210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

11. Pantai Nglambor

Pantai di Jogja yang banyak dikunjungi oleh para diver atau pencinta keindahan bawah laut adalah Pantai Nglambor. Pantai ini dikenal sebagai akuarium semesta yang memiliki koleksi biota laut yang cukup banyak sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling atau diving di tempat ini.

pantai nglambor

Pantai Nglambor, foto: aastudentguide.com

Walaupun memiliki ombak khas Samudra Hindia yang ganas dan besar, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada 2 buah batu karang berukuran raksasa yang diberi nama Watu Kalong dan Watu Kumpul yang akan mem-block ombak sehingga kita bisa menikmati suasana dengan lebih tenang dan nyaman.

Untuk bisa sampai di pantai, kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat Kota Jogja. Untuk bisa sampai di dekat pantai, jalannya tidak begitu mulus dan agak curam. Jika ingin aman, ada baiknya kamu memilih jalan kaki atau menyewa objek yang memang sudah berpengalaman untuk mengantarkanmu hingga ke pantai daripada membawa kendaraan sendiri karena cukup berbahaya.

Di pantai ini, kamu akan disambut oleh beberapa kawanan anak muda yang menawarkan berbagai peralatan snorkeling, karena memang rata-rata wisatawan yang datang ke tempat ini sengaja bermaksud untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor.

Terumbu karang dan pantai ini terlihat cukup terawat karena masyarakat setempat peduli pada lingkungan serta menjaga pantai ini dengan menggalakkan budidaya berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan biota laut.

Yang unik, masyarakat setempat masih sering melakukan tradisi “ngelangi” yaitu sebuah upacara sedekah laut. Selain upacara tersebut, masyarakat setempat juga melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai. Siapa pun hanya boleh menangkap ikan setahun sekali di tempat ini.

Tiket masuk Pantai Nglambor Jogja

  • Tidak ada tiket masuk khusus yang dipungut ketika memasuki Pantai Nglambor. Hanya saja, kita akan dipungut biaya retribusi Pantai Siung sekitar Rp5.000.
  • Pengguna kendaraan roda dua harus membayar parkir sebesar Rp2.000
  • Sedangkan mereka yang membawa kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp5.000.

Jika kamu menggunakan jasa ojek untuk mengantarkanmu hingga ke pantai, biayanya kurang lebih Rp5.000.

Jika tertarik menyewa peralatan snorkeling, harganya berkisar antara Rp35.000-Rp50.000.

Alamat Pantai Nglambor

Lokasi: Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Pantai Ngandong

Masih di wilayah Tepus Gunung Kidul, disini juga terdapat pantai lainnya yang cukup cantik dan mempesona dengan pemandangan alam yang indah serta air laut dan pasir yang bersih. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ngandong oleh masyarakat sekitar. Karena belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, tidak heran apabila masih jarang orang yang datang ke tempat ini.

pantai ngandong

Pantai Ngandong, foto: oknusantara.com

Walaupun tidak terlalu terkenal, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Hanya saja karena lokasinya yang sedikit tersembunyi dan membutuhkan usaha untuk bisa sampai di sana, membuat pantai ini jarang didatangi.

Pantai Ngandong dikenal sebagai destinasi wisata pantai untuk menyaksikan sunset yang spektakuler.

Seperti yang telah diungkapkan di atas, untuk bisa sampai di pantai, kita akan melewati jalan berbatu dan hutan dengan pohon-pohon yang lumayan besar di kiri dan kanan. Akan tetapi, perjalanan menuju pantai tetap menyenangkan karena pemandangan di sepanjang perjalanan cukup menarik.

Pantai ini memang tidak terlalu luas, namun itulah salah satu kelebihannya. Siapapun yang berkunjung akan merasakan sensasi yang berbeda ketika berada di pantai ini. Pantai ini mengingatkan kita pada pantai-pantai kecil dan mungil seperti Pantai Padang-padang di Bali.

Tiket masuk ke Pantai Ngandong

Sebelum sampai di pantai, wisatawan akan dipungut biaya di pos retribusi per orang sebesar Rp10.000. Biaya retribusi tersebut tidak hanya untuk Pantai Ngandong melainkan juga untuk beberapa pantai lainnya yang berlokasi dekat dengan pantai ini.

Fasilitas dan alamat Pantai Ngandong

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai, hanya terlihat beberapa gubuk yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat. Hotel dan penginapan sebenarnya sudah ada di sekitar pantai, berupa rumah-rumah panggung yang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Begitu juga dengan warung-warung, tidak sulit untuk menemukan warung-warung yang menjual aneka ragam kuliner termasuk es kelapa muda dan lain-lain.

Alamat Pantai Ngandong Jogja tepat berada di, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

13. Gumuk Pasir Parangkusumo

Sesuai dengan namanya, Gumuk Pasir adalah sebuah padang pasir yang lumayan luas, lengkap dengan bukit-bukit pasirnya. Lokasi Gumuk Pasir dekat dengan muara Sungai Opak dan tidak jauh dari Parangtritis.

gumuk pasir parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, foto: traveliday.com

Padang pasir yang lumayan luas ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, dalam bahasa Jawa, “gumuk” berarti gundukan atau tumpukan. Lalu bagaimana pasir tersebut bisa berada di tempat yang tidak biasa ini?

