210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

16. Pantai Timang

Pantai Timang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan sebagai tujuan wisata ekstrim dibandingkan dengan Pantai Pulau Kalong. Karena di tempat ini terdapat sebuah gondola (gantole) yang bisa mengantarkan kita dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil yang terdiri atas batu karang sejauh kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 9-11 meter.

pantai timang

Pantai Timang, foto: restusepuh.co.id

Untuk menuju Pantai Timang, jalan yang kita lalui lumayan sulit, walau demikian, semuanya akan terbayar setelah sampai di bibir pantai dimana pemandangan yang akan kita saksikan sangat mempesona. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air berwarna biru jernih.

Saat menjejakkan kaki di Pantai Timang, kita bisa memilih apakah ingin menikmati suasana pantai yang berpasir atau menikmati suasana bukit-bukit batu karang yang terjal di sisi yang berlawanan.

Sebagian besar wisatawan memang lebih tertarik untuk bermain-main di salah satu sisi pantai ini yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang karena di sanalah terdapat gondola yang menghubungkan antara bibir pantai dengan sebuah batu karang berukuran cukup besar yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang. Namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang.

Gantole ini sebenarnya oleh masyarakat sekitar sengaja dimanfaatkan untuk menyeberang ke Pulau Timang karena di Pulau Timang ada banyak lobster berukuran besar yang bisa ditangkap untuk dijual.

Sedangkan bagi para wisatawan, ini adalah tantangan menarik bagi mereka selain untuk menguji nyali, ternyata Pulau Timang sendiri memberikan pengalaman berwisata yang sungguh menakjubkan karena pemandangan dari sana sangat elok dan mempesona.

Tiket masuk Pantai Timang

Untuk menikmati suasana di tempat ini, wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp50.000. Namun jika ingin mencoba gantole atau gondola, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam sekitar Rp200.000. Lumayan mahal, namun akan terasa sebanding dengan sensasi yang akan kamu rasakan.

Alamat Pantai Timang

Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Citra Grand Mutiara Waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark adalah salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh masyarakat Jogja. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang menyenangkan dan seru.

citra grand mutiara waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark, foto: citragrandmutiarayogyakarta.com

Tema yang diusung oleh Waterpark Citra Grand Mutiara adalah Treasure Adventure. Tempat ini mulai dibuka pada tanggal 15 Juli tahun 2015 lalu.

Konsep yang diusung adalah eduwisata sehingga para pengunjung bisa berwisata sambil belajar. Diantara beberapa fasilitas dan wahana permainan yang tersedia antara lain:

  • 2 kolam untuk anak-anak.
  • 1 kolam untuk dewasa, dan.
  • 1 kolam renang di olympic untuk dewasa
  • Terdapat lima jenis perosotan (slide) dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap pengunjung yang datang dilarang membawa makanan maupun minuman dari luar karena di dalamnya sudah tersedia food court yang menawarkan berbagai jenis kuliner dengan harga bersahabat mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

Beberapa fasilitas lain yang tersedia di tempat ini diantaranya adalah, kamar mandi atau ruang ganti, tempat ibadah, penyewaan pelampung, tempat parkir, gazebo, dan lain-lain.

Tiket masuk Citra Grand Mutiara Waterpark Jogja

Harga tiket masuk untuk anak-anak yang tingginya berada di bawah 80 cm dan lanjut usia di atas 60 tahun: gratis.

Pada hari-hari biasa, harga tiket: Rp45.000. Sedangkan pada akhir pekan, harga tiket: Rp70.000.

Alamat Citra Grand Mutiara Waterpark

Perumahan Citra Grand Mutiara, Diamond Hill, Jalan Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman.

18. Galaxy Waterpark Jogja

Galaxy Waterpark adalah alternatif tempat bermain air untuk keluarga di Jogja selain Citra Grand Mutiara Waterpark, Tirta Tamansari Water Byurr, dan Balong Waterpark. Galaxy Waterpark resmi dibuka untuk umum mulai bulan Desember tahun 2014, diresmikan oleh wakil bupati Bantul.

galaxy waterpark jogja

Galaxy Waterpark Jogja, foto: specindo.com

Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air di tempat ini mulai dari:

  • Kolam arus
  • Kolam renang
  • Kolam Olympic
  • Kolam untuk balita
  • Playground
  • Water slide
  • Tersedia juga sarana outbound seperti flying fox

Beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya adalah kafetaria, WiFi gratis, mushola, ruang ganti, dan lain-lain.

Terdapat 2 slide untuk remaja dan orang dewasa yang memiliki ketinggian 10 meter di tempat ini. Bagi yang menyukai tantangan, Galaxy Waterpark juga telah menyediakan wahana menantang berupa body slider, yang bisa dimanfaatkan untuk meluncur tanpa menggunakan alat seperti ban atau pelindung.

Harga tiket masuk Galaxy Waterpark

Waterpark ini buka setiap hari termasuk pada hari-hari libur nasional. Di hari-hari biasa, pengunjung bisa masuk mulai pukul 08.30-pukul 17.00. 30. Sedangkan pada akhir pekan pengunjung bisa datang lebih awal karena water park buka mulai pukul jam 08.00 dan tutup lebih telat, yaitu pada pukul 18.00.

