Tempat Wisata di Jogja

Tempat wisata di Jogja terbaru dan terlengkap ini semoga menjadi referensi yang tepat dan lengkap buat anda. Jogja adalah destinasi wisata paling terkenal di Pulau Jawa. Bahkan Obama (mantan presiden Amerika Serikat) datang ke Indonesia untuk berwisata. Selain mengunjungi Bali, Obama juga memilih Jogja sebagai tujuan wisata. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Jogja memang punya daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata, serta menawarkan banyak objek wisata Jogja yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Obyek wisata terkenal dan populer di Jogja tersebar di banyak tempat. Fasilitas pendukung dan akomodasi cukup memadai di kota ini. Tidak hanya itu, kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata murah karena biaya makan dan biaya tempat tinggal cukup bersahabat. Bahkan, hotel di sekitar Jl. Malioboro juga masih ada yang menawarkan tarif Rp 300.000 atau kurang dari itu.

Saat ini Jogja seperti menjadi tujuan wisata yang sangat pas, berbagai tempat wisata keren tersedia di sana, baik wisata baru maupun wisata yang sudah populer sejak lama. Kamu tinggal pilih salah satu obyek wisata yang paling kamu minati dari sekian banyak wisata di Jogja. Selanjutnya, kamu tinggal mengagendakan liburan ke Jogja bersama orang-orang yang kamu anggak spesial, entah itu teman-teman, keluarga, maupun pasangan kamu. Sebelum berangkat untuk berwisata ke Jogja, maka sebaiknya persiapkan segala hal yang diperlukan. Apalagi bila kamu memang berniat menghabiskan waktu di sana, maka bekal yang dibutuhkan pun lumayan banyak. Mulai dari pakaian, makanan dan minuman, ransel khusus, kamera, dan lain sebagainya.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit juga menjadi penting, agar kamu bisa liburan secara maksimal. Apalagi bila obyek wisata yang dipilih terasuk kategori berat, seperti wisata di kawasan pegunungan yang memang membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi. Yang pasti, kamu harus tahu mana tempat wisata yang pas buat kamu, tentunya yang sekiranya bisa menyenangkan hati kamu. Kami akan membagikan kepada kalian rekomendasi sebanyak 210 tempat wisata di Jogja yang paling baru dan yang paling populer kepada anda. Bagi kamu yang tertarik untuk datang dan menikmati wisata menarik di Jogja, berikut adalah 210 daftar tempat wisata di Jogja paling populer dan yang paling banyak dikunjungi.

1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

jogja bay pirates adventure waterpark
djogjatrans.com

Kalau kamu tertarik menjadikan Yogjakarta sebagai tujuan liburan, kamu harus mampir ke salah satu tempat wisata Jogja paling populer saat ini yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Yang cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat wisata ini berdiri di sebuah area dengan luas kurang lebih 11 hektar dan menawarkan lebih dari dari 20 wahana permainan air yang seru dan menantang. Diantara beberapa wahana permainan menarik yang ditawarkan adalah: Waterpark dengan tema Pirate. Disini kita bisa bermain air sepuasnya dengan konsep dunia bajak laut yang terlihat unik dan seru. Ada juga berbagai macam slider dengan beragam ketinggian dan ukuran (panjang). Diantara beberapa contoh slider terkenal yang ada di tempat ini adalah: Volcano Coaster, Timo Timo Rider (memiliki 3 putaran pada lintasannya membuat kita merasa seolah terombang-ambing), Brando Bumeranggo, Bekti Adventure, Joilie Raft Rive, dll. Selain berbagai wahana permainan untuk orang dewasa, Jogja Bay juga menyediakan berbagai Wahana menarik untuk anak-anak. Bahkan, fasilitas penunjang yang ada di tempat ini juga cukup lengkap ramah untuk segala usia. Tidak ketinggalan, berbagai bentuk kegiatan menarik seperti petualangan, kegiatan yang bernilai edukasi, hingga pertunjukan spektakuler juga ada di sini. Di Jogja Bay, anak-anak bisa belajar dari simulasi bencana banjir, latihan menghadapi bencana bersama Basarnas, menyaksikan pertunjukan spektakuler, dan lain-lain. Beberapa fasilitas yang tersedia untuk kenyamanan para pengunjung diantaranya adalah: VVIP Cabana, Gazebo, Panggung, Pool bar, Restoran, Layanan foto, Penyewaan loker, Penyewaan handuk, Shopping centre, Odong-odong, Resto dan Cafe, Mushola, Kamar mandi, dan area parkir yang cukup luas.

Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

2. De Mata Trick Eye Museum

de mata trick eye museum
wonderfulisland.id

Ini adalah destinasi wisata baru di Jogja yang cukup instagrammable dilengkapi dengan setidaknya 120 gambar 3 dimensi yang memenuhi area dinding dan basement gedung Umar Kayam Jogja. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengambil foto-foto keren yang mungkin selama ini tidak bisa kamu lakukan di dunia nyata. Disini kamu bisa melakukan hal-hal yang mustahil kamu lakukan seperti bermain-main dengan Panda yang lucu, tidur di atas paku tanpa terluka, kamu juga bahkan bisa berfoto di tembok besar China tanpa pergi ke Cina, atau berpose di depan Menara Eiffel tanpa pergi ke Paris. Sebagian besar gambar-gambar 3 dimensi tersebut adalah hasil karya Petrus Kusuma yang mulai dilukis sejak tahun 2013, tepatnya di bulan Desember. Saat ini, De Mata Trick Eye Museum sudah dinikmati oleh ribuan bahkan jutaan pengunjung yang datang setiap hari. Kamu yang baru pertama kali datang ke museum ini tidak perlu canggung untuk berpose karena sebenarnya di sana sudah tersedia foto berukuran kecil yang berfungsi sebagai ‘contoh pose,’ sehingga kamu pun akan dengan leluasa mengambil berbagai foto menarik di atas gambar-gambar 3 dimensi sehingga hasil foto akan lebih nyata. Museum 3 dimensi ini menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk para pengunjung mulai dari internet gratis dengan menggunakan WiFi yang bisa kamu manfaatkan untuk langsung mengupload foto ke sosial media, ada juga kantin yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bersantai sambil menikmati minuman dingin atau hangat serta berbagi cemilan dengan harga terjangkau. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul jam 10.00 sampai pukul 22.00 WIB.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

3. Upside Down World

upside down world
jogjahits.com

Objek wisata yang berupa berbagai gambar latar belakang terbalik sebenarnya sudah tidak asing lagi karena beberapa negara telah terlebih dahulu mempopulerkan hal semacam ini. Di Indonesia sendiri, salah satu tempat di mana kita bisa menjumpai dunia terbalik (Upside Down World) adalah di Yogyakarta. Tempat seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto unik untuk di-upload ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain. Di Yogyakarta, Upside Down World menggunakan konsep kehidupan sehari-hari menampilkan bagian-bagian dari sebuah rumah seperti dapur kamar tidur ruang makan, ruang tamu, dan tidak ketinggalan juga warung burjo yang menjadi salah satu icon kuliner di Jogja. Terdapat setidaknya 12 ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan latar belakang terbalik. Berbagai ruangan tersebut dilengkapi dengan perabotan yang cukup lengkap, bahkan, tidak sedikit dari perabotan perabotan tersebut bener-bener asli bukan hanya sekedar gambar tempel saja. Obyek wisata ini boleh dibilang sebagai destinasi wisata baru di Jogja yang cukup populer karena baru dibuka untuk umum mulai bulan Juni tahun 2016 lalu. Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena berbagai perabotan yang ada di tempat tersebut ditempatkan sedemikian rupa dengan hendel yang cukup kuat dan aman. Pun begitu juga dengan foto-foto yang kita ambil, dijamin pasti menarik karena di sana ada petugas (guest assistance) yang akan membimbing atau mengarahkan pengunjung jika ingin mengambil foto di ruangan-ruangan tertentu. Objek wisata di Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB.

Alamat: Jl. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

4. Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan
harianbernas.com

Kalau kamu bosan berwisata ke Kaliurang-Jogja, kamu bisa mencoba pergi ke “Negeri Atas Awan” julukan yang paling tepat untuk sebuah destinasi wisata alam dan wisata petik buah di Bantul Yogyakarta yang lebih dikenal dengan nama Kebun Buah Mangunan. Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik muda maupun tua karena menawarkan pemandangan yang cukup spektakuler berupa perbukitan, lembah, plus sungai dan kabut yang menggantung. Jika ingin menikmati suasana yang dramatis dengan pemandangan alam yang berkabut, ada baiknya kamu datang di pagi hari atau ketika musim hujan tiba. Obyek wisata alam ini bisa dijangkau dari pusat Kota Jogja dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam berkendara. Kalau kamu datang pagi-pagi, ada baiknya kamu bawa bekal makanan dan minuman untuk sarapan, karena biasanya di pagi buta belum banyak warung yang buka. Ini adalah destinasi wisata yang cocok banget buat kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan dan penatnya suasana di kantor. Karena pemandangan alam yang indah akan membuat fisik dan jiwa segar kembali. Selain pemandangan berupa perbukitan yang menghijau, pada musim buah, kita bisa menikmati berbagai jenis buah seperti durian, jambu air, jeruk, mangga, hingga aneka tanaman buah lainnya. Di sini tersedia kurang lebih 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, hingga 200 tanaman buah lainnya. Berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini diantaranya adalah melihat proses pembibitan sapi, bermain flying fox, outbound, reflying, tersedia juga bumi perkemahan untuk camping, kolam renang untuk anak-anak, dll. Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta diantaranya adalah: kolam renang, gedung pertemuan, penginapan atau homestay, dan lain-lain. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Namun tentu saja, kamu juga bisa datang pagi-pagi sekali misalnya pada pukul 06.00 jika ingin mendapatkan pemandangan dengan momen yang dramatis. Selain di pagi hari sama kamu juga bisa datang ke tempat ini di sore hari untuk menikmati sunset.

Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul

5. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan
travelspromo.com

Selain Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, Kita juga bisa menikmati keindahan alam di Jogja dengan mengunjungi Hutan Pinus Mangunan. Ini adalah destinasi wisata baru lainnya yang cukup populer dan banyak diminati. Tempat ini buka setiap hari. Berlokasi di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan Yogyakarta dan menempati tanah seluas 500 hektar. Ada banyak jenis pohon yang tumbuh subur membuat suasana sangat teduh dan menyenangkan. Diantara beberapa pohon yang terdapat di tempat ini adalah: pohon mahoni, pohon pinus, akasia, kemiri, dan pohon kayu putih. Selain suasana hutan yang menenangkan, tidak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk mendatangi Sumber Mata Air Bengkung. Sebuah sumber mata air yang dipercaya sebagai tempat bertapa Sultan Agung Hanyakrakusuma. Pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung seperti: ayunan hammock, gardu pandang, panggung pertunjukan, mushola, kamar mandi umum, dan juga tersedia warung-warung sederhana yang menawarkan aneka jenis makanan, termasuk makanan dan minuman ringan. Obyek wisata ini buka setiap hari termasuk pada hari hari libur. Hutan pinus ini beralamat di Kawasan Resort Pengelolaan Hutan, Mangunan. Tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Untuk bisa sampai disana, kamu hanya perlu mengikuti jalan yang satu arah dengan situs makam raja-raja Imogiri.

Alamat: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul

6. Taman Tebing Breksi

taman tebing breksi
atmosferku.com

Kalau kamu tertarik untuk menemukan sebuah spot unik berupa objek wisata di Jogja, kamu bisa berkunjung ke Tebing Breksi Jogja. Objek wisata ini baru dibuka pada tanggal 30 Mei tahun 2015. Namun tidak butuh waktu lama bagi obyek wisata ini untuk meraih popularitas di antara wisatawan lokal yang ingin menyaksikan keindahan alam serta keunikannya. Selain unik, objek wisata ini juga dikenal sebagai objek wisata yang menantang dan berbau petualangan. Di tempat ini terdapat tebing tebing tinggi yang curam terlihat sangat indah dan menarik. Keindahan Tebing Breksi juga banyak dimanfaatkan oleh mereka yang sengaja ingin mengabadikan momen-momen tertentu seperti prewedding dengan latar belakang yang unik. Jika ingin menikmati suasana dari atas tebing, kamu tidak perlu khawatir karena disini sudah tersedia barisan anak tangga yang akan mengantarkanmu ke bagian atas. Walau demikian, jumlahnya yang cukup banyak mengharuskanmu untuk ekstra hati-hati dan mempersiapkan tenaga yang banyak. Dari puncak tebing, ada banyak pemandangan menarik yang bisa kamu saksikan mulai dari, Candi Sojiwan, Candi Barong, Candi Prambanan, bahkan Gunung Merapi, dll. Saat pertama kali melihat obyek wisata ini, sekilas kita akan merasakan sensasi yang mirip-mirip dengan Grand Canyon di Amerika atau Brown Canyon di Semarang. Lokasi wisata ini terletak di Desa Sambirejo. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Jogja, kamu bisa mengambil rute ke arah Candi Prambanan. Saat sampai di pertigaan Pasar Prambanan, belok kanan ke arah Piyungan. Dari sana, objek wisata Tebing Breksi hanya tinggal 3 km lagi. Kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju ke Candi Ijo atau SDN Sambirejo.

Alamat: Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

7. Candi Prambanan

candi prambanan
dejogja.com

Saat berkunjung ke objek wisata Taman Tebing Breksi, kamu juga bisa menyempatkan diri mampir ke Candi Prambanan. Sebuah objek wisata yang cukup terkenal dan dianggap sebagai salah satu ikon wisata Jogja. Ini merupakan Komplek candi yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai satu dari sekian situs warisan dunia selain Candi Borobudur. Sekedar informasi, Candi Prambanan merupakan candi Hindu, bukan candi Budha seperti Candi Borobudur. Di tempat ini terdapat kurang lebih 240 candi yang beberapa diantaranya belum dipugar kembali karena masih roboh akibat gempa beberapa tahun yang lalu. Namun jangan khawatir, karena masih ada banyak candi yang berdiri tegak menawarkan pemandangan yang spektakuler, memberikan sebuah gambaran bagaimana kondisi dan budaya di Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu. Candi Prambanan yang menempati tanah seluas 39,8 hektar ini bisa dikunjungi mulai dari pagi hari pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Selain menikmati keindahan Candi, wisatawan juga bisa datang berkunjung pada malam bulan purnama dimana biasanya akan dipertunjukkan sebuah atraksi budaya berupa Sendratari Ramayana mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB. Obyek wisata Candi Prambanan Buka setiap hari.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

8. Jalan Malioboro

jalan malioboro
detik.com

Malioboro dikenal sebagai ikon wisata Jogja. Ini adalah destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung karena menawarkan banyak hal mulai dari wisata belanja, wisata kuliner wisata budaya, dan bahkan tidak sedikit dari penginapan-penginapan yang ada di Jogja sebenarnya berlokasi di sekitar Jalan Malioboro itu sendiri. Jalan Malioboro adalah destinasi wisata belanja yang cukup lengkap. Disini akan dengan mudah kita temukan pedagang kaki lima yang menawarkan beraneka ragam benda mulai dari kaos Jogja, baju batik, aneka buah tangan, makanan khas Jogja seperti gudeg atau bakpia, dan lain-lain. Jalan Malioboro sebenarnya sudah buka mulai pagi hari (sekitar jam 10.00 WIB), Namun akan terasa lebih ramai jika kita berkunjung setelah ashar. Puncak keramaian akan terjadi pada malam hari. Di malam hari, selain menemukan pedagang kaki lima, kita juga biasanya akan disuguhkan berbagai atraksi budaya yang dilakukan oleh para pencinta seni dan pengamen. Selain pedagang kaki lima, di Jalan Malioboro juga terdapat toko-toko besar serta Mall yang di depannya digelar dagangan kaki lima. Di dekat Jalan Malioboro terdapat beberapa bangunan tua peninggalan Belanda yang saat ini masih berdiri kokoh dan difungsikan sebagai kantor atau bank. Selain dikenal sebagai destinasi wisata belanja, sebenarnya Malioboro juga banyak dikunjungi karena di tempat ini terdapat banyak penginapan-penginapan mulai dari hotel murah 100 ribuan hingga hotel berbintang.

Alamat: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

9. Pantai Parangtritis

pantai parangtritis
phinemo.com

Jogja tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan kuliner, melainkan juga memiliki banyak wisata alam yang menarik. Salah satu objek wisata menarik di Jogja yang ramai dikunjungi setiap hari adalah Pantai Parangtritis (paris) yang dikenal sebagai pantai paling populer di Jogja. Pantai yang identik dengan Nyai Roro Kidul ini menawarkan keindahan pemandangan bahari yang mempesona. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan menarik seperti bermain ATV, menyaksikan sunset di sore hari, jalan-jalan naik kuda, atau, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lain berupa Candi Gembirawati yang berada di tebing sebelah timur. Candi tersebut bisa disaksikan apabila kamu mau naik sedikit ke jalan menanjak dekat Resort Hotel Queen of The South, sejauh kurang lebih 100 meter saja. Pantai Parangtritis di mata masyarakat Jogja merupakan pantai yang cukup indah dan sering dijadikan sebagai tempat (spot) menyaksikan sunset. Pantai ini bisa dinikmati dari pagi ke pagi lagi. Ya, ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis, wisatawan juga bisa menginap dengan menggelar tenda di pinggir pantai atau dengan memilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Di malam hari, wisatawan juga bisa menikmati jagung bakar dengan membeli dari beberapa penjual jagung bakar di sekitar pantai.

Alamat: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

10. Pantai Drini

pantai drini
mytrip123.com

Pantai Drini dikenal memiliki dua karakter yang dipisahkan oleh batu karang. Di sebelah barat pantai ini dikenal memiliki ombak yang cukup besar khas ombak dari Samudra. Sebaliknya, di sisi sebelah timur cenderung lebih tenang dengan pantai yang luas dan lebar. Pantai ini dinamakan Pantai Drini karena di tengah-tengah pantai terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Drini. Pulau kecil tersebut diberikan nama “Drini” karena di sana terdapat pohon santigi yang dalam istilah setempat disebut “drini.” Selain menikmati suasana dari pantai, sebenarnya wisatawan juga bisa naik ke atas pulau kecil tersebut. Sudah tersedia tangga yang terbuat dari beton sehingga cukup mudah untuk mencapai bagian atas. Karakter Pantai Drini cukup garang dengan ombak yang besar serta air laut berwarna jernih (hijau kebiru-biruan). Pasir pantai di tempat ini berwarna hitam kecoklatan. Pantai Drini sendiri adalah sebuah perkampungan nelayan yang masih memanfaatkan kapal tradisional untuk menangkap ikan. Namun yang menarik, selain perahu-perahu yang tertambat di pinggir pantai, disana juga terdapat beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat singgah atau beristirahat saat matahari bersinar dengan terik. Di sekitar pantai ada banyak warung-warung makan yang menjajakan kuliner seafood, nasi goreng, bakmi jawa, es kelapa muda dan berbagai jenis makanan maupun minuman ringan. Tidak jauh dari pantai, juga terdapat toko cinderamata yang menawarkan aneka rupa buah tangan mulai dari kaos hingga kain pantai. Pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat Kota Jogja, kurang lebih 60 KM. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2-3 jam.

Alamat: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

11. Pantai Nglambor

pantai nglambor
limakaki.com

Pantai di Jogja yang banyak dikunjungi oleh para diver atau pencinta keindahan bawah laut adalah Pantai Nglambor. Pantai ini dikenal sebagai akuarium semesta yang memiliki koleksi biota laut yang cukup banyak sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling atau diving di tempat ini. Walaupun memiliki ombak khas Samudra Hindia yang ganas dan besar, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada 2 buah batu karang berukuran raksasa yang diberi nama Watu Kalong dan Watu Kumpul yang akan mem-block ombak sehingga kita bisa menikmati suasana dengan lebih tenang dan nyaman. Untuk bisa sampai di pantai, kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat Kota Jogja. Untuk bisa sampai di dekat pantai, jalannya tidak begitu mulus dan agak curam. Jika ingin aman, ada baiknya kamu memilih jalan kaki atau menyewa objek yang memang sudah berpengalaman untuk mengantarkanmu hingga ke pantai daripada membawa kendaraan sendiri karena cukup berbahaya. Di pantai ini, kamu akan disambut oleh beberapa kawanan anak muda yang menawarkan berbagai peralatan snorkeling, karena memang rata-rata wisatawan yang datang ke tempat ini sengaja bermaksud untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Nglambor. Terumbu karang dan pantai ini terlihat cukup terawat karena masyarakat setempat peduli pada lingkungan serta menjaga pantai ini dengan menggalakkan budidaya berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan biota laut. Yang unik, masyarakat setempat masih sering melakukan tradisi “ngelangi” yaitu sebuah upacara sedekah laut. Selain upacara tersebut, masyarakat setempat juga melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai. Siapa pun hanya boleh menangkap ikan setahun sekali di tempat ini.

Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

12. Pantai Ngandong

pantai ngandong
jogjamotor.net

Masih di wilayah Tepus Gunung Kidul, disini juga terdapat pantai lainnya yang cukup cantik dan mempesona dengan pemandangan alam yang indah serta air laut dan pasir yang bersih. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ngandong oleh masyarakat sekitar. Karena belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, tidak heran apabila masih jarang orang yang datang ke tempat ini. Walaupun tidak terlalu terkenal, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Hanya saja karena lokasinya yang sedikit tersembunyi dan membutuhkan usaha untuk bisa sampai di sana, membuat pantai ini jarang didatangi. Pantai Ngandong dikenal sebagai destinasi wisata pantai untuk menyaksikan sunset yang spektakuler. Seperti yang telah diungkapkan di atas, untuk bisa sampai di pantai, kita akan melewati jalan berbatu dan hutan dengan pohon-pohon yang lumayan besar di kiri dan kanan. Akan tetapi, perjalanan menuju pantai tetap menyenangkan karena pemandangan di sepanjang perjalanan cukup menarik. Pantai ini memang tidak terlalu luas, namun itulah salah satu kelebihannya. Siapapun yang berkunjung akan merasakan sensasi yang berbeda ketika berada di pantai ini. Pantai ini mengingatkan kita pada pantai-pantai kecil dan mungil seperti Pantai Padang-padang di Bali. Tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai, hanya terlihat beberapa gubuk yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat. Hotel dan penginapan sebenarnya sudah ada di sekitar pantai, berupa rumah-rumah panggung yang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Begitu juga dengan warung-warung, tidak sulit untuk menemukan warung-warung yang menjual aneka ragam kuliner termasuk es kelapa muda dan lain-lain.

Alamat: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

13. Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo
twowheelx.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, Gumuk Pasir adalah sebuah padang pasir yang lumayan luas, lengkap dengan bukit-bukit pasirnya. Lokasi Gumuk Pasir dekat dengan muara Sungai Opak dan tidak jauh dari Parangtritis. Padang pasir yang lumayan luas ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, dalam bahasa Jawa, “gumuk” berarti gundukan atau tumpukan. Lalu bagaimana pasir tersebut bisa berada di tempat yang tidak biasa ini? Menurut penelitian, pasir yang ada di tempat ini datang dari beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta Pantai Parangtritis dan dua buah kali yaitu Kali Opak dan Kali Progo. Sebagian besar pasir-pasir tersebut merupakan material yang dilepaskan oleh gunung vulkanik dan kemudian terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Tentu saja proses tersebut tidak hanya terjadi dalam waktu singkat melainkan sudah berlangsung sejak ribuan tahun. Luas padang pasir ini mencapai 2 km persegi, bermuara di Pantai Parangtritis dan berakhir di pantai Depok. Jika berkunjung ke tempat ini, wisatawan wajib membekali diri dengan topi karena suhu udara di sana lumayan panas. Sebaliknya, pada malam hari suhu udara terasa sangat dingin. Kegiatan utama para pengunjung yang datang ke tempat ini adalah bermain ski di atas pasir (sandboarding). Dari bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, pengunjung bisa meluncur ke bawah sejauh 200 meter. Fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup lengkap mulai dari toilet warung makan, dan tersedia juga toko souvenir sebagai pusat oleh-oleh.

Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

14. Hutan Pinus Pengger

hutan pinus pengger
gendismanis.com

Selain Hutan Pinus Mangunan sebenarnya kita juga bisa menikmati keindahan alam berupa hutan di hutan Pinus Pengger. Lokasi hutan pinus ini sangat dekat dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan, masih berada di kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Namun berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, hutan Pinus Pengger dikenal memiliki lebih banyak spot selfie sehingga pengunjung pun bisa dengan lebih leluasa mengabadikan berbagai momen menarik untuk diunggah ke sosial media atau sebagai koleksi pribadi. Alam di tempat ini terasa begitu sejuk dan menyenangkan karena pohon-pohon pinus membuat suasana menjadi lebih teduh. Salah satu spot selfie paling diburu adalah sarang burung raksasa yang berada di salah satu sudut hutan pinus ini, dimana pada malam hari kita bisa langsung menyaksikan lampu-lampu rumah-rumah di kejauhan. Selain itu, tentu saja masih banyak spot menarik lainnya seperti rumah pohon, tangga-cinta, jembatan pohon, dan lain-lain. Pada malam hari pengunjung bisa menggelar tenda jika ingin menginap. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunrise.

Alamat: Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

15. Pantai Pulau Kalong

pantai pulau kalong
inews.id

Pantai baru yang sedang naik daun di Yogyakarta adalah Pantai Pulau Kalong. Pantai ini cukup banyak dibahas oleh netizen karena keindahan dan keunikannya. Nama asli Pantai Pulau Kalong adalah Pantai Sinden, memiliki keunikan yang mirip dengan Pantai Timang, yang memiliki jembatan gantung dan gondola. Hanya saja, Pantai Pulau Kalong memiliki jembatan yang lebih pendek dibandingkan dengan jembatan gantung di Pantai Timang. Sehingga tidak heran apabila biaya untuk naik ke jembatan gantung ini juga lebih murah. Sebagian besar wisatawan memang tertarik untuk mencoba menyeberang dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari tali tambang dan kayu tersebut. Sekilas kita akan melihat sebuah jembatan yang cukup ekstrim dengan gelombang laut yang ganas di bagian bawah. Namun disitulah tantangannya, bagi yang bernyali, mereka bisa dengan leluasa menyeberang ke pulau kecil yang ada di tengah laut. Dinamakan Pantai Pulau Kalong karena menurut masyarakat sekitar, konon di pantai ini terdapat banyak kalong atau kelelawar. Selain banyak wisatawan yang ingin mencoba melewati jembatan yang ada di tempat ini, sebenarnya pantai ini juga banyak dikunjungi oleh para pencinta kegiatan memancing karena di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa spot pancing yang menawarkan aneka rupa ikan berukuran besar.

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gungkidul.

16. Pantai Timang

pantai timang
mytrip123.com

Pantai Timang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan sebagai tujuan wisata ekstrim dibandingkan dengan Pantai Pulau Kalong. Karena di tempat ini terdapat sebuah gondola (gantole) yang bisa mengantarkan kita dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil yang terdiri atas batu karang sejauh kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 9-11 meter. Untuk menuju Pantai Timang, jalan yang kita lalui lumayan sulit, walau demikian, semuanya akan terbayar setelah sampai di bibir pantai dimana pemandangan yang akan kita saksikan sangat mempesona. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air berwarna biru jernih. Saat menjejakkan kaki di Pantai Timang, kita bisa memilih apakah ingin menikmati suasana pantai yang berpasir atau menikmati suasana bukit-bukit batu karang yang terjal di sisi yang berlawanan. Sebagian besar wisatawan memang lebih tertarik untuk bermain-main di salah satu sisi pantai ini yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang karena di sanalah terdapat gondola yang menghubungkan antara bibir pantai dengan sebuah batu karang berukuran cukup besar yang dikenal dengan sebutan Pulau Timang. Namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang. Gantole ini sebenarnya oleh masyarakat sekitar sengaja dimanfaatkan untuk menyeberang ke Pulau Timang karena di Pulau Timang ada banyak lobster berukuran besar yang bisa ditangkap untuk dijual. Sedangkan bagi para wisatawan, ini adalah tantangan menarik bagi mereka selain untuk menguji nyali, ternyata Pulau Timang sendiri memberikan pengalaman berwisata yang sungguh menakjubkan karena pemandangan dari sana sangat elok dan mempesona.

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

17. Citra Grand Mutiara Waterpark

citra grand mutiara waterpark
travelingyuk.com

Citra Grand Mutiara Waterpark adalah salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh masyarakat Jogja. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang menyenangkan dan seru. Tema yang diusung oleh Waterpark Citra Grand Mutiara adalah Treasure Adventure. Tempat ini mulai dibuka pada tanggal 15 Juli tahun 2015 lalu. Konsep yang diusung adalah eduwisata sehingga para pengunjung bisa berwisata sambil belajar. Diantara beberapa fasilitas dan wahana permainan yang tersedia antara lain:

  • 2 kolam untuk anak-anak.
  • 1 kolam untuk dewasa, dan.
  • 1 kolam renang di olympic untuk dewasa
  • Terdapat lima jenis perosotan (slide) dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap pengunjung yang datang dilarang membawa makanan maupun minuman dari luar karena di dalamnya sudah tersedia food court yang menawarkan berbagai jenis kuliner dengan harga bersahabat. Beberapa fasilitas lain yang tersedia di tempat ini diantaranya adalah, kamar mandi atau ruang ganti, tempat ibadah, penyewaan pelampung, tempat parkir, gazebo, dan lain-lain.

Alamat: Perumahan Citra Grand Mutiara, Jl. Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul

18. Galaxy Waterpark Jogja

galaxy waterpark jogja
bookprimera.com

Galaxy Waterpark adalah alternatif tempat bermain air untuk keluarga di Jogja selain Citra Grand Mutiara Waterpark, Tirta Tamansari Water Byurr, dan Balong Waterpark. Galaxy Waterpark resmi dibuka untuk umum mulai bulan Desember tahun 2014, diresmikan oleh wakil bupati Bantul. Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air di tempat ini mulai dari:

  • Kolam arus
  • Kolam renang
  • Kolam Olympic
  • Kolam untuk balita
  • Playground
  • Water slide
  • Tersedia juga sarana outbound seperti flying fox

Beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya adalah kafetaria, WiFi gratis, mushola, ruang ganti, dan lain-lain. Terdapat 2 slide untuk remaja dan orang dewasa yang memiliki ketinggian 10 meter di tempat ini. Bagi yang menyukai tantangan, Galaxy Waterpark juga telah menyediakan wahana menantang berupa body slider, yang bisa dimanfaatkan untuk meluncur tanpa menggunakan alat seperti ban atau pelindung. Waterpark ini buka setiap hari termasuk pada hari-hari libur nasional. Di hari-hari biasa, pengunjung bisa masuk mulai pukul 08.30-pukul 17.00. Sedangkan pada akhir pekan pengunjung bisa datang lebih awal karena water park buka mulai pukul jam 08.00 dan tutup lebih telat, yaitu pada pukul 18.00. Jika membawa rombongan berisih 15-24 orang, biasanya akan mendapatkan diskon sebesar 15% . Namun apabila rombongan yang dibawa datang dalam jumlah yang lebih besar, misalnya 50 sampai 100 orang, maka diskonnya bisa mencapai 25%.

Alamat: Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul

19. Goa Pindul

goa pindul
blog.tribunjualbeli.com

Goa Pindul atau yang dikenal dengan sebutan Cave Tubing Goa Pindul adalah destinasi wisata yang menarik dan unik di Jogja menawarkan aneka petualangan yang menantang sekaligus menyenangkan. Bagi kamu para pencinta alam, kamu wajib mencoba berwisata ke Goa Pindul jika suatu saat nanti main-main ke Jogja. Gua Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak diminati karena menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan dengan wisata alam lainnya. Di sini, para wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah di dalam gua dengan menggunakan ban. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang cantik dan mempesona. Eksotisme gua adalah sajian utama yang akan dinikmati oleh para wisatawan. Panjang lintasan yang dilalui kurang lebih 300 meter. Di gua ini terdapat ornamen-ornamen dan stalaktit yang akan membuat siapapun merasa takjub saat menyaksikannya. Arus di tempat ini cukup tenang sehingga aman bagi para wisatawan. Selain arusnya yang tenang, terdapat juga pemandu yang sudah cukup berpengalaman, yang akan menjamin keselamatan para peserta. Setiap hari mulai pukul 07.00 pukul 16.00. Saat ini sudah tersedia banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Goa Pindul dengan harga terjangkau. Sebagian besar dikelola oleh masyarakat setempat (Gunung Kidul).

Alamat: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul

20. Pantai Depok

pantai depok
blog.reservasi.com

Pantai ini lokasinya kurang lebih 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai Depok ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup dekat sehingga cukup mudah dijangkau. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini selain ingin menikmati suasana pantai, rata-rata juga datang karena tertarik dengan kuliner seafood-nya yang terkenal. Ya, sejak dahulu, Pantai Depok merupakan salah satu pusat kuliner makanan laut karena pantai ini memang menghasilkan cukup banyak ikan dari hasil melaut para nelayan. Diantara beberapa hidangan seafood yang kerap diburu oleh para wisatawan adalah kakap putih, kakap merah, ikan cakalang, kepiting, udang, hingga cumi-cumi. Rata-rata aneka hidangan seafood tersebut diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dimasak. Selain bisa menikmati hidangan langsung di pinggir pantai, pengunjung juga bisa membeli aneka hasil tangkapan laut para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di dekat pantai. Setelah puas menikmati keelokan Pantai Depok dan nikmatnya kuliner seafood yang ada di tempat tersebut, wisatawan pun bisa dengan mudah melanjutkan petualangan untuk mengunjungi beberapa pantai cantik yang lokasinya tidak jauh dari pantai Depok. Diantara pantai-pantai yang sering dikunjungi setelah menikmati kuliner di pantai Depok antara lain; pantai Parangkusumo, pantai Parangtritis, obyek wisata gumuk pasir, dan lain-lain. Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat taman wisata berupa waterpark yang menyediakan 3 kolam renang termasuk untuk anak-anak. Namun sayangnya, jalan menuju ke waterpark ini mulai terlihat rusak dan tidak terawat dengan baik. Fasilitas dan akomodasi Pantai Depok lumayan lengkap, terdapat sebuah masjid tidak jauh dari pantai, kamar mandi, terdapat penyewaan tikar, tempat parkir motor dan mobil yang lumayan luas, warung makan, sewa ATV, termasuk juga penginapan yang bisa kita temukan dengan mudah di dekat pantai. Hanya saja penginapan yang ditawarkan hanya sebatas penginapan kelas melati berupa sebuah pondok dengan empat pilihan gubug.

Alamat: Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Bantul

21. Candi Ratu Boko

candi ratu boko
ksmtour.com

Jogja merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak situs situs peninggalan berupa candi baik itu candi Hindu maupun candi Budha. Selain Candi Prambanan, salah satu candi yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh Wisatawan adalah Candi Ratu Boko. Menurut penelitian, Candi Ratu Boko adalah bekas komplek istana, yang terbagi-bagi menjadi beberapa bangunan. Bagi wisatawan, Kompleks Candi Ratu Boko merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang cantik. Lokasinya yang berada di perbukitan adalah alasan mengapa tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menyaksikan sunset. Bahkan, dari ketinggian kita bisa menyaksikan langsung kota Jogja dari kejauhan. Karena ini adalah bekas istana, maka tidak heran apabila kompleks percandian ini menempati tanah yang cukup luas (kurang lebih 250.000 meter persegi). Diantara beberapa bangunan yang terdapat di dalam komplek Candi antara lain:

  • Gapura utama di bagian tengah
  • Pintu masuk Kompleks
  • Kolam
  • Lapangan
  • Candi Pembakaran, dan
  • Terdapat juga Paseban

Suasana di siang hari terasa sangat panas menyengat, sama seperti ketika kita mengunjungi Candi Prambanan. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke tempat ini, ada baiknya menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan bisa menyerap keringat, lindungi kulitmu termasuk tabir surya, atau jika perlu, bawa payung serta topi.

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

22. Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta
guideku.com

Keraton Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah sebuah istana yang cukup luas dan besar, mencerminkan budaya dan cosmos Jawa. Sebagian besar arsitektur keraton masih menggunakan arsitektur tradisional Jawa. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790 dan hingga saat ini masih berdiri tegak meninggalkan banyak bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh bertahan. Bangunan ini sepenuhnya masih menampilkan nuansa-nuansa kuno yang elegan dan menarik. Tidak jauh dari komplek istana, terdapat alun-alun yang oleh masyarakat Jogja dikenal sebagai Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan. Yang unik, disana terdapat beringin kembar yang dipercaya apabila kita berjalan dari ujung utara dan bisa menembus diantara beringin kembar tersebut, maka itu mengindikasikan kita memiliki hati yang lurus dan baik. Bagi para pengunjung, selain bisa menyaksikan langsung kemegahan keraton dan arsitekturnya, mereka juga bisa menyaksikan bagaimana kehidupan di dalam keraton yang terdiri atas dayang-dayang, para pengawal atau abdi dalem, museum keraton, museum batik, hingga pertunjukan budaya seperti karawitan, wayang kulit wayang orang, macapat, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

23. Green Village Gedangsari

green village gedangsari
tokoilmukita.blogspot.com

Seperti namanya, Green village adalah tempat wisata yang menawarkan nuansa alam yang indah dan hijau, mampu memberikan kesejukkan setiap mata yang memandang. Para wisatawan bisa datang mulai pagi hari hingga senja. Tidak hanya ramai dikunjungi pada siang hari, tempat wisata ini juga banyak didatangi pada sore hari karena Green village dikenal sebagai salah satu spot menyaksikan sunset yang indah memukau. Ada banyak gazebo yang tersedia di tempat ini untuk beristirahat dan untuk menikmati keindahan alam yang tersaji berupa bukit, pegunungan, serta lembah. Suasana di tempat ini sangat nyaman dengan udara yang sejuk. Bagi kamu yang tertarik untuk datang, ada baiknya kamu menyiapkan pakaian hangat berupa jaket, terlebih jika kamu berencana tinggal hingga sore hari untuk menyaksikan sunset. Lokasi Green village gedangsari berjarak kurang lebih 40 km dari kota Jogja. Waktu tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan.

Alamat: Guyangan Lor, Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul

24. Kebun Teh Nglinggo

kebun teh nglinggo
campatour.com

Objek wisata alam menarik lainnya di Jogja yang cukup terkenal dan banyak diminati adalah kebun teh yang berlokasi di Kulon Progo yang dikenal dengan nama Kebun Teh Nglinggo. Seperti kebun teh pada umumnya, Kebun Teh Nglinggo juga menempati area perbukitan sehingga mampu menghadirkan pemandangan yang menarik dan menyejukkan mata. Oleh warga Jogja, daerah ini sering didatangi pada hari-hari libur seperti akhir pekan maupun pada hari libur nasional. Anak-anak muda kota Jogja maupun mahasiswa banyak yang terlihat menghabiskan waktu libur mereka dengan berjalan-jalan di sekitar perkebunan untuk melepas penat dan refreshing. Tidak hanya bisa berjalan-jalan, pihak pengelola juga telah menyediakan spot khusus untuk menyaksikan pemandangan alam sehingga wisatawan bisa dengan nyaman mengedarkan pandangan kesekeliling kebun teh tersebut. Kebun teh yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu spot menarik untuk menyaksikan keindahan alam Jogja, karena dari sini kita bisa menyaksikan langsung puncak-puncak Gunung tinggi di pulau Jawa seperti:

  • Gunung Merapi
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Slamet
  • Gunung Sindoro
  • Gunung Prau, dan lain-lain

Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

25. Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja
inibaru.id

Kalau kamu tertarik untuk berwisata ke tempat-tempat yang romantis, kamu bisa mempertimbangkan Taman Pelangi yang ada di Monjali Jogja. Dikenal dengan nama Taman Pelangi karena di tempat ini hampir setiap hari kita bisa menikmati pesta lampion yang tentunya seru dan romantis. Warna-warni lampion dengan berbagai ukuran dan bentuk akan bisa kita saksikan jika berkunjung pada malam hari. Ketika pertama kali menjejakkan kaki di pintu gerbang Taman Pelangi, kita akan disambut oleh sebuah lampion berukuran raksasa berbentuk pelangi yang cukup unik dan menarik. Memasuki area wisata, kita akan disambut aneka ragam lampion berbentuk flora maupun fauna serta tokoh-tokoh kartun populer. Tidak hanya bisa menyaksikan aneka ragam dan bentuk lampion, wisatawan juga akan dihibur dengan aneka rupa permainan mulai dari bombomkart, trampolin, sepeda tandem; wahana permainan air: perahu dayung, bebek kayuh, dan lain-lain. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00.

Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman

26. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
baraoutdoor.com

Yogyakarta sejak dahulu memang dikenal sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. Selain wisata budaya dan wisata kuliner, sebenarnya Yogyakarta juga menawarkan banyak objek wisata menarik berupa pantai dan alam. Salah satu tempat wisata menarik di Jogja berupa objek wisata alam yang ramai dikunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk yang ada di Gunung Kidul. Sebagai bagian dari wilayah Yogyakarta Gunung Kidul memiliki banyak spot wisata menarik karena kontur alamnya yang sangat mendukung. Air Terjun Sri Gethuk merupakan satu-satunya air terjun yang tidak pernah sepi pengunjung karena air terjun ini terus mengalir dengan debit air yang melimpah, baik pada musim hujan maupun pada musim kemarau. Sebelum menjejakkan kaki di air terjun terlebih dahulu kita akan disambut dengan keindahan alam di area parkir yang sekaligus dimanfaatkan sebagai area pemancingan. Selanjutnya, dari sana kita bisa melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak diantara sawah-sawah yang dihiasi pohon pohon kelapa, membuat suasana terasa begitu dramatis dan menyejukkan. Air Terjun Sri Gethuk terlihat cukup unik dan menarik, hingga banyak yang membanding-bandingkannya dengan Grand Canyon di Arizona Amerika. Keindahan alam di tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Di balik keindahan air terjun ini, terdapat sebuah kisah menarik yang melibatkan makhluk halus bernama Jin Anggo Meduro.

