Tempat Wisata Ini Bisa Bikin Kamu Ketemu ‘Naga’, Berani Coba?

Posted on

Kata siapa naga cuma mitos? Tak usah jauh-jauh. Indonesia ternyata punya naga yang tak ada di tempat lain. Naga yang satu ini bukan naga penyembur api, melainkan The Komodo Dragon alias Varanus komodoensis.

taman nasional komodo
Taman Nasional Komodo, foto; liputan6.com

Komodo adalah kadal terbesar di dunia yang hanya dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Ketiga pulau tersebut tergabung dalam kawasan tempat wisata Taman Nasional Komodo.

Hewan karnivora yang satu ini adalah pemangsa buas yang menempati puncak rantai makanan di habitatnya. Kalau kamu takut ketemu komodo, wajar. Namun, jangan lupakan pengalaman hebat yang bakal kamu dapatkan kalau bertemu langsung dengan predator raksasa yang satu ini.

Tempat wisata Taman Nasional Komodo adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Sejak tahun 1980, tempat wisata Taman Nasional Komodo didirikan untuk melindungi kadal raksasa yang langka ini.  Ada banyak keunikan yang bisa kamu temukan di tempat wisata Taman Nasional Komodo.

Namun hati-hati, ya. Jangan sampai kampu mengganggu komodo yang berpapasan denganmu saat trekking di tempat wisata Taman Nasional Komodo. Salah-salah kalau kamu lengah, kamu bisa diserang oleh ‘naga’ ganas yang satu ini. Gigitan komodo sangat beracun dan bisa menghasilkan zat antikoagualan (anti pembekuan darah). Selain menyebabkan infeksi berkepanjangan, gigitan komodo akan memicu adanya perdarahan yang sulit berhenti.

Jadi, cukup kamu melihat komodo dari jauh dan jangan mendekat tanpa pengawasan ahli. Percayalah, tanpa kamu berkontak fisik langsung dengan komodo pun, acara jalan-jalan di tempat wisata Taman Nasional Komodo akan tetap menakjubkan.

Tidak percaya?

Taman Nasional Komodo ini terdiri dari pulau-pulau yang memiliki pantai seindah surga. Tak hanya di pantainya, pemandangan bawah laut di sekitar Taman Nasional Komodo pun akan membuat kamu tergila-gila. Ada ratusan spesies terumbu karang, bunga karang, penyu, ikan hiu, paus, dan lumba-lumba. Kamu bisa menyelam atau menyewa kapal nelayan untuk menikmati pelayaran kecil di tengah laut.

Terlebih, tempat wisata Taman Nasional Komodo adalah wilayah yang masuk zona transisi antara Asia dan Australia. Pulau-pulau yang berkumpul di sini adalah pulau vulkanik yang muncul akibat aktivitas erupsi di dasar laut.

Di sini banyak burung dan satwa peralihan antara Asia dan Australia. Bagi para petualang yang mengaku menyukai kekayaan hayati negeri sendiri, tempat wisata Taman Nasional Komodo masuk sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Untuk menuju kawasan tempat wisata Taman Nasional Pulau Komodo, kamu bisa memilih satu dari dua jalur transportasi. Pertama, kamu bisa bertolak dari Kupang ke Labuan Bajo. Di Labuan Bajo, ada Bandara Internasional Komodo yang siap menyambut pesawat yang kamu tumpangi.

Dari bandara ini kamu bisa naik ojek atau taksi untuk menuju ke Kampung Ujung. Dari Kampung Ujung inilah petualangan hebatmu di Taman Nasional Komodo akan dimulai.

Kalau kamu tidak ingin naik pesawat untuk menghemat budget, kamu bisa membeli tiket kapal Pelni tujuan Labuan Bajo. Kamu bisa memulai perjalanan via laut ini dari beberapa pelabuhan di kota besar di Indonesia, seperti Makassar dan Surabaya.

Kawasan Taman Nasional Komodo secara administratif berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata warisan dunia ini, kamu perlu membayar Rp 22.500,- (harga tiket masuk per kepala) ditambah Rp 80.000,- untuk membayar jasa ranger yang akan berbaik hati jadi pawang komodo untukmu.

So, kalau kau sudah penasaran untuk melihat ‘naga’ yang satu ini, yuk segera berangkat ke Taman Nasional Pulau Komodo. Jangan lupa, cek harga tiket pesawat dari jauh-jauh hari agar liburanmu semakin kece, ya! Ayo berangkat ke Taman Nasional Komodo!