Berwisata di Alun Alun Kidul Yogyakarta

Diposting pada
alun alun kidul jogja
Alun Alun Kidul Yogyakarta

Semua kota di Indonesia pasti memiliki alun alun, tidak terkecuali kota Yogyakarta. Di kota Yogyakarta, alun alun terbagi menjadi dua yaitu alun alun utara dan selatan. Pada jaman dulu, alun alun utara dipercaya sebagai tempat berkumpul orang orang yang suka ribut. Dan di alun alun selatan atau masyarakat Jogja sering menyebutnya alun alun kidul ini tempat berkumpul untuk orang orang yang menginginkan ketenangan dalam hati. Dua alun alun ini sekarang dijadikan obyek wisata Jogja. Namun yang paling ramai pengunjung adalah alun alun kidul karena memiliki kelebihan dan keistimewaan yang berbeda dengan alun alun utara.

Memiliki cerita mitos

Di alun alun kidul memiliki cerita mitos yaitu masangin. Masangin adalah mitos yang menggambarkan jika kita dapat melewati dua pohon beringin kembar dengan mata tertutup keinginan kita akan dikabulkan. Mitos ini berkembang sejak jaman dahulu pada masa kerajaan. Masyarakat Jogja percaya, bahwa ditengan tengah dua pohon beringin kembar tersebut terdapat jimat tolak bala dan keberuntungan.

Mitos masangin merupakan daya tarik di salah satu obyek wisata Jogja ini. Banyak pengunjung lokal maupun mancanegara yang datang dan menjajal untuk melewati dua buah beringin kembar dengan mata tertutup. Namun sayangnya para wisatawan banyak yang tidak berhasil melewatinya.

Tidak memiliki tarif tiket masuk untuk masuk kesini

Untuk masuk ke salah satu destinasi wisata Jogja ini anda tidak dikenakan biaya sepeserpun. Anda dapat mengunjungi alun alun kidul kapanpun anda mau karena dibuka selama 24 jam. Namun disarankan jika ingin berkunjung kesini pada waktu malam hari. Hal ini dikarenakan pada malam hari suasane di alun alun kidul cenderung sejuk berbeda dengan siang hari yang panas.

Di alun alun kidul juga menyediakan beberapa penyewaan sepeda, odong odong, becak becakan dan lain lain. Untuk berkeliling kesekitar alun alun dengan menggunakan sepeda anda hanya merogoh kocek sebesar 10.000 sampai 20.000 rupiah saja. Di alun alun kidul juga banyak pedagang makanan khas jogja seperti gudeg, wedang ronde, wedang bajigur, jagung bakar, dan lain lain.

Lokasinya mudah ditemukan

Alun alun kidul Yogyakarta terletak di belakang keraton Yogyakarta tepatnya di Jalan alun alun kidul, Patehan, Keraton Yogyakarta. Cara menemukannya cukup mudah karena berada ditengah tengah kota Yogyakarta. Jarak malioboro menuju alun alun kidul hanya 6 kilometer dengan waktu tempuh 5 menit jika lalu lintas lancar. Alun alun kidul juga sudah tercatat dalam google maps.

Salah satu obyek wisata Jogja ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga. Alun alun kidul Yogyakarta selain memiliki unsur wisata, tempat ini juga memiliki nilai mitos yang dapat anda percayai atau tidak.

Baca Juga: Wisata Alam Terbaik di Jogja Bak Negeri di Atas Awan

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.