Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Diposting pada
museum ullen sentalu
Museum Ullen Sentalu

Ada beberapa museum yang ada di Yogyakarta. Namun apakah anda tahu jika salah satu wisata Jogja ini adalah museum terbaik yang ada di Yogyakarta. Museum ini terletak di Kaliurang. Mungkin yang anda tahu di Kaliurang hanya ada wisata alam tetapi anda salah karena ada Museum Ullen Sentalu. Ya, sayang sekali masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan museum ini.

Museum Ullen Sentalu terbilang museum yang unik. Dari mulai gaya bangunannya sampai isi dari museum itu sendiri. Anda akan terpesona jika berkunjung ke museum ini. Didukung dengan suasana pegunungan yang sejuk, menambah suasana tenang dan nyaman saat mengunjungi museum ini.

Yang Bisa Dilihat

Wisata Jogja yang satu ini menampilkan berbagai macam kebudayaan Jawa. Nama Museum ini juga mengandung sebuah arti yang diambil dari pepatah Jawa, yaitu ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku. Artinya adalah lampu blencong yang menyala menjadi petunjuk untuk melangkah dan meniti kehidupan manusia. Lampu blencong adalah lampu yang biasa digunakan saat pertunjukan wayang.
Adapun beberapa ruangan pada Ullen Sentalu yang dipakai untuk menampilkan warisan budaya Jawa.

  • Ruang Seni Tari & Gamelan, pada ruangan ini berisi alat-alat gamelan pemberian Pangeran Kasultanan Yogyakarta.
  • Ruang Guwa Sela Giri, ruangan ini berisi lukisan-lukisan dari tokoh Dinasti Mataram. Ruangan ini merupakan ruang bawah tanah.
  • Ruang Syair, ruangan ini berisi kumpulan syair yang dibuat oleh kerabat dan teman GRAj Koes Sapariyam di tahun 1939-1947.
  • Royal Room Ratu Mas, ruangan ini dipersembahkan untuk permaisuri dari Paku Buwana X.
  • Ruang Batik Vorstendlanden dan Pesisiran, ruangan yang menampilkan koleksi kain batik.
  • Ruang Putri Dambaan, ruangan yang berisi koleksi foto dari Putri tunggal Mangkunegara VII dari kecil sampai menikah.
  • Sasana Sekar Buwana, ruangan yang berisi lukisan raja Mataram.
  • Anda juga akan disuguhkan suasana hutan yang alami dan taman-taman untuk bersantai di udara sejuk Kaliurang.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk Ullen Sentalu untuk pengunjung domestic dewasa sebesar Rp. 30.000 sedangkan anak-anak usia 5-16 tahun sebesar Rp. 15.000. Untuk pengunjung mancanegara dewasa sebesar Rp. 50.000, dan mancanegara anak-anak usia 5-16 tahun sebesar Rp. 30.000.

  • Ullen Sentalu beroperasi dari hari Selasa sampai Minggu
  • Selasa-Jumat : 08.30-16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu : 08.30-17.00 WIB

Lokasi

Lokasi Ullen Sentalu berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda hanya perlu berjalan kea rah utara ke jalan Kaliurang sekitar 25 km jaraknya, dan Ullen Sentalu berada di area taman wisata Kaliurang.

Beberapa informasi tentang wisata Jogja Museum Ullen Sentalu memang cukup menarik perhatian untuk dikunjungi. Bagi anda yang suka akan budaya Jawa yang kental. Sepertinya Ullen Sentalu cocok menjadi destinasi wisata anda.

Baca Juga: Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.