Alamat: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

27. Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal
travelingyuk.com

Pantai Pok Tunggal Jogja merupakan salah satu pantai indah dengan panorama yang mempesona. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih yang cukup luas serta perbukitan di sekitarnya. Seperti karakter pantai-pantai di Jogja pada umumnya, pantai ini juga diapit oleh tebing-tebing karang yang tinggi menjulang. Pantai yang dibuka untuk umum sejak bulan Mei tahun 2012 lalu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kebersihan pantai adalah salah satu ciri khas dari Pantai Pok Tunggal. Karena wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan didenda. Peraturan tersebut membuat pantai ini terjaga kebersihannya dan cukup terawat. Nama pantai sendiri diambil dari nama sebuah pohon langka bernama pohon duras yang terlihat di pantai, karena ada hanya satu pohon saja, maka pantai ini pun diberikan nama “Pok Tunggal.” Tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam bahari, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung keunikan lain berupa adanya mata air tawar yang oleh masyarakat sekitar dijadikan sebagai sumber penghidupan bagi mereka di sekitar pantai ini. Jika ingin menyaksikan pemandangan yang lebih spektakuler, wisatawan bisa menaiki beberapa bukit yang ada di dekat pantai. Fasilitas di pantai sudah cukup memadai disana terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh, payung pantai yang bisa di sewa dengan harga kurang terjangkau, tenda, dan terdapat juga beberapa penginapan yang lokasinya tidak jauh dari pantai serta toilet umum.

Alamat: Desa Tepus, Kec Tepus, Kab Gunungkidul

28. Wisata Alam Kalibiru

wisata alam kalibiru
kulonprogo.pks.id

Jika melihat nama obyek wisata ini, mungkin kamu akan membayangkan sebuah objek wisata berupa kali yang berwarna biru. Walaupun tidak sepenuhnya salah, namun sejatinya objek wisata ini merupakan wisata alam berupa hutan, yaitu Hutan Kemasyarakatan Kalibiru yang ada di perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Berada di ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian di puncak bukit, atau dari jembatan yang dibuat untuk menghubungkan pohon-pohon kita bisa menyaksikan langsung Waduk Sermo dan Pantai Selatan. Selain menyaksikan pemandangan alam, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot menyaksikan sunrise. Obyek wisata Kalibiru merupakan tempat wisata yang sangat sejuk dan nyaman serta mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, bagi yang belum berpengalaman perlu sedikit berhati-hati karena jalan yang akan dilalui berkelok dan naik turun. Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari warung makan dengan harga standar, penginapan, tempat ibadah, fasilitas outbond, ruang pertemuan, menara pandang, jembatan pohon, dan lain-lain.

Alamat: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

29. Museum Benteng Vredeburg

museum benteng vredeburg
gotripina.com

Selain mengunjungi Keraton Kesultanan Yogyakarta, saat berada di Jogja, ada baiknya kamu berwisata ke Museum Benteng Vredeburg yang lokasinya dekat dengan Keraton Yogyakarta dan dekat dengan Gedung Agung. Di Yogyakarta sejak dahulu dikenal sebagai salah satu kota perjuangan dan kota sejarah di Indonesia sehingga tidak heran apabila kita bisa dengan mudah menemukan banyak situs-situs peninggalan berupa bangunan bersejarah maupun benda-benda yang digunakan pada zaman dahulu untuk melawan para penjajah. Salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia di Yogyakarta pada zaman dahulu adalah Benteng Vredeburg yang saat ini diubah menjadi museum. Benteng itu sendiri dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintah Hindia Belanda yang konon berdalih untuk melindungi keraton dari serangan. Di dalam museum ini, kita bisa menemukan:

  • Berbagai bentuk bangunan peninggalan Belanda sebagiannya sudah dipugar namun masih mempertahankan bentuk aslinya.
  • Diorama yang menggambarkan perjuangan serta proklamasi
  • Benda-benda bersejarah termasuk foto-foto dan lukisan
  • Dan lain-lain

Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu, libur pada hari Senin dan pada hari libur nasional.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

30. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti
dkrentalmotor.com

Pada awalnya, pantai ini dibuka untuk wisatawan dengan nama Pantai Pulang Syawal, namun tampaknya kurang populer. Di kalangan para wisatawan dan netizen, pantai ini justru lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti yang merupakan nama dari salah satu restoran populer yang ada di pantai ini. Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai menarik di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi jika ingin menikmati suasana alam yang indah dan mempesona. Seperti pantai-pantai lainnya di Jogja, pantai ini juga memiliki gelombang yang lumayan besar. Walaupun ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap hari, namun kebersihan pantai cukup terjaga karena terdapat peraturan bagi yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda. Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung. Di sekitar pantai terdapat banyak penjual kuliner baik kuliner berupa sifat maupun makanan umum yang kita temui seperti bakso, nasi goreng, dan lain-lain. Selain rumah makan atau restoran, disini juga sebenarnya terdapat cafe; dan penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung jika ingin berlama-lama di sekitar pantai.

Alamat: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

31. Pantai Siung

pantai siung
angkutkoper.com

Pantai Siung memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogja. Keunikan tersebut bisa terlihat dari adanya batu-batu karang berukuran raksasa terlihat berbentuk seperti jamur yang seolah-olah muncul di atas pantai. Batu-batu tersebutlah yang menjadi asal mula nama Pantai Siung. Jika dilihat dari kejauhan, batu-batu karang tersebut terlihat seperti gigi kera atau dalam istilah tempat disebut siung wanara. Selain menawarkan keindahan pemandangan berupa laut, Pantai Siung juga menawarkan daya tarik lain berupa kegiatan menantang seperti panjat tebing. Beberapa tahun yang lalu, tempat ini bahkan pernah dijadikan sebagai lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh kurang lebih 65 negara Asia maupun Eropa.

Alamat: Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

32. Seribu Batu Songgo Langit

seribu batu songgo langit
alodiatour.com

Bagi sebagian orang, nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit mungkin masih terdengar asing. Namun tidak bagi masyarakat Yogyakarta. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan cukup diminati karena terlihat sangat instagrammable. Objek wisata yang berada di kawasan Mangunan, Dlingo, ini merupakan tujuan wisata kekinian bagi mereka yang ingin mencari spot unik untuk foto selfie atau untuk mengambil gambar yang akan di-upload ke sosial media. Objek wisata yang lagi ngehits di Jogja ini menawarkan keindahan alam dengan spotspot yang menarik dengan latar belakang yang unik plus indah. Nama objek wisata Seribu Batu Songgo Langit sendiri sebenarnya terinspirasi dari adanya batu-batu berukuran raksasa yang banyak dijumpai di tempat ini. Di sana, wisatawan bisa menemukan rumah-rumah berukuran kecil (rumah hobbit), jembatan kayu, rumah kayu, ada juga fasilitas outbond seperti flying fox, panjat tebing, dan lain-lain.

Alamat: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul

33. Air Terjun Kembang Soka

air terjun kembang soka
jogja.tribunnews.com

Air terjun Kembangsoka memang tidak sepopuler Air Terjun Sri Gethuk namun keindahan alamnya terkenal sebagai salah satu yang mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Air terjun ini bersumber dari aliran air Sungai Mudal yang terkenal jernih dan memiliki debit air lumayan besar. Air Terjun Kembang Soka cukup mudah diakses walaupun kita harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir. Walau demikian, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Tidak hanya itu, jalan menuju ke air terjun ini juga tidak hanya melulu jalan setapak melainkan, sesekali kita akan melewati jembatan bambu berukuran kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu atau dua orang saja. Ini adalah salah satu air terjun bertingkat yang cukup indah. Di bagian bawah, terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Beberapa wisatawan kerap terlihat menggunakan pelampung berupa ban dalam mobil yang bisa di sewa. Fasilitas di tempat ini juga lumayan lengkap, terdapat ruang ganti, dan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh pada saat panas maupun hujan.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

34. Air Terjun Randusari

air terjun randusari
kartanesia.com

Nama Air Terjun Randusari yang berasal dari nama pohon randu atau pohon kapuk yang banyak berada di sekitar air terjun. Ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami, memiliki debit air yang lumayan besar serta jernih. Air Terjun Randusari hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, biasa dimanfaatkan sebagai tempat mandi atau berenang oleh para pengunjung. Air terjun ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan gazebo.

Alamat: Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul

35. Sindu Kusuma Edupark

sindu kusuma edu park
jejakpiknik.com

Di Jogja, tempat wisata yang cocok untuk anak-anak maupun remaja salah satunya adalah Sindu Kusuma Edupark yang berlokasi di JL. Magelang KM 2 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman. Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan seperti Ferris Wheel dengan ketinggian 48 meter, segway, bumper car, trampolin raksasa, flying chair, kereta mini, flying bicycle, komedi putar, cangkir putar, cinema 8D, dan berbagai wahana yang cocok untuk anak-anak seperti dino park. Di tempat ini juga tersedia kafetaria, rumah hantu, dan para pengunjung bisa belajar mengenal lebih dekat budaya Indonesia melalui berbagai macam batik yang ada di House of Batik. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sore-pukul jam 22.00 malam (Senin sampai Jumat). Sedangkan pada akhir pekan, Kusuma Edupark Yogyakarta buka mulai pukul jam 10.00.

Alamat: Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman

36. Air Terjun Luweng Sampang

air terjun luweng sampang
bataritours.com

Air Terjun Luweng Sampang Jogja atau yang dikenal dengan nama Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah satu air terjun eksotis yang ada di wilayah Gunung Kidul. Air terjun ini mengalir diantara bebatuan berwarna putih yang terlihat memiliki pahatan alami seperti Grand Canyon, menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Nama air terjun tersebut diambil dari nama desa tempat dimana air terjun tersebut berada. Lebih menyenangkan lagi, ternyata tempat wisata ini gratis.

Alamat: Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul

37. Puncak Becici

puncak becici
telusurjogja.com

Objek wisata Puncak Becici berlokasi di tempat yang tersembunyi, namun cukup diminati karena menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan exotis. Dari puncak Becici, pengunjung akan dibuat takjub dengan panorama yang sangat indah di tempat ini. Dari ketinggian kita bahkan bisa menyaksikan langsung Gunung Sindoro dan Gunung Merapi di kejauhan. Bagi masyarakat Jogja, ini adalah salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunset di sore hari. Tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah spot unik berbentuk perahu terbuat dari bambu yang sering digunakan oleh para pengunjung untuk menyaksikan keindahan alam di bawahnya.

Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul

38. Bukit Lintang Sewu

nginapdijogja.com

Bukit Lintang Sewu merupakan kawasan wisata yang terdiri atas hutan dengan pohon-pohon kayu putih yang menawan dan eksotis. Tempat ini berada di ketinggian sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan berupa perbukitan dan lembah. Objek wisata ini berada di kawasan Dlingo, yang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata di Bantul – Yogyakarta. Alasan mengapa banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena keindahan alamnya yang menjadi spot foto menarik alias instagramable. Kamu juga bisa bermalam di sini jika tertarik untuk camping. Pada malam hari, pemandangan lampu-lampu dari kota membuat suasana terasa dramatis dan sangat romantis. Tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti area parkir, toilet, warung makan, gazebo, camping ground, dan ada beberapa spot foto menarik.

Alamat: Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul

39. Bukit Mojo

bukit mojo
wedangkopiprambanan.com

Bukit Mojo adalah objek wisata yang lagi ngehits di Jogja. Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup indah dari ketinggian. Karena alasan itulah banyak wisatawan dan netizen yang tertarik untuk mampir dan berwisata ke tempat ini walaupun sejatinya, objek wisata Bukit Mojo baru dibuka pada bulan Juni tahun 2016 lalu. Di bukit Mojo terdapat gardu pandang berukuran kecil yang bisa dimanfaatkan untuk mengedarkan pandangan ke sekeliling. Yang menarik, gardu pandang di sisi sebelah barat menawarkan pemandangan berupa Sungai Oyo dan perbukitan, sedangkan di sebelah timur, kita akan disuguhkan pemandangan yang sama-sekali berbeda. Objek wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gubuk atau gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sekaligus untuk menikmati panorama alam sekitarnya.

Alamat: Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul

40. Bukit Pengilon

bukit pengilon
pidjar.com

Gunung Kidul adalah bagian dari wilayah Yogyakarta yang memiliki banyak objek wisata menarik. Salah satu yang cukup populer saat ini adalah Bukit Pengilon yang menawarkan pemandangan tidak biasa dari sebuah perbukitan. Dari puncak bukit kita bisa menyaksikan keindahan pantai dan laut di bawahnya. Wisata alam ini berada tepat di bagian selatan Gunung Batur yang dikenal sebagai salah satu Gunung Purba. Jika mengambil rute dari pusat kota Jogja, objek wisata ini berjarak kurang lebih 80 Km dan bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Alamat: Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul

41. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
wanimbambung.blogspot.com

Kalau kebetulan kamu berwisata ke Malioboro, tidak jauh dari lokasi 0 Km atau perempatan Malioboro, kamu akan menemukan sebuah pasar tradisional bernama Pasar Beringharjo yang menjual aneka ragam kain batik dan baju-baju batik mulai dari yang biasa-biasa saja hingga yang berkelas dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Selain itu tentu saja masih ada banyak aneka rupa perlengkapan rumah seperti gorden dan lain-lain yang bisa kamu temui di dalam. Pasar Beringharjo dikenal sebagai salah satu tujuan wisata belanja di Jogja karena menawarkan aneka kain batik maupun baju batik yang ditawarkan dengan harga murah meriah. Jika berbelanja di tempat ini, wisatawan dianjurkan untuk tawar-menawar. Umumnya, jika membeli dalam jumlah banyak, kita akan mendapatkan diskon harga yang jauh lebih besar.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

42. Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

hutan mangrove pasir kadilangu
suara.com

Objek wisata hutan mangrove ini beralamat di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan tidak sulit untuk ditemukan. Para traveller sangat menyukai lokasi hutan mangrove yang menawarkan pemandangan indah dengan spotspot menarik yang sengaja diciptakan oleh pengelola untuk menarik minat wisatawan. Selain menikmati keindahan alam berupa pepohonan (mangrove), sebenarnya wisatawan juga bisa mengeksplorasi tempat ini dengan menumpang kapal atau perahu para nelayan. Mangrove Kulon Progo ini juga dikenal sebagai salah satu spot menyaksikan sunrise. Objek wisata Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Hanya saja, kita perlu membayar parkir dan sewa perahu jika tertarik untuk menjelajah.

Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo

43. Bukit Klangon Merapi

bukit klangon merapi
traveloskyholiday.com

Objek wisata Bukit Klangon Merapi adalah objek wisata baru di Jogja yang cukup nge-hits dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan alamnya. Keindahan alam yang ada di tempat ini tidak lepas dari keberadaan Gunung Merapi itu sendiri karena sejatinya Bukit Klangon Merapi berada di lereng Gunung Merapi. Bagi kamu yang suka berpetualang dan suka dengan sepeda gunung, kamu wajib berkunjung ke tempat ini karena ada banyak track menarik yang bisa kamu explore sambil menikmati pemandangan di sekitarnya yang cantik. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di objek wisata ini diantaranya adalah gardu pandang, spot selfie, kamar mandi, tempat ibadah, dan terdapat juga beberapa warung yang menjajakan aneka makanan maupun minuman. Tidak ketinggalan, terdapat juga penjual bunga hias (bunga edelweis).

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

44. The World Landmark Merapi Park

the world landmarks merapi park
merapipark.com

Kalau kamu suka dengan suasana taman yang cantik, penuh dengan bunga-bunga dan menawarkan pemandangan yang indah plus suasana yang sejuk. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan refreshing atau liburan akhir pekan dengan keluarga atau teman-teman. Lokasi objek wisata ini dekat sekali dengan museum Gunung Merapi yang ada di Kaliurang. Di dalam Taman kamu bisa menemukan banyak tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat selfie, seperti, Landmark Eiffel, Menara Pizza, kincir angin khas Belanda, Patung Liberty, dan lain-lain. Harga tiket masuk ke The World Landmark Merapi Park Rp15.000 per orang. Cukup murah jika dibandingkan dengan apa yang bisa kita dapatkan dan saksikan di dalam taman tersebut.

Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

45. Watu Goyang Mangunan

watu goyang mangunan
pintuwisata.com

Dari waktu ke waktu, wilayah Mangunan terus berusaha melebarkan sayapnya di dunia pariwisata dengan menghadirkan sejumlah objek wisata menarik dan unik. Salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah objek wisata Watu Goyang yang dikenal sebagai salah satu sunset spot terbaik di Jogja. Tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang bisa disaksikan dari ketinggian berupa hutan pinus, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, dan lain-lain. Objek wisata baru di Jogja ini resmi dibuka untuk umum pada bulan Desember tahun 2016. Walaupun tergolong baru, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan dibuka hingga pukul 22.00.

Alamat: Cempluk, Jl. Watu Goyang No.1, Mangunan, Bantul

46. Air Terjun Gedad (Ditutup)

air terjun gedad
travel.kompas.com

Objek wisata Air Terjun Gedad yang ada di Gunung Kidul merupakan objek wisata baru di Yogyakarta yang resmi dibuka di penghujung tahun 2016. Namun karena kecantikan pemandangan alam dan keindahan air terjun serta aksesnya yang mudah membuat banyak wisatawan rela meluangkan waktu untuk datang ke tempat ini terutama pada hari hari libur. Selain wisatawan lokal, kadang-kadang juga terlihat wisatawan mancanegara seperti wisatawan dari Korea yang juga ingin menyaksikan keindahan air terjun tersebut. Air terjun ini bisa dijangkau dengan cukup mudah karena rute yang dilalui adalah jalan yang cukup mulus dan beraspal. Dari jalan utama menuju air terjun sudah diberi pengeras sehingga bisa dilalui kendaraan. Dari tempat parkir, jarak air terjun kurang lebih 50 meter saja. Sayangnya, wisata alam ini sudah ditutup!

Alamat: Gedad, Banyusoco, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul

47. Wisata Kampung Wijilan

wisata kampung wijilan
jogjatrip1.blogspot.com

Selain dikenal sebagai tujuan wisata belanja dan wisata budaya Jogja juga dikenal sebagai tujuan wisata kuliner. Karena disini akan dengan mudah kita temukan berbagai jenis makanan khas yang nikmat dan lezat. Selain bakpia yang menjadi ciri khas Jogja, gudeg merupakan salah satu makanan yang paling terkenal dan paling diminati ketika wisatawan berkunjung ke kota pelajar ini. Kalau kamu kebetulan datang ke Jogja dan belum pernah mencicipi gudeg, ada baiknya kamu mampir ke Wijilan, yaitu sebuah kampung dimana kamu bisa menemukan warung-warung penjual gudeg dengan harga murah meriah.

Alamat: Jalan Wijilan, Sleman

48. Tugu Jogja

tugu jogja
joss.co.id

Di bagian Utara dari Jalan Malioboro terdapat wilayah bernama “Tugu,” karena disana terdapat sebuah monumen atau Tugu Jogja. Tunggu ini adalah ikon kota Jogja dan sering dijadikan sebagai spot selfie oleh para mahasiswa maupun wisatawan, terutama pada malam hari. Saat berkunjung ke tempat ini, siapapun bisa menikmatinya dan tidak dipungut biaya apapun, termasuk biaya parkir.

Alamat: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

49. Taman Pintar Yogyakarta

taman pintar yogyakarta
lidbahaweres.com

Taman Pintar adalah destinasi wisata yang cocok untuk anak-anak. Di Taman Pintar, anak-anak bisa belajar dan mengenal berbagai hal karena disana telah tersedia: Gedung Oval yang berisi berbagai wahana menarik seperti akuarium air tawar, diorama kehidupan prasejarah, tata surya cuaca, simulasi iklim dan lain-lain. Selain itu ada juga Gedung Kotak yang berisi wahana seru berupa: permainan air, lorong ilusi, teknologi otomotif roda dua, perpustakaan, galeri pusaka, aneka keajaiban yang ada di Indonesia, zona olahraga, zona melek gizi, sains, nuklir dan lain-lain. Tidak hanya itu, sebenarnya Taman Pintar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar dan bermain serta untuk menggali kreativitas mereka seperti Gedung Planetarium, Kampung Kerajinan, hingga Gedung PAUD.

Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

50. Sambi Resort Kaliurang

sambi resort kaliurang
booking.com

Sambi Resort Kaliurang merupakan salah satu pilihan tempat menginap saat berkunjung di Jogja. Resort ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan masih alami berupa sawah-sawah maupun pepohonan. Resort yang dilengkapi dengan spa dan restoran ini menjadi salah satu resort paling populer di Jogja yang banyak diminati tourist, berlokasi kurang lebih 45 menit dari Bandara Adisucipto. Berbagai fasilitas dan akomodasi menarik yang ditawarkan oleh resort ini diantaranya adalah kamar dengan berbagai ukuran dan fasilitas, travel guide, rental kendaraan, antar jemput dari bandara, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

51. Pantai Glagah

pantai glagah
jogjaempatroda.com

Pantai Glagah Yogyakarta merupakan pantai yang menarik karena di bibir pantai ini terdapat pancang pancang beton yang terlihat unik dan tidak biasa. Pantai ini juga memiliki laguna yang indah dan sering dimanfaatkan sebagai tempat berwisata oleh para traveler karena disana terdapat penyewaan perahu kayu dan perahu kayuh. Selain itu, kegiatan seru lainnya yang bisa dinikmati oleh traveler antara lain berpetualang dengan motor cross atau ATV. Di sekitar pantai ini sudah yang terdapat akomodasi berupa penginapan standar, rumah makan yang rata-rata menyajikan menu seafood, camping ground, dan berbagai fasilitas lainnya.