Harga tiket masuk hari senin-Jumat: Rp20.000 sedangkan pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) harga tiket masuk untuk anak-anak Rp25.000 dan untuk orang dewasa Rp30.000. Tiket sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja.

Jika membawa rombongan berisih 15-24 orang, biasanya akan mendapatkan diskon sebesar 15% . Namun apabila rombongan yang dibawa datang dalam jumlah yang lebih besar, misalnya 50 sampai 100 orang, maka diskonnya bisa mencapai 25%.

Pengelola tidak memperkenankan pengunjung untuk membawa makanan maupun minuman sendiri dari luar, sebaliknya, pengelola menawarkan alternatif nasi kotak dengan harga yang terjangkau antara Rp7.500 hingga rp17.000.

Alamat Galaxy Waterpark Jogja

Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Banguntapan, Baturetno, Banguntapan, Bantul.

19. Goa Pindul

Goa Pindul atau yang dikenal dengan sebutan Cave Tubing Goa Pindul adalah destinasi wisata yang menarik dan unik di Jogja menawarkan aneka petualangan yang menantang sekaligus menyenangkan. Bagi kamu para pencinta alam, kamu wajib mencoba berwisata ke Goa Pindul jika suatu saat nanti main-main ke Jogja.

goa pindul

Goa Pindul, foto: paketwisatajogja.net

Gua Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak diminati karena menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan dengan wisata alam lainnya. Di sini, para wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah di dalam gua dengan menggunakan ban. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang cantik dan mempesona.

Eksotisme gua adalah sajian utama yang akan dinikmati oleh para wisatawan. Panjang lintasan yang dilalui kurang lebih 300 meter. Di gua ini terdapat ornamen-ornamen dan stalaktit yang akan membuat siapapun merasa takjub saat menyaksikannya.

Arus di tempat ini cukup tenang sehingga aman bagi para wisatawan. Selain arusnya yang tenang, terdapat juga pemandu yang sudah cukup berpengalaman, yang akan menjamin keselamatan para peserta.

Harga tiket masuk Goa Pindul

Setiap hari mulai pukul 07.00 pukul 16.00. Yang ingin menikmati eksotisme goa ini, mereka harus membayar tiket sebesar Rp35.000 per orang. Saat ini sudah tersedia banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Goa Pindul dengan harga terjangkau. Sebagian besar dikelola oleh masyarakat setempat (Gunung Kidul).

Diantara beberapa penyedia jasa wisata ke Goa Pindul yang bisa kamu coba diantaranya adalah:

  • Wirawisata
  • Tuna wisata
  • Panca wisata
  • Dewa Bejo
  • Goa Pindul info, dan lain-lain.

Alamat objek wisata Gua Pindul Jogja

Lokasi: Desa Gelaran 1 Kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

20. Pantai Depok

Pantai ini lokasinya kurang lebih 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai Depok ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup dekat sehingga cukup mudah dijangkau. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini selain ingin menikmati suasana pantai, rata-rata juga datang karena tertarik dengan kuliner seafood-nya yang terkenal.

pantai depok

Pantai Depok, foto: jejakpiknik.com

Ya, sejak dahulu, Pantai Depok merupakan salah satu pusat kuliner makanan laut karena pantai ini memang menghasilkan cukup banyak ikan dari hasil melaut para nelayan.

Diantara beberapa hidangan seafood yang kerap diburu oleh para wisatawan adalah kakap putih, kakap merah, ikan cakalang, kepiting, udang, hingga cumi-cumi. Rata-rata aneka hidangan seafood tersebut diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dimasak.

Selain bisa menikmati hidangan langsung di pinggir pantai, pengunjung juga bisa membeli aneka hasil tangkapan laut para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di dekat pantai.

Setelah puas menikmati keelokan Pantai Depok dan nikmatnya kuliner seafood yang ada di tempat tersebut, wisatawan pun bisa dengan mudah melanjutkan petualangan untuk mengunjungi beberapa pantai cantik yang lokasinya tidak jauh dari pantai Depok. Diantara pantai-pantai yang sering dikunjungi setelah menikmati kuliner di pantai Depok adalah:

  • Pantai Parangkusumo
  • Pantai Parangtritis
  • Objek wisata Gumuk Pasir, dll.

Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat taman wisata berupa waterpark yang menyediakan 3 kolam renang termasuk untuk anak-anak. Namun sayangnya, jalan menuju ke waterpark ini mulai terlihat rusak dan tidak terawat dengan baik.

Fasilitas dan akomodasi Pantai Depok lumayan lengkap, terdapat sebuah masjid tidak jauh dari pantai, kamar mandi, terdapat penyewaan tikar, tempat parkir motor dan mobil yang lumayan luas, warung makan, sewa ATV, termasuk juga penginapan yang bisa kita temukan dengan mudah di dekat pantai. Hanya saja penginapan yang ditawarkan hanya sebatas penginapan kelas melati berupa sebuah pondok dengan empat pilihan gubug.

Harga tiket masuk Pantai Depok Jogja

Bagi kamu yang tertarik datang ke pantai ini kamu hanya perlu merogoh kocek: Rp4.000 Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua (2 penumpang), atau Rp5.000 per orang yang jika kamu membawa mobil.

Alamat Pantai Depok Jogja

Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DIY.