Menurut penelitian, pasir yang ada di tempat ini datang dari beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta Pantai Parangtritis dan dua buah kali yaitu Kali Opak dan Kali Progo.

Sebagian besar pasir-pasir tersebut merupakan material yang dilepaskan oleh gunung vulkanik dan kemudian terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Tentu saja proses tersebut tidak hanya terjadi dalam waktu singkat melainkan sudah berlangsung sejak ribuan tahun.

Luas padang pasir ini mencapai 2 km persegi, bermuara di Pantai Parangtritis dan berakhir di pantai Depok. Jika berkunjung ke tempat ini, wisatawan wajib membekali diri dengan topi karena suhu udara di sana lumayan panas. Sebaliknya, pada malam hari suhu udara terasa sangat dingin.

Kegiatan utama para pengunjung yang datang ke tempat ini adalah bermain ski di atas pasir (sandboarding). Dari bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, pengunjung bisa meluncur ke bawah sejauh 200 m.

Harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati fenomena Gumuk Pasir, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 saja. Namun apabila ingin mencoba sensasi berselancar di atas pasir, kamu perlu menyiapkan budget yang lebih banyak. Harga sewa peralatan sand boarding kurang lebih Rp200.000 per orang dengan durasi penyewaan kurang lebih 2 jam.

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo

Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup lengkap mulai dari toilet warung makan, dan tersedia juga toko souvenir sebagai pusat oleh-oleh.

14. Hutan Pinus Pengger

Selain Hutan Pinus Mangunan sebenarnya kita juga bisa menikmati keindahan alam berupa hutan di hutan Pinus Pengger. Lokasi hutan pinus ini sangat dekat dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan, masih berada di kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

hutan pinus pengger

Hutan Pinus Pengger, foto: joglowisata.com

Namun berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, hutan Pinus Pengger dikenal memiliki lebih banyak spot selfie sehingga pengunjung pun bisa dengan lebih leluasa mengabadikan berbagai momen menarik untuk diunggah ke sosial media atau sebagai koleksi pribadi.

Alam di tempat ini terasa begitu sejuk dan menyenangkan karena pohon-pohon pinus membuat suasana menjadi lebih teduh. Salah satu spot selfie paling diburu adalah sarang burung raksasa yang berada di salah satu sudut hutan pinus ini, dimana pada malam hari kita bisa langsung menyaksikan lampu-lampu rumah-rumah di kejauhan.

Selain itu, tentu saja masih banyak spot menarik lainnya seperti rumah pohon, tangga-cinta, jembatan pohon, dan lain-lain.

Pada malam hari pengunjung bisa menggelar tenda jika ingin menginap. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunrise.

Tiket masuk hutan Pinus Pengger

Untuk bisa masuk ke wisata baru yang lagi ngehits di Yogyakarta ini, kamu hanya perlu merogoh kocek untuk biaya parkir saja. Untuk pengguna kendaraan roda dua, biaya parkirnya kurang lebih Rp3.000. Tapi kalau kamu membawa mobil, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10.000.

Alamat hutan Pinus Pengger

Lokasi: Terong, Dlingo, Bantul, DIY.

15. Pantai Pulau Kalong

Pantai baru yang sedang naik daun di Yogyakarta adalah Pantai Pulau Kalong. Pantai ini cukup banyak dibahas oleh netizen karena keindahan dan keunikannya. Nama asli Pantai Pulau Kalong adalah Pantai Sinden, memiliki keunikan yang mirip dengan Pantai Timang, yang memiliki jembatan gantung dan gondola. Hanya saja, Pantai Pulau Kalong memiliki jembatan yang lebih pendek dibandingkan dengan jembatan gantung di Pantai Timang. Sehingga tidak heran apabila biaya untuk naik ke jembatan gantung ini juga lebih murah.

pantai pulau kalong

Pantai Pulau Kalong, foto; asmarainjogja.id

Sebagian besar wisatawan memang tertarik untuk mencoba menyeberang dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari tali tambang dan kayu tersebut. Sekilas kita akan melihat sebuah jembatan yang cukup ekstrim dengan gelombang laut yang ganas di bagian bawah. Namun disitulah tantangannya, bagi yang bernyali, mereka bisa dengan leluasa menyeberang ke pulau kecil yang ada di tengah laut.

Alamat Pantai Pulau Kalong

Dinamakan Pantai Pulau Kalong karena menurut masyarakat sekitar, konon di pantai ini terdapat banyak kalong atau kelelawar. Selain banyak wisatawan yang ingin mencoba melewati jembatan yang ada di tempat ini, sebenarnya pantai ini juga banyak dikunjungi oleh para pencinta kegiatan memancing karena di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa spot pancing yang menawarkan aneka rupa ikan berukuran besar.

Alamat Pantai Pulau Kalong berada di, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gungkidul.

Tiket masuk Pantai Pulau Kalong

Bagi para pengunjung, mereka akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp6.000 per orang sebelum bisa menikmati keindahan pantai. Biaya retribusi tersebut sudah termasuk biaya retribusi untuk Pantai Jungwok dan Pantai Sinden.

Namun jika ingin mencoba jembatan gantung yang ada di tempat ini, kita harus merogoh kocek lebih dalam, sekitar Rp25.000.