Rute dan Lokasi Coban Kembar Watu Ondo, Air Terjun Dekat Cangar Batu, Tepatnya di Pacet Mojokerto

coban watu ondo

Coban Watu Ondo

Buat kamu yang berada di kota Malang, Batu, Mojokerto dan sekitarnya, ada wisata air terjun yang lagi naik daun nih yang bisa kamu kunjungi, namanya Coban Kembar Watu Ondo atau disebut juga Coban Kembar. Lokasinya tak jauh kok dari Pemandian Air Panas Cangar yang cukup terkenal di Batu, dan berada di kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Raden Soerjo. Lokasinya tak jauh berbeda dari Cangar, yakni berada di lereng gunung Welirang yang berbatasan antara Mojekerto dengan Batu.

Nama Watu Ondo sendiri diambil dari jalanan menuju ke lokasi yang berupa turunan dari bebatuan yang tersusun seperti anak tangga. Sedangkan dinamai Kembar karena terdapat dua air terjun yang saling berhadapan, namun dengan ketinggian yang berbeda, dan juga aliran airnya berasal dari sumber mata air yang berbeda. Namun, aliran air terjun tersebut bersatu dalam telaga kecil. Air terjun di sebelah kanan ketinggian air terjun mencapai 15 meter dengan kemiringan mencapai 75 drajat, sedangkan sebelah kiri mencapai 69 meter dengan karakteristik air terjun langsung turun ke bawah.

Wisata air terjun Watu Ondo ini kini mulai naik daun, foto-fotonya sudah mulai banyak yang beredar di sosial media, terutama di Instagram. Lokasinya yang dekat dengan Cangar Batu, sehingga cukup mudah dijangkau oleh wisatawan. Di sana juga terdapat spot foto sederhana tetapi cukup keren dan Instagramable, berupa tumpukan ranting-ranting pohon yang kering dan dibentuk menjadi tanda cinta, dan juga dikasih tatanan bambu sebagai tempat duduk di dalamnya untuk berfoto selfie.

 Pemandangan alam di kawasan air terjun kembar ini begitu nyaman sob, udaranya sangat sejuk ditambah lagi dengan banyaknya pepohonan yang rindang, tentu menambah asri suasana, sehingga pengunjung membuat betah berlama-lama di sana. Belum lagi berbasah-basahan di bawah guyuran air terjun, tentu terasa dingin dan menyegarkan. Selain itu, bersua selfie juga menjadi aktivitas yang paling favorit di sana, tentunya untuk mengabadikan moment-moment spesial kamu liburan di wisata air terjun yang asyik banget.

Sebenarnya wisata Coban Watu Ondo ini sudah anda sejak lama, namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Dan kini, coban ini mulai dikenal berkat foto-fotonya yang viral di sosial media. Jadi, tepat sekali buat kamu yang liburan di pemandian air panas Cangar maupun pemandian di Pacet, maka bisa berkesempatan untuk mampir mengunjungi wisata Coban Kembar Watu Ondo ini.

Lokasi Coban Kembar Watu Ondo terletak di dusun Sendi, desa Pacet, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Rute menuju ke lokasi bisa dilalui dengan dua cara, yang pertama rute dari arah Malang dan Batu menuju ke arah wisata Selecta dan dilanjutkan hingga wisata Cangar. Setelah itu ikuti saja jalan menuju ke Pacet – Mojokerto dengan jalanan yang sempit dan banyak tanjakan maupun turunan, sesampainya di jembatan kembar nanti di sebelah kanan ada papan petunjuk menuju ke Coban Kembar Watu Ondo. Sedangkan cara yang kedua bisa dari arah Pacet – Mojokerto menuju ke arah Batu, pasti melewati jalan yang sama. Sesampainya di area parkiran, kamu masih harus berjalan kaki sejauh 200 meter, perjalanan menuju ke lokasi cukup menantang karena kondisi jalanan dengan kemiringan mencapai 45%, juga banyak bebatuan, tetapi pengelola sudah menata batu-batu hingga seperti anak tangga, sehingga bisa dilewati cukup mudah oleh pengunjung. Meski begitu, untuk menuju ke sana kamu selalu berhati-hati.

Jarak Coban Watu Ondo dari kecamatan Pacet sekitar 8 km, dan dari pemandian air panas Cangar jaraknya sekitar 3 km. Jalan raya Pacet Mojokerto sudah beraspal, jadi cukup memudahkan perjalanan. Harga tiket masuk Coban Watu Ondo ini sangatlah terjangkau, hanya Rp.2500/orang, atau membayar Rp.8.000 beserta biaya parkirannya.

Bagaimana sobat? kamu tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun Watu Ondo ini? langsung saja diagendakan bersama teman-temanmu sob, liburan kamu pasti menjadi sangat seru dan berkesan.