210 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

31. Pantai Siung

Pantai Siung memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogja. Keunikan tersebut bisa terlihat dari adanya batu-batu karang berukuran raksasa terlihat berbentuk seperti jamur yang seolah-olah muncul di atas pantai.

pantai siung

Pantai Siung, foto: djholiday.net

Batu-batu tersebutlah yang menjadi asal mula nama Pantai Siung. Jika dilihat dari kejauhan, batu-batu karang tersebut terlihat seperti gigi kera atau dalam istilah tempat disebut siung wanara.

Selain menawarkan keindahan pemandangan berupa laut, Pantai Siung juga menawarkan daya tarik lain berupa kegiatan menantang seperti panjat tebing. Beberapa tahun yang lalu, tempat ini bahkan pernah dijadikan sebagai lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh kurang lebih 65 negara Asia maupun Eropa.

Tarif masuk Pantai Siung

Setiap wisatawan yang akan menikmati Pantai Siung harus membayar retribusi sebesar Rp6.000 perorang. Retribusi tersebut Sudah termasuk biaya untuk menikmati Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Alamat Pantai Siung

Pantai Siung berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

32. Seribu Batu Songgo Langit

Bagi sebagian orang, nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit mungkin masih terdengar asing. Namun tidak bagi masyarakat Yogyakarta. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan cukup diminati karena terlihat sangat instagrammable.

seribu batu songgo langit

Seribu Batu Songgo Langit, foto: tribunnews.com

Objek wisata yang berada di kawasan Mangunan, Dlingo, ini merupakan tujuan wisata kekinian bagi mereka yang ingin mencari spot unik untuk foto selfie atau untuk mengambil gambar yang akan di-upload ke sosial media.

Objek wisata yang lagi ngehits di Jogja ini menawarkan keindahan alam dengan spotspot yang menarik dengan latar belakang yang unik plus indah. Nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit sendiri sebenarnya terinspirasi dari adanya batu-batu berukuran raksasa yang banyak dijumpai di tempat ini.

Di sana, wisatawan bisa menemukan rumah-rumah berukuran kecil (rumah hobbit), jembatan kayu, rumah kayu, ada juga fasilitas outbond seperti flying fox, panjat tebing, dan lain-lain.

Tiket masuk objek wisata Seribu Batu Songgo Langit

Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Hanya saja, mereka wajib membayar parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya kurang lebih Rp3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat harus membayar Rp10.000.

Alamat objek wisata Seribu Batu Songgo Langit Jogja

Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

33. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun Kembangsoka memang tidak sepopuler Air Terjun Sri Gethuk namun keindahan alamnya terkenal sebagai salah satu yang mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Air terjun ini bersumber dari aliran air Sungai Mudal yang terkenal jernih dan memiliki debit air lumayan besar.

air terjun kembang soka

Air Terjun Kembang Soka, foto: bakpia25.com

Air Terjun Kembang Soka cukup mudah diakses walaupun kita harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir. Walau demikian, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.

Tidak hanya itu, jalan menuju ke air terjun ini juga tidak hanya melulu jalan setapak melainkan, sesekali kita akan melewati jembatan bambu berukuran kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu atau dua orang saja.

Ini adalah salah satu air terjun bertingkat yang cukup indah. Di bagian bawah, terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Beberapa wisatawan kerap terlihat menggunakan pelampung berupa ban dalam mobil yang bisa di sewa.

Fasilitas di tempat ini juga lumayan lengkap, terdapat ruang ganti, dan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh pada saat panas maupun hujan.

Biaya masuk Air Terjun Kembangsoka

Untuk menikmati keindahan alam di tempat ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp4.000 saja untuk menebus tiket masuk. Kalau kamu membawa kendaraan roda dua, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp2.000.

Alamat Air Terjun Kembang Soka

Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DIY.

34. Air Terjun Randusari

Nama Air Terjun Randusari yang berasal dari nama pohon randu atau pohon kapuk yang banyak berada di sekitar air terjun. Ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami, memiliki debit air yang lumayan besar serta jernih.

air terjun randusari

Air Terjun Randusari, foto: yukpiknik.com

Air Terjun Randusari hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, biasa dimanfaatkan sebagai tempat mandi atau berenang oleh para pengunjung.

Air terjun ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan gazebo. Alamat air terjun ini ada di perbukitan Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Bantul.

35. Sindu Kusuma Edupark

Di Jogja, tempat wisata yang cocok untuk anak-anak maupun remaja salah satunya adalah Sindu Kusuma Edupark yang berlokasi di JL. Magelang KM 2 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman.

sindu kusuma edupark

Sindu Kusuma Edupark, foto: petatempatwisata.com

Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan seperti Ferris Wheel dengan ketinggian 48 meter, segway, bumper car, trampolin raksasa, flying chair, kereta mini, flying bicycle, komedi putar, cangkir putar, cinema 8D, dan berbagai wahana yang cocok untuk anak-anak seperti dino park.

Di tempat ini juga tersedia kafetaria, rumah hantu, dan para pengunjung bisa belajar mengenal lebih dekat budaya Indonesia melalui berbagai macam batik yang ada di House of Batik.

Untuk menikmati aneka ragam permainan yang ditawarkan di tempat ini, pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Sedangkan jika ingin menikmati berbagai wahana permainan yang ada di dalam, pengunjung perlu membeli tiket terusan seharga Rp70.000.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sore-pukul jam 22.00 malam (Senin sampai Jumat). Sedangkan pada akhir pekan, Kusuma Edupark Yogyakarta buka mulai pukul jam 10.00.