Inilah Kuliner Unik khas Gunungkidul yang Perlu anda Coba

Diposting pada
kuliner unik khas gunungkidul
Kuliner Unik Khas Gunungkidul

Belakangan ini nama Gunungkidul cukup populer dikalangan para wisatawan, hal ini dikarenakan Gunungkidul memiliki sejuta pesona yang jarang sekali anda jumpai ditempat-tempat lain, Sejumlah destinasi wisata hingga kulinernya yang dapat memikat setiap orang, menjadikan daerah yang terletak di Yogyakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Jogja.

Selain memiliki panorama wisata alamnya yang sangat indah dan mempesona, Gunungkidul juga memiliki sejumlah tempat wisata kuliner yang sangat khas dan unik dan dapat memikat anda seketika. Masakan khas Gunungkidul memiliki citarasa yang enak serta unik, sehingga akan membuat kesan yang tak terlupakan dalam hidup anda. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta tanpa mencicipi aneka kulinernya. Untuk itu, kami memberikan anda referensi kuliner unik khas Gunungkidul yang perlu anda coba yang harus anda coba berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa daftar kuliner unik khas Gunungkidul yang perlu anda coba :

Gatot Gunungkidul

Gatot terbuat dari gaplek singkong berkualitas baik yang harus dikeringkan atau dijemur dalm proses pengolahannya. Cara membuat Gatot sangatlah sederhana, gatot yang kering direndam selama 12 jam atau semalaman. Setelah itu, cuci bersih dan potonglah kecil-kecil. Kukus selama 2 jam, setelah itu gatot didinginkan. Dalam menyajikan gatot, lebih nikmat menggunakan taburan parutan kelapa yang diberi garam sedikit. Anda dapat menjumpai Kuliner tersebut di pasar-pasar daerah Gunungkidul.

gatot gunungkidul
Gatot Gunungkidul

Nasi Tiwul

Nasi Tiwul dulu merupakan makanan pokok penduduk Gunungkidul. Nasi Tiwul ini dibuat dari tepung gaplek singkong dengan melalui beberapa proses yang harus dilakukan. Kali ini Nasi Tiwul menjadi wisata kuliner yang sangat dicari wisatawan saat mengunjungi Gunungkidul. Nasi Tiwul dikenal memiliki citarasa yang khas apalagi ditambah dengan gula merah yang manis dengan parutan kelapa yang gurih.

nasi tiwul
Nasi Tiwul

Sego Abang Jirak

Sego Abang Jirak tergolong makanan sehat yang mengandung gizi cukup tinggi. Bahan utama pembuatan Sego Abang Jirak yaitu memakai beras merah dengan ditambah sayur lombok ijo atau cabai hijau yang lezat.

sego abang jirak
Sego Abang Jirak

Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo memiliki rasa khas yang gurih dengan campuran beras. Rasa gurih didapat dari kuah santan yang kental dengan ditambahi racikan bumbu rempah-rempah yang khas. Terdapat pula Tempe yang dibuat dari tempe kedelai yang dibungkus daun jati atau pisang. Tempe digunakan untuk melengkapi makanan Sayur Lombok Ijo sehingga akan menambah kenikmatan saat menyantap kuliner populer ini.

sayur lombok ijo
Sayur Lombok Ijo

Walang/Belalang Goreng

Kuliner terpopuler lainnya yang berasal dari Gunungkidul yaitu Walang atau Belalang Goreng. Mungkin diantara anda geli dan tidak berani untuk mencobanya. Belalang Goreng ini mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak, selain itu kuliner unik yang satu ini juga mempunyai protein yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan. Cara pembuatannya cukup sederhana, belalang yang sudah dibersihkan kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu spesial. Belalang Goreng dapat tahan selama satu minggu. Untuk harganya juga setara dengan perjuangannya mencari belalang yang lumayan sulit, yaitu sekitar Rp. 30.000 per toples yang isinya sekitar 30 belalang. Anda dapat membelinya di sekitar jalan menuju pantai-pantai di Gunungkidul.

belalang goreng
Belalang Goreng

Cobalah kuliner unik khas Gunungkidul yang sangat populer dikalangan wisatawan asing maupun lokal diatas! Semoga artikel tentang kuliner unik khas Gunungkidul bermanfaat untuk anda ya.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Terbaik di Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.