Rute dan Lokasi Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang Bogor

Posted on

Kita tahu bahwa gardu pandang atau rumah pohon kini lagi menjadi trend spot wisata di berbagai daerah, terutama di daerah yang berada di kawasan pegunungan. Tidak hanya Jogja yang selalu menyajikan wisata baru yang dilengkapi spot foto rumah pohon, Bogor juga tak mau kalah. Salah satu rumah pohon di Bogor yang menjadi perhatian dan sempat viral di sosial media berkat view keindahan alam lengkap dengan spot foto rumah pohonnya ialah Rumah Pohon Pabangbon.

rumah pohon pabangbon
Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang Bogor, foto: IG @ulut_drt66

Rumah pohon Pabangbon ini berada di kawasan perbukitan, dari ketinggian tersebut pengunjung dapat memandangi indahnya alam kabupaten Bogor. Bisa dibilang wisata ini masih sangat baru, meski demikian pengunjug yang mendatangi tempat ini tidaklah sedikit. Bahkan setiap hari libur, pengunjung berbondong-bondong untuk memadati wisata ini. Sebagian besar pengunjung adalah kaum muda yang menyukai kegiatan foto-foto maupun selfie.

Kondisi alam di wisata Pabangbon ini benar-benar teduh dan asri, ini sangat wajar karena Rumah Pohon Pabangbon berada di kawasan perbukitan yang dipenuhi dengan hutan pinus yang dikelola ole Perhutani. Meskipun masih milik Perhutani, tetapi warga setempatlah yang mengelola kawasan tersebut menjadi tempat wisata. Ini menjadi potensi yang cukup besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pemandangan di wisata Rumah Pohon Pabangbon tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Apabila cuaca sedang cerah, maka pengunjung dapat melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Sedangkan, bila banyak kabut, tentu suasananya sangat berbeda, seperti berada di negeri di atas awan.

Banyak hal yang bisa dilakukan di wisata Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang ini, diantaranya seperti:berburu foto keren, menikmati panorama alam yang menakjubkan, bersantai di bawah rindangnya pepohonan, bersantai di atas hammcok, kawasan hutan ini juga menjadi tempat penelitian meranti jadi bisa juga untuk ajang edukasi, dan masih banyak yang lainnya. Kamu tidak perlu khawatir akan fasilitas umum, karena di sana sudah tersedia area parkir, gazebo, dan juga warung makan.

Lokasi Rumah Pohon Pabangbon ini terletak di desa Pabangbon, kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bogor sekitar 32 km, atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah. Sedangkan rute menuju ke lokasi bisa dimulai dari arah Bogor maupun Jakarta. Apabila dari Bogor maka disarankan melalui jalan raya Leuwiliang , sesampainya di kecamatan Leuwiliang lanjut hingga menemukan pertigaan Kracak sebelum pasar Leuwiliang, kemudian ambil arah ke kiri menuju ke desa Pabangbon. Jangan lupa tanya pada warga sekitar agar alamat mudah ditemukan. Dan jika dari arah Jakarta, maka melewatu jalur Parung – Antang Sanjaya menuju ke kecamatan Leuwiliang.

Nah, untuk harga tiket masuk ke wisata Rumah Pohon Pabangbon sangat terjangkau, hanya Rp.6.000 per orang. Di sana, pengunjung dapat berselfie di atas spot Rumah Pohon dengan membayar biaya Rp.5.000 per orang. Wisata ini buka mulai pagi sampai jam5 sore.

Bagaimana sobat? kamu tertarik untuk berlibur ke wisata Rumah Pohon Pabangbon ini? jika berminat, segera dipersiapkan untuk liburan nanti, hehe.