Rute dan Lokasi Jawatan Benculuk Banyuwangi, Wisata Hutan Trembesi yang Sangat Eksotis

Jawa Timur seperti tidak pernah kehabisan tempat wisata yang keren, nyatanya selalu muncul wisata baru yang mampu menarik perhatian wisatawan. Nah, Banyuwangi baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di sosial media berkat wisata uniknya yang berbeda dari wisata lainnya. Nama wisatanya adalah Jawatan Benculuk, yakni wisata yang menyuguhkan alam hutan Trembesi yang rimbun dan rindang, sehingga siapapun yang berada di hutan ini seakan-akan seperti tersesat atau berada di dunia lain karena memang suasana benar-benar berbeda dari suasana di hutan pada umumnya.

Biasanya lokasi seperti hutan Trembesi ini digunakan sebagai lokasi syuting film-film Hollywood sebagaimana film Alice in Wonderland,  The Lord of the Ring sampai Rumah Hobbit. Indonesia seperti beruntung memiliki hutan Trembesi yang mendunia, meskipun tak setenar hutan Trembesi di Selandia Baru yang sering kali masuk dalam karya fiksi, tetapi pemandangannya yang eksotis benar-benar memanjakan mata dan patut untuk dikunjungi. Setelah diubah menjadi lokasi wisata oleh pengelola setempat, maka tak heran bila pengunjung berdatangan untuk mendatangi tempat ini.

Pada awalnya hutan Trembesi ini dianggap sebagai hutan biasa seperti hutan-hutan lainnya oleh masyarakat setempat. Namun, setelah banyak foto-foto keren dengan background hutan tersebut, ditambah lagi dengan fasilitas berupa pernak-pernik yang menghiasi kawasan tersebut, sehingga semakin kece dan kekinian. Setelah foto-fotonya viral di sosial media, kini Jawatan Benculuk Banyuwangi semakin ramai dikunjungi wisatawan, apalagi ketika liburan.

jawatan benculuk

Jawatan Benculuk Banyuwangi, foto: IG @septinss

Bersua selfie di wisata Jawatan Benculuk ini benar-benar menjadi kegiatan yang paling favorit bagi para pengunjung. Pengunjung seperti tidak mau ketinggalan untuk mendapatkan foto yang keren di sana. Pemandangan hutan Trembesi benar-benar unik, maka pantas saja tempat ini kini menjadi hits dan menjadi daya tarik, tidak hanya bagi wisatawan lokal aja, tetapi juga dari luar kota Banyuwangi.

Kondisi Jawatan Benculuk cukup bersih dan terawat, sehingga suasana di sana benar-benar nyaman. Ditambah lagi dengan rindangnya pepohonan, semakin menambah keasrian. Fasilitas yang tersedia di sana cukup mumpuni, mulai dari kantin, tempat sampah, tempat duduk, kamar mandi, dan Musholla. Selain itu juga tersedia fasilitas tempat olahraga seperti; lapangan bola, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan karate, dan lain-lain.

Seperti halnya wisata Hutan Pinus Semeru Malang, wisata hutan Trembesi Banyuwangi ini juga dilengkapi payung warna-warni yang terpajang di langit-langit. Ini juga menjadi spot foto yang keren untuk selfie. Selain itu, di sana juga ada wahana yang menantang dan memicu adrenalin, yaitu arung jeram dan tubing. Tentu ini semakin membuat kamu betah, apalagi bagi kamu yang hobi mencoba permainan ekstrim.

Perlu kamu ketahui sob, di Jawatan Benculuk tidak hanya dipenuhi pohon-pohon Trembesi, tetapi kamu juga dapat menjumpai pohon Jati, Salak Liar, Pohon Kelengkeng, Tumbuhan Wesah, dan lain-lain. Pastinya rindangnya pepohonan tersebut semakin menambah rindang suasana.

Adapun lokasi wisata ini terletak di desa Benculuk, kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya cukup mudah ditemukan, karena Jawatan atau Jawatan Perhutani sudah populer bagi masyarakat sekitar. Untuk menuju ke sana, rutenya kamu bisa mengacu pada peta Google, cukup ketik saja kata kunci “Jawatan Perhutani”, maka akan ketemu alamatnya, tinggal direct aja langsung ke peta Google.

Jawatan ini luasnya sekitar 3,8 hektar yang ditumbuhi pohon-pohon Trembesi yang berusia tua atau susah ada sejak dahulu. Buat kamu yang penasaran untuk liburan kesana, maka langsung aja diagendakan sob.


Top