Harga Tiket, Rute dan Lokasi Gunung Ireng Pengkok Patuk Gunungkidul

Diposting pada
intersectionsblog.com
Gunung Ireng

Jika kita membahas tempat wisata di Jogja, maka sudah pasti ada banyak sekali jumlahnya. Gunungkidul menjadi salah satu Kabupaten di Jogja yang punya tempat wisata alam yang menakjubkan. Ya, di kawasan Gunungkidul ada pegunungan yang menjadi tempat liburan yang asyik dan spesial, namanya adalah Gunung Ireng.

Gunung Ireng Pengkok kini menjadi tempat yang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alamnya membuat pengunjung terpesona, dan pastinya bersantai dan berselfie di sana terasa sangat menyenangkan dan begitu berkesan. Apalagi bila bersama orang terdekat, tentu membuat liburan menjadi sangat seru dan menyenangkan.

Puncak Gunung Ireng Pengkok menjadi spot yang pas untuk menyaksikan moment Sunrise dan juga Sunset. Tak sedikit orang yang melewatkan moment spesial tersebut di wisata Gunung Ireng ini. Panorama alam yang indah menjadikan kegiatan selfie kamu benar-benar spesial. Sering kali kabut asap yang tebal menyelimuti kawasan puncak, tentu ini menjadi moment yang sangat istimewa, seakan-akan berada di negeri di atas awan.

Bebatuan Vulkanis di Gunung Ireng Pengkok agak mirip dengan yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Ternyata, dulunya Gunung Ireng ini pernah meletus dengan sangat dahsyat. Oleh karena itu bebatuan Vulkanis masih nampak di sana.

Berada di Puncak Gunung Ireng benar-benar asyik, suhu udaranya tentu sangat dingin. Ini yang membuat liburan semakin nyaman dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Dari ketinggian, kamu dapat melihat pemandangan alam di bawah sana yang sangat menawan. Nampak kawasan persawahan dan ladang yang berwarna hijau dan menyegarkan mata, nampak juga hutan-hutan yang lebat menghiasi kawasan perbukitan, dan juga nampak dengan jelas awan putih yang menjadi pemandangan khas Pegunungan.

Tersedia spot foto yang keren banget untuk selfie kamu sob, juga terdapat gazebo yang menjadi tempat untuk bersantai.

Nama “Gunung Ireng” ini berasal dari bebatuan yang berwarna hitam di Puncak Gunung ini. Selain itu, termasuk sedikit tanaman dan pepohonan yang ada di Puncak. Oleh karena itulah Gunung ini dinamai Gunung Ireng, sedangkan Ireng adalah bahasa Jawa dari kata “Hitam”.

Bila kamu pernah ke Gunung Gede Getas, maka jarak Gunung Ireng Pengkok Patuk ini tak begitu jauh. Yang pasti, berwisata di Gunung Ireng bisa menjadi pilihan yang tepat, karena kamu dapat menikmati indahnya alam pegunungan yang masih sangat alami.

Lokasi Gunung Ireng Pengkok

Alamat Gunung Ireng ini berada di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yoyakarta. Gunung Ireng ini kini menjadi destinasi wisata alam yang keren banget buat wisatawan. Karena tidak hanya sekedar sebagai tempat untuk berburu spot foto, tetapi juga untuk menikmati indahnya panorama alam pegunungan yang sangat luar biasa.

Rute Menuju Gunung Ireng Pengkok

Kamu bisa menuju kelokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Gunung Ireng dari pusat Kota Jogja jaraknya sekitar 30 Km, dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar satu jam. Rutenya bisa dari mana saja, sebagai patokannya adalah perempatan Rdio GCD. Nah, sesampainya di perempatan tersebut, silahkan ambil arah ke kanan bila kamu datang dari arah Jogja, dan ambil arah ke kiri bila kamu datang dari arah Wonosari. Ikuti jalan hingga sampai ke Desa Pengkok, tepatnya di Balai Desa Pengkok, maka lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan Kebun Kuning, nah dari situ silahkan ambil arah ke kanan hingga sampai ke Gapura Gunung Ireng.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng Pengkok

Kamu tidak perlu memikirkan biaya masuk, karena harganya sangat murah. Harga tiketnya hanya Rp.5.000 per orang, dan itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikati pemandangan alam Gunung Ireng yang sangat mempesona.

Bagaimana sobat? tertarik untuk berlibur di wisata alam Gunung Ireng? bila ingin kesana, maka sebaiknya diagendakan dan persiapkan segala yang diperlukan untuk menuju ke sana.

Baca Juga: Geoforest Watu Payung Gunungkidul

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.