Alamat: Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo

52. Pantai Jogan

pantai jogan
tempatwisataseru.com

Pantai Jogan merupakan pantai yang unik, karena selain menawarkan pemandangan alam berupa perbukitan dan samudra, di sini juga terdapat air terjun yang langsung mengalir ke bibir pantai. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Siung. Para pengunjung yang ingin menikmati Pantai Jogan harus menuju pos retribusi Pantai Siung terlebih dahulu. Dari pos retribusi tersebut, pantai hanya berjarak kurang lebih 400 meter.

Alamat: Dusun Dawet, Tepus, Gunungkidul

53. Pantai Krakal

pantai krakal
happytour.id

Ombak di Pantai Selatan Jogja terkenal cukup ganas dan besar. Bagi mereka yang jeli dan punya nyali, ombak di Pantai Selatan tentu saja sangat menarik terutama bagi para pencinta surfing. Tidak heran apabila salah satu pantai yang ada di tempat ini yaitu, Pantai Krakal, sering dijadikan sebagai tempat olahraga surfing selain tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dan menarik. Lokasinya bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat Kota Jogja.

Alamat: Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

54. Pantai Ngungap

pantai ngungap
instagram.com/ericvirgiawan

Nama pantai ini terdengar aneh dan asing bukan? Walau demikian, ternyata pantai ini menawarkan sensasi berwisata yang luar biasa terlebih, di pantai ini terdapat sebuah tebing yang sangat curam menawarkan pemandangan unik. Pantai yang berlokasi ini bisa dinikmati keindahannya dengan menaiki tebing yang ada di sekitar tempat tersebut. Hanya saja, traveller harus berhati-hati karena tebing tersebut ternyata pernah mengalami longsor beberapa waktu yang lalu, walaupun tidak menelan korban jiwa, namun hal tersebut tentu saja harus menjadi perhatian setiap traveller yang ingin berwisata ke tempat ini.

Alamat: Wonotoro, Pucung, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul

55. Pantai Wediombo

pantai wedi ombo
benbernavita.com

Objek wisata pantai terkenal di Jogja selain Pantai Parangtritis, salah satunya adalah Pantai Wediombo yang dikenal sebagai spot favorit para pemancing dengan pemandangan yang indah dan unik dilengkapi dengan batu-batu karang khas Pantai Selatan Jogja. Diantara beberapa jenis ikan yang mudah ditemukan ditempat ini antara lain ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan kakap batu, ikan cucut, dan lain-lain. Rata-rata ikan-ikan tersebut berukuran cukup besar dengan berat yang lumayan. Selain kegiatan memancing, wisatawan juga sering melakukan kegiatan seru lainnya saat berwisata seperti berselancar atau surfing, berenang, snorkeling, dan diving.

Alamat: Jepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul

56. Pantai Sadeng

pantai sadeng
kedaisarwoecho.com

Sebelum tiba di bibir Pantai Sadeng, terlebih dahulu kita akan disambut oleh pelabuhan yang ada di sana yaitu Pelabuhan Sadeng sekaligus tempat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan. Tapi jangan kecewa dulu, karena Pantai Sadeng berada di ujung sisi sebelah kiri pelabuhan. Bagi pengunjung baru, mereka bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau langsung mengambil jalan yang ada di sisi sebelah kiri pelelangan ikan. Setelah melewati lapak-lapak para pedagang, perahu-perahu yang disandarkan, dan bukit-bukit tebing serta karang, barulah wisatawan akan menemukan pantai. Pantai Sadeng berukuran sangat kecil berada di antara batu-batu karang. Walau demikian, pantai ini boleh dibilang cukup indah mengingat ada banyak hal yang bisa kita saksikan, terutama kegiatan para nelayan dan desa nelayan yang ada di sekitarnya.

Alamat: Songbanyu, Girisubo, Gunung Kidul

57. Pantai Sepanjang

pantai sepanjang
pamungkaz.net

Pantai Sepanjang Gunung Kidul berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari. Pantai ini masih berada satu garis dengan Pantai Kukup, Pantai Baron, dan Pantai Sundak. Pasirnya berwarna kuning keemasan, namun sayangnya terdapat banyak rumput laut di sekitar pantai yang membuat kegiatan mandi-mandi dipantai jadi kurang seru. Secara umum, pemandangan di Pantai Sepanjang cukup elok dengan fasilitas yang memadai mulai dari toilet umum, warung yang menjajakan aneka jenis makanan termasuk seafood, dan lain-lain. Di sekitar Pantai Sepanjang terdapat situs peninggalan bernama Banyu Sepuh, yaitu sebuah mata air yang sering dimanfaatkan untuk memandikan benda-benda pusaka.

Alamat: Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

58. Pantai Baron

pantai baron
radarjogja.co

Objek wisata berupa pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Lokasi pantai bisa dijangkau dari Jogjakarta dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan jarak dari pusat Kota (40 km). Jalan yang kita lalui untuk bisa sampai di Pantai cukup bagus baik sepeda motor hingga kendaraan roda empat bisa mendekati pantai. Pantai ini terasa cukup indah karena memiliki pasir berwarna coklat kekuningan yang bersih dan terawat. Di pinggir pantai kita akan menemukan perahu-perahu nelayan dan tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah TPI (tempat pelelangan ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan para nelayan. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner seperti buah sirsak, pisang tanduk, dan menu seafood di Pantai Baron. Setelah puas bermain-main di pantai, pengunjung juga bisa membeli berbagai bentuk cendramata khas pantai seperti bros, lampu hias, cermin, pigura, dan lain-lain, yang rata-rata dihiasi dengan kerang laut.

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

59. Embung Nglanggeran

embung nglanggeran
portonews.com

Embung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata alam di Gunung Kidul yang baru dibuka dan diramaikan oleh para traveller 3 tahun belakangan ini. Sebelumnya, ini hanyalah bukit kosong yang oleh pemerintah setempat kemudian diubah menjadi sebuah waduk untuk menampung air yang bisa dimanfaatkan untuk mengairi kebun-kebun di bawah Bukit Nglanggeran. Pemandangan di tempat ini cukup mempesona terlebih karena kita bisa melihat suasana yang indah dari ketinggian. Walaupun tergolong baru, objek wisata ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, toilet umum, pendopo atau gazebo, dan terdapat juga warung-warung yang menjual aneka makanan termasuk makanan dan minuman ringan.

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

60. Taman Sari Yogyakarta

taman sari yogyakarta
wisatabaru.com

Taman Sari Yogyakarta dikenal juga dengan nama “Istana Air Taman Sari Yogyakarta” merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang saat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata budaya dan wisata sejarah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Taman Sari terdiri atas empat bidang yang berbeda-beda yang terdiri atas sebuah danau buatan, pavilium di sebelah barat, kompleks permandian di bagian tengah, pavilium dan kolam di sebelah selatan, serta sebuah danau kecil di bagian timur. Menurut sejarah, Taman Sari telah dibangun sejak pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Karena kompleks pemandian yang cukup luas dan terdiri atas beberapa buah bangunan, untuk mengetahui lebih jauh seluk-beluk pemandian ini kita membutuhkan seorang pemandu. Taman Sari buka setiap hari pukul 08.00 hingga pukul 14.00.

61. Puncak Kosakora

puncak kosakora
setapakpesona.blogspot.com

Kalo kamu tertarik untuk menyaksikan keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul dan jika kamu tertarik untuk mengabadikan pantai-pantai tersebut melalui mata kamera, kamu membutuhkan sebuah spot yang bisa memberikan sudut pandang paling bagus dan menarik. Di Gunung Kidul, Puncak Kosakora merupakan spot pandang yang cukup spektakuler karena dari ketinggian kita bisa melihat langsung bagaimana indahnya pantai selatan dari ketinggian. Puncak Kosakora Gunung Kidul berada di sebelah timur Pantai Drini. Biasanya, wisatawan yang tertarik untuk memanjat ke Bukit Kosakora terlebih dahulu akan masuk ke Pantai Drini dan memarkirkan kendaraan di sana. Dari Pantai Drini, Puncak Kosakora hanya bisa dicapai dengan cara jalan kaki sejauh 2 Km, yang bisanya akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

62. Puncak Suroloyo

puncak suroloyo
jogjaempatroda.com

Objek wisata Puncak Suroloyo adalah sebuah bukit paling tinggi yang ada di pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Bukit ini tingginya mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di tempat ini lumayan dingin terutama pada pagi dan sore hari. Dari atas kita bisa menyaksikan langsung beberapa gunung terkenal di Jogja-Jawa Tengah seperti, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Karena berada di puncak bukit, para traveller perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 286 anak tangga. Lumayan terjal dan melelahkan. Namun akan sebanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan. Di sana sudah terdapat beberapa warung yang menjual aneka kuliner atau makanan sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah.

Alamat: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo

63. Waduk Sermo

waduk sermo
radarjogja.co

Waduk Sermo yang berada di Kulon Progo merupakan salah satu spot selfie yang lagi ngehits di Instagram. Waduk ini memiliki pemandangan yang cukup spektakuler dari apa terutama di bagian pintu waduk. Waduk ini difungsikan sebagai sumber air bersih dan dimanfaatkan juga untuk irigasi persawahan di sekitar tempat tersebut. Waduk ini juga sering dimanfaatkan oleh atlet dayung untuk berlatih. Selain menyaksikan berbagai kegiatan menarik yang ada di waduk ini, sebenernya wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan yang menarik di sekeliling waduk, berupa bukit-bukit hijau yang indah dan menarik. Jika tertarik untuk menyewa perahu yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata keliling waduk.

Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

64. Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi
outingjogja.com

Ada banyak musim di Jogja yang bisa kita temukan mulai dari di pusat kota hingga di beberapa wilayah lainnya. Salah satu museum yang terkenal unik dan menarik adalah museum Gunung Merapi. Museum ini berada di Pakem, Kab. Sleman. Museum yang didirikan pada tahun 2005 ini dimaksudkan sebagai media edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk memberi pengetahuan lebih jauh mengenai gunung berapi kepada para pengunjung. Museum ini resmi dibuka pada bulan Oktober tahun 2009 dan saat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Museum Gunung Merapi dilengkapi dengan replika Gunung Merapi yang sesungguhnya lengkap dengan kondisi di sekitarnya termasuk bangunan-bangunan seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Selain itu, terdapat juga berbagai alat yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung seperti teleskop alat pencatat aktivitas gunung dan lain-lain.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

65. Alun-alun Kidul (Alkid)

alun alun kidul jogja
wisatakita.com

Selain Malioboro, Alkid adalah wisata malam hari di Jogja yang bisa dikunjungi oleh wisatawan jika ingin menikmati suasana yang hangat untuk menikmati kuliner dan beberapa wahana permainan seperti sepeda gandeng dan becak yang di hiasi dengan lampu warna-warni. Lokasi alun-alun Kidul berada di depan komplek Keraton Yogyakarta, dan ramai dikunjungi hampir setiap hari maupun setiap malam oleh para penikmat kuliner maupun mereka yang ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana Jogja.

Alamat: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

66. Museum Sandi

museum sandi
tirto.id

“Sandi” bukanlah nama orang, melainkan kata sandi yang memiliki sinonim “kode.” Museum ini dilengkapi dengan berbagai koleksi sandi-sandi atau persendian yang resmi dibuka pada tahun 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Oleh pemerintah setempat, museum ini dimanfaatkan untuk memelihara sekaligus menjaga benda cagar budaya. Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu pengetahuan seputar persandian, kamu wajib mengunjungi tempat ini. Diantara beberapa koleksi museum adalah: buku-buku kode, meja kursi yang digunakan pada Tahun 1948, terdapat juga mesin sandi, dan tas kode. Selain itu, terdapat juga audiovisual serta foto-foto napak tilas sandi yang digunakan dalam berbagai kesempatan oleh masyarakat Indonesia pada masa lampau terutama pada zaman penjajahan Belanda Museum ini dibuka setiap hari. Hari Senin-Jumat dibuka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada akhir pekan, museum hanya buka mulai pukul jam 09.00 pukul 12.00. Pada hari-hari besar nasional atau pada hari-hari libur keagamaan ke museum ini ditutup untuk umum.

Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

67. Pantai Watu Lumbung

pantai watu lumbung
bosndeso.com

Ini adalah pantai terkenal lainnya di Gunung Kidul yang tergolong baru, Lokasi Pantai tidak jauh dari Gunung Api Purba Batur, Bukit Pengilon, dan tidak jauh dari Pantai Wediombo. Agar lebih mudah dalam mencari Pantai Watu Lumbung, kamu bisa mengambil arah ke Pantai Wediombo yang lebih terkenal. Dari sana, lokasi Pantai Batu lempung sudah sangat dekat. Pantai ini terdiri atas batu-batu karang yang terlihat unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai di wilayah selatan Jogja. Untuk bisa sampai di pantai, kita membutuhkan sedikit tenaga ekstra karena medan yang dilalui lumayan berat. Terlebih pada saat kembali pulang.

Alamat: Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul

68. Pantai Sadranan

pantai sadranan
blogkulo.com

Ini merupakan pantai yang sangat menakjubkan, memiliki air laut yang sangat jernih serta gelombang yang tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini bermaksud untuk menyaksikan keindahan bawah laut dengan kegiatan snorkeling. Pasir putih serta fasilitas yang lengkap membuat Pantai Sadranan cukup diminati oleh wisatawan lokal. Pantai ini buka setiap hari. Bagi kamu yang tertarik untuk snorkeling, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling. Biasanya kegiatan snorkeling berlangsung di pagi hari antara pukul 6.00 – 08.00 dan di sore hari mulai pukul 04.00 – 18.00. Di pinggir pantai juga tersedia gazebo atau tempat berteduh yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana pantai tanpa harus kepanasan. Selain itu akan tersedia juga payung pantai yang disewakan.

Alamat: Dusun Pule Gundes, Jl. Krakal Pantai Sadranan, Tepus, Sidoharjo, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

69. Pantai Sedahan

pantai sedahan
gloryduotourtravel.blogspot.com

Pantai ini berada di sisi sebelah timur Pantai Wediombo, atau tepatnya berada bersebelahan dengan Pantai Greweng. Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai, biasanya harus memarkir kendaraannya di Pantai Wediombo sebelum kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pantai Sedahan. Pantai ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi karena memang masih belum memiliki jalur akses yang memadai. Namun seperti pantai umumnya yang ada di Yogyakarta, Pantai Sedahan dianggap sebagai salah satu pantai yang cukup indah walaupun ukurannya tidak terlalu besar.

Alamat: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul

70. Bukit Bintang Jogja

bukit bintang jogja
visitingjogja.com

Jika ingin menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian, salah satu spot paling menarik yang bisa kita tuju untuk menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota Jogja di malam hari adalah Bukit Bintang yang berlokasi di perbatasan Bantul-Gunung Kidul. Menjelang senja, biasanya banyak masyarakat sekitar termasuk mahasiswa yang berbondong-bondong naik ke Bukit Bintang untuk sekedar ngopi dan bersenda gurau dengan teman-teman sambil menyaksikan keindahan kota Jogja di kejauhan. Bukit Bintang beralamat di Patuk, Gunung Kidul. Tidak ada tarif tertentu yang dikenakan untuk setiap pengunjung yang datang. Hanya saja, ketika berada di sini, biasanya pengunjung akan membeli aneka minuman dan makanan ringan seperti kopi atau minuman penghangat tubuh lainnya karena suhu udara lumayan dingin.

Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

71. Monumen Jogja Kembali

monumen jogja kembali
tatabejana.com

Monumen Jogja Kembali biasa disingkat “Monjali” adalah salah satu monumen paling populer di Jogja yang menyimpan berbagai koleksi replika foto dokumen serta berbagai benda bersejarah seperti senjata yang digunakan pada perang kemerdekaan. Monumen yang berbentuk kerucut ini terdiri atas empat ruang museum. Di dalamnya juga terdapat tandu dan dokar atau kereta kuda yang pernah digunakan oleh Jendral Sudirman pada masa perang gerilya.

Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman

72. Candi Plaosan

candi plaosan
wego.co.id

Candi Plaosan merupakan candi Budha yang berlokasi kurang lebih 1 km dari Candi Prambanan. Candi Plaosan menempati area seluas 2000 M2. Dikelilingi oleh area persawahan dan perkebunan. Menurut sejarah, candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9 oleh Sri Kahulunnan (Pramodawardhani), keturunan Dinasti Syailendra. Kompleks Candi terbagi menjadi dua yang dipisahkan oleh jalan, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada dinding-dinding candi terdapat relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita dan tokoh laki-laki. Setiap setahun sekali, diadakan Festival Candi Kembar yang diramaikan dengan berbagai macam kebudayaan seperti tarian jawa dan budaya budaya nusantara. Candi ini dibuka untuk wisatawan setiap hari, mulai pukul jam 09.00 pukul 17.00.

Alamat: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

73. Candi Pawon

candi pawon
sejarahlengkap.com

Lokasi Candi Pawon terletak di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Lokasi candi berada kurang lebih 1,7 km dari Candi Borobudur ke arah timur, dan 1,1 km dari Candi Mendut. Asal mula nama Candi Pawon berasal dari bahasa Jawa yang berarti “dapur.” Namun menurut de Casparis, ini adalah candi yang digunakan sebagai “perabuan” atau tempat abu. Yang menarik, pada dinding-dinding candi terdapat berbagai bentuk hiasan yang terbuat dari relief berbentuk pohon hayati (kalpataru) yang diapit kinari yaitu sejenis makhluk setengah manusia yang memiliki tubuh burung namun berkepala manusia.

Alamat: Desa Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

74. Candi Mendut

candi mendut
youtube.com

Candi Mendut merupakan sebuah candi Budha. Lokasi candi hanya 3 km dari Candi Borobudur. Menurut sejarah, Candi Mendut didirikan pada pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 masehi. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata yang kemudian dilapisi dengan batu alam. Pintunya menghadap ke barat daya memiliki basement yang lumayan tinggi sehingga terkesan kokoh dan anggun. Di atas basement tersebut terdapat lorong yang mengelilingi tubuh candi. Di bagian atas, atapnya terdiri atas tiga tingkat dan dihiasi dengan stupa-stupa berukuran kecil berjumlah 48 buah.

Alamat: Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

75. Candi Tara (Candi Kalasan)

candi tara
doyanjalan.com

Candi Tara dikenal juga dengan nama Candi Kalibening. Merupakan candi Budha yang dibangun pada abad ke-8. Candi ini, menurut sejarah sengaja dibangun sebagai persembahan kepada Dewi Tara. Dinding luar Candi dilapisi dengan semen kuno. Masih menurut sejarah, candi Budha tertua di Jogja ini dahulu dibangun oleh Rakai Panangkaran, seorang raja dari Dinasti Syailendra. Candi Tara berbentuk bujur sangkar yang sisi-sisinya berukuran 45 m, dan tinggi 34 m. Bangunan candi terdiri atas tiga bagian yaitu, kaki candi, tubuh candi, dan atap candi. Bagian atapnya berbentuk persegi delapan terdiri atas dua tingkat dihiasi dengan arca dan stupa. Nama lain Candi Tara adalah Candi Kalasan. Candi dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta

76. Candi Barong

candi barong
serikatnews.com

Candi Barong dibangun pada abad ke-9 hingga 10 Masehi. Yang kemudian ditemukan kembali pada abad ke-20 oleh seseorang berkebangsaan Belanda yang saat itu bermaksud untuk memperluas perkebunan tebu di Yogyakarta. Candi Barong lokasinya tepat berada di Perbukitan Baturagung. Ini merupakan candi bercorak Hindu yang menurut sejarah digunakan untuk memuja Dewa Wisnu, karena di sekitar candi terdapat Arca Dewi Sri yang merupakan istri dari Dewa Wisnu. Selain itu, di sini juga terdapat Arca Dewi Laksmi yang dikenal sebagai pengiring Dewa Wisnu.

Alamat: Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

77. Jurang Tembelan

jurang tembelan
backpackerjakarta.com

Jika kamu berwisata ke Taman Buah Mangunan, disana kamu akan menemukan sebuah lokasi yang diberi nama Jurang Tembelan, yang posisinya tidak jauh dari gardu pandang Mangunan. Boleh dibilang, ini adalah salah satu spot selfie terpopuler di Yogyakarta dan objek wisata yang lagi ngehits beberapa tahun belakangan ini. Selain menyaksikan keindahan alam, biasanya wisatawan sengaja datang lebih awal ke tempat ini untuk menyaksikan matahari terbit. Objek wisata Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 22 KM. Pengunjung bebas masuk tanpa dikenai biaya atau tiket masuk. Hanya saja, mereka tetap akan dikenakan biaya parkir apabila membawa kendaraan roda dua atau roda empat. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan 2 gardu pandang, gubuk atau gazebo, tempat parkir yang lumayan luas, serta, terdapat juga beberapa warung yang menjajakan aneka kuliner.

Alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul

78. Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu
museum.id

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Jogja yang menampilkan aneka koleksi budaya Jawa, khususnya peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini beralamat di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman. Cuaca di tempat ini lumayan sejuk karena berada di ketinggian. Diantara beberapa koleksi yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu adalah; seperangkat alat musik berupa gamelan, lukisan-lukisan tokoh Dinasti Mataram. koleksi syair, bait, hingga album hidup GRKay, dan lain-lain. Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai hari Minggu. Hari Selasa-Jumat buka mulai pukul 08.30-16.00. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.30 pukul 17.00.

