210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

131. Bukit Parang Endog

Wisata perbukitan di Jogja seperti tak terhitung jumlahnya, karena memang ada banyak sekali. Bukit Parang Endong adalah satu dari sekian banyaknya wisata bukit yang cakep-cakep. Bukit ini menawarkan pemandangan khas perbukitan, jadi nampak pegunungan dan juga hijaunya hamparan yang dipenuhi pepohonan hijau, terkadang juga terdapat kabut yang pekat, serta suhu udara yang dingin.

bukit parang endog

Bukit Parang Endog, Foto : jejakpiknik.com

Dari Bukit Parang Endong ini kamu dapat menikmati panorama laut Selatan yang menawan. Apalagi ketika moment Sunset, maka pantulan sinar matahari pada laut yang berombak terlihat begitu eksotis. Maka, tak heran bila banyak orang yang mengunjungi bukit ini sembari menunggu moment Sunset. Lokasi Bukit Parang Endok terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

132. Pantai Ngobaran

Pantai selalu menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Bersantai di bibir pantai sembari bermain air dan pasir tentu sangat mengasyikkan. Nah, di Jogja ada salah satu pantai cakep banget sob, namanya Pantai Ngobaran. Pantai ini dikenal memiliki panorama alam yang sangat mempesona.

pantai ngobaran

Pantai Ngobaran, Foto : indonesiana.co.id

Pantai Ngobaran identik dengan nuansa budaya dan kerajaan. Berlatar belakang Joglo, Patung, Pura, dan lain-lain menjadikannya sebagai Pantai ini bernilai sejarah. Lokasi Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

133. Candi Sambisari

Buat kamu yang hobi mengunjungi tepat wisata bersejarah di Jogja, aka Candi Sambisari adalah salah satunya. Candi ini cukup unik dan berbeda dari candi-candi pada umumnya. Candi ini dibangun berada di di bawah tanah, atau lebih rendah sekitar 6.5 meter di bawah permukaan tanah.

candi sambisari

Candi Sambisari, Foto : herulegowo.wordpress.com

Candi ini merupakan bekas peninggalan Raja Pakai Garung yang dibangun pada abad ke 9. Candi ini terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

134. Candi Ijo

Ini dia salah satu Candi yang sayang dilewatkan bila kamu berkunjung ke Jogja, Candi Ijo namanya. Meskipun namanya “Hijau” bukan berarti candi ini berwarna hijau. Warna candi tak jauh berbeda dengan candi-candi pada umumnya.

candi ijo

Candi Ijo, Foto : jelajahjogja.com

Candi Ijo dikenal sebagai candi yang berlokasi di ketinggian. Jadi, dari kawasan candi ini kamu dapat melihat indahnya panorama Kota Jogja sob. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi candi ini, maka kamu bisa menuju ke Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

135. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan Ini dia wisata perbelanjaan barang-barang bernilai seni di Jogja. Di Pasar Seni Gabusan ini kamu dapat menemukan aneka barang hasil dari kerajinan tangan yang diperoleh dari Industri Rumahan.

pasar seni gabusan

Pasar Seni Gabusan, Foto : bisniswisata.co.id

Pasar Seni Gabusan ini telah menampung sekitar 400 pengrajin seni. Di pasar ini banyak sekali souvenir unik yang bisa kamu dapatkan sebagai oleh-oleh. Bila kamu ingin ke sana, maka lokasinya berada di Desa Timbulharjo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul.