berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Bantul. Sedangkan biaya tiket masuknya masih gratis, anda hanya bayar biaya parkir kendaraam saja seharga 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat.

104. Bukit Kali Kuning

Wisata Jogja seperti tak lepas dari wisata Perbukitan. Ada banyak sekali wisata di kawasan perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Bukit Kali Kuning. Wisata bukit ini berada di lereng Gunung Merapi, sangat cocok sebagai tempat untuk camping dan outbond.

bukit kali kuning

Bukit Kali Kuning, Foto : njogja.co.id

Di wisata Kali Kuning ini anda akan menemui banyak sekali jenis pohon yang sangat rindang, mulai dari pohon pinus, pohon puspa, pohon cemara, dan lain sebagainya. Di Bukit Kuning ini juga ada sumber air, berada di ketinggian 1.250 mdpl tentu semakin menambah spesial. Suhu udaranya tentu sangat sejuk dan menyegarkan.

Bila anda ingin camping di Bukit Kuning ini, maka anda hanya membayar Rp.20.000 sudah mendapatkan fasilitas camping. Adapun alamat Bukit Kuning ini secara Administratif terletak di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

105. Tebing Watu Mabur

Kembali wisata perbukitan menjadi tujuan berwisata yang asyik. Bila anda sedang mencari wisata perbukitan yang memiliki spot foto yang cakep dan beragam, maka Tebing Watu Mabur adalah salah satunya. Tebing Watu Mabur ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

tebing watu mabur

Tebing Watu Mabur, Foto : tanahairkita.id

Tebing Watu Mabur juga cocok banget sebagai tempat untuk outbond atau camping ground. Saah satu spot gardu pandang yang hits banget di sosial media adalah Gardu Pandang Jembatan Buntung. Terkadang tempat ini dipenuhi dengan kabut yang tebal, ini tentu membuat selfie anda makin kece sob.

Dari ketinggian, panorama pegunungan begitu memanjakan mata anda. Perbukitan hijau yang dipenuhi dengan pepohonan dan rerumputan menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Belum lagu sensasi dinginnya udara, pasti bikin betah berlama-lama di sana. Bila anda ingin mendirikan tenda di sana, maka cukup membayar biaya Rp.10.000 saja.