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

79. Wisata Edukasi Omah Salak

wisata edukasi omah salak
gudeg.net

Daerah Turi, Sleman, sudah lama dikenal sebagai pusat perkebunan salak, khusnya salak pondoh dan salak gading yang terkenal manis dan enak. Namun bencana alam erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 menyebabkan banyak petani salak di daerah tersebut, perlahan namun pasti mulai meninggalkan kegiatan bertani. Karena latar belakang tersebut, masyarakat setempat kemudian berinisiatif untuk membangun “Omah Salak” untuk membangkitkan kembali semangat para petani dan minat pembeli. Omah Salak adalah destinasi wisata buah yang mulai banyak diminati oleh masyarakat sekitar Jogja. Selain bisa menemukan buah salak dan bisa memetik langsung sendiri di kebun, wisatawan juga bisa menemukan berbagai makanan berbahan dasar salak seperti bakpia salak, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman Jl. Pojok Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman

80. Cave Tubing Kalisuci

cave tubing kalisuci
junilesta.blogspot.com

Kalisuci yang berada di Gunung Kidul dikenal sebagai daerah dengan pemandangan alam sangat indah. Satu hal yang unik, disana juga ternyata terdapat sebuah gua (cave) yang berada di bawah tanah. Di sini, wisatawan akan diajak merasakan sensasi berpetualang menyusuri arus sungai dan jeram hingga ke goa bawah tanah (cave tubing).

Alamat: Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul

81. Pantai Ngetun

pantai ngetun
mytrip123.com

Lokasi Pantai Ngetun bisa dijangkau dengan cukup mudah karena berada satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Pantai ini tergolong indah karena memiliki pemandangan yang bagus di sekitarnya. Dihiasi bukit-bukit karang yang terjal dan tertutup semak belukar, sehingga pemandangan tampak kontras dengan suasana pantai. Pantai Ngetun merupakan pantai kecil yang bersih dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan maupun wisata pada hari-hari libur nasional. Untuk bisa sampai di Pantai, traveller harus melewati jalan berbatu. Walau demikian, jalan tersebut cukup layak dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

Alamat: Sureng, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

82. Puncak Kleco

puncak kleco
pintuwisata.com

Obyek wisata Puncak Kleco tergolong baru dan masih dalam proses pengembangan. Selama perjalanan menuju ke puncak, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang alami dan sejuk dari kaki Gunung Menoreh. Jalan yang akan kita lalui untuk berwisata ke Puncak Kleco berkelok-kelok dan melewati Sungai Progo. Di obyek wisata ini, terdapat spot selfie yang sekarang lagi ngehits dan cukup disukai oleh anak-anak muda. Di sini juga sudah tersedia gazebo sebagai tempat istirahat dan ayunan kayu.

Alamat: Duwet, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

83. Air Terjun Siluwok

air terjun siluwok
twitter.com/watespahpoh

Air Terjun Siluwok dikenal juga dengan nama Curug Siluwok dalam istilah setempat. Merupakan air terjun yang berada di Kulon Progo tepatnya di kaki Gunung Menoreh. Walaupun masih belum populer di kalangan wisatawan, air terjun ini terkenal indah dan memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, airnya juga masih jernih khas air pegunungan yang dingin dan sejuk. Lokasi Air Terjun Siluwok berada Kulon Progo. Tempatnya tidak jauh dari Air Terjun Sidoharjo. Tinggi air terjun kurang lebih 20 m dengan debit air yang lumayan banyak sehingga terasa cukup deras saat kita berada di bawahnya.

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul

84. Taman Sungai Mudal

taman sungai mudal
wisata-tanahair.com

Kulon Progo yang berada di sisi Barat Kota Jogja bersama-sama dengan Gunung Kidul merupakan destinasi wisata populer yang menawarkan aneka ragam wisata alam yang cantik dan menarik. Selain Kalibiru, Kulon Progo juga punya aliran sungai yang berlokasi sedikit tersembunyi di perbukitan Menoreh bernama, “Sungai Mudal.” Jika kita datang ke Banyunganti. Disana kita akan menemukan sebuah taman dan kolam air yang berwarna biru jernih berasal dari aliran Sungai Mudal. Di sekitar tempat ini pemandangan masih sangat alami dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau refreshing. Tidak jauh dari tempat ini terdapat objek wisata Goa Kiskendo dan Air Terjun Setawing. Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola bagi para pengunjung yang datang berwisata ke tempat ini diantaranya adalah, gazebo dan kamar mandi untuk ganti baju. Selain itu, di sini juga tersedia wahana permainan seperti flying fox.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

85. Pantai Kayu Arum

pantai kayu arum
telusurjogja.com

Semakin banyak saja pantai-pantai yang dibuka sebagai tujuan wisata beberapa tahun belakangan ini. Walaupun beberapa di antaranya masih belum memiliki track yang bagus untuk dilintasi oleh para wisatawan. Pantai mungil ini bisa kamu datangi dengan sedikit berjalan kaki, melewati Jalan Setapak di antara ladang-ladang para penduduk. Pada musim tanam padi, pandangan kita akan dimanjakan dengan hijaunya sawah petani. Pantai ini masih tergolong sepi karena jalur akses menuju kesana memang masih belum sebaik beberapa pantai yang lain.

Alamat: Kanigoro, Sapto Sari, Kranon, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul

86. Pantai Watu Kodok

pantai watu kodok
campatour.com

Fasilitas di Pantai Watu Kodok masih sangat minim, belum selengkap fasilitas di pantai-pantai yang berada di dekatnya seperti Pantai Indrayanti. Walau demikian, para traveller akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah khas pantai-pantai Jogja yang cantik dan menarik. Walaupun masih minim fasilitas, kita tetap bisa menemukan beberapa warung yang menjual makanan maupun penyewaan tikar di tempat ini. Lokasi pantai berada satu jalur dengan Pantai Drini, Pantai Kukup, dan Pantai Sepanjang.

Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

87. Telaga Biru Semin

telaga biru semin
merahputih.com

Telaga Biru Semin adalah sebuah objek wisata baru yang cukup eksis diantara para traveller. Objek wisata ini masih dalam pengembangan, walau demikian, pemerintah desa sudah membangun banyak fasilitas untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Daya tarik utama Telaga Biru adalah pemandangan alamnya yang sangat indah lengkap dengan bukit-bukit kapur dan tebing batu. Selain datang pada siang dan sore hari untuk menyaksikan keindahan alam, banyak juga yang sengaja datang lebih awal untuk menyaksikan sunrise yang indah di antara perbukitan dan sawah-sawah. Kamu yang berminat menikmati obyek wisata Telaga Biru Semin, hanya perlu membayar biaya parkir karena belum ada pungutan retribusi (tiket masuk) yang diberlakukan.

Alamat: Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul

88. Kebun Binatang Gembira Loka

kebun binatang gembira loka
tempo.co

Objek wisata di dalam kota yang dekat dengan Malioboro salah satunya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang, bisa jadi alternatif tujuan liburan yang bernilai edukasi bagi remaja maupun anak-anak. Kebun binatang di Jogja ini tidak hanya menawarkan aneka rupa binatang yang didatangkan dari seluruh wilayah Indonesia maupun beberapa belahan dunia, melainkan para pengunjung juga akan dimanjakan dengan atraksi menarik seperti Gelar Satwa Terampil yang mempertunjukkan beberapa binatang berupa: beruang madu, burung kangkareng, orangtua, hingga burung kakak tua jambul kuning. Kebun Binatang Gembira Loka menawarkan beberapa kreasi menarik seperti Kolam Sentuh, Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Perahu Kayu, Banana Boat Orca, hingga Sekuter Air.

Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta

89. Angkringan Tugu

angkringan tugu kopi joss
bp-guide.id

Selain gudeg, Jogja juga dikenal dengan kuliner nasi kucing, yang biasanya di jual di sebuah gerobak, disebut “angkringan.” Hampir diseluruh penjuru Jogja bisa kita temukan angkringan, baik siang maupun malam hari. Salah satu pusat angkringan yang sangat terkenal adalah Angkringan Tugu di dekat Stasiun Tugu Jogja yang berada di ujung utara Jalan Malioboro. Di angkringan ini kita bisa menikmati nasi kucing yang diberi lauk berupa sambal, sambal teri, atau tahu-tempe, dengan harga murah meriah. Selain itu, di sini juga tersedia aneka rupa goreng-gorengan termasuk sate dan lauk-pauk lainnya seperti ayam maupun telur. Salah satu ikon kuliner yang sangat terkenal dari Angkringan Tugu adalah Kopi Joss, yaitu sebuah hidangan kopi yang diberi arang di dalamnya. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencobanya sendiri dengan datang ke Angkringan Tugu Jogja.

Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

90. Goa Selarong

goa selarong
tripadvisor.com

Goa Selarong merupakan Goa yang sangat bersejarah karena menurut cerita, pada zaman dahulu dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro serta pasukannya sebagai tempat bersembunyi dan sebagai markas untuk melakukan perang gerilya melawan kolonial Belanda pada rentang waktu tahun 1825 – 1830. Gua bersejarah ini saat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dan dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00.

Alamat: Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul

91. Pantai Jungwok

pantai jungwok
destinasiku.com

Banyak orang bilang kalau Pantai Jungwok adalah pantai yang angker. Tapi sejatinya, Pantai Jungwok ini terkesan unik dan cantik. Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Wediombo. Kalau kamu pakai kendaraan roda dua untuk ke pantai dan malas jalan, kamu bisa membawa kendaraan langsung sampai di bibir pantai. Ciri khas pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai di bagian selatan Jogja. Di kaki bukit kita akan menemukan pasir dan air laut yang dipisahkan oleh bebatuan.

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul

92. Embung Batara Sriten

embung batara sriten
dowes29.com

Di Puncak tertinggi Gunung Kidul, terdapat sebuah destinasi wisata baru yang menarik. Objek wisata ini dikenal dengan sebutan “Embung Batara Sriten.” Lokasinya tepat berada di Pilangrejo. Bisa diakses dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di puncak bukit yang memiliki kolam berukuran cukup besar ini, diantaranya adalah: menyaksikan pemandangan alam yang indah dan mempesona, melihat sunset, camping, tracking, dan lain-lain.

Alamat: Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul

93. Gudeg Pawon

gudeg pawon
zazatourjogja.com

Gudeg merupakan makanan khas kota Yogya yang banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke kota pelajar ini. Lokasinya tidak jauh dari kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Gudeg Pawon merupakan alternatif destinasi wisata kuliner yang bisa kamu cobain jika ingin merasakan sensasi gudeg yang sesungguhnya. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 22.30 – 01.00. Karena cukup laris, dan jika tidak ingin kehabisan, kamu harus datang lebih awal supaya dapat antrian yang tidak terlalu panjang.

Alamat: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

94. Pantai Ngrenehan

pantai ngrenehan
mytrip123.com

Pantai Ngrenehan berada di Wonosari. Daerah ini terkenal dengan suasananya yang kering kerontang pada musim kemarau, dan dikenal juga sebagai salah satu pusat penghasil kapur di Jogja, karena disana akan dengan mudah kita temukan gunung-gunung kapur yang menjulang. Di samping kekurangannya tersebut, daerah Saptosari punya pantai indah bernama Pantai Ngrenehan yang banyak dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai tempat untuk menambatkan perahu. Selain menikmati keindahan pantai dan laut, Kita juga bisa menikmati aneka kuliner seafood hasil tangkapan para nelayan. Kalau kamu tertarik dan ingin membeli ikan, disini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI). Di antara beberapa fasilitas yang disediakan di Pantai Ngrenehan adalah: kamar mandi dan toilet, tempat parkir yang cukup luas, tempat ibadah berupa musholla, dan terdapat juga warung makan di sekitar pantai. Rute menuju pantai berada satu jalur dengan Pantai Torohudan, Pantai Ngobaran, Pantai Widodaren, Pantai Ngrawah, dan Pantai Ngeden.

Alamat: Desa Kanogoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul

95. Museum Sasmitaloka

museum sasmitaloka
tandaseru.id

Museum Sasmitaloka yang ada di Yogyakarta dikenal dengan nama Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Lokasi museum ini berdekatan dengan Museum Biologi dan Museum Dewantara Kirti Griya, bisa dijangkau dengan mudah dari Taman Pintar atau dari Taman Budaya Jogja. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda berupa kulit, kain, kayu, logam, dll, yang terdiri atas: katana (pedang jepang), telepon, replika keris, senjata (pistol), dan lain-lain. Terdapat 14 ruangan di museum ini yang diisi dengan kurang lebih 599 koleksi benda.

Alamat: Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta

96. Pabrik Gula Madukismo

pabrik gula madukismo
kelilingriau.blogspot.com

Pabrik gula ini merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat melihat secara langsung proses pembuatan gula. Biasanya penggilingan tebu untuk dijadikan gula berlangsung dari bulan Mei-September. Yang unik, sebelum memulai penggilingan, biasanya karyawan pabrik akan melaksanakan sebuah ritual yang disebut dengan Ritual Cembengan. Ritual ini dimaksudkan untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar penggilingan berjalan lancar. Selama ritual, biasanya akan ada kirab abu temanten dan berbagai pertunjukan seni seperti wayang semalam suntuk dan pasar malam. Pabrik dibuka setiap Senin-Kamis mulai pukul 08.00 pukul 15.00 sore. Sedangkan pada hari Jumat dan hari Sabtu hanya dibuka hingga pukul 12.00 siang, dan pada hari Minggu objek wisata Pabrik Gula Madukismo ditutup untuk umum.

Alamat: Jl. Padokan Jl. Madukismo No.21pg, Rogocolo, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul

97. Pantai Slili

pantai slili
mytrip123.com

Pantai Slili merupakan pantai berukuran kecil berlokasi di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang. Panjang garis Pantai Slili kurang lebih 100 meter, namun keindahan panorama di sekitarnya mampu membuat siapapun merasa nyaman dan senang berlama-lama di tempat ini. Karena ini merupakan pantai baru dan belum begitu terekspos, maka wajah apabila masih terasa sepi pengunjung. Walau demikian, Pantai slili sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gazebo sebagai tempat berteduh, terdapat juga warung-warung yang menjual aneka jenis kuliner, serta kamar mandi atau toilet.

Alamat: Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

98. Baron Technopark

baron technopark
kotajogja.com

Baron Technopark adalah destinasi wisata edukasi yang berlokasi di Gunung Kidul. Tepatnya berada di Dusun Parangracuk. Sesuai dengan namanya tempat ini dimanfaatkan untuk sarana uji terap, wisata teknologi, edukasi dan pemanfaatan energi terbarukan. Di sekitarnya, kita juga akan menemukan berbagai teknologi baru mulai dari wind turbine, wave turbine, solar panel, menara Technopark yang digunakan untuk mengembangkan mobil listrik, tempat pengolahan minyak nabati, stasiun cuaca, dan masih banyak yang lainnya.

Alamat: Ngresik, Kanigoro, Sapto Sari, Ngresik, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul

99. Pantai Wohkudu

pantai wohkudu
dejogjaadventure.com

Ini adalah sebuah pantai mungil berpasir putih dan diapit oleh dua bukit karang, membuatnya terlihat cantik mempesona. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama “Pantai Wohkudu.” Pantai Wohkudu tergolong pantai baru dan masih tampak perawan, alias belum banyak dijamah tangan-tangan manusia, sehingga ketika berkunjung pun kita tidak akan menemukan banyak wisatawan di sana. Serasa seperti berada di pantai pribadi, kesannya eksklusif dan sangat tenang. Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai, mandi dan berenang, memancing, atau camping. Dari Yogyakarta, Pantai Wohkudu bisa diakses dalam waktu kurang lebih 2 jam berkendara dengan mengambil rute jalan menuju Imogiri-Panggang.

Alamat: Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

100. Ayunan Langit Watu Jaran

ayunan langit watu jaran
jpswisata.com

Pengen liburan ke tempat wisata baru yang memiliki spot selfie kece dan menantang? ini dia yang bisa menjadi pilihannya. Sekilas terlihat seperti spot ayunan di wisata The Lodge Maribaya Bandung, tetapi Ayunan Langit Watu Jaran ini menjadi spot utama dan paling favorit di wisata ini. Beda dengan The Lodge Maribaya yang masih memiliki wahana yang lebih banyak lagi. Spot selfie berupa Ayunan yang tinggi berada di atas jurang, tentu ini merupakan spot yang cukup mengerikan bukan? bagi anda yang hobi mencoba permainan menantang, tentu ini akan menjadi permainan yang asyik. Namun sebaliknya, bagi anda yang takut dengan ketinggian, ini bisa menjadi masalah bila anda mencoba permainan ini. Tak sedikit kok pengunjung yang rela mengantri untuk bisa berselfie di Ayunan tersebut. Background pemandangan alam yang berupa hutan pinus dan hamparan perbukitan nampak begitu mempesona. Sehingga sangat keren sekali hasil fotonya. Oleh karena itu, tak sedikit netizen yang mengupload di Instagram hasil fotonya di spot Ayunan Langit.

Alamat: Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

101. The Lost World Castle Cangkringan

the lost world castle
sitimustiani.com

Di Sleman, tepatnya di Cangkringan ada wisata baru yang sebenarnya cukup hits di sosial media, namanya adalah The Lost World Castle. Wisata ini nampak sangat keren sob, berupa bangunan tembok besar yang agak mirip dengan tembok besar Cina. Dan orang-orang menyebutnya tembok besar Sleman. Berada di kawasan bahaya merapi menjadikannya kini tidak diperbolehkan untuk dibuka lagi. Meski sebelumnya sempat dibuka dan menjadi destinasi yang asyik bagi wisatawan. BIsa dibilang pengunjung yang antusias untuk mengunjungi wisata ini jumlahnya cukup banyak. Dan kini seperti tinggal nama saja. Pengunjung yang datang punhanya bisa berselfie dari luar, karena pengunjung sudah tidak diperbolehkan untuk memasuki wisata ini.

Alamat: Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

102. Rumah Hobbit Kepuharjo

rumah hobbit kepuharjo
traveloskyholiday.com

Selain gardu pandang yang menjadi spot foto hits di berbagai daerah di Indonesia, Rumah Hobbit juga tak kalah hitsnya sob. Bila anda berada di Jogja yang hobi berburu spot kece dan kekinian, maka Rumah Hobbit Kepuharjo bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebelumnya, di wisata Seribu Batu Songgo Langit juga ada spot Rumah Hobbit yang cakep banget untuk background selfie.

Alamat: Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

103. Bukit Panguk Kediwung

bukit panguk kediwung
antarejatour.com

Inilah wisata pegunungan yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Berada di Puncak Bukit Panguk, anda dapat melihat pemandangan alam perbukitan yang khas, sangat indah dan menakjubkan tentunya. Belum lagi ketika pagi, anda dapat menyaksikan moment Sunrise, dan saat sore anda bisa menunggu moment Sunset. Terkadang kawasan Bukit Panguk ini diselimuti kabut pekat, ini menjadikan moment liburan anda semakin spesial. Anda bisa merasakan sensasi berada di negeri di atas awan khas Jogja. Yang menjadikan liburan anda semakin asyik di wisata ini adalah tersedianya beragam gardu pandang yang kece banget sob. Anda bisa melampiaskan hobi selfie di atas gardu pandang di sana. Selain itu, dari ketinggian, nampak Gunung-Gunung sekitar yang menjadi pemandangan alam yang menawan.

Alamat: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul

104. Bukit Kali Kuning

bukit kali kuning
yogjo.com

Wisata Jogja seperti tak lepas dari wisata Perbukitan. Ada banyak sekali wisata di kawasan perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Bukit Kali Kuning. Wisata bukit ini berada di lereng Gunung Merapi, sangat cocok sebagai tempat untuk camping dan outbond. Di wisata Kali Kuning ini anda akan menemui banyak sekali jenis pohon yang sangat rindang, mulai dari pohon pinus, pohon puspa, pohon cemara, dan lain sebagainya. Di Bukit Kuning ini juga ada sumber air, berada di ketinggian 1.250 mdpl tentu semakin menambah spesial. Suhu udaranya tentu sangat sejuk dan menyegarkan.

Alamat: Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

105. Tebing Watu Mabur

tebing watu mabur
wisatakeyogyakarta.com

Kembali wisata perbukitan menjadi tujuan berwisata yang asyik. Bila anda sedang mencari wisata perbukitan yang memiliki spot foto yang cakep dan beragam, maka Tebing Watu Mabur adalah salah satunya. Tebing Watu Mabur juga cocok banget sebagai tempat untuk outbond atau camping ground. Saah satu spot gardu pandang yang hits banget di sosial media adalah Gardu Pandang Jembatan Buntung. Terkadang tempat ini dipenuhi dengan kabut yang tebal, ini tentu membuat selfie anda makin kece sob. Dari ketinggian, panorama pegunungan begitu memanjakan mata anda. Perbukitan hijau yang dipenuhi dengan pepohonan dan rerumputan menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Belum lagu sensasi dinginnya udara, pasti bikin betah berlama-lama di sana.

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

106. Bunker Kaliadem

bunker kaliadem
wisatasleman.com

Wisata satu ini berada di kawasan kaki Gunung Merapi, sangat pas banget sebagai tempat refreshing saat liburan. Di sana anda dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Merapi saat ini. Kawasan di Bunke Kaliadem ini terkenal sejuk dan nyaman untuk rileksasi. Bunker Kaliadem ini menjadi jejak dari meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2006 silam.

