210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

21. Candi Ratu Boko

Jogja merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak situs situs peninggalan berupa candi baik itu candi Hindu maupun candi Budha. Selain Candi Prambanan, salah satu candi yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh Wisatawan adalah Candi Ratu Boko.

candi ratu boko

Candi Ratu Boko, foto: bolehtanya.com

Menurut penelitian, Candi Ratu Boko adalah bekas komplek istana, yang terbagi-bagi menjadi beberapa bangunan. Bagi wisatawan, Kompleks Candi Ratu Boko merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang cantik.

Lokasinya yang berada di perbukitan adalah alasan mengapa tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menyaksikan sunset. Bahkan, dari ketinggian kita bisa menyaksikan langsung kota Jogja dari kejauhan.

Karena ini adalah bekas istana, maka tidak heran apabila kompleks percandian ini menempati tanah yang cukup luas (kurang lebih 250.000 meter persegi). Diantara beberapa bangunan yang terdapat di dalam komplek Candi antara lain:

  • Gapura utama di bagian tengah
  • Pintu masuk Kompleks
  • Kolam
  • Lapangan
  • Candi Pembakaran, dan
  • Terdapat juga Paseban

Suasana di siang hari terasa sangat panas menyengat, sama seperti ketika kita mengunjungi Candi Prambanan. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke tempat ini, ada baiknya menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan bisa menyerap keringat, lindungi kulitmu termasuk tabir surya, atau jika perlu, bawa payung serta topi.

Tiket masuk Candi Ratu Boko

Bagi wisatawan yang tertarik untuk masuk ke pelataran candi, ada dua kategori tiket yang disediakan yaitu :

  1. Tiket reguler: 25.000 (Sudah termasuk biaya parkir). Tiket ini hanya berlaku hingga jam 03.00 sore.
  2. Sedangkan untuk tiket paket sunset: Rp100.000

Jika hanya ingin menikmati suasana sunset dengan tiket harga reguler, kamu bisa datang antara pukul 02.00 atau pukul 03.00 sore.

Alamat Candi Ratu Boko

Alamat: Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DIY.

22. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah sebuah istana yang cukup luas dan besar, mencerminkan budaya dan cosmos Jawa. Sebagian besar arsitektur keraton masih menggunakan arsitektur tradisional Jawa. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790 dan hingga saat ini masih berdiri tegak meninggalkan banyak bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh bertahan.

keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta, foto: gudeg.net

Bangunan ini sepenuhnya masih menampilkan nuansa-nuansa kuno yang elegan dan menarik. Tidak jauh dari komplek istana, terdapat alun-alun yang oleh masyarakat Jogja dikenal sebagai Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan. Yang unik, disana terdapat beringin kembar yang dipercaya apabila kita berjalan dari ujung utara dan bisa menembus diantara beringin kembar tersebut, maka itu mengindikasikan kita memiliki hati yang lurus dan baik.

Bagi para pengunjung, selain bisa menyaksikan langsung kemegahan keraton dan arsitekturnya, mereka juga bisa menyaksikan bagaimana kehidupan di dalam keraton yang terdiri atas dayang-dayang, para pengawal atau abdi dalem, museum keraton, museum batik, hingga pertunjukan budaya seperti karawitan, wayang kulit wayang orang, macapat, dan lain-lain.

Tiket masuk Keraton Jogja

  • Wisatawan bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta setiap hari kecuali jika ada upacara adat.
  • Keraton buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 12.00 siang
  • Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang
  • Pengunjung tidak boleh memakai topi atau kacamata hitam saat berkunjung

Lokasi Keraton Yogyakarta

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

23. Green Village Gedangsari

Seperti namanya, Green village adalah tempat wisata yang menawarkan nuansa alam yang indah dan hijau, mampu memberikan kesejukkan setiap mata yang memandang. Para wisatawan bisa datang mulai pagi hari hingga senja.

Green Village Gedangsari, foto: sportourism.id

Tidak hanya ramai dikunjungi pada siang hari, tempat wisata ini juga banyak didatangi pada sore hari karena Green village dikenal sebagai salah satu spot menyaksikan sunset yang indah memukau.