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

107. Bukit Cendana

bukit cendana
jogjaonstage.com

Kali ini giliran Kulon Progo yang memiliki wisata perbukitan yang sangat cakep, yaitu bernama Bukit Cendana. Bukit Cendana ini memiliki spot foto yang keren abis, yaitu berupa gardu pandang. Dan dari atas gardu pandang tersebut anda bisa menyaksikan indahnya alam pebukitan yang pastinya sangat memanjakan mata. Bukit Cendana ini agak mirip dengan wisata alam Kalibiru, yang sama-sama memiliki view Waduk Sermo yang menawan. Sama-sama memiliki gardu pandang yang keren untuk berselfie. Anda bisa selfie sepuasnya di wisata ini sob, silahkan diagendakan bersama teman-teman agar liburanmu semakin seru.

Alamat: Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

108. Watu Amben

watu amben
widyalokawisata.com

Watu Ambin lokasinya sekilas seperti wisata Bukit Bintang. Tempat ini sangat pas sebagai tempat untuk melepas lelah dan penat. Lokasinya cukup strategis, berada di samping jalan raya dan memiliki sudut pandang yang luas untuk menyaksikan panorama alam perbukitan. Suhu udara di kawasan Watu Amben cukup sejuk dan menyegarkan. Bila anda mengunjungi tempat ini saat pagi hari, maka sensasinya seru, dingin banget sob.

Alamat: Desa Pandeya, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul

109. Jembatan Soka

jembatan soka
permanusa.com

Ini dia sebuah jembatan yang menarik dikunjungi. Jembatan Soka ini merupakan jembatan penghubung antara Desa Seloharjo dengan Desa Srihardono. Namun, karena desin jembatannya bagus serta didukung dengan pemandangan lingkungan sekitar menjadikan jembatan ini diminati para pengunjung untuk berselfie. Hasil foto selfie di Jembatan Soka cakep banget sob, bila anda tertarik, maka langsung saja menuju ke Desa Seloharjo. Warga sekitar pasti sudah pada mengetahuinya.

Alamat: Desa Seloharjo, Kecamatan Puncong, Kabupaten Bantul

110. Bukit Isis Samigaluh

bukit isis samigaluh
sikidang.com

Bila anda berkunjung ke Kulon Progo, coba deh mampir mengunjungi Bukit Isis. Bukit Isis sempat menjadi viral di sosial media berkat foto-foto pemandangannya yang sangat indah beredar di sosmed. Fasilitas berupa gardu pandang menjadi spot foto yang melengkapi wisata Bukit Isis ini. Sesuai namanya, Bukit ini sangat isis, asri, dan sejuk banget. Wisata Bukit Isis ini sangat cocok buat anda yang senang mengunjungi wisata baru dan murah, tetapi memiliki panorama alam yang indah dan spot foto yang cakep.

Alamat: Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

111. Batu Alien Cangkringan

batu alien cangkringan
kotajogja.com

JIka dilihat dari namanya “Alien” sepertinya wisata ini keren dan misterius. Ternyata, di wisata ini ada Batu besar yang menyerupai kepala Alien, maka dari itu dinamai Batu Alian. Tersedia gardu pandang bentuk love, dan juga properti love menjadikan tempat ini menjadi buruan bagi wisatawan. Terutama anak-anak mudah yang gemar berburu spot selfie di wisata baru. Batu Alien ini muncul setelah terjadinya letusan Gunung Merapi. Kini menjadi spot foto yang keren banget sob.

Alamat: Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

112. Bukit Jangkang

bukit jangkang kokap
raskitatrans.com

Kulon Progo juga memiliki wisata alam yang top banget sob, Ini dia Bukit Jangkang namanya. Tersedia gardu pandang bagi para pengujung untuk berselfie dengan background Waduk Sermo dan juga alam perbukitan yang menawan. Berada di atas gardu pandang sensasinya asyik banget sob, anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Waduk Sermo yang cakep. Bila pengunjung sedang ramai, maka anda harus rela mengantri untuk bisa naik gardu pandang tersebut.

Alamat: Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

113. Museum Affandi

museum affandi
1001malam.com

Ini dia salah satu wisata yang juga sering kali dikunjungi wisatawan. Menginta Museum Affandi berisikan hasil karya sang maestro lukis Indonesia yang bernafma Afandi. Selain hasil karya Affandi, juga terdapat karya seni sahabat-sahabatnya yang juga bagus-bagus.Kepopuleran Museum Affandi tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, peminatnya tak sedikit wisatawan dari luar negeri.

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

114. Masjid Gedhe Kauman

masjid gedhe kauman
afriantipratiwi.com

Sebenarnya tidak etis bila Masjid dijadikan sebagai tempat wisata, hanya saja Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu masjid tua di Jogja. Usianya sudah mencapai 200 tahun, lama banget kan? Masjid ini kental banget dengan nuansa Keraton, sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Alamat: Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

115. Air Terjun Setawing

air terjun setawing
jogjaempatroda.com

Ini dia wisata air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo. Air Terjun Setawing nampak begitu menawan. Buat kamu yang berlibur ke sana, pasti tak sabar untuk menyegarkan badan dengan berbasah-basahan di aliran air terjun yang dingin dan menyegarkan.

Alamat: Desa Jatimulyo, Girimulyo Kulonprogo

116. Goa Kiskendo

goa kiskendo
jadwaltravel.com

Wisata ini lokasinya sama dengan Air Terjun Setawing, yaitu berada di Kulonprogo. Menyuguhkan panorama goa yang unik, dibangun dengan dinding yang berrelief. Adapun fasilitas yang tersedia di sana cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, rumah joglo, dan taman bermain anak.

Alamat: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

117. Embung Banjaroya

embung banjaroya
siswapedia.com

Wisata ini cocok banget sebagai destinasi liburan keluarga. Pasalnya waduk yang berada di kawasan perbukitan ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati indahnya Embung Banjaroya, juga alam sekitar yang sangat menawan. Terdapat Patung Durian Menoreh Kuning yang menjadi ikon wisata Embung ini. Di sana kamu bisa huntung foto sembari menikmati indahnya panorama alam.

Alamat: Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

118. Gunung Ijo

gunung ijo
sianakwisata.blogspot.com

Kalau Gunung Ijo ini berlokasi di Kulon Progo. Panorama alam pegunungan sangat khas dan menakjubkan. Kamu juga dapat menikmati indahnya Sunrise di pagi hari. Kawasan ini belum banyak yang mengetahuinya, jadi kondisinya masih sangat alami. Kamu bisa menuju ke lokasi melalui kawasan waduk Sermo. Perjalanan dari waduk Sermo menghabiskan sekitar 1 jam perjalanan.

Alamat: Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

119. Pantai Bugel

pantai bugel kulon progo
alodiatour.com

Pantai Bugel adalah satu dari sekian banyak pantai di Jogja yang cakep-cakep. Pantai Bugel tak setenar Pantai Glagah maupun Pantai Drini, tetapi pemandangan alamnya tak kalah cantiknya sob. Pantai ini sangat pas sebagai tempat untuk bersantai dan merasakan ketenangan. Pantai Bugel berada di antara Pantai Glagah dan Pantai Trisik.

Alamat: Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

120. Goa Sriti

goa sriti
pintuwisata.com

Goa Sriti merupakan salah satu goa bersejarah. Berdasarkan informasinya, Goa Sriti pernah menjadi tempat persembunyian pangeran Diponegoro. Meski Goa Sriti tak sepopuler Goa Kiskendo, tetapi goa ini tak kalah uniknya sob. Petualangan menelusuri Goa Sriti juga cukup menantang, melewati lorong-lorong bawah tanah dan juga melewati perairan.

Alamat: Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

121. Puncak Widosari

puncak widosari
raskita.com

Berwisata di kawasan puncak pegunungan memang sangat asyik. Bagaimana tidak panorama alam nampak begitu mempesona, belum lagi sensasi yang luar biasa berada di ketinggian dengan suhu udara yang dingin serta hembusan angin yang menyegarkan. Nah, di Puncak Widosari ini kamu dapat menyaksikan indahnya alam perbukitan disertai dengan pemandangan perkebunan yang hijau, tentu sangat menyegarkan mata.

Alamat: Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

122. Puncak Kukusan

puncak kukusan
training77.com

Puncak Kukusan ini lokasinya tak terlalu jauh dari kawasan Kebun Teh Nglinggo. Kawasan puncak ini cocok banget sebagai tempat untuk menyegarkan badan dan menyegarkan pikiran. Belum lagi pemandangan alam yang sanga indah, ini juga memanjakan mata. Puncak Kukusan ini berada di daerah perbatasan antara Kulon Progo dengan Magelang – Jawa Tengah.

Alamat: Desa Wonokerto, Kecamatan Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo

123. HeHa Sky View

heha sky view
pidjar.com

Heha Sky View merupakan tempat berlibur terbaru di Jogja yang menawarkan panorama alam yang cantik. Pemandangan kota Jogja dimalam hari juga tampak sangat eksotis dari tempat ini. Tempat ini memiliki konsep yang bagus, lebih modren dan kekinian. Sangat favorit sebagai tempat nongkrong bagi anak muda milenial, serta aktivitas favorit seperti hunting foto selfie. Di tempat ini juga tersedia restoran yang sebenarnya menjadi suguhan utama untuk para pengunjung, selain itu tersedia aneka spot foto keren beserta keindahan alamnya yang terlampau bagus untuk dinikmati.

Alamat: Desa Wonokerto, Kecamatan Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo

124. Curug Kuncung Mas

http://explorewisata.kinsta.cloud/wp-admin/post.php?post=15637&action=edit
kataomed.com

Masih di Kulon Progo, ada wisata alam berupa air terjun yang cantik, namanya adalah Curug Kuncung Mas. Air terjun ini belum begitu populer, namun menjadi salah satu tempat yang cukup direkomendasikan untuk refreshing. Suasananya nyaman banget, terasa natural baik suasananya maupun pemandangannya. Pengunjung dapat menikmati segarnya air terjun yang mengalir, serta dapat menikmati momen santai dengan menggunakan pelampung.

Alamat: Jl. Sermo – Girimulyo, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

125. Kedung Pedut

kedung pedut
jogjatourwisata.id

Kedung ini merupakan salah satu tempat berlibur yang asyik di Kulo Progo. Menyajikan pemandangan kedung yang unik dengan air jernih berwarna kebiruan. Dilengkapi dengan jembatan kayu yang cakep banget untuk kamu jadikan sebagai spot selfie. Di kedung Pedut ini kamu bisa bermain air sepuasnya sob, bila kondisi penat maka mandi di kedung ini tentu sangat menyegarkan.

Alamat: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

126. Goa Kidang Kencana

goa kidang kencana
blog.reservasi.com

Berpetualang menelusuri Goa Kidang Kencana bisa menjadi kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Di sana kamu dapat menemui segala keunikan mulai dari Langit Kuntoro, Pancoran Manik, hingga Candi Sewu. Penelusuran di Goa Kidang Kencana ini sejauh 350 meter, cocok banget buat kamu yang hobi blusukan dan berpetualang.

Alamat: Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

127. Gunung Gajah

gunung gajah kulon progo
backpackerjakarta.com

Kawasan Gunung Gajah juga menjadi tempat refreshing yang asyik. Dari ketinggian kamu dapat memandangi indahnya hamparan alam yang hijau dan indah. Tersedia juga spot selfie berupa gardu pandang yang kece. Dari atas gardu pandang juga dapat menyaksikan panorama telaga buatan yang cakep banget sob.

Alamat: Desa Donorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

128. Waduk Mini Kleco

waduk mini kleco
alampriangan.com

Di kawasan perbukitan Menoreh juga ada waduk mini yang cantik banget sob. Orang-orang menyebutnya Waduk Mini Kleco. Desan waduk yang cakep dengan pagar di setiap ujungnya, serta kondisi airnya yang tenang. Selain itu, pemandangan alam perbukitan juga nampak sangat menawan menjadi latar belakang waduk mini ini.

Alamat: Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

129. Air Terjun Perawan Sidoharjo

air terjun perawan sidoharjo
dolandolen.com

Kulon Progo memiliki tempat wisata yang banyak banget kan, salah satu yang juga diminati wisatawan adalah Air Terjun Perawan. Nama “Perawan” sendiri dilatarbelakangi oleh wisata air terjun ini yang jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga pesona alami masih sangat kental. Selain itu juga belum banyak sampah yang dibawa para pengunjung. Panorama air terjun ini sangat indah sob, kamu bisa bermain air di bawah guyuran air terjun yang mengalir deras. Sensasi dingin dan menyegarkan bisa kamu rasakan sob, asyik banget tentunya.

Alamat: Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

130. Pantai Goa Cemara

pantai goa cemara
tribunnews.com

Ini dia pantai yang cukup hits di kalangan wisatawan. Pantai ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan khas pantai yang mempesona. Tetapi juga terdapat keindahan pohon-pohon cemara, sangat rindang. Karena terlalu rindang sehingga membentuk lorong menuju ke pantai. Oleh karena itulah pantai ini dinamai Pantai Goa Cemara. Nah, pemandangan pohon cemara yang menghiasi pantai nampak begitu menawan. Banyak pengunjung yang menjadikan pohon cemara dengan background pantai yang indah sebagai spot foto selfie yang keren banget sob.

Alamat: Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul

131. Bukit Parang Endog

bukit parang endog
tripisia.id

Wisata perbukitan di Jogja seperti tak terhitung jumlahnya, karena memang ada banyak sekali. Bukit Parang Endong adalah satu dari sekian banyaknya wisata bukit yang cakep-cakep. Bukit ini menawarkan pemandangan khas perbukitan, jadi nampak pegunungan dan juga hijaunya hamparan yang dipenuhi pepohonan hijau, terkadang juga terdapat kabut yang pekat, serta suhu udara yang dingin. Dari Bukit Parang Endong ini kamu dapat menikmati panorama laut Selatan yang menawan. Apalagi ketika moment Sunset, maka pantulan sinar matahari pada laut yang berombak terlihat begitu eksotis. Maka, tak heran bila banyak orang yang mengunjungi bukit ini sembari menunggu moment Sunset.

Alamat: Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

132. Pantai Ngobaran

pantai ngobaran
tempatwisataseru.com

Pantai selalu menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Bersantai di bibir pantai sembari bermain air dan pasir tentu sangat mengasyikkan. Nah, di Jogja ada salah satu pantai cakep banget sob, namanya Pantai Ngobaran. Pantai ini dikenal memiliki panorama alam yang sangat mempesona. Pantai Ngobaran identik dengan nuansa budaya dan kerajaan. Berlatar belakang Joglo, Patung, Pura, dan lain-lain menjadikannya sebagai Pantai ini bernilai sejarah.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

133. Candi Sambisari

candi sambisari
tribunnewswiki.com

Buat kamu yang hobi mengunjungi tepat wisata bersejarah di Jogja, aka Candi Sambisari adalah salah satunya. Candi ini cukup unik dan berbeda dari candi-candi pada umumnya. Candi ini dibangun berada di di bawah tanah, atau lebih rendah sekitar 6.5 meter di bawah permukaan tanah. Candi ini merupakan bekas peninggalan Raja Pakai Garung yang dibangun pada abad ke 9.

Alamat: Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman

134. Candi Ijo

candi ijo
jogjaspace.com

Ini dia salah satu Candi yang sayang dilewatkan bila kamu berkunjung ke Jogja, Candi Ijo namanya. Meskipun namanya “Hijau” bukan berarti candi ini berwarna hijau. Warna candi tak jauh berbeda dengan candi-candi pada umumnya. Candi Ijo dikenal sebagai candi yang berlokasi di ketinggian. Jadi, dari kawasan candi ini kamu dapat melihat indahnya panorama Kota Jogja sob. Bila kamu tertarik untuk mengunjungi candi ini, maka kamu bisa menuju ke lokasi.

Alamat: Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

135. Pasar Seni Gabusan

pasar seni gabusan
satuharapan.com

Pasar Seni Gabusan Ini dia wisata perbelanjaan barang-barang bernilai seni di Jogja. Di Pasar Seni Gabusan ini kamu dapat menemukan aneka barang hasil dari kerajinan tangan yang diperoleh dari Industri Rumahan. Pasar Seni Gabusan ini telah menampung sekitar 400 pengrajin seni. Di pasar ini banyak sekali souvenir unik yang bisa kamu dapatkan sebagai oleh-oleh. Bila kamu ingin ke sana, maka lokasinya berada di Desa Timbulharjo.

Alamat: Desa Timbulharjo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul

136. Candi Sari

candi sari
museumnusantara.com

Candi merupakan wisata bersejarah yang patut untuk dikunjungi. Berwisata di kawasan Candi manfaatnya adalah untuk mengenal hasil peninggalan bersejarah. Selain itu biasanya wisata Candi berada di kawasan dengan pemandangan alam yang sangat indah, sehingga bagus sebagai tempat untuk refreshing. Candi Sari desainnya cukup unik, bangunannya bertingkat serta terdapat dinding menonjol yang mengelilingi candi. Bila kamu penasaran, maka langsung saja dikunjungi sob.

Alamat: Desa Bendan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman

137. Candi Sewu

candi sewu
cemetitrans.com

Candi Sewu juga merupakan candi peninggalan Budha yang dibangun pada abad ke 8. Candi ini lokasinya tak jauh dari Candi Prambanan, jadi bila kamu mengunjungi Candi Prambanan, maka bisa juga mampir mengunjungi Candi Sewu. Di wisata Candi Sewu ini kamu tidak hanya bisa melihat keunikan arsitektur candi, tetapi juga kamu bisa menikmati pemandangan senja yang sangat eksotis, terutama moment Sunset. Tentu ini menjadi sesi foto yang asyik di sana.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

138. Goa Cerme

goa cerme
happytour.id

Menghabiskan masa liburan di wisata Goa tentu sangat asyik banget sob. Apalagi bila kamu berani menelusuri lorong-lorong goa, tentu sensasinya luar biasa. Nah, Goa Cerme merupakan salah satu wisata Goa di Bantul yang patut untuk kamu kunjungi. Kamu bisa berpetualang menelusuri Goa dengan melewati sungai-sungai. Serasa mendebarkan dan menantang banget sob. Selain seru-seruan menjelajah lorong Goa Cerme, kamu juga bisa berfoto-foto. Relif dinding goa nampak begitu alami, hasilnya tentu unik banget sob.

Alamat: Jl. Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kec. Imogiri, Bantul

139. Gurung Ireng

gunung ireng
java-tourism.com

Berpetualang ke kawasan pegunungan memang asyik banget sob. Meski butuh perjuangan yang lebih, tetapi panorama alamnya sangat menakjubkan. Gunung Ireng bisa menjadi destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi sob. Dari Kota Jogja jaraknya sekitar 30 km.

Alamat: Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul

140. Pintu Langit Dahromo

pintu langit dahromo
ikutilangkahkaki.com

Ini adalah wisata baru yang cukup hits di kalangan wisatawan. Wisata Pintu Langit ini berada di kawasan puncak perbukitan, dengan pemandangan alam yang sangat bagus. Dari ketinggian kamu dapat menyaksikan indahnya kawasan perbukitan yang hijau dengan sensasi yang sejuk menyegarkan. Di wisata Pintu Langit Dahromo ini tersedia spot foto yang cakep banget sob, yaitu berupa gardu pandang dengan tambahan properti bermodel pintu terbuka. Hasil fotonya tentu keren banget sob, sudah banyak kok foto-fotonya yang beredar di Instagram.

Alamat: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

141. Jembatan Gantung Selopamioro

jembatan gantung selopamioro
jogjaasik.com

Ini dia sebuah jembatan yang dijadikan sebagai spot foto yang cakep banget sob, namanya adalah Jembatan Gantung Selopamioro. Dari atas jembatan, kamu dapat memandangi air sungai yang mengalir, dihiasi dengan rerumputan hijau di sepanjang tepi sungai. Tak sedikit orang yang menjadikan jembatan ini menjadi spot selfie, karena memang model jembatannya cukup keren dan bagus untuk background selfie.

Alamat: Desa Selopamioro, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

142. Bukit Bego Imogiri

bukit bego imogiri
kataomed.com

Bukit ini menyuguhkan panorama alam pegunungan yang cantik banget sob. Biasanya Bukit Bego ini menjadi tempat berburu Sunset yang menawan. Lokasinya tak jauh kok dari wisata Kebun Buah Mangunan. Bila kamu berlibur di kawasan Mangunan maupun Imogiri, maka coba deh mampir menyaksikan indahnya alam dari atas Bukit Bego, pasti sensasinya luar biasa.

Alamat: Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul

143. Pantai Pandansimo

pantai pandansimo
tripilarwisata.com

Objek wisata pantai memang selalu diminati wisatawan. Pasalnya, panorama pantai begitu mempesona. Birunya laut nampak dari kejauhan, diselingi dengan deburan ombak yang menghiasi.Kawasan Pantai Pandansimo banyak terdapat pepohonan hijau, sehingga menjadi panorama alam yang rindang berpadu dengan panorama pantai yang eksotis. Kamu bisa bermain dan bersantai sepuasnya di Pandansimo ini sob.

Alamat: Desa Ngentak, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul

144. Pantai Pandansari

pantai pandansari
dolandolen.com

Masih seputar pantai yang cakep dan bagus untuk dijadikan sebagai tempat berlibur. Ini dia Pantai Pandansari yang menawarkan pesona pantai yang luar biasa. Di sana kamu tidak hanya dapat menyaksikan panorama pantai yang indah, tetapi juga bisa berselfie dengan background pantai dan juga Mercusuar yang tinggi menjulang. Dari Puncak Mercusuar, kamu dapat memandangi alam pantai, nampak begitu mempesona sob. Maka, kamu pasti tak sabar untuk berselfie ria.

Alamat: Desa Sanden, Kecamatan Gadingsari, Kabupaten Bantul

145. Pemandian Air Panas Parang Wedang

pemandian air panas parang wedang
homestaystag.xyz

Jika kamu mau liburan di tempat yang sejuk dan bisa mandi di kolam yang anget, maka wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang ini asyik banget sebagai tempat refreshing. Wisata pemandian ini merupakan wisata alternatif setelah pantai Parangtritis. Lokasinya masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis.

Alamat: Jalan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

146. Goa Gajah

goa gajah
rentalmobilbali.net

Di Mangunan selain wisata Hutan Pinus, juga ada wisata Goa yang cukup populer loh, namanya adalah Goa Gajah. Goa ini cukup unik, di dalamnya terdapat sebuah batu besar yang berbentuk seperti bentu Gajah. Oleh karena itulah goa ini dinamai Goa Gajah. Goa Gajah ini berkedalaman sekitar 200 meter, dan berada di tengah kawasan Hutan. Ini bisa kamu jadikan sebagai destinai petualanganmu sob, pasti seru banget bisa menelusuri salah satu Goa unik di Jogja.

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

147. Pantai Kesirat

pantai kesirat
kemana-lagi.com

Pantai yang satu ini lumayan dikenal warga Jogja, lokasinya berada di kawasan Gunung Kidul. Pantai Kesirat ini menawarkan suguhan alam berupan pemandangan pantai yang cantik. Pantai ini memiliki bibir pantai yang dipenuhi dengan pasir putih yang lembut. Tentunya asyik banget kan buat tempat untuk bermain dan bersantai. Selain panorama laut, kamu juga dapat menyaksikan tebing-tebing besar yang mengelilingi kawasan pantai. Di sana kamu bisa berselfie sesuka hati dengan latar belakang pantai yang sangat mempesona.

Alamat: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

148. Pantai Nguyahan

pantai nguyahan
nusantaranews.co

Pantai Nguyahan juga memiliki pemandangan yang bagus. Pantai ini suasananya asri dan sejuk. Di sana kamu bisa bersantai sembari menikmati segarnya hembusan angin pantai yang khas. Warga sekitar sudah menyediakan tempat berteduh atau gazebo sederhana yang terbuat dari bambu-bambu, sehingga ini bisa kamu manfaatkan untuk bersantai dan berselfie.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul

149. Pantai Samas

pantai samas
aldebaranhomestay.com

Bantul tidak hanya punya tempat wisata perbukitan saja loh. Bantul juga punya wisata pantai yang elok, namanya adalah Pantai Samas. Pantai ini cukup menarik untuk di kunjungi. Di sana kamu dapat menyaksikan panorama pantai yang luar biasa indahnya. Ombaknya cukup besar dan menjadi pemandangan yang bagus. Pantai Samas akses jalannya cukup bagus, karena tidak hanya kendaraan roda dua saja yang bisa menuju ke lokasi, tetapi juga kendaraan roda empat. Bila kamu penasaran dengan pantai ini, maka bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan.

Alamat: Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul

150. Pantai Kuwaru

pantai kuwaru
pantainesia.com

Selain Pantai Samas, Bantul juga punya pantai lainnya yang tak kalah cakep, namanya adalah Pantai Kuwaru. Pantai ini dari Kota Jogja berjarak sekitar 30 km, tidak terlalu jauh kan. Bila kamu berada di Kota Jogja, mungkin berpetualang menuju ke Pantai Kuwaru bisa menjadi kegiatan yang sangat seru dan menantang. Pantai Kuwaru juga agak mirip dengan Pantai Goa Cemara, yaitu sama-sama memiliki kawasan pohon cemara di sekitar pantai. Dengan adanya pohon-pohon cemara ini tentu menambah keasrian kondisi pantai, sehingga semakin membuat betah para pengunjung untuk bersantai di sana.

Alamat: Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul

151. Watu Giring

watu giring
dhaksinarga.id

Gunungkidul terkenal dengan wisata pantai yang cukup banyak jumlahnya. Selain wisata pantai juga ada wisata perbukitan yang kece banget loh, namanya adalah Watu Giring. Wisata Watu Giring ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau, tentunya cocok banget buat destinasi liburanmu sob.

Alamat: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul

152. Pantai Mbirit

pantai mbirit
arintatech.wordpress.com

Masih berada di kawasan Gunungkidul, ada pantai yang elok banget sob, yaitu bernama Pantai Mbirit. Dari Kota Jogja, jarak yang ditempuh adalah 55 Km atau sekitar 1 setengah jam perjalanan. Pantai Mbirit berada di sebelah pantai timur dari Pantai Butuh. Letaknya cukup tersembunyi. Tentunya juga memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Bila kamu ingin berlibur ke sana, maka kamu bisa menuju ke lokasi.

Alamat: Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

153. Pantai Butuh

pantai butuh
jogjaempatroda.com

Nah, panti ini berdekatan dengan Pantai Mbirit. Jadi, kamu bisa mampir juga ke Pantai Mbirit untuk menikmati indahnya alam pantai dan kondisi yang nyaman di sana. Mengilangkan penat di Pantai Butuh bisa menjadi opsi yang tepat, pasalnya pantai ini memiliki suasana yang asri. Tentu bikin kamu merasa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Alamat: Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

154. Watu Payung

watu payung
visitingjogja.com

Watu Payung merupakan wisata puncak yang dengan adanya spot batu yang bentuknya menyerupai bentuk payung. Di kawasan ini kondisi alamnya sangat alami dan indah banget sob. Dari ketinggian kamu dapat menyaksikan panorama perbukitan yang sangat indah dan menawan. Ditambah lagi dengan suhu udara yang dingin, sangat menyegarkan badan tentunya. Rute menuju ke lokasi cukup mudah kok, karena lokasinya tak jauh dari wisata Telaga Biru Semin.

Alamat: Desa Ngadirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul

155. Pantai Sundak

pantai sundak
mediawisata.id

Satu lagi pantai yang memiliki panorama alam yang menawan dengan suasana yang pas dihati, namanya adalah Pantai Sundak. Di pantai ini kondisi alamnya masih sangat alami, serta pemandangannya elok banget. Di sebelah timur pantai nampak batu karang besar yang sangat menawan menghiasi bibir pantai. Di Pantai Sundak kamu dapat menikmati sensasi bersantai di sana. Apalagi diselingi dengan bakar ikan, tentu liburanmu terasa asyik banget bukan.

Alamat: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

156. Pantai Gesing

pantai gesing
wisatakeyogyakarta.com

Ini dia wisata pantai yang asyik banget dikunjungi. Pantai ini ombaknya tak terlalu besar, jadi kamu bisa nyebur menikmati segarnya air laut. Selain itu juga berpasir putih, nampak sangat menawan. Pantai Gesing nampak semakin mempesona dengan adanya tebing dan batu karang di samping pantai. Ini bisa menjadi penghias latar belakang untuk aktifitas selfie kamu sob.

Alamat: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul

157. Pantai Greweng

pantai greweng
mytrip123.com

Pantai ini berada di sebelah Pantai Sedagan, dan tak jauh dari Pantai Wediombo. Liburanmu akan semakin berkesan dengan mengunjungi pantai yang indah ini. Perjalanan menuju ke lokasi cukup seru, kamu akan menemui banyak pemandangan menarik, mulai dari persawahan, perkebuan, hutan, dan lain-lain. Pemandangan alam yang hijau tersebut sangat memanjakan mata. Sesampainya di Pantai Greweng kamu akan disambut dengan suara ombak yang berdesir, serta indahnya panorama pantai, begitu menakjubkan.

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul

158. TAHURA (Taman Hutan Raya)

tahura jogja
eksotisjogja.com

Sekali-kali berlibur di kawasan hutan pasti sangat asri dan nyaman. Nah, TAHURA menjadi tempat yang bisa kamu jadikan untuk bersantai menikmati masa liburan. Kawasan hutan ini asyik banget sebagai tempat camping. Selain pohon kayu putih, pohon pinus, dan pohon cemara, di sana juga ada tempat penangkaran Rusa. Maka sekaligus sebagai wisata edukasi yang menyenangkan tentunya.

Alamat: Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

159. Pantai Ngeden

pantai ngeden
mytrip123.com

Pantai Ngeden ini kondisinya masih bersih dan sunyi. karena memang belum banyak wisatawan yang tahu pantai ini. Bila kamu hobi berpetualang, maka Pantai Ngeden bisa menjadi destinasi yang pas banget sob. Pantai ini menyajikan panorama alam yang cakep banget sob. Pastinya bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Alamat: Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

160. Tegalarum Adventure Park

tegalarum adventure park
javatravel.net

Ini dia destinasi liburan yang bagus, yaitu Tegalarum Adventure Park. Bila kamu suka berpetualang, maka coba deh mencoba mengunjungi tempat ini. Tegalarum selain memiliki suhu udara yang sejuk, banyak pepohonan yang rindang, juga memiliki spot berpetualang yang seru. Beragam wahana menarik yang bisa kamu nikmati di sana, mulai dari Flaying Fox, River Tubing, Body Rafting, Fun Trail, dan lain sebagainya.

Alamat: Desa Sidorejo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Gunungkidul

161. Curug Tegalrejo

curug tegalrejo
alodiatour.com

Bila kamu ingin berlibur di tempat wisata yang adem dan sejuk, maka wisata air terjun menjadi pilihan yang pas. Nah, di Jogja ada air terjun yang cantik dan memukau, namanya adalah Curug Tegalrejo. Curug ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan mata.

Alamat: Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul

162. Goa Rancang Kencono

goa rancang kencono
tripilarwisata.com

Juga ternyata punya banyak tempat wisata berupa goa unik dan bersejarah. Salah satunya yang patut kamu kunjungi adalah Goa Rancangkencono. Goa ini berada di kawasan pegunungan dengan bebatuan karst. Kabarnya, Goa Rancang Kencono ini pernah ditempati oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu. Kini menjadi tempat wisata yang unik dan menarik untuk ditelusuri.

Alamat: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

163. Pantai Ngrumput

pantai ngrumput
beritagar.id

Ini dia salah satu pantai cantik di Gunungkidul yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, pantai ini menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan. Meskipun garin pantainya tidak terlalu panjang, tetapi tepat pemandangannya sangat mempesona. Pantai ini berpasir putih kecoklatan, sehingga ketika terkena sinar Matahari nampak sangat eksotis menghiasi pantai. Kamu bisa berburu foto dan bersantai sesesuka hati di sana. Bahkan terkadang ada juga loh yang bermalam camping di sana, pasti sensasinya luar biasa.

Alamat: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

164. Gardu Pandang Mangol Kencana

gardu pandang mangol kencana
raskitatrans.com

Yup, gardu pandang kini sedang menjadi trend di daerah-daerah berdataran tinggi. Nah, di Jogja sendiri ada banyak sekali, dan di atas udah kami sebutkan cukup banyak. Kini giliran Mongol Kencana sebagai wisata puncak yang menyediakan spot berupa gardu pandang yang cakep. Gardu Pandang Mongol Kencana sih modelnya biasa, yang luar biasa adalah panorama alam yang nampak dari atas gardu pandang tersebut. Dari ketinggian kamu dapat menikmati pesona alam pegunungan yang khas, sangat pas banget tempat ini kamu jadikan sebagai tempat refreshing yang adem dan menyegarkan. Suhu udara di kawasan tersebut sangatlah sejuk dan bikin nyaman.

Alamat: Gluntung, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

165. Pantai Sanglen

pantai sanglen
nativeindonesia.com

Kembali lagi pantai di Gunungkidul selalu menjadi tujuan bagi wisatawan. Kali ini giliran Pantai Sanglen yang patut untuk didatangi. Meski pantai ini tak sepopuler Pantai Drini dan Pantai Sepajang, tetapi panorama alamnya tak kalah bagusnya kok. Di pantai Sanglen kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Terdapat pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Serta pantai ini juga diapit perbukitan yang tinggi. Jadi, pemandangan alam di Pantai Sanglen cukup lengkap.

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

166. Pantai Seruni

pantai seruni
lensanasrul.com

Gunungkidul bisa dibilang gudangnya wisata pantai, karena memang ada banyak sekali wisata pantai di kawasan Gunungkidul. Salah satu pantai yang memilliki panorama menawan adalah Pantai Seruni. Pantai ini juga cocok banget untuk berkemah, karena suasananya tenang dan nyaman. Deburan ombak yang selalu berisik terdengar di telinga.

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

167. Pantai Torohudan

pantai torohudan
jogjaonstage.com

Pantai Torohudan berada di sebelah timur dari Pantai Ngrenehan. Pantai ini letaknya agak tersembunyi, sehingga sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Meskipun begitu, pantai ini tetap memancarkan pesona alam yang luar biasa. Pantai Torohudan foto-fotonya sempat hits di Instagram, karena memang nampak begitu cantik. Hanya saja akses jalan yang memang agak menantang, jadi diperlukan perjuangan untuk bisa sampai lokasi.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

168. Pantai Widodaren

pantai widodaren
pidjar.com

Sesuai dengan namanya “Widodaren” yang berarti Bidadari. Kecantikan pantai ini benar-benar menakjubkan, maka tepat sekali bila masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Widodaren. Kecantikan Pantai Widodaren tidak diragukan lagi, hanya saja perjuangan menuju ke pantai ini benar-benar butuh tenaga yang lebih. Belum lagi jalanan yang berupa tanjakan dan bebatuan, tentu butuh kesabaran yang lebih untuk bisa menjangkaunya. Pantai ini masih perawan, karena sedikit pengunjung yang mendatanginya.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

169. Pantai Ngrawah

pantai ngrawah
senengdolan.com

Pantai Ngrawah juga termasuk salah satu pantai yang masih sepi pengunjung. Medan yang sulit dilalui menjadikan pantai ini jarang dikunjungi. Namun, pemandangan pantai begitu memukau dan memanjakan mata. Untuk sampai ke Pantai Ngrawah diperlukan perjuangan yang cukup tinggi. Cocok nih wisata seperti ini menjadi destinasi liburan bagi para petualang. Perjalananmu akan terasa indah bila kamu menikmati setiap samping jalan yang sebagian besar adalah persawahan, ladang, perbukitan, hutan, dan lain sebagainya.

Alamat: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul

170. Pantai Kukup

pantai kukup
mantai.id

Pantai Kukup lumayan dikenal wisatawan, rutenya masih satu jalur dengan Pantai Drini dan Pantai Sundak. Pantai Kukup juga memiliki pemandangan alam yang sangat cantik, tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang lainnya. Pantai Kukup bisa menjadi alternatif wisata yang cakep buat kamu sob.

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

171. Pantai Watulawang

pantai watulawang
tuguwisata.com

Pantai satu ini memiliki pemandangan alam yang bagus dan mempesona. Pantai Watulawang suasananya asyik banget, suhu udaranya sejuk, dan kondisi alamnya sangat alami. Kamu bisa bersantai sembari memandangi lautan biru beserta deburan ombak yang terus bergelombang. Terdapat juga batu karang yang besar ditumbuhi semak belukar, nampak hijau menawan. Pantai ini dinamai Watulawang karena memiliki goa batu yang bernilai sejarah. Di sana kamu bisa bermain pasir putih yang lembut serta berselfie ria, pastinya sangat menyenangkan.

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

172. Pantai Sarangan

pantai sarangan
campatour.com

Gunungkidul punya banyak sekali wisata pantai yang cantik. Pantai Sarangan merupakan salah satu pantai eksotis. Bila kamu hobi berlibur di pantai, maka pantai ini patut untuk kamu kunjungi sob. Pantai Sarangan memiliki pesona alam yang luar biasa. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Krakal, hanya dipisahkan oleh bebatuan karang yang besar. Coba deh berkunjung ke sana, pasti kamu bisa menikmati indahnya alam pantai Gunungkidul yang mempesona ini.

Alamat: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

173. Pantai Watunene

pantai watunene
rentpedia.net

Berlibur di kawasan pantai seperti tak ada bosanya. Karena memang pantai menyajikan panorama yang sangat epik. Nah, di Gunungkidul ada pantai yang bernaa Watunene. Pantai ini cukup unik dan memiliki ciri khas sendiri. Pantau Watunene nampak seperti Benteng, pasalnya banyak tebing raksasa yang mengelilingi pantai ini. Maka, sesuai namanya, cocok banget dinamai Pantai Watunene, karena memang terdapat batu-batu besar yang menjadi dinding pantai.

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

174. Air Terjun Pulosari

air terjun pulosari
instagram.com/ilmanyorke7

Tempat liburan yang asyik dan menyegarkan tidak hanya di pantai saja. Wisata air terjun juga sangat menyegarkan, cocok banget sebagai tempat untuk merileksasikan diri menghilangkan kepenatan. Air Terjun Pulosari adalah salah satunya yang dapat kamu jadikan sebagai destinasi wisata. Orang-orang menyebutnya dengan nama Curug Pulosari. Dari Kota Jogja sampai ke lokasi menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Untuk sampai ke lokasi butuh perjuangan trekking dengan berjalan kaki melewati jalan offroad yang berliku. Sesampainya di lokasi kamu akan takjub setelah memandangi suguhan alam yang menawan berupa air terjun Pulosari ini.

Alamat: Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul

175. Air Terjun Grojogan Sewu

air terjun grojogan sewu
blog.davestpay.com

Kali ini di Kulon Progo ada wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini bernama Grojogan Sewu. Air terjun ini debit airnya sangat deras bila musim hujan tiba. Karena saking derasnya sampai-sampai disebut Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang berbeda. Sensasi segarnya berbasah-basahan di bawah guyuran air terjun terasa sangat menyegarkan. Ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan tentunya. Belum lagi bila matamu akan selalu dimanjakan dengan indahnya alam di sekitar lokasi, seperti pepohonan hijau yang rindang, tebing yang tinggi, hingga kabut awan yang terkadang menyelimuti kawasan ini.

Alamat: Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

176. Curug Gedhe

curug gedhe
pintuwisata.com

Buat kamu yang hobi berlibur di wisata air terjun, di Jogja ada Curug Gedhe yang menyuguhkan kesegaran guyuran air terjun yang menawan. Kamu bisa menikmati segarnya di bawah guyuran air terjun Gedhe ini. Air terjun Gedhe berada di kawasan perbatasan antara Gunungkidul dan Sleman. Lokasinya tak begitu jauh dari kawasan Gunung Nglanggeran. Jadi kamu bisa juga mengunjungi wisata Embung Nglanggeran. Untuk sampai ke lokasi Curug Gedhe diperlukan perjuangan yang cukup, karena memang lokasinya agak tersembunyi.

Alamat: Desa Ngoro-Oro, Kec. Patuk, Gunung Kidul

177. Curug Indah Gedangsari

curug indah gedangsari
eksotisjogja.com

Gunungkidul tak pernah kehabisan tempat wisata alam yang bagus. Jika berbicara mengenai wisata air terjun di Gunungkidul, maka ada Curug Indah Gedangsari yang patut untuk didatangi. Curug Indah Gedangsari ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tentunya sangat memanjakan mata dan pikiran untuk merileksasikan diri. Curug ini berada di perbatasan antara Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten. Air terjun ini pesonanya luar biasa, guyuran airnya deras dan menyegarkan.

Alamat: Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul

178. Air Terjun Banyunibo

air terjun banyunibo
instagram.com/ginasaputrii

Wisata alam air terjun selalu menjadi destinasi liburan yang asyik. Pasalnya, traveller dapat menikmati suguhan alam berupa panorama air terjun yang cantik. Belum lagi kondisi alam di sekitar yang hijau dan menyegarkan mata. Selain itu, suhu udara yang sejuk membuat nyaman untuk rileksasi. Air Terjun Banyunibo merupakan salah satu wisata air terjun yang cakep di kawasan Gunungkidul. Untuk menuju ke lokasi diperlukan perjuangan. Kamu juga bisa menikmati panorama alam saat perjalanan. Banyak pemandangan sawah, kebun, gunung, hutan, dan lain-lain yang alami bisa kamu nikmati.

Alamat: Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul

179. Curug Watu Jonggol

curug watujonggol
raskitatrans.com

Ini dia wisata air terjun yang cakep banget sob. Kealamiannya masih sangat terjaga. Meskipun ada embel-embel “Jonggol” pada namanya, bukan berarti lokasinya di Jonggol loh. Lokasi Curug Watu Jonggol sangat tersembunyi, jadi kamu harus berjuang keras untuk sampai tujuan. Kondisi alam curug ini masih sangat alami, bisa dibilang perawan. Karena belum banyak pengunjung yang mendatanginya. Namun, keindahannya tidak bisa diragukan.

Alamat: Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

180. Air Terjun Parangtritis

air terjun parangtritis
travelingcow.com

Pasti kamu tahu dong Pantai Parangtritis, ya pantai ini sangat terkenal, bahkan ketenarannya hingga Mancanegara. Namun tahukan kamu bahwa di sebelah barat pantai ini ada air terjun yang sangat mempesona, dan orang-orang menyebutnya Air Terjun Parangtritis. Air terjun ini bisanya mengalir deras pada musim hujan saja. Jadi, pada saat kemarau, seperti tidak ada guyuran air terjun. Bila kamu berlibur ke Pantai Parangtritis, coba deh mampir mengunjungi air terjun ini.

Alamat: Parang Reja, Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul

181. Lava Bantal

lava bantal
kanaljogja.id

Di Sleman ada wisata baru yang unik dan patut untuk dikunjungi sob, nama wisatanya adalah Lava Bantal. Dinamai Lava Bantal ini dikarenakan bebatuan-bebatuan unik di sungai yang terbentuk dari lava letusan Gunung Merapi. Kini lava tersebut membentuk seperti bantal-bantal, sehingga menjadi pemandangan yang cukup menarik. Tak sedikit pengunjung yang penasaran untuk mengunjungi Lava Bantal Sleman ini. Tentunya tal luput dari aktivitas selfie yang dilakukan oleh para pengunjung.

Alamat: Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman

182. Taman Bunga Amarilis

taman bunga amarilis
jogya.com

Ini dia taman bunga yang belum lama ini sempat heboh dan menjadi buruan bagi wisatawan. Taman Bunga Amarilis ini berlokasi di Desa Beji. Bunga Amarilis yang mekar di musim hujan ini nampak begitu indah. Taman Bunga Amarilis menjadi alternatif wisata di Jogja yang indah dan murah meriah tentunya. Hasil foto selfie di area Taman Bunga Amarilis tentu sangat kece banget.

Alamat: Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul

183. Museum Dapur Tradisional

museum dapur tradisional
ihategreenjello.com

Di wisata Museum Dapur Tradisional ini kamu dapat menemui aneka peralatan dapur tradisional lengkap. Tempat ini menjadi wisata edukasi untuk mengetahui sejarah perkembangan peralatan dapur sejak zaman kuno hingga zaman modern. Pengunjung yang memasuki Museum Dapur ini akan merasakan sensasi yang berbeda, terdapat keunikan yang bernuansa tradisional.

Alamat: Desa Wisata Kembangarum, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman

184. Museum Dirgantara Mandala

museum dirgantara mandala muda
tni-au.mil.id

Musium Dirgantara Mandala ini menyimpan diorama dan koleksi minitur aneka jenis pesawat terbang. Di sana terdapat pesawat terbang bersejarah dan juga aneka peralatan dan persenjataan pesawat terbang. Buat kamu yang tertarik untuk menyaksikan koleksi peralatan yang berkaitan dengan pesawat terbang TNI AU, maka bisa mengunjungi Musium Dirgantara Mandala ini. Letaknya di Kompleks Landasan Udara Adisucipto.

Alamat: Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Bantul

185. Trans Studio Mini

trans studio mini jogja
niagatour.com

Kini telah hadir Trans Studio Mini yang berada di kawasan perbelanjaan Transmart Carrefour Jogja. Di Carrefour ini menyuguhkan aneka barang perbelanjaan lengkap, food court, fashion shop, dan juga Trans Studio Mini. Buat kamu yang tertarik untuk merasakan sensasi bemain di Trans Studio Mini ini, maka langsung saja menuju ke Transmart Carrefour Jogja.

Alamat: Jalan Raya Solo KM 8 No. 234, Maguwoharjo, Depok, Sleman

186. Hutan Wanagama

hutan wanagama
merapiadventure.com

Bila kamu measa penat dan butuh refreshing, maka wisata alam bisa menjadi pilihan yang asyik. Nah, wisata hutan menjadi salah satu destinasi wisata yang pas banget sob. Pasalnya, kawasan hutan menyuguhkan panorama alam yang hijau, banyak pepohonan rindang, dan tentunya juga bersuhu sejuk. Nah, di Jogja ada Hutan Wanagama yang terkenal sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di sana kamu bisa rileksasi dan berburu foto-foto alam yang hijau memanjakan mata.

Alamat: Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

187. Kampung Edukasi Watu Lumbung

kampung edukasi watu lumbung
gedangsari.com

Kampung Edukasi Watu Lumbung ini berada di kawasan Bukit Watu Lumbung. Wisata ini cukup unik, karena untuk bisa masuk kamu harus membawa buku.Bila tidak membawa buku, maka alternatif lainnya adalah harus bermain permainan tradisional. Selain bermain permainan tradisional, di sana kamu juga bisa menikmati jajanan tradisional. Adanya Wisata Edukasi Watu Lumbung ini tentunya diharapkan dapat mengedukasi parang pengunjung agar mau semnagat belaja.

Alamat: Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

188. Desa Wisata Tembi

desa wisata tembi
jejakpiknik.com

Ini dia salah satu Desa di Jogja yang menjadi objek wisata, Desa Wsata Tambi namanya. Wisata ini menyuguhkan panorama khas perdesaan yang sangat tenang, asri, dan nyaman. Desa Wisata Tambi ini populer berkat Homestay-nya. Homestay di desa ini dirancang sangat unik dengan memadukan budaya khas Jogja.

Alamat: Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul

189. Gardu Pandang Pinus Asri

gardu pandang pinus asri
widyalokawisata.com

Ini dia salah satu spot wisata yang sempat hits di sosial media bekat gardu pandang dengan segala panorama alam yang menjadi latar belakangnya. Gardu Pandang Pinus Asri Karangasem ini sangat cakep sebagai spot selfie, dan tentunya dari ketinggian pengunjung dapat menyaksikan suguhan alam yang sangat menakjubkan. Model desain gardu pandangnya sih biasa-biasa saja tak seunik gardu pandang di Jurang Tembelan maupun Tebing Watu Mabur. Namun, keindahan alam yang ada di sana tak kalah indahnya sob.

Alamat: Munthuk, Dlingo, Kabupaten Bantul

190. Taman Tino Sidin

taman tino sidin
tamantinosidin.net

Tahukan kamu Tino Sidin adalah seorang seniman ternama di era 80-an. Beliau sering kali mengisi acara menggambar di Televisi Nasional kala itu. Kini telah dibangun museum Taman Tino Sidin yang berisi hasil karya-karya beliau. Buat kamu yang tertarik dengan karya seni beliau, maka silahkan mengunjungi Taman Tino Sidin.

Alamat: Jl. Tino Sidin No.297, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul.

191. Grojogan Lepo

grojogan lepo
raskita.com

Buat kamu yang berada di Jogja dan butuh tempat liburan yang asyik, maka wisata satu ini bisa menjadi destinasi yang bisa kamu kunjungi. Nama wisatanya adalah Grojogan Lepo. Grojogan ini berlokasi di kawasan Dlingo, Bantul. Di wisata Grojogan Lepo kamu dapat menikmati suasana yang asri dan sejuk. Ditambah lagi dengan adanya air terjun yang sangat menyegarkan, maka kamu bisa bermain air atau berbasah-basahan di sana, sensasinya pasti sangat asyik dan menyegarkan.

Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul

192. Air Terjun Seribu Batu

air terjun seribu batu
batikgiriloyo.com

Ini dia wisata air terjun yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan untuk berlibur, yaitu Air Terjun Seribu Batu . Air Terjun ini memiliki pesona yang luar biasa. Di sana kamu dapat menyaksikan suguhan alam yang sangat menakjubkan, pastinya pas banget sebagai tempat refreshingmu sob. Untuk menuju ke lokasi memang diperlukan perjuangan, jalanan yang kamu lalui lebih banyak berupa tanjakan dan tikungan. Tetapi, letihmu seperti akan tergantikan dengan keindahan air terjun ini sob. Guyuran air terjun bisa kamu rasakan kesegarannya. Hawa sejuk juga begitu terasa, tentunya bikin betah berlama-lama di sana.

Alamat: Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

193. Air Terjun Tuwondo

air terjun tuwondo
sepedasehat.com

Lagi wisata air terjun yang berada di kawasan Bantul. Kali ini wisata Air Terjun Tuwondo yang bisa dijadikan sebagai alternatif wisata yang bisa kamu kunjungi sob. Wisata ini menawarkan panorama alam yang sangat cantik, tentunya sangat memanjakan sebagai spot untuk fotografi. Pada musum hujan, debit air terjun sangatlah deras. Dan trekking menuju ke lokasi juga cukup menantang. Diperlukan kehati-hatian saat melakukan perjalanan.

Alamat: Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul

194. Grojogan Pucung

grojogan pucung
harianjogja.com

Wisata air terjun memang selalu menjadi tujuan berwisata yang seru dan menyenangkan. Selain manyajikan pesona air terjun yang luar biasa, tentunya panorama alam sekitar juga bisa dinikmati. Nah, Grojogan Pucung merupakan salah satu wisata air terjun di Jogja yang cantik banget sob. Kondisi alamnya masih sangat alami dan menyegarkan. Hanya saja diperlukan perjuangan yang cukup untuk bisa sampai lokasi. Air mengalir cukup deras, begitu nyaman dilihat. Belum lagi sejuknya suhu udara di sana, bikin refreshing semakin asyik.

Alamat: Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul

195. Pantai Baru

pantai baru
nyero.id

Ini dia salah satu wisata pantai yang cakep di Jogja, yaitu bernama Pantai Baru. Pantai ini bisa menjadi opsi tujuan wisatamu sob. Pantai ini tidak sekedar menawarkan pemandangan khas pantai, tetapi juga menyuguhkan keunikan tersendiri. Salah satunya yaitu terdapat banyak pohon-pohon cemara nampak begitu rindang menjadi penghias pantai. Selain itu, juga dibangun banyak kincir angin di sekitar pantai, ini juga menambah pemandangan yang berbeda. Bila kamu tertarik untuk berlibur di Pantai Baru, maka kamu harus melakukan perjalanan ke lokasi dengan kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat.

Alamat: Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul

196. Hutan Mangrove Pantai Baros

hutan mangrove pantai baros
alodiatour.com

Wisata pantai memang selalu menyadi tempat liburan yang asyik dan nyaman. Nah, di Jogja ada pantai yang terkenal dengan Hutan Mangrove-nya, yaitu di Pantai Baros. Ekowisata Hutan Mangrove ini dibangun sendiri oleh warga setempat. Mereka melihat potensi yang ada sehingga kawasan hutan bakau bisa menjadi tempat yang indah dan menarik untuk dinikmati, tetapi juga tetap menjaga kesetabilan ekosistem. Wisata hutan Mngrove ini berada di kawasan seluas 4 hektar.

Alamat: Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

197. Goa Jomblang

goa jomblang
bisniswisata.co.id

Ini dia Goa di Gunungkidul yang cukup diminati wisawatan untuk berlibur. Biasnaya para pecinta alam mengunjungi goa ini dan menelusurinya. Dan memang kegiatan tersebut sangat seru dan menyenangkan. Berdasarkan sejarahnya, ternyata Goa Jomblang ini memiliki sejarah yang kelam. Dulunya sempat menjadi tempat untuk pembunuhan massal oleh PKI, serem banget bukan?

Alamat: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul

198. Gunung Api Purba

gunung api purba
instagram.com/antiiik

Ini dia salah satu gunung api dulunya aktif sejak puluhan tahun lamanya, dan kini sudah tidak aktif lagi. Gunung Api ini memiliki spot dan panorama alam yang sangat menakjubkan. Sehingga wajar bila gunung ini menjadi objek wisata yang sangat diminati wisatawan. Di wisata Gunung Api Purba ini kamu bisa berburu spot foto yang keren-keren, terutama spot tebing-tebing. Dari ketinggian kamu dapat menyaksikan keindahan alam pegunungan yang begitu memukau dan memanjakan mata. Sejuknya hawa di sana menjadi sensasi tersendiri, ditambah lagi dengan hembusan angin yang sangat menyegarkan di siang harinya. Dan ketika sore hari, kamu dapat menyaksikan pesona sunset yang sangat eksotis.

Alamat: Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul

199. Blue Lagoon Jogja

blue lagoon
antarejatour.com

Ini dia Blue Lagoon khas Jogja yang sempat hits dan menjadi buruan bagi wisatawan. Blue Lagoon ini sempat populer pada tahun 2004 silam. Tempat ini menyuguhkan sumber air alami yang sangat jernih dengan segala keindahan alam di sekitarnya. Dari permukaan tanahnya juga memunculkan gelembung-gelembung air, ini cukup unik dan menarik perhatian. Tempat ini dikenal warga sekitar dengan nama Tirto Budi. Tempat ini biasanya dikunjungi para pemuda ketika hari libur. kegiatan yang dilakukan adalah berselfie.

Alamat: Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman

200. Candi Abang

candi abang
dwijayantiw.wordpress.com

Di Jogja ada spot wisata sejarah berupa Candi Abang yang unik dan menarik perhatan. Candi ini berukuran 36 x 34 meter. Bentuknya menyerupa bentuk piramida, dan ditengah-tengahnya terdapat sumur. Candi Abang ini merupakan peninggalan orang-orang Hindu. Tak sedikit wisatawan yang tertarik untuk melihat-lihat candi satu ini. Kebanyakan adlah para pecinta sejarah dan kebudayaan.

Alamat: Desa Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman

201. Tlogo Putri Kaliurang

tlogo putri kaliurang
traviamgz.com

Kaliurang merupakan daerah di Jogja yang berada di kawasan puncak. Kawasan tersebut cukup populer di kalangan wisatawan. Terdapat banyak hotel dan penginapan untuk tempat berstirahat. Kawasan Kaliurang ini menawarkan panorama Gunung Merapi yang sangat menawan. Wisata Tlogo Putri Kaliurang memang pas banget dijadikan sebagai destinasi liburan. Kawasan ini suasananya asyik, pas banget bila bersantai di sana sambil menikmati panorama alam sekitar yang begitu memanjakan mata. Wisata Tlogo Putri ini cukup diminati wisatawan untuk berlibur dan menikmati keindahan alamnya. Tempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja, tetapi juga menyediakan wahana permainan seru seperti Falying Fox dan Ayunan. Daripada dirumah sendirian, mendingan mengajak orang-orang terdekat, baik itu keluarga maupun sahabat untuk liburan di wisata Tlogo Putri Kaliurang ini sob. Coba deh, pasti sangat asyik dan menyenangkan.

Alamat: Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

202. Air Terjun Tlogo Muncar

air terjun tlogo muncar
antarejatour.com

Wisata alam di Jogja memang bagus-bagus dan tidak diragukan lagi keindahannya. Nah, di Sleman ada air terjun yang sangat menawan, namanya adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Sayangnya wisata ini berada di lokasi yang tersembunyi, jadi agak susah ditemukan. Tentunya membutuhkan perjuangan lebih untuk sampai ke lokasi. Air Terjun Tlogo Muncar ini berada di ketinggian 878 Meter. Guyuran air terjun cukup deras, dan terlihat sangat menyegarkan apalagi bila berbasah-basahan di bawahnya, pasti sensasinya luar biasa.

Alamat: Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman

203. Museum De Arca

museum de arca
kartanesia.com

Buat kamu yang hobi mengunjungi tempat-tempat bersejarah, maka di Jogja ada Museum yang menyimpan aneka patung unik, yaitu Museum De Arca. Di sana terdapat beragam patung, diantaranya seperti Patung Tokoh Favorit, Tokoh Film, Tokoh Super Hero, Tokoh Politik, Artis, dan lain-lain. Museum ini menjadi tempat yang menarik untuk edukasi bagi para pengunjung.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta

204. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun kedung kandang
nglanggeran-patuk.desa.id

Kembali Gunungkidul menawarkan pesona keindahan alamnya. Kali ini Air Terjun Kedung Kandang yang menjadi destinasi liburan yang asyik. Air terjun ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Guyuran air terjunnya mengalir melewati enam tingkat, sehingga nampak berundak/ Air Terjun Kedung Kandang ini tidak hanya asyik untuk berbasah-basahan, tetapi juga bagus banget sebagai background selfie kamu sob.

Alamat: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

205. Curug Glimpang

curug glimpang
spadepicnic.wordpress.com

Satu lagi wisata air terjun yang bagus di Jogja, namanya adalah Curug Glimpang. Curug Glimpang menjadi destinasi liburan yang seru dan menarik. Lokasinya juga agak tersembunyi, namun pesona alamnya begitu luar biasa. Air terjun terlihat sangat mempesona, ditambah lagi kondisi alam sekitar yang hijau dan memanjakan mata. Buat kamu yang hobi berpetualang, tentu asyik nih bisa menjelajahi alam pegunungan untuk menemukan Curug Glimpang.

Alamat: Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo

206 Bukit Pethu

bukit pethu
retnamudiasih.com

Ini dia wisata yang masih baru, pemandangan alamnya sangat indah. Jika melihat sekilas nampak seperti wisata Kalibiru, dengan panorama Waduk Sermo yang menjadi backgroundnya. Wisata ini cocok banget dikunjungi sebagai tempat refreshing. Pasalnya, kondisi alam di sana indah dan menakjubkan, belum lagi adanya spot foto selfie, seperti gardu pandang dan juga jembatan goyang, pasti ini bikin liburanmu semakin asyik di sana. Bukit Pethu menjadi objek wisata yang sangat favorit bagi para penggiat selfie. Ya, fasilitas selfie di sana begitu memanjakan, sehingga menarik hati paa peminat. Pada saat liburan, wisata ini cukup banyak pengunjungnya, jadi bila kebetulan banyak pengunjung, maka kamu harus bersabar untuk antri bila mau berfoto di spot selfie gardu pandang. Untuk saat ini belum ada biaya retribusinya sob, jadi asyik banget kan, tidak hanya merupakan wisata yang menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga harganya yang tidak menguras kantong.

Alamat: Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

207. Puncak Dipowono

puncak dipowono
instagram.com/rizky_fajar

Nah, kalau wisata ini juga tak kalah cakep sob. Puncak Dipowono kini sedang menjadi buruan bagi wisatawan, terutama para pemburu spot foto. Pemandangan alam di Puncak Dipowono sangat mempesona, maka tak diragukan lagi bila wisata ini sangat diminati wisatawan. Tersedia pula spot gardu pandang yang bikin pengunjung betah berfot-foto di sana. Dari atas ketinggian Puncak Dipowono ini, kamu dapat memandangi alam yang sangat indah sob. Hijaunya alam begitu menyegarkan ketika dilihat, belum lagi hawanya yang sangat sejuk membuat betah berlibur di sana. Puncak Dipowono ini ketinggiannya mencapai 700 Mdpl, suasana di sana asri banget.

Alamat: Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo

208. Stonehenge Cangkringan

stonehenge cangkringan
trivindo.com

Sleman punya wisata yang unik di kawasan Cangkringan sob, yaitu Stonehenge. Sekilas terlihatseperti Stonehenge ala Inggris, keren banget sob. Stonehenge ini semakin melengkapi objek wisata di Sleman. Dari sekian banyak objek wisata di Sleman, Stonehenge ini sayang sekali bila dilewatkan sob. Pasalnya, Suguhan Stonehenge yang keren dan unik ini keren banget untuk background selfie kamu sob. Foto-foto Stonehenge Cangkringan ini sudah banyak kok yang beredar di sosial media. Dan memang telihat bagus dan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Kondisi di sana juga bersih, didukung dengan panorama alam sekitar yang hijau dan menyegarkan.

Alamat: Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

209. Agrowisata Bhumi Merapi

agrowisata bhumi merapi
piknikdong.com

Sleman juga juga menyuguhkan wisata baru yang berkonsep agrowisata dan edukasi, namanya adalah Bhumi Merapi. Di kalangan warga Sleman, wisata ini populer banget sob. Karena berkunjug ke wisata ini semakin menambah ilmu tentang budidaya hewan dan perkebunan. Dan yang terbaru, ada spot foto yang keren dan kekinian banget sob, ini pas banget buat kalangan muda yang gemar berselfie. Spot foto tersebut berupa Rumah Hobbit. Ada dua Rumah Hobbit di wisata Bhumi Merapi ini dengan keunikan yang berbeda. Buat kamu yang penasaran, coba deh dikunjungi sob.

Alamat: Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman

210. Wisata Kuliner Bakso Klenger Ratu Sari

bakso klenger ratu sari
instagram.com/baksoklenger

Kali ini bukan wisata alam maupun wisata permainan, melainkan wisata kuliner yang bisa kamu nikmati kelezatannya sob. Bakso Klenger ini bukan sekedar Bakso biasa sob. Yang menjadikannya unik adalah tersedia beragam ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran jumbo seberat 5 Kg. Wow banget bukan? Tidak mungkin seorang mampu memakan 1 porsi Bakso sebesar 5 Kg ini. Dan memang biasanya yang membeli Bakso Klenger berukuran Jumbo adalah rombongan, baik itu rombongan keluarga maupun komunitas tertentu. Bakso Kleger Ratu Sari ini cukup populer loh, tidak hanya populer di Jogja saja, kepopulerannya sampai ke luar kota juga. Buat kamu yang berada di Jogja dan sekitarnya yang belum tahu Bakso Klenger ini, coba deh sekali-kali mencicipi sesasu serunya makan Bakso Klenger. Kamu bisa memilih porsi dengan ukuran yang tersedia.

Alamat: Jl. Wahid Hasyik No.296, Nologaten, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Demikianlah informasi tentang 210 tempat wisata di Jogja terbaru dan terpopuler. Semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk kamu yang membutuhkannya.