Ada banyak gazebo yang tersedia di tempat ini untuk beristirahat dan untuk menikmati keindahan alam yang tersaji berupa bukit, pegunungan, serta lembah.

Suasana di tempat ini sangat nyaman dengan udara yang sejuk. Bagi kamu yang tertarik untuk datang, ada baiknya kamu menyiapkan pakaian hangat berupa jaket, terlebih jika kamu berencana tinggal hingga sore hari untuk menyaksikan sunset.

Lokasi Green village gedangsari berjarak kurang lebih 40 km dari kota Jogja. Waktu tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan.

Tiket masuk Green village gedangsari

Untuk masuk dan menikmati keindahan alam di tempat ini, sebenarnya pengunjung tidak dikenakan biaya. Hanya saja, bagi yang membawa kendaraan wajib membayar parkir.

  • Parkir kendaraan roda dua: Rp2.000
  • Kendaraan roda 4: Rp5.000

Alamat Green village gedangsari

Lokasi: Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

24. Kebun Teh Nglinggo

Objek wisata alam menarik lainnya di Jogja yang cukup terkenal dan banyak diminati adalah kebun teh yang berlokasi di Kulon Progo yang dikenal dengan nama Kebun Teh Nglinggo. Seperti kebun teh pada umumnya, Kebun Teh Nglinggo juga menempati area perbukitan sehingga mampu menghadirkan pemandangan yang menarik dan menyejukkan mata.

kebun teh nglinggo

Kebun Teh Nglinggo, foto: dutawisata.co.id

Oleh warga Jogja, daerah ini sering didatangi pada hari-hari libur seperti akhir pekan maupun pada hari libur nasional. Anak-anak muda kota Jogja maupun mahasiswa banyak yang terlihat menghabiskan waktu libur mereka dengan berjalan-jalan di sekitar perkebunan untuk melepas penat dan refreshing.

Tidak hanya bisa berjalan-jalan, pihak pengelola juga telah menyediakan spot khusus untuk menyaksikan pemandangan alam sehingga wisatawan bisa dengan nyaman mengedarkan pandangan kesekeliling kebun teh tersebut.

Tiket masuk Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu spot menarik untuk menyaksikan keindahan alam Jogja, karena dari sini kita bisa menyaksikan langsung puncak-puncak Gunung tinggi di pulau Jawa seperti:

  • Gunung berapi
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Slamet
  • Gunung Sindoro
  • Gunung Prau, dan lain-lain

Untuk bisa menikmati semua itu, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 saja untuk tiket masuknya.

Alamat Kebun Teh Nglinggo Jogja

Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

25. Taman Pelangi Jogja

Kalau kamu tertarik untuk berwisata ke tempat-tempat yang romantis, kamu bisa mempertimbangkan Taman Pelangi yang ada di Monjali Jogja. Dikenal dengan nama Taman Pelangi karena di tempat ini hampir setiap hari kita bisa menikmati pesta lampion yang tentunya seru dan romantis.

taman pelangi jogja

Taman Pelangi Jogja, foto: tipsjalan.com

Warna-warni lampion dengan berbagai ukuran dan bentuk akan bisa kita saksikan jika berkunjung pada malam hari. Ketika pertama kali menjejakkan kaki di pintu gerbang Taman Pelangi, kita akan disambut oleh sebuah lampion berukuran raksasa berbentuk pelangi yang cukup unik dan menarik. Memasuki area wisata, kita akan disambut aneka ragam lampion berbentuk flora maupun fauna serta tokoh-tokoh kartun populer.

Tidak hanya bisa menyaksikan aneka ragam dan bentuk lampion, wisatawan juga akan dihibur dengan aneka rupa permainan mulai dari bombomkart, trampolin, sepeda tandem; wahana permainan air: perahu dayung, bebek kayuh, dan lain-lain.

Tiket masuk Taman Pelangi Jogja

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00.

Tiket masuk pada hari biasa, mulai dari hari Senin-Jumat adalah Rp10.000. Sedangkan pada akhir pekan harga tiket naik menjadi Rp15.000 per orang.

Alamat Taman Pelangi

Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali).